Ketahui Masalah Kesehatan Dengan Lebih Mudah dan Efisien Bersama SehatQ.com

By dudukpalingdepan - 7:02:00 AM


Tinggal di daerah yang jauh dari kota itu ada suka dan dukanya. Sukanya suasana lebih tenang, jauh dari hiruk pikuk kemacetan, kemana-mana pun dekat. Tapi dukanya juga ada, salah satunya fasilitas kesehatan yang nggak selengkap di kota. 

Di sini Rumah Sakit cuma ada satu. Jadi nggak ada pilihan, apa lagi kalau kelas kamar yang kita mau itu penuh ya harus rela ke kelas lain yang kosong. Selain itu ada beberapa bidang spesialis yang dokternya belum ada.

Jadi saya atau anggota keluarga lainnya pernah beberapa kali sakit dan butuh ketemu dokter spesialis, tapi dokternya ternyata lagi pendidikan dan nggak ada gantinya. Mau nggak mau ke kabupaten sebelah yang butuh waktu tempuh 1-2 jam, sambil menahan sakit. Pernah juga sakitnya saat hari libur nasional seperti lebaran. Memang bukan tipe sakit yang harus ke UGD tapi saya dan suami tipe yang nggak tenang kalau belum tahu sebenarnya sakit apa, atau penyebab sakitnya apa. 

Untungnya zaman sekarang sudah canggih, walaupun di daerah tapi internet di sini sudah lumayan kencang. Jadi saya bisa mengandalkan website dan aplikasi kesehatan jika saya punya masalah kesehatan tapi belum bisa ketemu dokter langsung. 

Salah satunya adalah SehatQ.com, yang menyediakan beberapa fitur bermanfaat bagi penggunanya untuk mengetahui masalah kesehatan apapun. Agar lebih mudah dan nggak bolak-balik buka browser, saya memilih untuk download aplikasi SehatQ di Play Store. Sizenya nggak terlalu besar, kok. Jadi nggak makan banyak memori di smartphone. 

Di SehatQ saya bisa lebih banyak tahu tentang berbagai macam informasi tentang kesehatan, karena ada banyak artikel informatif yang tersedia di sana. Artikel kesehatan tersebut dikemas dengan bahasa yang ringan dan mudah di pahami oleh orang awam sekalipun. 

Selain itu ada fitur Booking Dokter dan Chat Dokter. Booking Dokter adalah fitur yang mempermudah kita untuk mendaftar pada layanan dokter yang kita inginkan. Biasanya kan kalau secara manual kita harus telpon atau datang dulu ke Rumah Sakit atau Klinik tempat dokter tersebut praktek, untuk daftar dan mengambil nomor antrian. Nah dengan aplikasi SehatQ, hanya dengan scroll and click kita bisa booking layanan dokter tersebut dengan mudah dan efisien. Oh ya, fitur ini juga bisa teman-teman manfaatkan untuk mencari klinik atau Rumah Sakit yang sesuai dengan lokasi tempat tinggal kalian. 

Selanjutnya adalah fitur chat dokter, dimana kita bisa konsultasi langsung dengan dokter tentang masalah kesehatan yang kita atau anggota keluarga kita rasakan. Kemarin, saya mencoba konsultasi dengan dokter karena mata kiri saya terasa mengganjal. Setelah saya lihat di kaca ada semacam jerawat kecil di bawah kelopak mata kiri bagian atas. 


Sebelumnya saya tanya teman-teman ada yang bilang kompres pakai teh, ada yang suruh pakai air hangat, ada juga yang dipijit-pijit pakai tangan, bikin saya bingung dan takut itu semua hanya mitos. 

Setelah saya konsultasikan dengan dokter di SehatQ, beliau menjelaskan bahwa yang saya alami bisa jadi karena infeksi/bintitan/hordeoulum. Penyebabnya karena debu dan kotoran saat saya mengucek mata dengan tangan yang nggak bersih. 

Dokter menyarankan agar saya mengompres mata dengan air es, empat jam sekali. Serta saya diminta untuk menghindari mengucek mata dengan tangan. Biasanya bintitan ini akan sembuh dengan sendirinya. Agar nggak makin infeksi, dokter bilang jangan sampai mata saya kena debu atau kotoran lagi. 

Saya jadi lega banget, ternyata solusinya mudah dan gampang. Untung saya tanya ke dokter di aplikasi SehatQ dibanding ikuti saran orang yang belum tentu benar. Apa lagi chat dokter di SehatQ itu gampang banget, bisa dilakukan di mana saja, dokternya ramah dan fast respon, serta yang paling menyenangkan adalah GRATIS.

Alhamdulillah hari ini mata saya jauh lebih baik. Bintitannya masih ada, tapi sudah kempes dan nggak terasa mengganjal lagi. Saya menuruti saran dokter untuk kompres pakai air es dan nggak kucek-kucek mata. 

Senang banget rasanya ada aplikasi kesehatan seperti SehatQ yang sangat membantu bagi saya yang tinggal di daerah kecil ini. Aplikasi ini juga akan sangat berguna saat kita ada masalah kesehatan tapi sedang libur nasional seperti lebaran atau bahkan sedang liburan. Tapi tetap saja kalau sifatnya gawat atau keluhan berlanjut, harus menemui dokter secara langsung. 

Semoga ulasan jujur saya ini dapat bermanfaat ya. Kalau ada teman-teman yang pernah pakai jasa SehatQ juga, cerita di kolom komentar ya. 

  • Share:

You Might Also Like

2 komentar

  1. Ada Mitos yang beredar, kalau bhintitan itu dikarena suka......#Mengintip#.hahaha......

    Tapi....caknyo bukan disebabkan suka "intip2 " melainkan mungki karena infeksi atau ada kuman.

    ReplyDelete
  2. Aplikasi skr memang bnyaaaak banget yg bagus dan berguna yaaa.. apalagi yg menyangkut kesehatan. Aku jujurnya blm ada download sih mba, secara rumah Deket Ama RS, jd kdg lebih suka datang langsung. Tp Dipikir, ga ada salahnya utk punya aplikasinya, toh bisa menggunakan feature chat doctor nya itu , drpd cari informasi yg blm tentu benar kan yaaa :)

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.