Review Balsem Telon Tresno Joyo, Ampuh Melegakan Hidung Tersumbat Pada Anak

By dudukpalingdepan - 8:28:00 PM

balsem telon tresno joyo

Kalau anak sudah flu dan hidungnya tersumbat, sebagai orang tua saya rasanya kasian banget. Kita yang dewasa saja kalau hidung tersumbat rasanya menderita. Susah nafas, makan nggak selera karena bau makanan susah tercium, belum lagi gejala lainnya seperti batuk, sakit kepala, sakit kantong dan badan meriang bikin tambah tersiksa.

Perbedaannya kalau kita orang dewasa mungkin bisa langsung minum obat yang dibeli di minimarket atau di warung, bisa minta pelukan, bisa hajar makan makanan berkuah dan hangat,  nggak peduli walau nggak ada bau dan rasanya. 

Sedangkan anak-anak nggak bisa ngomong gimana rasa sakitnya, nggak mau makan karena nggak berselera, dan nggak bisa sembarangan minum obat juga. 


Kalau anak saya Mukhlas sudah batuk, pilek, kasian banget lihatnya susah tidur dan gelisah karena sebentar-sebentar batuk dan akhirnya menangis. Emak bapaknya ikutan pusing karena jadi begadang, besoknya ke kantor kayak zombie, huhuhu.

Tentu saja sebagai emak milenial saya sudah browsing sana-sini, kebanyakan artikel menyarankan essential oil sebagai andalan dikala anak batuk dan flu. Walau harganya menurut saya cukup mahal, tapi demi anak tetap beli. 

Sayangnya nggak terlalu ngefek pada anak saya. Justru ngefeknya malah ke saya. Jadi oilnya habis karena saya yang pakai. Tapi balik lagi cocok-cocokan ya, anak lain mungkin cocok tapi Mukhlas nggak. 

balsem telon tresno joyo


Nah pas saya lagi ke mini market dan lihat-lihat rak yang menjual bagian obat, saya lihat Balsem Telon Tresno Joyo. Saya baca pada kemasannya, klaim produk ini adalah untuk melegakan hidung yang tersumbat dan membantu tidur anak lebih nyenyak.

Karena melihat harganya yang cuma 12ribuan, saya nggak mau berharap banyak tapi tetap saya beli. Nggak ada salahnya juga kan mencoba, toh kalau nggak cocok juga harganya masih terbilang murah.

Ketika Mukhlas batuk, pilek dan hidungnya tersumbat, lagi-lagi bikin dia susah tidur sehingga jadi gelisah dan rewel. Langsung saya oleskan Balsem Telon Tresno Joyo ini, Bismillah aja deh semoga berhasil. 

Nggak disangka ternyata memang berhasil bikin Mukhlas tidur lagi tanpa gelisah atau rewel. Batuknya tentu masih ada sesekali tapi nggak sampai bikin dia kebangun. Kalaupun terbangun paling cuma dua kali sepanjang malam. Beda banget yang dulunya kalau lagi batuk pilek, bisa kebangun satu jam sekali. 

Waaah saya senang banget rasanya, jadi langsung jatuh cinta sama balsem ini. Nggak nyangka produk yang saya temukan tanpa sengaja ini ternyata cocok dan ampuh untuk melegakan hidung tersumbat anak saya. 

Lebih senang lagi harganya terjangkau banget. Sekitar 10-15ribu, tergantung dimana belinya. Terlebih lagi ini produk asal Bekasi, Indonesia. Senangnya ada produk lokal yang bagus dan cocok untuk anak. 

Sejak itu Balsem Telon Tresno Joyo ini jadi produk andalan yang harus ada di rumah dan saya bawa kalau bepergian. Selain fungsinya untuk hidung tersumbat, juga bisa untuk mengatasai gatal-gatal dan iritasi karena gigitan serangga.


Pernah juga waktu itu saya yang flu, hidung tersembut dan kepala pusing banget. Mau gerak nyari obat atau minyak kayu putih, nggak bisa karena kepala pusing banget. Malah yang ada balsem Tresno Joyo ini karena letaknya di dekat kasur. 

Saya pakai juga deh di bagian dada dan pelipis kepala. Awalnya saya oles tipis-tipis, ternyata nggak berasa. Namanya juga produk anak kali ya, saya oleskan lagi agak banyak, baru berasa lega dan hidung nggak tersembut lagi. Ternyata bisa juga buat orang dewasa, jadi makin cinta. 



Kemasan

Kemasannya kayak balsem pada umumnya, dengan tube plastik berbentuk bulat dan dibungkus lagi dengan kotak. Dulu awal saya kenal produk ini gambarnya masih anak bayi gitu (ada di foto). Bulan lalu saya beli lagi karena yang lama sudah habis, sudah berganti gambarnya jadi gambar burung hantu. Nggak tahu kenapa. Tapi kalau dari segi komposisinya nggak ada yang berubah sih. 

Ukuran Balsem Telon Tresno Joyo ini bisa banget untuk dimasukkan ke dalam baby pouch / ransel. Jadi nggak makan tempat.

Isi, Tekstur, Aroma

Berat bersihnya yang tertera pada kemasan adalah 20gram. Cukup banget untuk dipakai 2-3 bulan, karena memang nggak setiap hari pakainya. Sedangkan teksturnya sama seperti balsem pada umumnya, sedikit lengket, tapi meresap di kulit. Baunya enak banget, ada bau minyak kayu putih juga tapi nggak sekuat minyak kayu putih biasa.


Komposisi : 

  • Oleum Feoniculi (minyak adas) 16%,
  • Camphora 5%,
  • Eucalyptus Oil 2%,
  • Menthol 2%
Fungsi

  • Menghangatkan tubuh (klaim produk & testimoni)
  • Melegakan hidung yang tersumbat akibat gejala pilek dan batuk (klaim produk & testimoni)
  • Mengatasi gigitan serangga (testimoni)
  • Memberikan rasa nyaman saat perjalanan jauh (testimoni)
Cara Penggunaan

Oleskan pada dada, leher, dan punggung, atau bagian yang digigit serangga. 

Peringatan dan Perhatian

Tidak untuk anak di bawah dua tahun. 



Tapi di situs resminya malah ditulis bisa dipakai sejak umur enam bulan, kalau nggak salah pertama kali saya ketemu produk ini keterangannya untuk anak umur satu tahun ke atas. Mungkin ada perbaikan apa gimana, sehingga sekarang bolehnya untuk anak dua tahun ke atas.

Harga 

Rp10.000-15.000

Pembelian Kembali?

Tentu saja iya.

Semoga bermanfaat ya reviewnya. Apakah ada yang sudah pernah coba balsem ini? Ceritakan di kolom komentar, ya.

  • Share:

You Might Also Like

8 komentar

  1. Hoooo ada ya balsem buat bayi
    Nanticoba kurekomendasikan ke kakaku yang punya baby deh

    Emang kalo sakit mah anak kecil gabisa minum obat, biasanya dikasi baluran2 gitu ya biar baikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya balsemnya ngebantu banget pas anak lagi batuk pilek ☺️

      Delete
  2. Wiiiiiiii, balsem buat bayiiii.

    Sepertinya recommended untuk adek bayi yang kadang malammalam nangis karena hidung tersumbat :D

    ReplyDelete
  3. Wahh saya pernah nih punya ini. Beli 2 tahun lalu pas lagi mudik, kebetulan di Jakarta ga pernah liat, jadi begitu ketemu minyak telon balsem (unik kan) langsung cobain. Cocok juga anak sy. Tapi baru tau ga boleh buat 2 tahun ke bawah.. Dulu aku pakai pas anak masih bayi alhamdulilah gpp hehe. Menurut sy dia lebih nempel angetnya dibanding minyak telon cair

    ReplyDelete
  4. Wah kita samaan banget Mbak, nggak sengaja beli ini pas lagi di minimarket. Waktu itu anakku masih satu tahun dan lagi pilek banget, diolesi minyak telon biasa kurang mempan akhirnya iseng beli balsem telon ini untuk dipakein ke punggung dan dadanya. Dan ternyata lumayan ngefek, pernafasannya jadi lega dan badannya hangat. Kemasannya sih nggak cakep ya hahahaha tapi kalo ngefek sih senang juga (:

    ReplyDelete
  5. Yeay berati Gen udah bisa pake nih, tfs mba nanti aku beli ah soalnya udah kebayang wanginya hehhe

    ReplyDelete
  6. Iya ini mb, anakkku gak cocok malah alergi. Tapi di aku malah cocok🤭

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.