√ Suka Duka Membuat Konten Kreatif Dengan Laptop ASUS - Duduk Paling Depan

Suka Duka Membuat Konten Kreatif Dengan Laptop ASUS

suka duka membuat konten

Dulu saya bikin blog dan akun media sosial hanya untuk bersenang-senang. Saya cuma unggah foto-foto narsis (padahal muka kucel😝). Di blog pun dulu saya sering menulis tentang curhat-curhat tanpa hikmah. Pokoknya kalau diingat-ingat lagi kasian orang yang follow medsos dan blog saya, nggak ada faedahnya. 

Namun setahun terakhir ini saya mulai agak serius dalam memanfaatkan internet, khususnya blog dan media sosial. Sayang banget kalau uang yang saya keluarkan setiap bulan, untuk beli kuota dan bayar Wifi hanya digunakan untuk haha-hihi nonton Youtube atau nonton perang komentar warganet di Instagram. 

Saya mulai berpikir bagaimana caranya agar konten di blog maupun medsos saya lebih bermanfaat untuk followers? Syukur-syukur kalau bisa menghasilkan uang, minimal bisa menutupi pengeluaran biaya internet bulanan *biar suami nggak manyun lihat tagihan internet tiap bulan*.


Kebetulan waktu itu saya sedang cuti melahirkan selama tiga bulan. Karena terbiasa kerja saya malah bingung harus ngapain saat urusan anak dan rumah sudah selesai. Terlintaslah pikiran untuk membagikan cerita pengalaman persalinan saya yang melalui operasi C-Section. 

Niat saya awalnya menulis cerita itu pertama, supaya nggak lupa pengalaman sakit dan membahagiakannya proses melahirkan. Kedua, supaya calon ibu di luar sana yang takut operasi bisa sedikit berkurang kekhawatirannya, karena dari pengalaman saya operasi Caesar tidak seseram yang dibayangkan, dan pemulihannya juga cukup cepat. 

pengalaman operasi caesar

Nggak nyangka tulisan saya banyak dibaca dan sampai sekarang masih menjadi urutan pertama di mesin pencarian Google dengan keyword "Pengalaman Operasi Caesar". Semenjak itu juga saya jadi rajin update blog, mempercantik tampilannya, rajin blogwalking, ikut beberapa grup komunitas blogger, pokoknya saya jadi semangat membuat konten supaya makin banyak manfaat yang bisa saya sebarkan kepada orang lain. 

Ternyata usaha saya membuahkan hasil, job menulis mulai berdatangan dan tentu saja hasilnya bisa menutupi biaya internet bulanan saya. Bahkan bisa berlebih, jadi bisa  jajan lipstick deh. Senang banget rasanya ketika kita melakukan sesuatu yang kita suka dan itu dibayar. 


Ada kalanya juga saya merasa tertantang dengan lomba-lomba blog. Saya coba ikuti banyak lomba blog, mulai dari kalah sampai menang merchandise hingga bisa meraih juara pertama. Wah itu senangnya luar biasa, apalagi lomba blog itu dinilai juri yang lebih berpengalaman dan berkompeten di bidang tulis menulis, tentu membuat saya merasa diapresiasi. 

Nggak cuma di blog, saya juga rajin membuat konten di Instagram. Baik yang sifatnya sharing pengalaman, review produk yang saya pakai, sampai dapat beberapa endorsement. Followers saya mulai meningkat, dulu yang follow cuma orang yang kenal saya sekarang banyak juga yang nggak saya kenal dari kota-kota lain ngefollow dan menyapa. Ah, senangnya. 


Semua pencapaian itu nggak hanya terjadi dalam satu malam. Ada proses dan usaha yang saya lalui. Saya pernah menangis tersedu-sedu karena kalah lomba blog, soalnya saya merasa sudah berusaha maksimal tapi ternyata nggak menang. Namun dari sana saya belajar lagi untuk menulis, membuat infografis, memotret yang bagus, belajar aplikasi edit foto dan video, karena saya yakin hasil nggak akan menghianati usaha.

Sebagai seorang ibu yang juga bekerja tentu manajeman waktu menjadi tantangan tersendiri untuk saya. Seringkali ide menulis di kepala harus tertunda untuk disalurkan, karena kewajiban mengurus keluarga adalah prioritas utama.

Nggak jarang karena dikejar deadline saya harus begadang sampai subuh untuk menulis. Karena waktu tengah malam lah saya bisa menulis tanpa intervensi apapun (siapkan segelas kopi tentunya). Besoknya saya malah terlambat ke kantor dan tentu berpengaruh kepada kinerja saya hari itu.

Demi konten juga, nggak jarang saya harus cari lokasi foto yang bagus. Sayangnya sudah jauh-jauh ke lokasinya, cuaca tiba-tiba mendung dan hujan. Jadi hasil fotonya kurang bagus, kamera pun kecipratan air.

Belum lagi pencarian ide yang nggak bisa sebentar. Butuh waktu untuk berpikir, mencari inspirasi, kepekaan untuk menangkap gagasan, dan kepiawaian dalam mengolah ide menjadi tulisan.


suka duka membuat konten

Untung saja yang saya lakukan ini berlandaskan passion, sehingga apapun rintangannya bisa teratasi dan saya bisa tetap menulis dengan hati.
Memang benar ide kreatif adalah modal utama untuk pembuat konten. Tapi alat dan teknologi yang canggih juga menjadi satu kesatuan demi terciptanya konten yang bagus. Selama ini suka duka saya dalam dunia blogging ditemani oleh Laptop ASUS yang setia mendampingi siang dan malam, menjadi saksi saya belajar menulis dan mengedit foto/video. 

Laptop yang saya punya adalah seri ASUS a43S keluaran tahun 2012 dan dibeli tahun 2013. Alhamdulillah masih awet sampai sekarang. Jarang ada masalah yang berarti, paling kena virus atau terlalu lemot karena memorinya terlalu penuh. Tinggal diinstal ulang jadi lancar lagi. 

ASUS A43S

Desainnya juga tebal dan kuat. Pernah saya menulis di samping anak yang sedang tertidur. Kemudian saya ke toilet sebentar. Pas balik lagi ke kamar, saya lihat anak saya sudah bangun dan nginjak laptop sampai layar monitornya hampir sejajar dengan keyboard. 

Saya langsung reflek teriak karena kaget melihat anak saya malah menginjak-nginjak layar laptop. Suprisingly, laptopnya baik-baik saja. Nggak patah ataupun ada yang rusak. Kalau kata anak jaman sekarang "Waaa gila siih!!" kuat banget sampai diinjak anak nggak ada kerusakan apapun. 

Pernah juga lagi nulis kesenggol gelas air di samping laptop. Wah saya langsung panik dan buru-buru lap keyboardnya. Lagi-lagi nggak terjadi kerusakan ataupun error. Gimana saya nggak cinta dengan laptop ASUS. 

Sayangnya ada beberapa hal yang membuat saya ingin mengganti laptop. Pertama, ASUS a43s ini cukup berat yaitu 2,4 kilogram. Belum lagi chargernya juga cukup besar. Padahal sebagai blogger saya butuh membawa laptop kemana saja, karena ide memang bisa muncul dimana saja. Tapi mengingat bahu saya yang bakalan sakit bawa beban seberat itu, belum lagi bawa printilan anak, saya menyerah dan sering meninggalkan laptop kalau bepergian. 

Selain itu desainnya juga sudah ketinggalan jaman, terlalu tebal dan kurang menarik. Sehingga kalau mau persentasi dan rapat, tentu saya harus repot menggeser-geser laptop kepada rekan kerja / klien. Saya juga harus print materinya di kertas karena nggak mungkin persentasi sambil menggotong laptop yang cukup berat ini. 

Makanya kalau ada rejeki untuk ganti laptop, saya butuh yang kualitasnya sama bagusnya dengan laptop ASUS saya yang lama, tapi dengan desain yang lebih tipis dan menarik serta ringan untuk dibawa bepergian. 

Karena sudah pernah pakai laptop ASUS dan tahu bagaimana kualitasnya, maka saya berkeinginan ganti laptop dengan brand yang sama. Salah satu yang menjadi incaran saya adalah seri ASUS VivoBook Flip Tp410.


ASUS VivoBook Flip adalah laptop convertible 14 inci pertama yang dilengkapi dengan panel NanoEdge bezel, yang memungkinkan layar Full HD 14 inci dengan frame yang memiliki ukuran laptop 13 inci. 


ASUS VIVOBOOK FLIP TP 140


Sesuai dengan namanya, ASUS VivoBook Flip Tp140 ini layarnya bisa diflip menjadi tablet. Sehingga multi fungsi dengan tampilan yang menarik. Dari keunggulan ini saja sudah menjawab kesulitan saya dengan laptop yang lama *berdo'a banyak-banyak biar dapat rejeki punya laptop-tablet kece ini*.

Salah satu seri yang saya inginkan adalah ASUS VivoBook Flip TP140UR. Berikut saya jabarkan keunggulan dan spesifikasinya. Biar saya nggak ngiler sendirian 😆.


ASUS VIVOBOOK FLIP TP140



Dengan desain dari alumunium yang sangat eye cathing, VivoBook Flip 14 ini tebalnya hanya 19,2 mm dan beratnya 1,6 kg saja. Jauh lebih ringan dari laptop yang lama. Tentu akan memudahkan saya membawanya kemana-mana. Masuk di tas printilan anak juga bisa. 



Dengan desain NanoEdge-nya, VivoBook Flip 14 memiliki fitur 78,7 yang luar biasa. % rasio screen-to-body dan area tampilan yang lebih besar untuk tampilan yang lebih mendalam. Tampilan Full HD juga menampilkan teknologi wide-view 178 technology untuk memastikan bahwa warna dan kontras tetap hidup dan berani.



Ini cocok banget untuk blogger yang sering membuat konten dengan foto-foto dan infografis yang menarik. Sehingga tampilannya akan lebih berkualitas dan kaya warna. 


Keunggulan yang ini bikin saya berdecak kagum. ASUS Vivobook Flip TP410 sudah dilengkapi dengan fingerprint sensor. Dengan demikian, laptop ini mendukung fitur Windows Hello yang umumnya hanya hadir di laptop kelas atas. 

Dengan Windows Hello, pengguna bisa sign-in ke Windows 10 yang terinstalasikan di dalam laptop ini hanya dengan satu sentuhan jari. Nggak perlu lagi repot mengetik kata sandi, dan keamanannya pun juga terjamin.




Karena layarnya di flip, tentu fungsinya tidak hanya menjadi powerful laptop. ASUS VivoBook Flip Tp140 bisa jadi responsive tablet, media stand, dan shared viewer. Jadi kalau lagi butuh ngetik, tinggal pakai seperti laptop biasa. Kalau mau baca-baca website atau scrolling timeline medsos, bisa dijadikan tablet. Mau nonton film atau menunjukkan draft konten dengan klien? tinggal diflip menjadi media stand atau shared viewer.


Lebih hemat budget juga, kan? nggak perlu beli tablet lagi. *prinsip emak-emak*

Meski sering diflip jangan takut kalau engselnya bisa patah. Untuk memastikan daya tahan maksimal, dengan bahan engsel 360° engsel dari logam presisi VivoBook Flip 14 ini telah melalui tes terbuka dan berulang sebanyak 20.000 kali. Jadi saya nggak perlu khawatir kalalu nanti anak saya iseng nginjek laptop emaknya lagi. 




Sumber Gambar :
-Dokumen Pribadi
-Pixabay
-Website ASUS
***
Tulisan ini diikutsertakan dalam ASUS Laptopku Blogging Competition 


Get notifications from this blog

25 comments

  1. Selalu asyik dengan yg nge flip,, salam kenal dari jogja mbak

    ReplyDelete
  2. Thats the point "Karena Passion, semua pasti bisa dilewati", saya sendiri aktif blogging sekitar 2014 dan entah berapa kali ganti laptop dan berujung di laptop HP. Tapi setelah liat asus yang bisa buat gambar ilustrasi sendiri kayaknya bakalan beralih lagi deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ada yang kena ratjun juga. Wah niat banget sih ngeblognya sampai dari hape dijabanin. Jempolnya nggak keriting kan?

      Delete
    2. eh, maksudnya laptop merek HP kali mba ...

      Btw tujuannya serius blogging mirip2 sama punya saya. Sayang bgt klo kuota abis buat internetan nggak berfaedah. Mending buat ngeblog serius, apalagi banyak tuh orang yang bisa sukses modal ngeblog. Kalo orang lain bisa kenapa kita nggak?

      Klo masalah perangkat penting bgt nih buat ngeblog. Saya sendiri cuma punya laptop ASUS yang umurnya dah empat tahun, wah keteteran klo suruh bikin konten gambar. Pengen ganti tapi bingung juga, tapi klo gantinya ASUS VivoBook sih kyknya oke juga

      Delete
  3. Dari dulu saya itu suka sekali dengan produk Asus. Karena mesinya bandel dan selalu menghadirkan inovasi baru. Semenjak mulai menekuni dunia blogging, saya pun pake Asus. Karena Asus sudah terbukti awet dan kualitasnya terjamin. Dan untuk tipe ini keren banget, bisa jadi kayak gitu ya, kalo punya pasti seru banget nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Didoakan semoga rejekinya banyak ya mas, jadi bisa beli ASUS VivoBook Flip Tp140 dua buah. Satu untuk masnya, Satu lagi untuk dibikin giveway :D

      Delete
  4. semua butuh perjuangan yach Mbak.... saya juga bersedih sebab lap top saya rusak.

    ohy.jarang2 si Bos blog ini nampilin fotonya secara langsung, biasanya sambil nutup muka pakai tangan.:) lagi happy yach,hehehe

    ReplyDelete
  5. Suka sama laptopnya ramping banget dan stylist gitu.

    ReplyDelete
  6. Iya nih, wajib ganti laptop dengan laptop ASUS Flip TP410 biar makin produktif.

    ReplyDelete
  7. makin kece infografisnya euy. Emang makin semangat ya ketika kita tau konten yg kita bikin bermanfaat. Gudlak mbakk

    ReplyDelete
  8. Seriusan ngerjain artikel begadang sampe subuh? Wow warbyasa. Kalo saya gak kuat matanya. Laptop saya bahkan nasibnya juga lebih buruk dari itu, diinjak, keyboardnya digebuk pakai mainan, sampe 2 tuts nya ilang entah kemana, layarnya disejajarin, mirip asus vivobook flip ini. Beruntung, laptopnya masih bandel sampe sekarang. Tapi bukan Asus, saya pakai Acer, hahaha.... si pesaing kuat

    ReplyDelete
  9. Aaakkkk asus vivobook flip nya kece euy, diriku jd pgn juga mbk. Btw setuju deh sm dikau mbk, asus memang bandel bgd, aku jg pakek asus tp keluaran lawas. Meskipun begitu alhamdulillah sampek skrg masih berfungsi baik. Dah, kalau yg keluaran lawas aja kece gitu, apalagi asus yang tipe ini nih, pasti makin kece ya, Mbak.

    ReplyDelete
  10. Sama sih kak, setahun ini mulai nulis yang agak bener dan gak melulu curhatan. Hehehe... Sekarang nulis aja apa yang mau ditulis, udah gitu aja dan yang lebih penting senang menjalaninya. Hehe

    ReplyDelete
  11. Mba template baru ya? Kerennnn banget. Aku sukaaa. Oh ya klo ngomongin soal asus, aku sekeluarga adalah penggemar asus. Bukan cuna laptop aja yang merk asus tpi hp kami juga pk produk asus hihihi

    ReplyDelete
  12. Mantap memang kalau yang tipis itu, dan sangat mudah untuk dibawa kemana-mana ya, Teh.
    Good luck, Teh..

    ReplyDelete
  13. Eh, keburu kepublihs..he
    Saya juga pernah gitu, Teh. Ngalain nulis sampe subuh, tapi ya mau gimana pun juga kesehatan yang utama ya, Teh.

    Semoga kedepan bisa lebih efektif dalam membagi waktu, Teh.

    ReplyDelete
  14. #2019GantiLatopASUS :D
    klaptop saya juga merek ASUS tipe X 450, udah jadul juga
    jadi pingin ganti.... :C

    ReplyDelete
  15. Terima kasih ya mba sudah berpartisipasi dalam ASUS Laptopku Blogging Competition. Good luck.

    ReplyDelete
  16. wah keren banget kak konten yang dibuat, ditambah pake laptop kece hasilnya pun jadi semakin keren. Kalau udah passion mah lanjuttt teh, sukses selalu

    ReplyDelete
  17. Jd inget Asus adalah laptop pertamaku yg super bandel, sayang dicuri orang, trs move on to another brand hahahaha

    ReplyDelete
  18. Kalau ada job menulis yang deadline ini benar-benar pening, begadang sampai melelahkan. giliran siangnya ngantuk pool.

    ReplyDelete
  19. Hi theгe і am kavin, its my first occasion to
    commenting anywhere, wһen i read this ρost i thought i could also makе comment due to this brilliant paragraph.

    ReplyDelete
  20. Laptop asus vivobook saya yg lama juga sudah harus dipensiunkan, pwngen deh bisa punya laptop asus teranyar

    ReplyDelete