Top Social

Top Social

..........dan simak ceritanya

Inilah Perbedaan Antara Listrik Pascabayar dan Prabayar PLN Online


Listrik saat ini sudah menjadi kebutuhan utama seluruh masyarakat. Bagaimana tidak? Hampir semua aktivitas, baik di rumah, di sekolah, di kampus, di kantor, maupun di pusat perbelanjaan, membutuhkan listrik. Tidak hanya untuk penerangan, sebagian besar teknologi bahkan tidak dapat berfungsi tanpa adanya listrik.


Keberadaan listrik mampu memberikan banyak manfaat. Ada beragam kegiatan kini bisa lebih mudah dilakukan karena adanya listrik. Tidak mengherankan, hingga saat ini, permintaan pemasangan sambungan listrik terus meluas hingga merata ke seluruh wilayah Indonesia. Informasi tentang PLN juga bisa diakses melalui link ini https://www.traveloka.com/bill-payment/bpjs dan untuk berikut penjelasan mengenai kemudahan PLN online serta manfaatnya.

Kemudahan PLN Online

PLN Onlinr - Pixabay.com

Proses pemasangan sambungan listrik saat ini tergolong cukup mudah. Pasalnya, sudah sudah adah sistem online yang bisa dimanfaatkan oleh pelanggan dan calon pelanggan baru.


Untuk membuat sambungan listrik baru, misalnya, Anda bisa mengajukannya melalui situs web PB/PD PLN. Setelah mengisi data, Anda pun tinggal konfirmasi email, melakukan pembayaran, dan konfirmasi ulang via situs web tersebut. Jika sudah berhasil, petugas PLN pun akan datang untuk melakukan pemasangan meteran.

Hal yang serupa juga bisa Anda terapkan untuk penambahan daya, migrasi listrik, atau pengajuan sambungan sementara. Anda hanya perlu mengisi data PLN Online di situs web PB/PD dan mengikuti prosedurnya hingga konfirmasi pembayaran berhasil. Setelah itu, petugas akan datang untuk memasang meteran listrik sesuai kebutuhan Anda.

Listrik Pascabayar dan Prabayar PLN Online

Prabayar PLN - www.inovasee.com


Selain pemasangan sambungan listrik dan perubahan daya, layanan PLN lain yang bisa Anda nikmati adalah listrik pascabayar dan prabayar atau yang biasa disebut dengan listrik pintar. Jika dahulu Anda mungkin hanya mengenal listrik pascabayar, kini sudah ada listrik prabayar dengan sistem pulsa. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa perbedaan antara keduanya.


Listrik Pascabayar

Listrik - pixabay.com


a. Biaya
Sistem pembayaran produk listrik ini sudah dikenal sejak lama. Setiap bulan, para pelanggan harus membayar tarif tertentu sesuai dengan jumlah besaran listrik yang digunakan.

b.    Pengecekan oleh Petugas
Biasaya setiap tanggal tertentu, petugas listrik akan mengecek meteran, lalu mencatat angka yang tertera pada meteran. Selisih angka yang terdapat pada meteran dengan angka pada bulan sebelumnya itulah yang menjadi patokan biaya yang harus dikeluarkan oleh pelanggan.

c.     Penggunaan Listrik
Dengan listrik pascabayar, pelanggan umumnya bisa menggunakan jumlah listrik lebih banyak tanpa khawatir sambungan akan terputus, kecuali jika melebihi kapasitas daya maksimal. Namun tentu saja, semakin banyak besaran listrik yang digunakan, semakin besar pula tarif yang harus dibayarkan setiap bulan.

d.    Tunggakan Tagihan
Tagihan penggunaan listrik pascabayar hanya dibebankan sebulan sekali. Jika lupa belum melunasinya hingga batas waktu yang ditentukan, pelanggan akan dikenai denda. Namun jika tunggakan tidak dilunasi hingga lebih dari 1 bulan, petugas PLN akan datang untuk memutus aliran listrik di rumah tersebut.

Listrik Prabayar

Listrik - pixabay.com


a.    Biaya
Meskipun tergolong baru, listrik prabayar atau listrik pintar saat ini sudah banyak digunakan oleh masyarakat. Untuk mendapatkan listrik ini, pelanggan dapat membeli voucer pulsa listrik dengan nominal tertentu, yang kemudian diubah menjadi kWh. Untuk mengisinya, pelanggan hanya perlu mengetikkan kode voucer pada meteran. Jika sudah berhasil, kWh pada meteran pun akan bertambah.

b. Pengecekan Mandiri
Pada pengunaan listrik prabayar, pengecekan meteran untuk melihat jumlah kWh dilakukan secaramandiri, tanpa petugas PLN. Jika jumlah kWh sudah mulai menipis, pelanggan bisa segera membeli voucer baru. Pasalnya, jika kWh sudah habis, listrik pun bisa mati. Namun apabila kWh belum habis dan diisi ulang, jumlah kWh lama tidak akan hangus, tetapi akan ditambahkan dengan jumlah pembelian berikutnya.

c.    Penggunaan Listrik
Para pengguna listrik prabayar bisa lebih leluasa menggunakan listrik selama jumlah kWh masih tersedia. Dengan demikian, pelanggan pun bisa memperkirakan jumlah kebutuhan listriknya secara mandiri tanpa khawatir akan dikenai tunggakan atau sambungan akan diputus oleh petugas PLN.

Mana yang Lebih hemat?

Pada dasarnya, penggunaan listrik pascabayar maupun prabayar memiliki tarif harga yang relatif sama. Hal utama yang membedakan keduanya hanya terletak pada waktu pembayarannya. Tarif listrik prabayar dikenakan setelah listrik digunakan, sementara biaya listrik prabayar dikeluarkan sebelum listrik digunakan.

Jika pengguna mampu menghemat penggunaan listrik, biaya yang dikeluarkan pun tentu tidak akan besar. Jadi, mahal atau tidaknya tarif listrik akan berbanding lurus dengan jumlah pemakaiannya.


Pembayaran Biaya Listrik


Dengan adanya sistem PLN Online, pembayaran listrik pascabayar dan prabayar kini bisa lebih mudah. Salah satu tempat bayar listrik yang paling populer di kalangan pelanggan PLN adalah Traveloka.


Info layanan PLN Online di Traveloka untuk pembayaran tarif listrik bisa Anda dapatkan di situs web maupun aplikasi di ponsel pintar. Di sana, tersedia menu pembelian listrik prabayar (token) dan pembayaran tagihan listik pascabayar.

Langkah-langkahnya pun cukup mudah. Anda hanya perlu memasukkan ID pelanggan, lalu melanjutkan proses selanjutnya hingga selesai. Segera setelah melakukan konfirmasi pembayaran melalui aplikasi yang sama, Anda pun akan mendapatkan notifikasi pembayaran listrik sudah berhasil.

Jadi, sekalipun sedang berada di luar kota, listrik di rumah Anda akan tetap menyala. PLN Online, lebih mudah, lebih praktis, dan efisien.




5 comments on "Inilah Perbedaan Antara Listrik Pascabayar dan Prabayar PLN Online"
  1. Di rumah saya sampai saat ini masih menggunakan listrik pascabayar.
    Rasanya lebih secure aja. Gak perlu repot isi-isi pulsa setiap kali habis.

    Di rumah memang sudah terbiasa hemat2 listrik. Anak2 juga udah dibiasain.
    Tapi denger2 katanya listrik prabayar lebih hemat. Ternyata enggak ya (",)

    ReplyDelete
  2. Sekarang udah ada pembayaran online lebih mudah dan simple ya kak,, aku saat ini udah beralih ke online sih ya sangat membantu buat yang sbuk2nya banget biar ga keteteran urusin listrik aya gini,,

    ReplyDelete
  3. aq terpaksa pakai listrik prabayar karena tambah daya, sebenernya sih lebih enak pakai pascabayar tapi info dari petugas untuk tambah daya sudah tidak ada lagi yang pasca bayar, sejak pakai prabayar jadi lebih boros dan ribet harus isi-isi ulang pulsa apalagi kalau tengah malam sekitar jam 11 beli baru beli pulsa baru akan dapat pulsa itu jam 1 pagi karena sistem offline.. kl bisa balik lagi ke pasca bayar akan lebih enak deh

    ReplyDelete
  4. Nah ada tambahan pula seharusnya, kalau listrik pascabayar masih ada harapan dapat subsidi dari pemerintah jika daya listriknya 450 kwh atau 900 kwh.
    Pemasangan atau pengajuan listrik baru, sekarang memang lebih mudah. tidak ribet.

    ReplyDelete
  5. aku lebih suka listrik prabayar mba :D bisa ngatur pemakaian

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9