Top Social

Top Social

..........dan simak ceritanya

Tips Lolos Seleksi Poltekip (Politeknik Ilmu Pemasyarakatan) - Open Recruitment 2018

Cerita Petugas Lapas balik lagi nih dengan kabar gembira. Mulai besok secara resmi pendaftaran penerimaan calon taruna  Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) dibuka. Poltekip ini perguruan tinggi ikatan dinas di bawah naungan Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).  Karena ini Perguruan Tinggi Ikatan Dinas, maka biaya selama perkuliahan ditanggung negara. Setelah lulus harus siap langsung menjadi abdi negara atau Calon Pegawai Negeri Sipil. 




Nah kesempatan ini bagus banget untuk kalian yang baru lulus SMA. Kalau memang punya kemauan dan kemampuan, maka bisa meringankan biaya kuliah yang harus ditanggung orang tua. Selain dibuka untuk umum, Poltekip juga menerima para pegawai Kemenkumham yang ingin ikut seleksi masuk poltekip. Enaknya di Kemenkumham ini, kalau ikut seleksi, status PNS tidak dicabut. Malah kalau lolos, gaji tetap jalan. 

Kenapa ada teman-teman PNS yang masih mau ikutan seleksi Poltekip? karena memang di Poltekip diberikan ilmu yang lebih mendalam tentang Pemasyarakatan. Biasanya lulusan Poltekip juga lebih terbuka jalannya untuk menjadi penjabat. Eits, tapi pada praktek lapangan nggak cuma lulusan Poltekip yang bisa jadi pejabat, lulusan umum juga bisa. Lagi-lagi tergantung kinerja. Cuma ya itu tadi, kuliahnya gratis dapat ilmu yang sesuai dengan bidangnya pula. 

Kali ini saya berkolaborasi dengan teman angkatan saya lulusan CPNS Kemenkumham tahun 2012 dan sekarang menjalani tahun kedua sebagai taruna di Poltekip. Namanya Ilham Kurniadi atau biasa saya panggil bang Ilham. Dia sampai ikut tes dua kali lho, kegagalan yang pertama malah dijadikannya pemicu untuk berhasil saat kali kedua. Alhamdulillah, usaha nggak menghianati hasil ya. 

Makanya saya todong dia untuk diwawancara membagikan kisah inspiratif serta tips supaya bisa lolos Poltekip. Oh ya sebenarnya mulai besok nggak hanya Poltekip yang dibuka tapi juga Poltekim (Politeknik Ilmu Keimigrasian). Tapi berhubung narasumbernya dari Poltekip, jadi kita bahas itu yang Poltekip aja ya. 

Sebelum saya jembrengin tanya jawab saya dengan bang Ilham, berikut daftar persyaratannya.  klik kanan save as aja ya kalau mau diperbesar.





Itu dia persyaratannya. Sekarang saya tampilkan hasil tanya jawab dengan narasumber kita, bang Ilham. 

1. Biodata 

Nama lengkap : Ilham kurniadi 
Tingkat : II/taruna madya. 
Angkatan  Poltekip : angkatan 51 (LI) 
Asal : Muara Bulian, kab. Batanghari prov jambi
Angkatan cpns : 2012 (Integ12itas) 
Asal upt : lapas klas IIB MUARA BULIAN 
Nip : 19920614-201212-1-002 
Hobi : Tenis Lapangan 

2. Apa motivasi abang masuk AKIP?  kan sudah jadi PNS
Motivasi sy ialah yg pertama Pendidikan dipoltekip gratis, sehingga bisa menabung uang gaji dan remun untuk masa depan. Hehe 
Kedua, ingin mengabdi pada negara (formal banget jawaban nya, hehe) 
Ketiga, ingin mengangkat derajat keluarga khususnya,  karena sebagaimana kita ketahui untuk menjadi taruna dan diterima di Poltekip itu memiliki nilai prestige dimata petugas Pemasyarakatan maupun dimata masyarakat. 
Keempat, Selain itu motivasi saya ialah untuk mempelajari secara khusus tentang Pemasyarakatan agar dapat menjadi petugas Pemasyarakatan yg tanggap, tanggon, trengginas dan welas asih.

3. Saya dengar abg sdh semester 7 di salah satu sekolah Tinggi swasta di jambi, tp kok malah rela tinggalkan kuliah yg 1 smster lg wisuda demi poltekip? 
Karena saya menganggap diri saya belum pintar, makanya saya kuliah lagi, meskipun ketika lulus poltekip saya sdh semester 7 di Sekolah Tinggi swasta di jambi. 

4. Sudah berusia 25 tahun kok masih mau jadi taruna yg notabene nya diisi oleh anak anak muda yg kebanyakan baru lulus sma.?
bagi saya,  yg namanya belajar itu tak mengenal usia. Selagi kamu ingin menambah ilmu pengetahuan dan merasa mampu untuk bersaing, lakukanlah!. 

5. Pernah tes dua kali,  menurut abang dulu gagalnya dimana?  
Dulu ditahun 2015 saya gagalnya di tes yg terakhir yaitu PFK. 
Terus tips untuk memperbaiki kegagalan awal gimana?  Tetep merasa yakin bahwa sy memiliki kemampuan dan kesempatan untuk lolos pada tahapan tes poltekip ditahun berikutnya. Dan yakin saja bahwa takdir dan rejeki sudah ditetapkan dan diatur oleh Allah swt.! Jika memang sudah takdir dan rejeki mu, tak kan ad makhluk-Nya yg dapat merubahnya. 

6. Ada tips lulus administrasi? 
Untuk tahap administrasi, jika ingin luulus, siapkan semua berkas yg diminta dengan cara melakukan checklist pada setiap berkas yg sdh siap. Jika semua berkas lengkap maka dijamin 100% anda akan lulus tes administrasi. Dijamin. 

7. Cpns sudah boleh ikutan?  
Wahhh, syarat yg ditentukan hanya untuk PNS, jd maaf untuk para tunas Pengayoman bersabarlah untuk menunggu penerimaan taruna Poltekip tahun depan. Hhe

8. Kuliahnya gratis apa termasuk seragam?  
Kuliah di Poltekip itu enak banget dan luar biasa lah bagi saya. Kenapa? Karena dari ujung kepala sampai ujung kaki, dari melek mata sampai pejamkan mata semua nya sudah ditanggung sama negara. Apalagi bagi kalian para cpns yg akan jadi pns dan bakal keterima poltekip, uang gaji dan remunerasi kalian akan sangat bisa ditabung selama 4 tahun. (bisalah nabung untuk biaya nikah. Hahaha)  Apalagi klo adek adek yang baru tamat sekolah, nggak bebani biaya kuliah ke orang tua lagi. Luar biasa bukan? Hehe

9. Kalau lulus nanti apa ditempatkan sesuai domisili atau diacak?  
Untuk penempatan nya itu sesuai dengan peringkat ketika diwisuda, sebagai contoh ketika akip XLIX (49) wisuda tahun 2017, untuk peringkat 3 besar bisa memilih penempatan dimana saja, contohnya sekjen, dirjen, dsb. Plus dikasih beasiswa untuk melanjutkan kuliah oleh kementerian hukum dan ham pulak. Mantep bener deh. 

10. Ada batas umur?  
Klo non pegawai umur min 17 max 22, klo penerimaan jalur pegawai max 25.

11. Minta tips lolos tahap wawancara dan PFK?  
‌Tips ny yaitu minta doa restu (bukan doa restu buat nikah ya. Hehe)  dan doa ikhlas dari orang tuamu, itu adalah doa yg paling dijabah sm Allah.
‌ Kedua, yaitu percaya diri dalam menjalani tes, walaupun saingan pendaftar nya itu dari seluruh Indonesia, yakin saja bahwa saya adalah putra/putri terbaik yg dimiliki Indonesia untuk mengabdi pada negara. (hehe) 
‌ ketiga, sering sering bertanya dan minta tips (saran ya bukan tips bayaran, hehe) sama teman atau kenalan yg sudah diterima menjadi Taruna poltekip. 
‌Keempat, jika kamu memang memiliki bakat/keahlian yg telah teruji ditingkat provinsi/nasional, silahkan tunjukkan kemampuan dan sertifikat/piagam yg kamu miliki kepada bapak/ibu penguji. Bisa menambah nilai plus kalian dalam tahapan PFK. 

12. Sistemnya kan semi militer, pernah ada kekerasan senior-junior nggak?  
Disini kan tempat pendidikan yg bertujuan untuk belajar, klo kekerasan mah tinggal dikasih air aja biar lembut. (Lah kok ngelucu,  hehe). Intinya di Poltekip nggak ada itu yg namanya kekerasan, karena saya yg mengalaminya sendiri jadi saya pun menyampaikan sesuai fakta yang ada. Gitu loh pemirsa. 

13. Masa perkuliahan berapa tahun?  Setelah selesai gelarnya apa?  
Sebelum dimulai perkuliahan, akan ada namanya Masa basis selama 3 bulan, yg akan digembleng oleh pembina baik dari poltekip, maupun dari TNI/Polri. Setelah lulus masa basis barulah bisa menjadi Taruna dan melanjutkan pendidikan selama 4 tahun. Setelah lulus akan meraih gelar S.Tr. PAS (sarjana terapan Pemasyarakatan) 

14. Secara garis besar apa yang dipelajari di poltekip? 
Yang dipelajari di Poltekip itu sebenarnya sama seperti perkuliahan hukum di universitas negeri lainnya, tapi lebih ke arah khusus mengenai ilmu pemasyarakatan. Kalau di universitas negeri misalnya ada pelajaran sosiologi atau administrasi, di Poltekip lebih mendetail mengenai sosiologi penjara atau administrasi Lapas/bapas/rupbasan. Dan lain sebagainya. 

15. Ini kan sistem karantina (asrama) liburnya kapan? 
-Klo lbur akhir pekan atau yg disebut IBL/pesiar pada hri sabtu siang-minggu malam. 
-Trus Libur nya hanya pada tanggal merah, tpi klo tanggal merah ny seperti acara kenegaraan seperti upacara bendera dan lain sebagainya, maka taruna poltekip gak libur. Hehe... 
-Trus liburnya pada setiap akhir semester, klo hbis uts libur gak? Gak ad liburnya, hbs uts tetap lanjut belajar dipertemuan perkuliahan berikutnya. Hehe

16. Pesan untuk adik-adik yang ingin mengikuti tes poltekip?  
Yakin lah bahwa kalian adalah putra putri terbaik bangsa yang sudah dinanti dharma dan bhaktinya untuk negara Indonesia. 
Persiakan akademik, mental, fisik serta kemampuan dirimu. Hanya dirimu sendiri lah yg dapat membuat dirimu lulus atau tidak lulus menjadi Taruna POLTEKIP. Jangan percaya dan bergantung pada orang lain!.


17. Untuk tes fisik apa lebih berat dari tes cpns?
Untuk tes fisik sama seperti tes kesamaptaan pada standar yg telah ditetapkan. Yaitu samapta A dan samapta B. Samapta A itu Seperti lari 3km dlam 12 menit. Klo samapta B itu seperti push up, pull up, sit up, shutle run. 

18. Apakah ada perbedaan perlakuan antara taruna yg diterima jalur pegawai dengan jalur umum? 
Di dunia pendidikan Taruna di Poltekip maupun pendidikan taruna lainnya, Tidak ada perbedaan perlakuan antara pegawai dan non pegawai, semuanya sama. Karena disini kalian akan dibentuk jiwa korsa dan sikap kepribadian yg tanggap, tanggon,  trengginas dan welas asih.

19. Apa taruna (lulusan dari jalur umum) juga dapat gaji atau uang saku?
Ya, dapat uang saku 500ribu perbulan, sedangkan makan sudah ditanggung. 

Semoga 19 pertanyaan di atas bisa membantu kalian yang mau mendaftar masuk Poltekip, ya. Kalau ada pertanyaan tambahan silahkan tanya di kolom komentar atau langsung ke instagram narasumber kita bang Ilham di @_kurniadi92

Bantu sebarkan informasi ini untuk teman-teman dan saudara kalian yang membutuhkan. 

Informasi lebih lanjut :

http://poltekip.ac.id/

http://catar.kemenkumham.go.id/

https://twitter.com/catarkumham

https://twitter.com/Kemenkumham_RI

https://www.instagram.com/kemenpanrb/
7 comments on "Tips Lolos Seleksi Poltekip (Politeknik Ilmu Pemasyarakatan) - Open Recruitment 2018"
  1. informatif banget ka !!! Aku inget jaman aku lulus SMA dulu temen ada yang mau masuk akpol tapi banyak yang gajadi dengan ada info kaya gini anak jaman skrg bisa lebi prepare yah hehe

    salam kenal - SM
    www.sabrinamaida.com

    ReplyDelete
  2. KA teman saya menanyakan masalah mata min sama gigi bolong untuk seleksi poltekip bagaimana KA?

    ReplyDelete
  3. Kakak dulu waktu ketrampilan nunjukin bakat apa ya kak

    ReplyDelete
  4. Sangat menginspirasi bang. Saya daftar poltekip, dan saya gagal di tahap psikotes. Saya bertekad tahun depan saya akan daftar lagi bang:’)

    ReplyDelete
  5. Sudah masuk tahun ke-4 saya daftar menjadi Taruna kemenkumham.
    3x daftar poltekim gugur di pfk, tahun ini saya mencoba daftar poltekip, alhamdulillah kembali sampai di pfk. Semoga ini jalan saya, semoga tahun ini Lulus Taruni Poltekip, aamiin.

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9