Question & Answer terkait kelulusan CPNS Kemenkumham 2017

Friday, November 17, 2017

Harus saya akui sih trafik blog saya cukup tinggi itu karena postingan saya tentang pengalaman jadi petugas lapas (polsuspas/sipir). Puncaknya saat tahap seleksi cpns Kemenkumham beberapa bulan lalu sampai setiap hari ada puluhan email dan DM yang masuk. Disela-sela waktu saya sebagai emak-emak rempong saya usahain jawab semuanya. Karena saya ingat jaman saya dulu nggak nemu blog yang bahas tentang pekerjaan sebagai petugas lapas, mau nanya langsung nggak ada keluarga/sodara/teman yang kerja di lapas. 

Saya senang banget saat ada yang email atau kirim DM ke instagram ngabarin bahwa mereka lulus, dan salah satunya karena banyak informasi dari blog saya. Senang rasanya kalau tulisan saya bisa membantu. Apalagi mereka ngabarin ditambah segala macam do'a supaya saya selalu sehat, murah rejeki dan sukses selalu. Makasih banyak yaaa, itu lah yang saya harapkan pundi - pundi rupiah   do'a-do'a dari kalian. 


salah dua yang ngabarin

Saya kira setelah proses seleksi CPNS selesai, email dan DM saya akan sepi. Eh nggak tahunya rame terus nagihin hutang pada nanyain setelah lulus apa yang harus dilakukan? kira-kira dapat penempatan dimana? di bagian apa? bisa kuliah nggak setelah ini? jurusan yang diambil bagusnya apa? Kamu dimana? semalam berbuat apa? oh yolandaaaa... duuuh buanyaklah pokoknya. 


Daripada saya jawab satu-satu mending dibikin postingan. Saya juga nanyain di instagram kalau ada masukan apa untuk saya bahas di blog tentang pekerjaan sebagai petugas lapas.Ternyata yang ngasih saran bukan cuma dari CPNS tapi juga teman angkatan dan senior. 

Panjang beudh dah mukadimahnya, langsung aja yess!!

Q : Setelah lulus dan pemberkasan, apa yang harus dilakukan?
A : Setelah pemberkasan yang harus kamu lakukan adalah Main gaplek  menunggu sampai SK CPNS keluar kemudian dipanggil untuk orientasi dan lanjut penempatan untuk kerja. 

Q : Kapan keluarnya SK? harus berapa lama menunggu jodoh
A : Pengalaman saya kelulusan oktober 2012, dapat SK April 2013. Jadi kurang lebih enam bulan. Ini cuma gambaran BUKAN PATOKAN. Untuk tahun 2017 bisa aja lebih cepat. 

tips : Rajin-rajin cari info dengan membuka website kemenkumham, atau bikin grup sesama CPNS 2017 siapa tahu ada CPNS yang keluarganya di kemenkumham jadi bisa saling berbagi info. Kalau nggak salah waktu pemberkasan panitia di kanwil minta no hp kan? pastikan selalu aktif dan jangan ganti-ganti nomor. 

Q : Sebelum kerja ada pendidikannya nggak sih?
A : Sepengalaman saya dan senior, ada orientasi namanya. Orientasi ini cuma duduk di aula kanwil dengerin ceramah materi dari narasumber yang biasanya pejabat-pejabat di kanwil. Lamanya orientasi yaitu seminggu. Orientasi ini nggak bayar. Jadi nggak ada yang namanya latihan bela diri , renang atau semacamnya. Pelatihan itu ada tapi nanti beda lagi waktunya (setelah jadi PNS). 

Nah saya pribadi juga menilai harusnya sebelum kerja CPNS diklat samapta dulu, biar mental dan fisik terlatih. Tapi namanya juga kita ikut aturan dari pusat entah terkendala anggaran atau apa maka pembekalan sebelum kerja cuma orientasi yang bersifat teori. 

Padahal keadaan di lapangan (lapas) jauh dari teori-teori tersebut, alias dengarin pemaparan dari narasumber rasanya pasti beda saat berhadapan langsung dengan warga binaan di lapas. 

Tapi ada juga Lapas/rutan yang ngasih semacam kesemaptaan untuk CPNS yang ditempatkan di lapas tersebut. Kalau saya pribadi awalnya ditempatkan di lapas anak dan wanita, nggak ada pendidikan samaptanya, langsung kerja aja gitu. Sedangkan beberapa teman angkatan di lapas lain ada pendidikan samapta dari kantornya. Jadi balik lagi ke UPT (Unit Pelaksana Teknis) masing-masing ya. Makanya selagi menunggu SK keluar tetap rajin olahraga. 

Q : Ukuran sepatunya berapa, kak?
A : 39-40

Q : Untuk seragam dan atribut dikasih atau beli sendiri?
A : Untuk awal beli sendiri. Untuk ketentuan bentuk seragamnya gimana silahkan download disini
Kalau untuk seragam pergi aja ke tukang jahit yang biasa jahit seragam untuk ikatan dinas (tni/polri) bilang jahit untuk kemenkumham. Biasanya mereka sudah tahu.  

Nanti setelah kerja kalau memang dari kantor ada anggaran pembagian dasar baju baru deh dikasih gratis. Tapi untuk awal memang modal sendiri dulu ya.

Q : Boleh pakai rok dan jilbab? 
A : Nggak boleh. Kalau kamu laki-laki. Kalau perempuan boleh. *gariing*

Q: Jilbabnya boleh yang lebar menutup dada, kak?
A : Boleh, saya juga gitu kok. So far, fine-fine aja dan memang nggak ada aturan tertulis khusus terkait jilbab.


Tapi memang menyesuaikan juga sih, saat diklat kesemaptaan sulit untuk pakai rok karena bakal disuruh jungkir balik, lari, masuk got, dll. Jadi menyesuaikan saja yah. 
Q : Ada biaya lagi nggak saat mulai kerja nanti?
A : nggak ada, tapi memang terkait jawaban di atas yang seragam beli sendiri harganya memang lumayan. Pakaian dinas satu stelnya kalau di tempat saya itu 350-400 ribu. Sedangkan butuhnya 2-3 stel. Belum lagi atribut dan sepatu (pdh dan pdl). Saran saya kalau memang dari keluarga menengah ke bawah coba manfaatkan waktu menunggu SK ini untuk kerja sementara yang uangnya bisa dikumpulkan untuk bikin seragam. Kalau bisa sih jangan ngerepotin orang tua lagi ya. 

Penting juga untuk ngumpulin uang dan punya tabungan karena biasanya CPNS nggak digaji tiga bulan pertama tapi akan dirapel di bulan keempat. Saya sih dulu ngutang sama ortu, wkwk. Tapi ini nggak bagus, lebih baik kalau bisa ngumpulin uang sendiri selama nunggu SK keluar ya. 

Q : Kalau Pakaian Dinas Upaca (PDU) bikin juga nggak?
A : Nggak usah dulu, karena sifatnya nggak urgent. Kecuali ada perintah dari atasan untuk bikin, baru bikin ya karena ini cukup mahal bahannya stelan jas gitu bisa habis 850ribuan. Saya sendiri nggak pernah bikin sampai ada pembagian gratis dari kantor hahaha (emak hemat cuy)

Q : Selama jadi CPNS bisa diberhentikan?
A : bisa banget, apalagi statusnya belum tetap sebagai PNS. Kalau kamu malas kerja, bolos tanpa keterangan, terlibat narkoba dan tindakan kriminal lainnya. See you good bye, hempaskan!!

Q :  Bisa lanjut kuliah?
A : Bisa, tapi dengan syarat ada izin belajar dari kalapas dan kakanwil. Ngurusnya kalau sudah jadi PNS kalau nggak salah. 
Q : Saya sudah terlanjur kuliah kak, cuti atau berhenti?
A : Tergantung kamu sih, tapi pengalaman saya dulu kuliah di keguruan sampai semester tiga. Saya milih berhenti karena waktunya nggak bisa sesuai sama pekerjaan. Setelah jadi PNS saya ngulang lagi daftar di universitas terbuka jurusan hukum. 

Q : Kalau mau kuliah harus jurusan hukum?
A : untuk penyesuaian jurusan apapun bisa kecuali kesehatan. Saya pribadi milih jurusan hukum biar nyambung sama kerjaan. 

Q : Penyetaraan ijazah kapan?
A: enam tahun kerja atau setara pangkat 2b selama 2 tahun. Tapi katanya yang tahun ini kalian disuruh menandatangani perjanjian tidak boleh mengajukan penyetaraan ijazah selama 8 tahun ya? yasudah terima nasib, hehe. Berdo'a aja semoga nanti aturan berubah. 

Q: Boleh nikah selama jadi CPNS?
A : boleh, asalkan ada calon. Lebih penting lagi calonnya mau diajak nikah sama kamu ya. nggak ada aturan cpns tidak boleh nikah. Cuma, setahu saya CPNS nggak boleh mengajukan cuti. Jadi kalau kamu menikah masih dalam status cpns berarti cuma izin beberapa hari saja. Ah nggak asyik, pengantin baru harus ditinggal nantinya ๐Ÿ˜œ.

Q: Jenjang karir polsuspas tuh gimana?
A : selain pertanyaan dari peserta ini juga ada titipan nih dari rekan seangkatan saya yang sekarang jadi taruna di Poltekip *haaaai bang Ilham*

Saya sendiri masih staf biasa ya di lapas, belum ada jabatan jadi disuruh jabarin jenjang karir geli juga rasanya tapi kalau untuk pengetahuan boleh lah yaaa. 

Untuk tamatan SMA memang di awal pasti ditempatkan di penjaga tahanan apalagi memang kebutuhan terbesar lapas ya bagian itu. Cuma apakah selamanya jadi penjaga tahanan? nggak juga, semua tergantung kinerja dan kebutuhan lapas. Saya pribadi dua tahun jadi anggota jaga, kemudian jadi staf BMN, setelah pindah ikut suami ke Lapas Tebo saya jadi staf pelaporan dan administrasi kamtib, sekarang saya di layanan kunjungan.

Jadi kalau untuk pindah divisi nggak tergantung sama pangkat dan masa kinerja tapi bergantung banget sama skill yang kamu punya dan kebutuhan lapas. Tapi untuk jabatan ya memang tergantung pendidikan terakhir, pangkat, masa kinerja, dan usulan Kalapas. 

Intinya kerja aja yang bener, insyaAllah kalau memang kinerja bagus jabatan akan nyusul. *gaya banget gue ngomong begitu wkwk ๐Ÿคฃ*. 

Oh ya, tapi bagi kamu yang memang jiwanya anak militer gitu alias sudah tes TNI dan Polri tapi kagak lulus๐Ÿ˜œ kamu masih bisa ikut tes POLTEKIP (Politeknik Ilmu Pemasyarakatan) semacam sekolah ikatan dinas dibawah naungan Kementrian Hukum dan HAM. Asal nggak lewat umur dari 25 tahun dan belum menikah masih bisa ikut ini. Status PNS nggak akan hilang dan gaji juga akan tetap jalan. Enak kan? Keluar dari sini pangkat langsung IIIa. Lulusan POLTEKIP juga sangat berpeluang menjadi pejabat. 

Tapi....seleksinya juga jauh lebih berat daripada seleksi CPNS baik secara akademik dan fisik. Pendidikannya juga harus kuat mental dan fisik namanya juga sekolah ikatan dinas. Itulah kenapa saya nggak ikutan karena tahu diri nggak kuat ๐Ÿ˜ฌ. 

Untuk CPNS 2017 nggak ada salahnya mencoba ya, cari tahu tentang POLTEKIP di http://www.poltekip.ac.id/.

Q : Penempatan apa disesuaikan dengan domisili?
A : Nggak, penempatan acak sesuai kebutuhan instansi. Kalau kebetulan dapat sesuai domisili ya alhamdulillah. Kalau jauh dari domisili siap-siap LDR (bagi yang punya pasangan aja sih, mblo). 

Q: Di Lapas itu seram nggak sih?
A : Mungkin bisa baca postingan saya yang ini >> Kerja di Lapas itu Menyeramkan? << 
Tapi sebagai tambahan memang harus siap mental soalnya kita berhadapan dengan orang yang berlatar belakang kriminal. Harus kuat fisik dan mental karena kita berhadapan dengan penjahat, bukan penjahit. *krik..krik..*

Q : Di Lapas apa benar kayak difilm-film? napinya makan pakai piring besi dan harus antri, setelah makan mereka disuruh nyangkul dengan kaki di rantai ๐Ÿค”? (ini request kak leni, hai kak leniii :*)
A : Mamam tuh film! beda banget sama keadaan di lapas kita di Indonesia. Untuk makanan ada tamping yang masak, kemudian dibagikan perkamar. Masing-masing warga binaan dapat makanan dalam wadah plastik kayak kotak bekal nasi gitu.Tiga kali sehari, pagi-siang-sore.Nggak ada yang namanya kerja paksa apalagi sampai kaki di rantai. Kalau pun ada yang kerja, itu bagian dari pembinaan kayak diajarin bercocok tanam atau bertukang. Nanti kalau sudah masuk, tahu sendiri deh yaaaa ๐Ÿ‘ฎ‍♀️. 

Q: Kakak sukanya makan apa?
A: makan yang manis-manis gitu deh. 

Q: Kalau wanita ditempatkan di lapas dewasa pria gimana?
A: biasanya dijadikan staf administrasi, karena nggak mungkin berbeda gender antara petugas dan warga binaan. Cuma saya pribadi bersyukur pernah jadi anggota jaga karena disitulah mental dan fisik diuji. Kalau sudah jadi staf mah santai karena berhubungan dengan komputer dan kertas-kertas aja (nyut-nyut-an juga sih kalau lagi banyak laporan). 
Update : Karena banyak yang request tentang cerita petugas lapas dari sudut pandang pria jadi saya bikin video di bawah ini bersama rekan kerja saya. ditonton yaaa.

Q: Kalau jadi PNS kan harus lulus prajab, itu kapan prajabatannya?
A: Nanti setelah beberapa bulan kerja, pengalaman saya sih 6-7 bulan kerja. Prajabatan nggak bayar sama sekali malah dikasih uang saku. 


Q : Kalau ditempatkan jauh dari domisili  bisa ngurus pindah nggak?
A: Bisa kalau kamu anaknya pak mentri, hehe. 
Nggak ding, maksudnya jadi CPNS harus siap ditempatkan dimana saja. Dulu saya juga ditempatkan bukan di daerah domisili KTP, beda kabupaten masih satu provinsi. Nah tiga tahun berjalan saya dipelet nikah  sama petugas lapas Tebo, itu kabupaten lain dan lebih jauh. Saya ajukan pindah, kebetulan di lapas tebo nggak ada pegawai perempuannya makanya sama kakanwil dibolehkan. Jadi mutasi sebelum sepuluh tahun bisa-bisa aja dengan alasan yang bisa diterima oleh atasan. Kalau alasannya cuma kangen ortu, ya menurut ngana???



Q : Kalau ada kerusuhan atau pelarian apa yang harus dilakukan?
A: Alhamdulillah saya pribadi belum pernah mengalami kedua kejadian tersebut. Tapi kalau WBP berantem sampai bikin heboh sih pernah. Caranya langsung koordinasi dengan teman regu jaga untuk melerai. Nggak bisa juga, hubungi komandan jaga dan atasan lainnya (ka.KPLP dan Kalapas). Intinya harus kerja sama dengan sesama pegawai untuk mengatasi kejadian darurat apapun itu. 

Kalau sudah rusuh jangan sok jago mengatasinya sendirian, bisa-bisa kamu jadi remah-remah rempeyek.

Saya kepikiran nih bikin Vlog Q n A terutama pengalaman sebagai petugas lapas, suka dukanya, tips menghadapi warga binaan yang bawel sampai yang pandai merayu, dll. Saya mau ajak suami biar ada sudut pandang dari petugas laki-laki. Pada setuju nggak? tolong sampaikan lagi pertanyaan terkait pengalaman kerja di lapas di kolom komentar atau email atau dm instagram ya. 

Oh ya boleh banget kalian sharing di kolom komentar perjalanan kalian sampai bisa lulus, suka duka dan rasa deg-deg-annya. Ditunggu yaaaa. ๐Ÿ˜ƒ





46 comments:

  1. Hai ka ein. Aku punya pertanyaan soal prajabatan. Kalau prajab itu semua cpns bisa ikut atau cpns yg terpilih aja?
    Misal di banten yg keterima cpns 2017 300 org, nah apakah 300 org itu semuanya akan ikut prajab di waktu yg sama?
    Makasih ka ein, salam dari banten

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua memang diharuskan ikut prajab.

      Delete
    2. Kn prajabatan to dujikn jg untk jdi pns nah lw gg lolis to gmn yh

      Delete
  2. Mbaaa mau nanya dong kan saya jurusan farmasi. Menurut mba gimana yaa apa ganti jurusan aja?
    Tapi kenapa kesehatan gabisa penyetaraan mba๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
  3. saat pemberkasan di kanwil riau. saya menanyakan tntang waktu SK keluar.. dan panitia menjawab tanggal 1 desember... mhon kofirmasinya mbak apakah informasi ini benar?

    ReplyDelete
  4. Berarti saya memang harus berhenti kuliah ni wkwk saya mahasiswa keperawatan semester 3. Oh ya mbak kalau misalnya ditempatkan di luar domisili dan disitu tidak ada kampus dengan jurusan yg linear bagaimana mbak? Mengingat saya lulus dengan umur 18thn dan masih pengen upgrade ilmu. Thanks mbak

    ReplyDelete
  5. hauh keren
    saya suka banget itu quotenya
    bukan penjahat hanya tersesar...
    goodluck mbak ^^

    ReplyDelete
  6. Mba,kerja di rutan atau lapas itu beda nya dmna? Apa sistem kerjanya beda?

    ReplyDelete
  7. Dapet NIP itu setelah jadi PNS apa sedari dilantik jadi CPNS mba?

    ReplyDelete
  8. Mbak nanya dong untuk kuliah jurusan psikologi apakah ccok dan bisa untuk naik jabatan di sipir penjara,?

    ReplyDelete
  9. Saat penyetaraan ijazah itu apakah juga secara otomatis penyetaraan pekerjaan?

    ReplyDelete
  10. Mbaak. Mau tanya donk . Kalo udah jdi pns ni . Trus mau ikut poltekipnya hrus ada izin atasan dlu . Trus kalo gak dpet , biasa lagi ya mbak ..

    ReplyDelete
  11. Mbk saya lulus pns kunham..dan sudah pemberkasan.stelah saya ingat ingat tanda tangan saya berbeda ktp dengan ijasah...mohon petunjuk untuk tanda tangan SK

    ReplyDelete
  12. Terima kasih atas semua informasinya..
    Boleh tidak kak kita izin tidak ikut orientasi? Karena sebelum ada pengumuman test cpns ini sudah terdaftar umroh di bulan november, khawatir dipanggil orientasi di waktu yang sama..

    ReplyDelete
  13. Kak tanya, pns yg bisa kuliah di poltekip itu hanya laki2 ato perempuan juga bisa? Terima kasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
  14. Kak pns yg bisa daftar poltekip itu cm laki2 aja ato perempuan jg boleh? Mksi sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perempuan juga ada. Bisa dibuka di www.poltekip.ac.id

      Delete
  15. Bu maaf ijin tanya saya kan lulusan D-IV Manajemen Agroindustri konsentrasi Perikanan kelautan, tapi skrng ikut formasi penjaga tahanan bu, apakah nanti bisa buat penyetaraan ijazah ga bu? Mohon arahan bu. Mksih

    ReplyDelete
  16. Mau tanya mbak. Jika pemberkasan d bulan november, kira kira ada kegiatan gak ya disekitar januari selang sebulan melewati desember? Apakah kegiatan itu harus nginap nginap?

    ReplyDelete
  17. Saya mau tanya apakah kesempataan setelah jadi pns ada renang juga??

    ReplyDelete
  18. Sistim kerja di lapas itu gimana min?
    Libur, cuti, lembur dllnya?

    ReplyDelete
  19. Sistem kerja di lapas itu gimana min?
    Sistem liburnya, cuti, lembur, dan jam kerjanya?

    ReplyDelete
  20. Mbak mau tanya, saat ini saya kan uda lulus S1 nah apakah nanti bisa diauki ijasahnya? dan caranya gmn ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti setelah 8 tahun ada namanya penyetaraan ijazah

      Delete
  21. Terimakasih mba atas sharingnya... Diberkati Tuhan selalu ๐Ÿ˜‡
    .
    .
    Saya setuju banget mba utk buat Vlog... Kan apalagi video tentang penjaga tahanan di Youtube sangat sedikit sekali...
    .
    .
    Mari kita bantu mba berkarya dgn klik ikl4n yg ada di blog ini guys...

    ReplyDelete
  22. Mbak. Kalau sdh punya ijazah s1. Nanti setelag 8 tahun bisa penyesuaian ijazah ya ???

    ReplyDelete
  23. Hi, mba. Kalau untuk perempuan yang tidak menggunakan jilbab apa wajib rambut pendek? Terima kasih

    ReplyDelete
  24. wah malah pertanyaannya makin banyak yaa, nanti saya jawab di postingan berikutnya atau di youtube yaaa. makasih sudah baca ^^

    ReplyDelete
  25. Terimakasi atas pencerahan.y mbak.. Tpi sya mau tanya,, knapa semu jurusn bisa distarakan kecuali kesehatan ??

    ReplyDelete
  26. Mbak, mau tanya donk, celana sipir itu sama nggak kayak celana satpam bank, rasanya sama2 biru tua, maksudnya kalau smaa saya nggak buat lagi, menghemat biaya ๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
  27. Mbak kalau celana satpam bank sama nggak kayak sipir, rasanya sama2 biru tua, soalnya kalau sama saya nggak buat celana lagi, buat bajunya aja, soalnya menghemat biaya๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
  28. Mbak kalau celana satpam bank sama nggak kayak sipir, rasanya sama2 biru tua, soalnya kalau sama saya nggak buat celana lagi, buat bajunya aja, soalnya menghemat biaya๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
  29. Mbak kalau celana satpam bank sama nggak kayak sipir, rasanya sama2 biru tua, soalnya kalau sama saya nggak buat celana lagi, buat bajunya aja, soalnya menghemat biaya��

    ReplyDelete
  30. Mbak kalau celana satpam bank sama nggak kayak sipir, rasanya sama2 biru tua, soalnya kalau sama saya nggak buat celana lagi, buat bajunya aja, soalnya menghemat biaya๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
  31. Mba boleh tanya ngak. Kalau misalnya dari penjaga lapas mau pindah ke keimigrasian boleh nggak?

    ReplyDelete
  32. Maaf mbk mau tanya, kalo kita sudah CPNS, untuk proses selanjutnya yg harus di hadapi untuk jadi PNS, apa ada tes lain selain prajabatan? Misalnya seperti medical check up?

    ReplyDelete
  33. Postingannya bermanfaat sekali, , maaf mbk saya mau tanya, kalo kita sudah lulus menjadi CPNS, terus mau proses menjadi PNS, apa ada tes lain mbk? Seperti medical checkup?

    ReplyDelete
  34. Ditunggu ka vlognya.. Segera kalo bisa.. Hahahaha

    ReplyDelete
  35. apakah yg uda lulus S1 bisa dipakai nanti ijasahnya?

    ReplyDelete
  36. Saya lulus cpns kmenkumham sipirlapas sblm sk kluar sya dan pacar sya langsung menikah nnti gimana yah apa yg harus sya lkukan ? Nnti data diri sya lgsung di ubah atau gimana thx

    ReplyDelete
  37. Mbak mau minta tolong dong buat jelasin tentang jabatan dan golongan dari polsuspas. Terima kasih

    ReplyDelete
  38. assalamualaikum mba,saya ingin bertanya,setelah lulus sebagai cpns,untuk diangkat sebagai pns kan harus prajab,apa ada test lain lagi?seperti kesehatan mungkin?
    dan apakah ada kemungkinan cpns tidak lulus sebagai pns karena tidak lulus di salah 1 syarat untuk pengangkatan pns?
    terima kasih,btw saya sangat senang dengan tulisan2 mba,keep writing

    ReplyDelete

Silahkan komentar dengan nada positif, no SARA. Terimakasih ^^

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS