22 hari penuh cerita (Prajabatan CPNS Kemenkumham Jambi 2013)

Tuesday, October 8, 2013

“Apa kabar Prajab?”
“Optimis..Luar Biasa! Yes, we can!”

Masih terngiang-ngiang lantangnya suara 53 orang menyuarakan yel-yel tersebut.
Takdir baik yang membawa aku dipertemukan dengan 52 orang ini. satu angkatan CPNS Kemenkumham 2012.

16 september 2013 – 07 oktober 2013
Nggak terasa 22 hari terlewati dengan meninggalkan puluhan, bahkan ratusan kenangan dalam benak masing-masing.

Prajabatan bukan sekedar kegiatan untuk syarat diangkat menjadi PNS. Lebih dari itu, aku temukan banyak hal disini. Ilmu, semangat, motivasi, persaudaraan, persahabatan, keterbukaan, keceriaan, tawa, bahkan air mata.

Gedung pramuka kwartir (Kota Baru, Jambi) jadi saksi bisu atas kegiatan selama kami prajabatan. \ Ingat “Lobi gelas pecah”? sampai empat kali gelas pecah sendiri di lobi. Mungkin tanda-tanda penunggu ngajak kenalan atau ngajak main :P

Air nggak hidup setiap saat, bikin rempong pas mau mandi. Teriak-teriak “mensos, hidupin air!”. Jadi tuh, kalau tiap liat bak mandi pasti langsung inget muka bang Marbun :D

Untuk kamar 6, yang penuh cerita, tawa, dan super duper berantakan. Rapinya kamar Cuma pas kalau dibilang bakalan ada apel barak :P rempongnya kita kalau udah pagi, dengar suara peluit, kelamaan dandan dan digedor-gedor sama ketua kelas/ketua senat supaya buruan ke lapangan.
Makasih ya kak marisa, kak indah, ade, dan sri (si make up artist). Ada banyak hal yang lebih terbaca, lebih terbuka, lebih bisa untuk dipahami, setelah 22 hari ini.

Ingat pas pelajaran dinamika kelompok? Seharian kerjaan kita main. Tapi permainan yang melatih kekompakan, membuat kita mengenal satu sama lain. Tawa hari itu adalah tawa yang akan kita kenang, tawa yang sama nanti 10 tahun lagi, 20 tahun lagi, ketika kita bertemu kembali.



Hal yang paling aku kangenin adalah, bangun subuh-subuh dengan mata masih sipit karena ngantuk jalan ke mushola dan kita subuh berjamaah. Lanjut olahraga bareng. Aku yang sebelum prajab jarang olahraga akhirnya meringis betis pegal karena jogging keliling seputaran kota baru. Tapi lama-lama jadi biasa. Apalagi kalau udah kecapean, dan lari di barisan paling belakang selalu ada abang-abang dan temen-temen yang semangatin “ayo ein, smangat! Ayo ein, cepat! Smangat..semangat!”



Moment makan bareng juga jadi hal yang paling berkesan. Awal-awal agak kurang teratur, lauk, sayur dan kerupuk cepat habis dan bikin yang belakangan gak kebagian. Sampai akhirnya malam dimana mensos curhat kalau dia makan ga pernah pakek sayur dan kerupuk (karena selalu kehabisan), mulai besok semua udah bisa mengatur porsi masing-masing dan akhirnya mensos bahagia karena bisa makan lengkap dengan sayur dan kerupuk :D
***
Kangen kelas B!!
Serunya kita diskusi, joget-joget dan nyanyi (terutama Amran yang pantang dikasih mic :P), untuk pasangan duet aku (bi), untuk foto-foto dan setiap moment di kelas, ah semuanya menyenangkan untuk diingat.


Akhirnya mau bilang terimakasih pakek banget kepada :

Allah SWT, terimakasih sudah memberikan takdir baik meski awalnya gak sesuai dengan cita-cita aku tapi aku yakin rencana-Mu jauh lebih baik. Pikiran aku jauh lebih terbuka di prajab ini, aku jadi bisa bersyukur dan menerima apa yang sudah Dia berikan.

Pak ihsyan, pembina yang paling the best. Beliau ngomongnya keras, tegas dan terkadang terkesan serem. Tapi dibalik nada bicaranya, aku bisa ngerasain kelembutan hatinya. Betapa dia sayang sama kami semua, betapa dia ingin kami menjadi disiplin, menjadi aparatur negara yang baik, yang tahu dengan nilai-nilai moral. Kalau bukan karena sistem dan didikan beliau, nggak akan ada yang namanya seorang Enny bakalan bangung jam 4 pagi dan pergi ke mushola. Nggak akan ada Enny yang tahu waktu dan belajar untuk disiplin. I love you pak Ihsyan, makasih atas semuanya. Semoga bapak selalu sehat, selalu diberkahi dan dirahmati oleh Allah SWT.
ai lop yu, pak :*
Panitia, sebagai fasilitator, membina dan membimbing. Terimakasihs pak Ka.Kanwil dan segenap jajaran Kantor Wilayah Kemenkumham Jambi :)

Widyaiswara, terimakasih untuk ilmu dan motivasinya. Semoga semangat menjadi aparatur negara yang baik terbawa ke UPT masing-masing.

52 orang saudara baru, kita lulus cpns sama-sama dan lulus prajab juga sama-sama. Mungkin nanti jenjang karir kita akan berbeda, tapi semoga kekompakan tetap terjaga. Terimakasih untuk abang-abang yang menganggap aku sebagai adek, yang hobinya minta bayarin sate dan pempek :P terimakasih untuk tawa, cerita, lagu,semangat dan nasehat2nya, malam perpisahan yang seru dan semuanya, terimakasih. Tetap jaga integritas dan percaya bahwa kita bisa menjadi pemutus rantai budaya kerja yang lama dan menjadi penggerak budaya kerja yang baru sebagai aparatur negara yang baik, yang bekerja bukan hanya dengan motivasi gaji tetapi juga rahmat dari Ilahi :)






Update : Karena banyak yang request tentang cerita petugas lapas dari sudut pandang pria jadi saya bikin video di bawah ini bersama rekan kerja saya. ditonton yaaa.


8 comments:

  1. sepertinya seru banget ya,
    gak sabar pengen cepet-cepet prajabatan juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih miss frog :) cpns 2013 ya? :D

      Delete
  2. aku jugaaa....huaaaa,,,,, tanggal 1-24 April di PPMKP Ciawi Bogor!!! i'll be thereee

    ReplyDelete
  3. selama prajab di asrama ya mb??

    ReplyDelete
  4. ada ujian prajabatan ya mbak?

    ReplyDelete
  5. Itu ujian tertulis ada juga mba?
    tentang apa soalny?
    Trmksih

    ReplyDelete

Silahkan komentar dengan nada positif, no SARA. Terimakasih ^^

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS