Sistem Kerja Polsuspas

Tuesday, July 4, 2017

source : here

Berawal dari postingan Pengalaman Tes CPNS KEMENKUMHAM dan ini jadi banyak pertanyaan yang salah satunya belum terjawab di tulisan saya sebelumnya yaitu bagaimana sistem kerja polsuspas. Baiklah disini saya akan coba jelaskan, bahasanya mungkin nggak formal gitu ya ^_^

Polsuspas (Polisi Khusus Pemasyarakatan) adalah pegawai negeri yang bekerja di Kementrian Hukum dan HAM khususnya di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas). 

Nah di Lapas ada macam-macam lagi pembagian tugasnya. Berikut empat  bidang pekerjaan di Lapas secara umum.





1. Tata Usaha (TU)

Ini sama kayak kantor pada umumnya, mengurus administrasi perkantoran. Skill yang dibutuhkan tentu keahlian mengoperasikan komputer.

2. Registrasi dan Pembinaan

Bidang ini mengurus segala administrasi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) atau yang dikenal secara umum di masyarakat sebagai narapidana padahal narapidana itu khusus untuk tahanan yang sudah vonis, kalau masih dalam tahap sidang namanya tahanan. Nah tahanan dan narapidana disebut WBP kalau di lapas.


3. Keamanan dan Tata Tertib (Kamtib)

Ini bagian saya nih, kalau disini ada bagian lapangan ada bagian pelaporan. Saya bertugas di pelaporan jadi urusannya ya sama komputer. Kalau bagian lapangan itu bertugas sebagai tim razia, kontrol keamanan dan ketertiban lapas, dll. 

foto razia dok. LPKA Ma.Bulian, Jambi


4. Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP)

Disini tugasnya untuk mengamankan atau menjaga WBP dan Lapas. Lebih detailnya kita mengawal kegiatan warga binaan apapun kegiatan mereka baik hanya bersih-bersih di dalam kamar, blok, atau kegiatan pengajian, kita juga harus standbye di pos jaga masing-masing. Untuk pria dan wanita kerjaannya sama aja.  Dulu saya juga sempat di bidang ini. Kalau penjagaan beda sama staf jam kerjanya. Penjagaan pakai shift : pagi (07.00-13.00 wib), siang (13.00-19.00 wib), malam (19.00-07.00 wib) ini bisa beda-beda ya setiap lapas tergantung kebijakan masing-masing tapi jumlah jam kerjanya tetap sama. Setelah dinas malam libur dua hari, kemudian dinas sesuai shift lagi. Kalau saya pribadi nggak suka bagian ini karena saya orangnya lebih senang kerja dengan komputer atau pembinaan. Lagian penjagaan itu harus kuat secara fisik dan mental. Kuat fisik karena ada dinas malam, terus juga jadi tameng saat ada kerusuhan. Kuat mental karena kelakuan WBP itu macam-macam bikin lelah hati hayati *LOL


Tapi sebagai PNS harus siap ditempatkan dimana saja, di bidang apa saja. Saya sudah  pernah merasakan tiga bidang yaitu di KPLP, TU, dan sekarang di Kamtib, alhamdulillah asal punya kemauan bisa kok menyesuaikan diri di setiap bidang. 

Tambahan ya, karena ada yang nanya di dm instagram saya tulis juga disini. For your information kerja di lapas itu siap nggak pulang saat hari raya baik hari raya agama Islam atau agama lainnya karena saat hari raya itulah kunjungan membludak jadi semua petugas lapas baik di penjagaan ataupun administrasinya wajib ikut piket. So, yang galau nggak akan bisa pulkam tiap tahun ya silahkan pikir-pikir ya. Tapi tenang saja setelah piket lebaran ada liburnya kok, seminggu setelah lebaran juga boleh mengajukan cuti.


Semoga menjawab pertanyaan teman-teman ya, kalau ada yang lupa saya jelaskan silahkan tanya di kolom komentar atau email ke dudukpalingdepan@gmail.com.


 baca juga :
Tipe-Tipe Pengunjung Lapas 

Question dan Answer Terkait Kelulusan CPNS Kemenkumham 2017
 

97 comments:

  1. Tertarik mampir ke sini karena nama blognya unik
    Dulu aku ndaftar cpns ini tp blum beruntung hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih sudah baca mba, gpp mba bisa dicoba lagi di lain kesempatan ^^

      Delete
  2. mas katanya polsuspas tahun ini buka lowongan yah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada, tapi belum diumumkan. Lengkapnya baca disini ya https://www.menpan.go.id/berita-terkini/7090-rencana-penerimaan-cpns-belum-diumumkan

      Delete
  3. Terimakasih mbak sharingnya.
    Untuk polsuspas, apakah pembagian tugasnya ada 4 itu mbak?

    ReplyDelete
  4. kalo boleh tau berapa ya gaji nya kalo baru masuk kerja. jam kerja shift ny di bagi dr jam berapa sampai jm berapa mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. di lapas gaji + tungker + uang makan = lebih dari lima juta pokoknya.

      shift (bisa beda tiap lapas) = pagi : 07.00-13.00 wib, siang : 13.00-19.00 wib, malam : 19.00-07.00 wib.

      Delete
  5. Gajinya bnyak bngt ya,,, 😊 kalo setelah lulus cpns lgsg masuk golongan apa mb ? Untuk lulusan SLTA. Mksh 😊

    ReplyDelete
  6. Gajinya bnyak bngt ya,,, 😊 kalo setelah lulus cpns lgsg masuk golongan apa mb ? Untuk lulusan SLTA. Mksh 😊

    ReplyDelete
  7. Kalau misalnha ni mbak kan sy tamatab d4 jurusan kesehatan mau ijut cpns bagian polsuspas. Nnti apabila sy diterima apakah ijazah saya berlaku diemudian hari ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau s1 bisa, tapi d4 nggak tahu nanti bisa dikonsultasikan dengan bagian kantor wilayah

      Delete
  8. untuk jenjang karir bagaimana? misal lulusan s1 apakah ada penyetaraan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada penyesuaian ijazah setelah masa 6 tahun kerja

      Delete
    2. maksudnya kalau ijasah saya sudah D3 lalu untuk pendaftaran saya pakai ijasah SMA , bila nanti lulus sipir, apakah setelah masa 6 tahun ingin pindah di bagian office pas bisa mbk?
      cz saat ini sedang lanjut s1 tetapi belum lulus, jd saya daftr thn ini menggunakan ijasah SMA , mhn di balas ya

      Delete
    3. kk pertanyaan saya sama seperti bg tyo pambudi. mohon pencerahan kak..

      Delete
  9. Muhamad Agus SantosoJuly 14, 2017 at 10:53 AM

    Mau tanya mba untuk penempatan biasanya berdasarkan domisili atau tidak?
    Lalu saya kan lulusan smk apabila lanjut kuliah apa bisa pengaruh bagi kenaikan jenjang karir?
    Makasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. baca disini ya http://www.dudukpalingdepan.com/2017/07/question-dan-answer-terkait-pembukaan.html

      jenjang karir nanti kalau setelah diterima lanjut kuliah

      Delete
    2. Kl tamatan smk jurusan pertanian diterima g mbak

      Delete
    3. Mlm mba . slam knl saya fitri dr jogja .
      Mau tnya ada syarat tinggi badan kan ? Klo boleh tau dlu mba waktu daftar tingginya brp ya ?

      Delete
    4. tinggi saya antara 158-160, beda orang yang ngukur beda pula hasilnya

      Delete
  10. mba numpang tanya ,, untuk tes pengamatan fisik dan keterampilan gmna ya ??

    ReplyDelete
  11. mba numpang tanya ,, untuk tes pengamatan fisik dan keterampilan gmna ya ??

    ReplyDelete
  12. mba numpang tanya ,, untuk tes pengamatan fisik dan keterampilan gmna ya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. tahun saya nggak ada tes ketrampilan jadi nggak bisa share pengalaman, kalau tes fisik bisa baca disini http://www.dudukpalingdepan.com/2017/06/pengalaman-tes-cpns-kemenkumham.html

      Delete
  13. Kl tamatan smk jurusan pertanian diterima g mbak

    ReplyDelete
  14. Kl tamatan smk jurusan pertanian diterima g mbak

    ReplyDelete
  15. Kl tamatan smk jurusan pertanian d terima g mbak

    ReplyDelete
  16. Llsan smk jurusan pertanian diterima g mbak

    ReplyDelete
  17. Jujur setlh baca tulisn ini sya tertarik bgt buat ikut dftr .. thanks for u information mba �� .. mba tp saya ikut kuliah mlem apkh bsa ikut dftr jga gk y mb ?

    ReplyDelete
  18. Jujur saya tertarik bgt utk cba ikutan dftar stlh bca tulisan mba ini .. thanks for u information mba .. oh iya mba saya saat ini sdg kuliah kelas mlem apkh msh bsa ikut dftr jga ? Trmksh mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa sambil kuliah, nanti kalau lulus atur aja waktunya menyesuaikan jam kerja yaa

      Delete
  19. Mbak kalau kerja shift misalnya kena shift malam boleh keluar (jajan, ngecek sesuatu) sekitar 1 jam gak dari waktu kerjanya?

    Trus penentuan kerjanya di TU atau yg lainnya berdasarkan apa mbak? Atau di rolling tiap periode berapa gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, kalau urgent misal mau beli makan (kan kalau malam kantin lapas nggak buka) boleh saja keluar asal seperlunya dan izin sesama petugas jaga malam itu.

      Penentuannya jika dibutuhkan saja, bukan per periode.

      Delete
  20. Tes kesehatan ada pemeriksaan gigi dan jari kaki gak ya kak?

    ReplyDelete
  21. Ka jadi sipir itu bisa kuliah gak sih? Saya takut nya ga bisa kuliah lagi karna kan sipir itu pake shift2 an tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, saya juga kuliah di UT aja karena jamnya fleksibel (kuliah online) dan diakui untuk penyesuaian ijazah

      Delete
  22. Kak temen saya mau tes CPNS polsuspas tapi dia buta warna apakah bisa kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tahun ini nggak ada persyaratan melampirkan surat keterangan tidak buta warna, jadi bisa. dicoba aja ya good luck

      Delete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. Mbak.. biasanya berapa lama di sipir? Kalau naik golongan apa masi di sipir?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak tentu ya berapa tahun tergantung kebutuhan lapas, naik golongan bisa naik jabatan tapi ada seleksi jabatan lagi

      Delete
  25. kak kalau SEANDAINYA ketrima d polsuspas setelah sarjana bisa pindah ke dinas lain gak ? atau cuma bisa pindah penempatan tp d lingkup lapas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa pindah instansi lain tapi akan sangat ribet ngurusnya dan ada alasan yang urgent.

      Delete
    2. maaf mau nanya lagi ka berapa tahun setelah pns bisa mengajukan mutasi ?

      Delete
    3. 10 tahun tapi kalau urgent bisa dibawah itu

      Delete
  26. Assalamualaikum mbak

    Salam kenal mbak, saya dari provinsi Jambi jg, asal Muaro Bungo, sekarang kuliah di Unja Mendalo.

    Saya ingin bertanya mbak, bila saya lulus menjadi polsuspas (aamiin) apakah saya bisa saya bekerja sambil kuliah ? Berdasarkan kebijakan Unja, mahasiswa bisa beralih dari mahasiswa reguler ke mahasiswa mandiri (jadwal kuliah sore) bila mahasiswa nya bekerja. Lalu apakah surat keterangan domisili ini berpengaruh pada penempatan kerja ? Saya bersedia ditempatkan dimana saja, tetapi akan lebih baik bila penempatan di Kota Jambi atau kabupaten yang bekerja sama dengan Unja ( seperti unja sarolangun, unja bulian dll) sehingga kuliah saya tetap jalan dimana pun saya bekerja.

    Sekian pertanyaan saya mbak, mohon dijawab. Terima kasih sudah membaca.

    Wassalamualaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam, halo saya tinggal di Tebo jadi sebelahan kabupaten ya.

      Nggak perlu surat domisili karena bungo masih di provinsi Jambi, dimanapun ditempatkan kamu harus menyesuaikan kuliah dengan jam kerja bukan sebaliknya kalau kebetulan di kab yang ada unjanya silahkan, waktunya ambil ketika libur. Tapi kalau nggak ada ya kuliah di tempat lain yang dekat atau universitas terbuka.

      Delete
  27. batas umur untuk yang SMA berapa kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  28. mbak tugas di KPLP brpa tahun ? sblum dipindah di Kamtib ?

    ReplyDelete
  29. mbak tugas di KPLP berapa tahun sebulum di pindah di Kamtib ?

    ReplyDelete
  30. asslamualaikum wr wb mbak, saya mau bertanya mbak.
    jadi gini mbak, skrg saya berdomisili dibandung asal saya dari sumatera utara tetapi semua persyaratan administrasi saya dari sumatera barat soalnya dulu saya ngelamar polisi dari sumbar jd dipindahin ksna semuanya termasuk kk dan ktp, dan skrg saya mau ngelamar cpns dari jakarta kira" bisa ga ya mbak ?
    mohon dibalas mbak, terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak bisa kecuali kalau mau dibandung bisa dngan minta surat domisili dari kelurahan.

      ini kalau kamu sma ya, kalau s1 emang tesnya di jakarta

      Delete
  31. kak, bila sudah diterima apakah kita bisa mengundurkan diri dgn alesan tertentu?sy lulusan sma ingin mecoba cpns 2017. doakan ya kak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending nggak usah daftar kalau disia-siakan, nggak apa dipikir-pikir dulu yaaa

      Delete
  32. Mbak sya kuliah di UT tpi jam kuliahnya jam 2 siang hari kamis, jumat, n sabtu apa tdk bertabrakan nanti degan jam kerjanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya karena kan pakai shift, ambil yang kuliah online aja. nanti bisa menyesuaikan yang penting fokus tes dulu

      Delete
  33. Kak sekarang ini saya kuliah jurusan ilmu hukum di UNS, sudah semster 5,pertanyaannya kak, apa bener2 ngga bisa ya mba klo bebarengan? jadi solusinya kuliah lagi di universitas terbuka kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ngulang kuliah jadinya, atau transfer aja

      Delete
  34. Aslamualaikum.mbak ijasah sma nya legalisir ya? Soalnya di persyaratan ga ada keterangannya, saya sekarang sarjana pendidikan nantinya bisa berguna ga misal untuk kenaikan golongan, soalnya sarjana pendidikan ga ada kualifikasinya jadi saya pake ijasah SMA

    ReplyDelete
  35. Aslamualaikum.mbak ijasah sma nya legalisir ya? Soalnya di persyaratan ga ada keterangannya, saya sekarang sarjana pendidikan nantinya bisa berguna ga misal untuk kenaikan golongan, soalnya sarjana pendidikan ga ada kualifikasinya jadi saya pake ijasah SMA

    ReplyDelete
  36. Klo boleh tau dulu ikut tes CPNS yg tahun berapa Mbak?
    Trus tes Kesamaptaan nya apa aja ya?

    ReplyDelete
  37. assalamu"alaikum.. salam kenal mba. saya azwar dari jawa tengah,, mau tanya .. saat sesi wawancara apakah di tanyakan kerja di mana,, atau posisi kerja saat ini? terimakasih

    ReplyDelete
  38. Maaf kak mau tanya, untuk mendaftar cpns polsuspas apa diharuskan melampirkan sertifikat komputer? krn sy tdk punya sertifikat itu kak, mohon jawabannya kak, terimakasih.

    ReplyDelete
  39. Mbak kmrin tes tiu nya apa saja ya? Ada bahsa inggris gk?tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. baca disini http://www.dudukpalingdepan.com/2017/06/pengalaman-tes-cpns-kemenkumham.html

      Delete
  40. assalamualaikum mb...
    saya mw tnya,,
    saya sudah berhasil daftar online dan sudah cetak jg,lalu bgm dg surat lamaran dan surat pernyataanx mb???
    ap ad form khusus ato qt ketik manal??
    trimaksih mb

    ReplyDelete
  41. assalamualaikum mb..
    saya sudah daftar oline dan sudah cetak jga,lalu bgm dg surat lamaan dan surat pernyataannya???
    ad form khsus ato qt ketik manal (mengarang bebas)
    trimakasih mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. surat lamaran dan surat pernyataan download di cpns.kemenkumham.go.id

      Delete
  42. mbak kalau pemegang jabatan di kemenkumham harus dari sarjana hukum ya ? kalau misalnya ada penyetaraan ijazah s1 bukan dari fak hukum, prospek karirnya dari sipir gmna ya mbak? thanks mbak atas jawabannya.. ;)

    ReplyDelete
  43. Kak saya lupa sahkan ijasa saya sebelum di kirim via pobox..... Apakah ttp di terima atau kirim ulang mohon saranya...🙏🙏🙏🙏

    ReplyDelete
  44. Kak saya lupa sahkan ijasa saya sebelum di kirim via pobox..... Apakah ttp di terima atau kirim ulang mohon saranya...��������

    ReplyDelete
  45. Infonya bermanfaat ^-^
    terima kasih ya mbak (Y)

    ReplyDelete
  46. Mba,saya sekarang daftar jadi penjaga tahanan pake ijazah SMA. Saya kan itu kuliah dan posisi kuliahnya udah selesai dan lulus, tinggal nunggu wisuda dan ijazah s1. Trus apakah bisa ganti jabatan kalo sudah turun ijazah s1 ekonomi manajemennya? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. PI masa 6 tahun kerja, fokus tes dulu yaa

      Delete
  47. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  48. Mbak maksudnya bersedia ditempatkan di wilayah manapun itu masih dlm 1 provinsi atau bisa ke luar provinsi jg?? Trims

    ReplyDelete
  49. mbak mau tanya gmn mbak alur dr cpns ke pns nya ?

    terus perbedaan gaji cpns dan pns itu gmn ya dan nominal nya kasar nya brp

    ReplyDelete
  50. mbak kalau lulus jadi sipir bisa ngambil cuti nyampe sebulan nggk yah? soalnya saya kuliah di kesehatan pasti nanti ada praktik lapangannya, saya jadi bingung nih lanjut urus cpns apa fokus kuliah dulu, mohon sarannya mbak
    terima kasih

    ReplyDelete
  51. kalo diterima di kemenkumham,aku lebih senang di bagian Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP), soalnya bisa ketemu orang banyak dan tidak bosenin kayak di depan layar monitor.

    ReplyDelete
  52. Assalamualaikum.. mbak sipir lapas ada yang berkacamata nggak?? Soalnya saya minus 3.0.. apa masih bisa terus ke tahap selanjutnya???

    ReplyDelete
  53. Blog unik dan inspiratif, dari cerita perasaan jadi sipir, diklat kesamaptaan, sampe cerita yg ini tuh bikin yg baca terbawa suasana (berasa jadi polsuspas juga wkwk).
    Sehat dan sukses selalu ya kak, biar bisa lanjut bikin cerita baru

    ReplyDelete
  54. Tulisan2 mba sangat menginspirasi...mba mohon doanya sy sudah sampai tes tahap kesamaptaan dan pengamatan fisik. mohon doa agar sy bisa lulus ya... makasih, barokallahu fik

    ReplyDelete
  55. jadi inget pengalaman ngajar pramuka di lapas buat jambore lapas beberapa tahun lalu..
    dan lapas tidak seperti yang saya bayangkan..
    yang paling seru malah saya yang di ajari para warga binaan, karena mereka mantan tni / polri..

    ReplyDelete
  56. Terimakasih admin www.dudukpalingdepan.com
    Berkat postingan2 nya .
    Saya lulus Polsuspas Kanwil Sumut.
    Semoga semakin banyak yang terbantu dengan postingan2 nya.
    Terimakasih, salam Pengayoman :)
    2017

    ReplyDelete
  57. sangat membantu nih ceritanya... saya baru masuk tahun 2017 nih, salam kenal dari kalimantan selatan... Gbu

    ReplyDelete
  58. Permisi kak...saya mau tanya... apakah nanti ketika kita sudah bekerja sebagai polsuspas memiliki jenjang karir??
    Dan apakah kita setelah mengabdi beberapa tahun bisa minta pindah divisi ke imigrasi dengan menyertakan ijasah s1 kita??
    Thanks kak

    ReplyDelete

Silahkan komentar dengan nada positif, no SARA. Terimakasih ^^

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS