√ Sistem Kerja Polsuspas - Duduk Paling Depan

Sistem Kerja Polsuspas



Berawal dari postingan Pengalaman Tes CPNS KEMENKUMHAM dan ini jadi banyak pertanyaan yang salah satunya belum terjawab di tulisan saya sebelumnya yaitu bagaimana sistem kerja polsuspas. Baiklah disini saya akan coba jelaskan, bahasanya mungkin nggak formal gitu ya ^_^

Polsuspas (Polisi Khusus Pemasyarakatan) adalah pegawai negeri yang bekerja di Kementrian Hukum dan HAM khususnya di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas). 

Nah di Lapas ada macam-macam lagi pembagian tugasnya. Berikut empat  bidang pekerjaan di Lapas secara umum.





1. Tata Usaha (TU)

Ini sama kayak kantor pada umumnya, mengurus administrasi perkantoran. Skill yang dibutuhkan tentu keahlian mengoperasikan komputer.

Bagian ini juga mengurus segala perlengkapan ketika ada acara di kantor. Serta mengurus bagian publikasi (humas).


2. Registrasi dan Pembinaan

Bidang ini mengurus segala administrasi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) atau yang dikenal secara umum di masyarakat sebagai narapidana padahal narapidana itu khusus untuk tahanan yang sudah vonis, kalau masih dalam tahap sidang namanya tahanan. Nah tahanan dan narapidana disebut WBP kalau di lapas.

Selain itu divisi ini juga mengurus bagian pembinaan untuk warga binaan. Mengadakan kegiatan-kegiatan positif untuk mereka. Seperti kegiatan ibadah, dan pelatihan ketrampilan. 


3. Keamanan dan Tata Tertib (Kamtib)

Ini bagian saya nih, kalau disini ada bagian lapangan ada bagian pelaporan. Saya bertugas di pelaporan jadi urusannya ya sama komputer. Kalau bagian lapangan itu bertugas sebagai tim razia, kontrol keamanan dan ketertiban lapas, dll. 


4. Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP)


Disini tugasnya untuk mengamankan atau menjaga WBP dan Lapas. Lebih detailnya kita mengawal kegiatan warga binaan apapun kegiatan mereka baik hanya bersih-bersih di dalam kamar, blok, atau kegiatan pengajian, kita juga harus standby di pos jaga masing-masing. Untuk pria dan wanita kerjaannya sama aja.  Dulu saya juga sempat di bidang ini. Kalau penjagaan beda sama staf jam kerjanya. Penjagaan pakai shift : pagi (07.00-13.00 wib), siang (13.00-19.00 wib), malam (19.00-07.00 wib) ini bisa beda-beda ya setiap lapas tergantung kebijakan masing-masing tapi jumlah jam kerjanya tetap sama. 

Setelah dinas malam libur dua hari, kemudian dinas sesuai shift lagi. Kalau saya pribadi nggak suka bagian ini karena saya orangnya lebih senang kerja dengan komputer atau pembinaan. Lagian penjagaan itu harus kuat secara fisik dan mental. Kuat fisik karena ada dinas malam, terus juga jadi tameng saat ada kerusuhan. Kuat mental karena kelakuan WBP itu macam-macam bikin lelah hati hayati *LOL


Tapi sebagai PNS harus siap ditempatkan dimana saja, di bidang apa saja. Saya sudah  pernah merasakan tiga bidang yaitu di KPLP, TU, dan sekarang di Kamtib, Alhamdulillah asal punya kemauan bisa kok menyesuaikan diri di setiap bidang. 

Tambahan ya, karena ada yang nanya di dm instagram saya tulis juga disini. For your information kerja di lapas itu siap nggak pulang saat hari raya baik hari raya agama Islam atau agama lainnya karena saat hari raya itulah kunjungan membludak jadi semua petugas lapas baik di penjagaan ataupun administrasinya wajib ikut piket. So, yang galau nggak akan bisa pulkam tiap tahun ya silahkan pikir-pikir ya. Tapi tenang saja setelah piket lebaran ada liburnya kok, seminggu setelah lebaran juga boleh mengajukan cuti.


Baca juga : Cerita Lebaran Petugas Lapas


Lebih lengkap tentang gambaran kerja sebagai penjaga tahanan bisa baca pengalaman saya disini.




Get notifications from this blog