PERSYARATAN TES CPNS KEMENKUMHAM 2017 (UNTUK LULUSAN SMA & S1)

Wednesday, July 12, 2017


Update : Apa yang harus dilakukan setelah lulus tahap administrasi? #cpnsKemenkumham2017


Ini dia kabar yang ditunggu-tunggu untuk para pencari kerja sebagai abdi negara. Banyak banget yang komentar di blog saya dan nanya via DM instagram . Info resminya sudah rilis kemarin di website resmi Menpan yaitu www.menpan.go.id hanya saja karena yang akses situs itu ribuan orang dalam satu waktu otomatis servernya down dan kalau diakses selalu error. Untuk membantu teman-teman yang sudah penasaran apa saja persayaratannya ini saya lampirkan disini ya. Foto-foto yang saya lampirkan ini resmi dari website menpan, dan twitter resmi Kemenkumham RI.

baca sampai habis ya akan saya lampirkan tipsnya :

















Add caption







Itu dia persyaratan lengkapnya, BACA DENGAN TELITI yaaaa. Saya bantu jawab yang nggak ada di keterangan di atas saja. File aslinya bisa di download disini atau disini. Tapi ya itu tadi karena yang akses situs itu ribuan jadi servernya sering down.

Sudah baca tulisan ini? 

PENGALAMAN TES CPNS KEMENKUMHAM 2012 [TIPS LULUS MURNI]


Saya sudah bilang sebelumnya karena pengalaman saya itu lima tahun lalu pasti banyak perubahan dengan tes tahun 2017 sekarang. Salah satunya kalau dulu alurnya begini : seleksi administrasi - ujian tertulis-ujian kesemaptaan. Kalau sekarang : seleksi administrasi - ujian tertulis (sistem CAT) - ujian kesemaptaan & ketrampilan.

Kalau dulu saya ujiannya tes tertulis manual pakai kertas ujian yang dibulat-bulatin pakai pensil 2B. Sekarang pakai sistem komputer, yang mana setelah ujian skornya langsung keluar. Ini menguntungkan sih jadi kamu langsung tahu nilai kamu, kalau cukup tinggi bolehlah percaya diri untuk bisa lanjut tes berikutnya. 

Dulu saya nggak ada tes ketrampilan. Jadi saya nggak bisa kasih gambaran berdasarkan pengalaman pribadi ya, Tapi kalau pengalaman teman yang ikut tes Poltekip, tes ketrampilan itu semacam tes bakat dan minat bisa bela diri, kesenian, dll. Nanti kalau ada info akurat terkait tes ketrampilan saya update lagi disini.

Bisa baca tulisan saya terkait pekerjaan sebagai polsuspas sebagai gambaran kamu. Jangan kayak saya dulu, main daftar aja nggak tahu polsuspas itu kerjanya ngapain *LOL

Sistem Kerja Polsuspas

Suka Duka Jadi Polsuspas (Sipir)

TIPS LULUS TES BAHAN / ADMINISTRASI CPNS KEMENKUMHAM 2017



Atau ubek-ubek aja blog ini ya. 

Selamat berjuang teman-teman semua, kalau mau minta support atau cerita-cerita boleh ke email dudukpalingdepan@gmail.com 
Alasan saya menulis semua ini karena dulu di tahun saya, saya kesulitan info. Saya nggak ada kenalan dan keluarga untuk tanya-tanya terkait tes cpns Kemenkumham dan sistem kerjanya. Maka dari itu saya mencoba berbagi pengalaman di blog ini. Pernah juga di tahun 2013 ada yang baca blog saya, kemudian inbox saya di facebook dia bilang terinspirasi ingin ikut tes dan berusaha untuk lulus murni. Alhamdulillah dia benaran lulus, saya juga turut senang mendengar ceritanya. 

Kalau nanti diantara pembaca blog ini ada yang lulus juga, please kasih cerita ke saya ya bisa lewat komentar atau email. 

Good Luck ^^

UPDATE :
Fokus di tes administrasi (bahan) dulu ya , karena kalian nggak akan bisa ngerasain tahap tes yang lain kalau lalai di tes bahan ini sehingga nggak lolos. Tipsnya adalah lengkapi persyaratan di atas tidak lebih tidak kurang, namun jangan lupa lampirkan fotokopi sertifikat komputer. Oh ya, JANGAN KIRIM BERKAS SEBELUM DAFTAR ONLINE YANG DIMULAI TANGGAL 1 AGUSTUS 2017. Karena setelah daftar online nanti akan ada tanda bukti calon peserta yang harus kamu cetak dan dilampirkan di berkas persyaratan.

Meski tidak dijelaskan pakai map atau amplop warna apa, cobalah untuk rapi bahan disusun sesuai urutan poin persyaratan di staples (stecker), di masukkan map warna merah ajalah ya biasanya kan orang ngelamar kerja begitu. Di depan map ditulis (di print aja kalau tulisan tangan nggak terlalu bagus) BERKAS TES CPNS KEMENKUMHAM 2017 A.N ENNY LUTHFIANI (CONTOH NAMA). Lalu masukkan ke amplop coklat besar, tulis alamat PO BOX dengan spidol di kanan atas, pergi deh ke kantor pos bilang satpamnya untuk persyaratan cpns nanti biasanya ada counter tersendiri yang menerima.


Nanti kalau website pendaftaran sudah dibuka saya akan update lagi cara-caranya untuk membantu yang belum pernah daftar beginian, jadi jangan lupa follow blog ini. Semua komentar dan email insyaAllah saya balas semua tapi waktunya sebisa saya ya mengingat saya ini selain bekerja tentunya mengurus rumah dan keluarga.

UPDATE :


-Enny Luthfiani, lulusan tes CPNS Kemenkumham tahun 2012 domisili kantor wilayah Jambi, Lapas Klas II B Muara Tebo-



149 comments:

  1. Replies
    1. Mbak untuk boleh dong update tabel kesamaptaan kemenkumham. Terutama utk jarak tempuh lari, skor maksimal berapa, minimal berapa utk pria dan wanita.

      Delete
  2. Mbak kalo berkacamata bisa ikut nggak, nggak gede minus -1,5 aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas jawabannya mbak,oh ia mbak kalo saya banyak nanya lewat email boleh nggak mbak, soalnya banyak banget yg mau ditanyaiin

      Delete
  3. Halo mba, izin bertanya
    Rencana mau daftar yg jenjang SMA aka jadi sipir, boleh tau kalo lulus itu masuk ke golongan PNS brp, dan gaji+tunjangan brapa yah?
    Dan saya baca ditulisan sebelumnya kalau lulus jg blm tentu jadi penjaga nya yah?bisa diletakin dikantor dll gitu?
    Dan satu lagi, maaf kalo pertanyaannya konyol, kan namanya POLSUSPAS, apakah yg dilapangan bakalan bawa senjata gitu?
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lulusan SMA golongan II a, gaji pokok 1,9 sampai dua jutaan saya lupa sekarang saya sudah II B itu dua juta seratus. Tunjangan kinerja di lapas paling rendah dua juta lima ratus, uang makan kurang lebih 600-700rb perbulan. bisa dijumlah sendiri ya.
      Kalau cowok biasanya untuk penjagaan tapi tergantung kebutuhan lapas dimana kamu ditempatkan nanti. Senjata ada, tapi hanya digunakan disaat darurat.

      Delete
    2. Oke, makasih mba.
      Saya lihat persyaratan yg tahun ini lebih simple dari tahunnya mba, ga ada SKCK,kartu kuning dll :)
      Oh iya, apakah kira2 sertifikat komputer itu mempengaruhi posisi kita nanti nya?
      Soalny sy sekarang sdh smstr 6 jurusan Sistem Komputer, ada satu sertifikat berskala internasional yg sy dapat dr pelatihan dikampus.
      Untuk ijazah itu dari SD-SMA yah mba? Dan harus legalisir yg terbaru ngga? Soalnya dipersyaratan diatas kurang jelas, cm ditulis yg SD-SMA itu utk papua.

      Maaf kalo banyak nanya mba hehe

      Delete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. mantap infonya mbak, akan tetapi sepertinya kalo ane mencoba bakal gak sabar heeee, udah nikmatin hidup yang ada saja .

    info ini ane kasih tahu temen2 jika ada yang berminat

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap, gpp , pekerjaan lain juga bagus kok bukan cuma PNS aja. Makasih sudah baca :)

      Delete
  6. Mbak, untuk tes kesamaptaan terdiri dari apa aja ya.
    Mohon infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengalaman saya dulu lari, push up, sit up, lari angka 8. Itu saja, nggak tahu kalau sekarang ya. Latihan banyak aja pokoknya.

      Delete
  7. Mbk seragam sipir itu seperti apa aja sih ? Dan kapan pakainya,,,? Kan beda2 sih itu seragamnya,,, sama pangkatnya itu jg ngebedainnya gmn ? Thnks

    ReplyDelete
    Replies
    1. googling ya mba, warnanya biru muda untuk atasannya dan bawahannya (rok atau celana) warna navy. Pangkatnya juga dilihat dari baloknya, kalau golongan dua warna silver, kalau golongan tiga warna gold. Lebih lengkap googling aja ya mba Villa ^^

      Delete
  8. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  9. kk,link https:sscn.bkn.go.id ini cuma bisa di buka pas pendaftaran ny buka aja ya??

    ReplyDelete
  10. mba apakah ada pemeriksaan gigi,?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak ada, kalau ada mungkin saya nggak lulus haha

      Delete
    2. kalo telinga mba? telinga saya lebar sebelah soalnya. kalo di pendaftaran polri kan udah pasti gugur dulu.

      Delete
    3. kalo varises mba? apakah diperiksa juga???

      Delete
  11. Halo kakak, apakah berat badan juga mempengaruhi dalam penerimaan ya kak?, misal berat badannya tidak idealπŸ˜….
    Kak boleh minta link bank soal cpns kemenkuham

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ngaruh, di tahun saya ada yang tinggi tapi (maaf) bbnya hampir 100kg jadi nggak lolos. Masih ada waktu sebulan,ayo olahraga.
      saya nggak ada link bank soal waktu itu saya random aja nyari di google sama kebetulan background saya sudah kuat di matematika dan bahasa inggris.

      Delete
  12. Mbak saya mau tanya. Kalau jadi sipir rambutnya harus cepak? Ini penting buat saya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak harus, asal pendek dan rapi saja. Tapi kalau pas prajabatan dan pendidikan kesemaptaan (setelah lulus cpns) harus botak sementara saja sampai pelatihan selesai.

      Delete
  13. Assalamualaikum, makasih info nya mba. Mau tanya kalo ada bekas luka bakar di kaki agak banyak itu pengaruh ga ya mba?

    ReplyDelete
  14. Assalamualikum makasih info ny mba. Mau tanya kalo ada bekas luka bakar di kaki yg lumayan lebar itu gimana ya mba, boleh atau enggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. baca disini yaa http://www.dudukpalingdepan.com/2017/07/question-dan-answer-terkait-pembukaan.html

      Delete
  15. assalamualaikum,mbak mau tanya semisal lolos selelsi kemudia proses selanjutnya seperti apa sampai diangkat pns? dan apakah nilai yg ditekankan dalam seleksi lebih ke tes akademik atau kesamaptaan? sama berapa umur optimal yg biasa lolos dalam seleksi mbak? Terimakasih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. masuk kerja dulu, nanti ada prajabatan baru diangkat jadi pns kalau pengalaman saya kurang lebih 10 bulan kerja. untuk nilai saya nggak tahu ya masalah teknis saya nggak bisa jawab. maksimal umur ada di persyaratan di atas, baca ulang dengan teliti yaaa

      Delete
  16. Mbak. Untuk soal soal SKD itu terdiri dari apa saja ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau berdasarkan pengalaman saya baca disini yaa http://www.dudukpalingdepan.com/2017/06/pengalaman-tes-cpns-kemenkumham.html

      Delete
  17. Kalau kualifikasi pendidikan S1 daftar untuk jabatan No.1 yang kualifikasi pendidikannya SLTA Sederajat, apakah jg hrus mlampirkan ijazah pndidikan trkhir S1 pda saat pndftaran?

    ReplyDelete
    Replies
    1. baca disini yaa http://www.dudukpalingdepan.com/2017/07/question-dan-answer-terkait-pembukaan.html

      Delete
  18. Untuk SLTA tidak ada psikotest dan interview ya bu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. baca disini yaa http://www.dudukpalingdepan.com/2017/07/question-dan-answer-terkait-pembukaan.html

      Delete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. baca disini http://www.dudukpalingdepan.com/2017/07/question-dan-answer-terkait-pembukaan.html

      Delete
  20. Mau tanya mbak agak melenceng, tapi mkasih tentang tes cpns kemenkumham. Untuk analis keimigrasian pertama itu apakah bisa lulusan sarjana pendidikan ekonomi, bukan sarjana ekonomi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda kan ya gelarnya, saya nggak bisa menentukan biasaya yang dinilai ya berdasarkan kriteria yang diminta. mohon maaf saya nggak bisa jawab pasti masalah teknis. saya hanya share info dan pengalaman

      Delete
  21. mksud dr syarat tdak pernah mlnggr hukum. berarti hrus dengan skck y mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. lihat tata cara pendaftarannya nggak diminta SKCK,

      Delete
    2. Lalu dari mana mereka tau bahwa pendaftar tidak pernah terlibat pelanggaran hukum? Jika tidak melalui skck mbak?

      Delete
    3. itu nanti setelah lulus diminta skcknya,

      Delete
  22. Mba untuk nilai rata2 7,0 apakah hanya nilai UN saja atau digabung dengan nilai sekolah ? Mohon pencerahannya mba , saya ingin sekali mencoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. jaman saya di ijazah itu yang tertera nilai UN, nggak tahu ijazah model sekarang gimana?

      Delete
    2. Ijazah saya di belakang tertera nilai un dan nilai ujian sekolah tapi blm ada rata2 nya , jadi bingung hehe . makasih ya mba sudah di jawab

      Delete
  23. Mba untk..persyaratan ijazah legalisir apa harus dari sd sampai sma?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Izin nimbrung disini juga ya mbak.
      Maaf sebelumnya, kalau dilihat dari dokumen persyaratan yang ada, hanya khusus daerah Papua saja yang melampirkan ijazah SD, SMP dan SMA, sedangkan daerah lain tidak.
      Apakah dengan melampirkan semua ijazah tingkatan pendidikan tersebut menjadi nilai tambah di mata panitia seleksi nanti? Mohon pencerahannya mbak. Terima kasih.

      Delete
    2. iya poin no 4 itu nggak tertulis dari sd-sma nya kan, tp poin no 5 membantu menjelaskan. kebanyakan yang nanya nggak bilang asalnya dari mana jadi ketika ditanya legalisir atau nggak maka saya jawab iya. ^^

      Delete
    3. Jadi intinya khusus wilayah Papua saja kan mbak yang melampirkan ijazah lengkap? Kalau misalnya saya yang berada di Sumatera ini ingin melampirkan ijazah lengkap, apa berpengaruh pada hasil administrasi nanti?
      Satu lagi mbak. Saya liat pembukaan tahun ini tidak menggunakan stopmap dalam pengiriman dokumen persyaratan. Apa benar begitu? Mungkin mbak masih ingat kalau pada tahun 2012 yang lalu menggunakan stopmap warna merah untuk formasi SMA dan S1 menggunakan stopmap berwarna biru.
      Maaf terlalu panjang mbak. Mohon penjelasannya. Terima kasih banyak.

      Delete
    4. iya ikuti sesuai persyaratannya aja ya, ada satu yang saya lupa lampirkan dan mungkin yang belum pernah ikut tes belum tahu. nanti pas daftar online ada bukti bahwa kita sudah mandaftar itu dicetak dan dilampirkan di berkas yang dikirim meski nggak ada syarat harus pakai map warna apa tetap di staples aja bahannya masukkin map, di map tulis pakai kertas di print biar rapi "berkas tes cpns kemenkumham 2017 a.n Enny (misalnya)" lalu pakai amplop coklat dan tulis alamat po box di kanan atas amplop saya edit juga postingan ini ya biar yang lain baca jadi jangan kirim berkas dulu baru daftar online

      Delete
  24. Assalamualaikum wr wb. Bu ani.
    Menurut obu dokumen yang perlu saya persiapkan untuk daftar berdasarkan pengumuman diatas apa saja. Soalnya saya bingung tidak dijelaskan secara spesifik . Tidak seperti dipenjelasan blog ibu sebelumnya yang memuat daftar dan alur yang harus saya siapkan agar lulus administrasi. Jdi say minta sran dri ibu. πŸ€”☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba email in aku jg dong , saran mba yg ini ,, soalnya sya galau 😭😭
      Thanks

      Delete
    2. yang email banyak bgt, duluan email saya ya dan tanya aja. email saya ada di bio blog ini

      Delete
  25. Assalamualaikum mba saya mau nanya untuk nilai ijazah sendiri ada batasannya kh mba ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nilai rata-rata 7,0 silahkan baca ulang persyaratannya

      Delete
  26. Maaf mba boleh tau background pendidikannya mba ga?

    ReplyDelete
  27. Mbak pernah punya pengalaman waktu test verifikasi berkas tapi ada yg pakai ijazah pengganti dari diknas gak? Soalnya ijazah yg asli rusak. Jadi ini ngurus ijazah pengganti dari Sekolah dan di sah kan oleh diknas. Kira2 lolos verifikasi atau tidak? Mohon petunjuk. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf ya saya nggak bisa bilang lolos atau nggak soalnya saya dan orang sekitar nggak ada pengalaman seperti itu tapi kalau memang lulus bahan nanti jelaskan saja ke panitianya sejujurnya. Tergantung panitianya lagi yaa

      Delete
    2. Menurut diknas, ijazah pengganti yg di sah kan diknas & pihak sekolah itu memiliki nilai, kedudukan dan hak yg sama seperti ijazah asli. Tapi saya kok ragu ya.. Padahal sudah niat lahir batin utk mengabdikan diri lewat institusi ini :(

      Delete
    3. Alhamdulilah semalem dapet pencerahan mbak, saya googling tentang produk hukum ijazah pengganti. Dan disana ada undang2 revisi dari BKN mengenai administrasi penerimaan CPNS, termasuk legalitas ijazah pengganti sebagai syarat seleksi admin. Asal asli di sah kan pejabat yg berwenang (tingkat pejabat terlampir di UU), itu bisa dipakai. Jadi plong + muncul harapan lagi :D

      Delete
  28. Buk mau nanya nih
    Kalau yg buta warna parsial bisa ikut tes ga ??
    Diharapkan balasannya

    ReplyDelete
  29. Bu mau nanya nih
    Kalau yang buta warna parsial lulus tes kesehatan ya bu??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dilihat tahun ini nggak ada syarat harus tidak buta warna ya? berarti bisa. Soalnya aturan tiap pembukaan beda-beda. coba saja ,good luck

      Delete
    2. Q juga buta warna parcial,semoga ada kesempatan untuk q.
      Amien...

      Delete
  30. Mbak kalo tamatan sma tahun ni bisa mendaftar? Kan ijazahnya belum keluar tu

    ReplyDelete
  31. Mbak itukan disuruh makai ijazah sma? Teruss kami ni kan baru tamat sma? Apa bisa di ganti memakai shku sementara mbak?
    #makasih

    ReplyDelete
  32. Mba katanya harus punya sertifikat komputer itu benar atau tidak yah?

    ReplyDelete
  33. Katanya persyaratannya harus melampirkan sertifikat komputer, itu benar apa salah ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. seperti yang kamu baca di atas, iya melampirkan sertifikat komputer

      Delete
    2. Sertifikat komputer nya yang dilampirkan saat mengirim berkas, fotocopy atau asli mbak?

      Delete
  34. kak, kalau tesnya itu di pusatnya langsung atau didaerah masing2 ya?

    ReplyDelete
  35. kak mau bertanya, kalau tesnya itu di pusatnya langsung atau didaerah masing2 ya?

    ReplyDelete
  36. kak, kalau tesnya itu di pusatnya langsung atau didaerah masing2 ya?

    ReplyDelete
  37. kak, kalau tesnya itu di pusatnya langsung atau didaerah masing2 ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lulusan SMA di provinsi masing-masing biasanya, lulusan s-1 di jakarta

      Delete
  38. KK,ADA TES RENANG NYA APA NGGAK KAK,SOAL SAYA GAK BISA RENANG -_-

    ReplyDelete
  39. assalamualaikum, mba sy lihat dipersyaratan ada melampirkan sertifikat komputer. sertifikat yg dimaksud disni apakah berupa photocopyan atau asli? terima kasih

    ReplyDelete
  40. Kak kalau tesnya sendiri berapa lama kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak kan disitu tertera usia minimal 18 sedangkan saya baru lulusan tahun ini dan umur masih 17 apakah boleh ikut mendaftar juga tidak?

      Delete
    2. kalau per agustus nanti sudah masuk 18, boleh ikutan ya

      Delete
    3. masih lama kak saya desember, wah harus nunggu taun depan kayanya ya :"

      Delete
  41. mbak, klo ijazahnya gak dilegalisir cuma difotokofi saja boleh gak? soalnya sma nya jauh di luar kota.

    ReplyDelete
  42. mbak, klo ijazahnya gak di legalisir cuma fotokofi aja bisa gak ya? soalnya sma nya jauh di luar kota

    ReplyDelete
  43. Kak, kalo saya baca pengumumannya agak bingung juga soal persyaratannya. Menurut kakak, untuk cpns tahun ini butuh SKCK, kartu kuning, SKD,Bebas Napza gitu gak sih? Berdasarkan pengumuman yg ada? Mohon bantuannya kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak, itu nanti setelah lulus menurut info yang saya dapat. Jadi ikuti sesuai persyaratan yang tertera saja ya

      Delete
    2. Mbak mau nanya. Apakah skck diperlukan juga atau tidak? Terus misalnya ga ada sertifikat komputer gimana? Mohon jawabannya mbak. Makasii

      Delete
    3. baca disini yaa http://www.dudukpalingdepan.com/2017/07/question-dan-answer-terkait-pembukaan.html

      Delete
  44. Berarti, untuk yang berdomisili diluar Papua hanya ijazah slta? Sedangkan didalam Papua harus ijazah sd, smp, slta

    ReplyDelete
    Replies
    1. yess, benar, tanya jawab lain baca disini http://www.dudukpalingdepan.com/2017/07/question-dan-answer-terkait-pembukaan.html

      Delete
  45. Jika tidak punya sertifikat komputer, apakah bisa lulus tahap administrasi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang menentukan lulus nggak lulus itu panitia ya, saya nggak tahu tapi seritikat komputer sangat dianjurkan.

      Delete
  46. mbak, ijazah yang dikumpul cuma SMA saja atau ijazah SD sampai SMA untuk luar papua? saya dari kalimantan mbak.
    legalisirnya dari SD-SMA atau ijazah SMA saja? terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bukan dari papua ijazah terakhir saja,

      Delete
  47. kak sertifikat komputernya kalo dari yang dapet sewaktu sekolah dulu gitu udah memenuhi kriteria belum ? apa harus dari lembaga gitu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh, saya dulu juga dari sekolah seritifikatnya

      Delete
  48. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  49. Assalamualaikum mbak mau nanya lagi nih, ijazah harus di legalisir ya dari sd, smp?
    Makasih:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam, iya benar, kalau bukan dari papua ijazah sma saja

      Delete
  50. Mba kalau lulusan sma bisanya cmn sebagai sipir gitu yak kalau lulus pns?? Terus seandainya kalau kita kuliah dan udah serjana bisa pindah gak dari sipir ke instansi lain??

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga bisa pindah ke instansi lain, tapi naik golongan atau pindah jabatan bisa

      Delete
  51. Kalo kaki o, sama gigi berbehel.. Bisa lulus tes kesehatan gak baa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, silahkan ikut tes ya. fokus dulu tes bahan karena ini sistem gugur

      Delete
  52. Assalamualaikum mbk, sangat beruntung saya menemukan blog ini.. mbk mau tanya kalo sertifikat desain grafis masuk kriteria sertifikat komputer tidak? Maaf pertanyaanya aneh"

    ReplyDelete
  53. Baju yang dipake pasbuat foto harus kemeja putih atau gimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kemeja putih aja biar rapi, dulu saya pakai pas foto ijazah SMA (kemeja putih dan blazer)

      Delete
  54. mba klo berat badan kurang lebih 85 kg tiggi 157 cm, kira kira masalah berat badan ny bisa masuk gak mba

    ReplyDelete
  55. mbak untuk penjaga tahanan itu, apakah nanti beda job desc lulusan slta(umum) dengan yg smk(kejuruan) ? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. oiya mba sory nanya lagi, klo misalnya nanti dia jadi sipir karna dari jalur slta tapi sebenarnya dia punya ijazah d3/S1 apakah ada penyetaraan seperti dia naik jabatan?
      terima kasih sebelumnya mba

      Delete
    2. namanya naik golongan, jabatan itu beda lagi. bisa penyesuaian ijazah (untuk s1) setelah 6 tahun kerja

      Delete
  56. Mbak waktu dulu setelah lulus kapan diklat prajabatannya

    ReplyDelete
  57. Mbak waktu dulu setelah lulus jadi cpns selang berapa bulan/tahun baru mengikuti diklat prajabatannya

    ReplyDelete
  58. Andreas : setelah dinyatakan lulus 4-5 bulan menunggu panggilan kerja kemudian kerja kayak biasa, 6-7 bulan dipanggil utk prajab

    ReplyDelete
  59. Kalau penjaga tahanan awal awal kerja disuruh ngapain biasanya

    ReplyDelete
  60. Kalau penjaga lapas pas awal awal masuk kerja disuruh ngapain

    ReplyDelete
  61. Kalau penjaga lapas pas awal awal masuk kerja biasanya disuruh ngapain aja mbak?

    ReplyDelete
  62. Waktu mbak awal awal masuk kerja dulu kerjanya ngapain aja sih mbak?

    ReplyDelete
  63. Mbak dulu pas awal awal masuk kerja.
    Kerjanya ngapain aja sih mbak

    ReplyDelete
  64. Mba mohon infonya yah, domisili saya di kota palembang. ktp saya di kota pagaralam. tapi kan tetap di provinsi sumatera selatan, apakah masih tetap butuh surat keterangan domisili?

    ReplyDelete
  65. mba kok di pengisian form ku ngga ada tertulis nilai nem? emang ngga ada atau ada kesalahan? mohon dijawab mba

    ReplyDelete
  66. kemungkinan webnya error, refresh dan pastikan koneksi internet kencang

    ReplyDelete
  67. mba mau nanya kalau setifikat kompter dilampirkan pada saat pemberkasan di amplop untuk dikirimkan atau bagaimana? terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  68. Tapi saya udah terlanjur print kartu sscn kak, yg ada cuma kolom nomor ijazah aja kak waktu itu
    Gimana kak kalau gitu?

    ReplyDelete
  69. Tapi aku udah cetak kartu peserta kak, jadi gimana itu?

    ReplyDelete
  70. Maaf mau nanya kira untuk berat badan 75 kg sgn tinggi 160 bisa ikut tes gak ?

    ReplyDelete
  71. Mba sumuajurusan/ijazah s1 bisa digunakan untuk penyetaraan?

    ReplyDelete
  72. Kalau untuk analis hukum, tau test kemampuan bidangnya seperti apa mbak?

    ReplyDelete
  73. Kak mau tanya nih, kalau pengecekkan berat badan di tahapan tes yang mana ya? Makasih ^^

    ReplyDelete
  74. Kak.. Sy Ktp jakarta tapi domisili depok. Apa bisa sy kirim ke kanwil jabar? Atau harus Dki jakarta.

    ReplyDelete

Silahkan komentar dengan nada positif, no SARA. Terimakasih ^^

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS