√ Tips Mudah Mengupas Kulit Telur Rebus - Duduk Paling Depan

Tips Mudah Mengupas Kulit Telur Rebus

Tips mudah mengupas telur rebus


Pernah nnggak mengalami kesusahan mengupas kulit telur? Hasilnya juga malah gompel dan ngggak mulus. Dulu saya juga kayak gitu sampai saya menemukan cara mengupas kulit telur yang lebih gampang.

Kenapa saya tiba tiba menulis artikel tentang kulit telur ini karena saya melihat di X, ada yang “curhat” kalau dia kesusahan mengupas kulit telur dan pengen nyerah aja.

Di kolom repliesnya saya lihat banyak yang ngasih saran untuk jangan merebus telur terlalu lama agar kulit telur lebih mudah dilepas.

Saya juga biasanya merebus telur itu antara 10 - 15 menit aja dari mulai airnya dingin telurnya sudah dimasukkan.

Kemudian yang saya lakukan agar kulit telur lebih mudah dikupas adalah ketika telur telah direbus (kompor mati), segera pindahkan ke air dingin boleh air es atau air biasa.


Cara mudah mengupas kulit telur rebus


Sebelum dikupas, pecahkan dulu semua kulit telur secara merata dengan cara diketuk-ketukkan kepada permukaannya rata atau ke sesama telur rebus. Bisa lihat gambarnya di bawah ini ya.


Kulit telur rebus retak


Nah kalau kulit telur sudah retak secara keseluruhan barulah dikupas salah satu nya dengan ujung jempol bagian dalam sehingga meminimalisir kulit telur terkena kuku.

Dengan cara ini kulit telur jadi lebih mudah dikupas dan lebih mulus hasilnya.


Boiled egg


Selain cara saya tersebut di atas, ada lagi yang saya temukan melalui video TikTok seorang penjual pastel (maaf saya lupa nama akunnya.). Dia bilang kalau mau kulit telur mudah dikupas dan hasilnya mulus, merebus telurnya harus ketika air sudah mendidih baru masukkan telur.

Cara itu mungkin juga bisa teman-teman pakai, tapi kalau saya pribadi kurang suka cara tersebut. Karena pengalaman saya, tekanan airnya terlalu kuat sehingga membuat telur mudah pecah. 

Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman yang ingin mengupas telur di rumah atau memang punya usaha makanan dengan bahan telur rebus.

Kalau ada yang punya tips lain untuk mengupas telur dengan mudah boleh tulis di kolom komentar di bawah ya. ☺️😊


Get notifications from this blog

2 comments

  1. Sama mbaa. Aku juga lgs masukin ke air dingin. Trus retakin kalo udh mau dikupas. Lbh gampang walopun kadang gompel juga hahahahaha. Tricky memang ngupas telur ini 😂.

    ReplyDelete
  2. dirumahku juga dimasukkan ke dalam air dingin mbak, selama ini aku nonton ortu atau orang orang kalau lagi masak, berarti ngupas kulit telur ga asal juga ya, kalau waktu panas dikupas malah yang ada tangan sakit

    ReplyDelete