√ Tingkatkan Kualitas SDM Perusahaan Bersama Ruangkerja - Duduk Paling Depan

Tingkatkan Kualitas SDM Perusahaan Bersama Ruangkerja

 

ruangkerja by ruangguru

Membangun sebuah bisnis memang nggak mudah. Karena saya sendiri pernah merasakannya walaupun hanya berupa usaha kecil-kecilan. Namun sesusah-sesusahnya memulai bisnis, tentu lebih susah lagi mempertahankannya. Terutama untuk bisnis yang sudah berskala perusahaan.

Salah satu kunci agar bisnis tetap mampu bertahan terutama di era yang penuh ketidak pastian dan banyak pesaing, adalah dengan memiliki Sumber Daya Manusia (SDM yang berkualitas). Karena bagaimanapun juga karyawan merupakan salah satu ujung tombak dari majunya sebuah bisnis atau perusahaan.

Cara Untuk Memiliki SDM yang Berkualitas Dalam Sebuah Bisnis

Tentu saja tahap awal penerimaan karyawan menjadi langkah awal untuk memiliki SDM yang berkualitas. Namun bukan cuma itu saja, setelah berjalan beberapa waktu, perlu diadakannya pelatihan dan pengembangan SDM agar karyawan dapat meningkatkan ilmu serta skillnya yang dapat dimanfaatkan untuk keberlangsungan bisnis.

Namun, kita semua tahu bahwa pandemi Covid-19 mengubah banyak keadaan. Pelatihan yang biasanya dapat dilaksanakan secara tatap muka dengan pengajar berkualitas, susah dilakukan karena adanya larangan untuk mengadakan acara yang mengundang kerumunan.

Lantas bagaimana langkah yang tepat agar perusahaan tetap bisa mengadakan pelatihan untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan karyawannya?

Solusinya adalah dengan melaksanakan pelatihan online. Asalkan ada fasilitas pendukung yaitu perangkat teknologi dan sinyal internet yang stabil, dapat memudahkan aktifitas pelatihan yang awalnya dilaksanakan secara tatap muka, kini dapat dialihkan menjadi pelatihan online.

Salah satu cara alternatif pembelajaran digital atau pelatihan online adalah dengan Learning Management System (LMS).

Ruangkerja by Ruangguru Penyedia Jasa Pelatihan Online Terbaik



Memberikan pelatihan LMS bagi karyawan dalam sebuah perusahaan haruslah memilih penyelenggara yang memiliki track record yang baik dalam menjawab kebutuhan pelatihan karyawan secara digital. Yaitu dengan memilih ruangkerja by Ruangguru.

Alasannya karena ruangkerja memahami beragam kebutuhan terkait proses pelatihan perusahaan di era modern seperti saat ini. Tersedia banyak fitur pendukung agar proses pelatihan karyawan berjalan lancar, aman, dan nyaman.

Kegiatan pembelajaran pun dapat dilakukan secara fleksibel, dimana saja dan kapan saja sehingga tidak mengganggu waktu utama karyawan bekerja. Hal ini dapat diwujudkan karena ruangkerja menggunakan teknologi mobile learning.

Kekhawatiran apakan cara pelatihan online seperti itu akan efektif bagi karyawan, tentu menjadi pertanyaan banyak pihak terutama pemilik bisnis atau perusahaan.

Namun kekhawatiran tersebut dapat diatasi karena ruangkerja telah menggunakan sistem learning journey, dimana sistem belajar dibuat secara sistematis dan terstruktur.

Sehingga bagi karyawan yang sibuk dengan pekerjaan utamanya pun, tidak akan kebingungan mempelajari materi yang telah disediakan ruangkerja.

Bukan hanya itu, ruangkerja menyediakan karyawan fitur learning plan. Dimana fitur tersebut dibuat untuk memudahkan perusahaan dalam menyusun kelas-kelas pelatihan karyawan secara terstruktur dan sistematis, sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan masing-masing karyawan.

Sehingga perusahaan bisa yakin betul bahwa apa yang dipelajari karyawan sesuai dengan kebutuhan divisi karyawan masing-masing.

Tampilan dan fitur di aplikasi ruang kerja sengaja didesain dengan baik dan user friendly sehingga karyawan sebagai peserta pelatihan dapat menggunakannya dengan mudah, dan merasa nyaman saat mengakses materi pelatihan.

Ada satu lagi fitur yang menarik dari aplikasi ruangkerja by Ruangguru yaitu adanya fitur kolaborasi. Dimana disediakan sebuah forum diskusi, sehingga seriap peserta pelatihan dapat berkolaborasi dengan peserta lainnya. Bahkan dapat bertanya langsung kepada para ahli terkait materi yang mereka pelajari.

Kemudian untuk memotivasi semangat peserta pelatihan agar mendapatkan nilai sebaik-baiknya, disediakan pula leaderboard atau papan peringkat. Peringkat tersebut dapat pula dilihat langsung oleh pimpinan perusahaan. Tentu ini akan membuat karyawan lebih bersemangat untuk memahami materi pelatihan, karena setelah itu juga mereka akan mendapatkan seritifikat.

Alasan Kenapa Harus Menggunakan LMS dari Ruangkerja



Tentu ada poin unggulan dari ruangkerja by ruangguru untuk dipilih sebagai penyedia LMS terbaik di Indonesia. LMS ruangkerja merupakan solusi terbaik untuk pelatihan bagi karyawan karena sistemya sangat fleksibel dan efesien.

Para peserta akan mendapatkan kemudahan dalam mengakses materi belajar dengan menggunakan beragam perangkat mulai dari handphone atau PC/laptop.

Alasan kenapa ruangkerja dipercaya banyak perusahaan untuk menjadi mitra pelatihan online yaitu karena, ruangkerja memiliki fitur-fitur yang dapat memudahkan para administrator bahkan pimpinan dalam monitoring, menentukan kelas apa saja yang ingin diberikan, dan memberikan penilaian.

Kemudian, peserta dapat memperoleh poin yang bobotnya ditentukan langsung oleh perusahaan apabila peserta telah menyelesaikan modul pelatihan pada kelas perusahaan yang telah ditugaskan. Jadi, semuanya bisa dikontrol dengan baik tanpa khawatir pelatihan yang dilakukan berjalan tidak maksimal

Dengan penjelasan di atas kini kita tahu bahwa ruangkerja merupakan penyedia pelatihan online yang efektif bagi karyawan perusahaan untuk meningkatkan kualitas SDMnya.

Dengan teknologi dan fitur-fitur yang inovatif, apakah biaya yang dihabiskan cukup besar? Tentu itu menjadi pertimbangan perusahaan karena ada anggaran tertentu untuk pelatihan karyawan.

Jawabannya tentu menggunakan ruangkerja lebih menghemat anggaran perusahaan dalam melakukan pelatihan bagi karyawannya. Karena ruangkerja memiliki sistem Cloud-Based, sebuah investasi perusahaan agar lebih hemat.

Subscription model melalui cloud ruangkerja, akan menghemat investasi perusahaan hingga milyaran rupiah dibandingkan membangun sistem sendiri. Waktu implementasi pun jauh lebih singkat dan hanya butuh 2 minggu saja untuk dapat go live. Dilengkapi SSL Security, konten dan data perusahaan juga akan aman terlindungi di cloud ruangkerja.

Nah, dengan begitu tentu sudah pas rasanya memilih ruangkerja sebagai penyedia pelatihan online untuk karyawan agar SDM yang dimiliki perusahaan menjadi lebih berkualitas dan berdampak baik pula bagi perusahaan.

 

Get notifications from this blog

1 comment

  1. Wah ternyata tidak hanya bermanfaat untuk yang masih sekolah, tetapi ruang guru juga menyediakan ruang kerja apalagi banyak juga yang membutuhkan ini. Makin mantap nih ruang guru

    ReplyDelete