Gambar Karakter Untuk Menambah Daya Tarik Tulisan di Blog

By dudukpalingdepan - June 18, 2021



Setelah memutuskan untuk serius ngeblog pada tahun 2017 saya jadi semangat banget ngutak-ngatik untuk mempercantik blog ini. Saya juga jadi rajin blogwalking untuk cari inspirasi.

Terinspirasi Dari  Bloger Hits


Nah salah satunya saya terinspirasi dari blog Mami Grace Melia yang tiap postingannya itu ada gambar karakter lucu berbagai ekspresi yang mendeskripsikan apa yang dia rasa pada setiap beberapa pagian paragraf tulisannya.



Mbak Grace juga pernah mengulas tentang gambar karakter tersebut yang ternyata dia pesan dari teman bloger yang juga ilustrator.

Saya jadi pengen bikin juga tapi tentunya dengan gambar yang berbeda sesuai dengan karakter saya sendiri.

Pengalaman Mencari Ilustrator yang Sesuai Keinginan dan Budget


Setelah menjelajah Instagram, saya ketemu dengan salah satu ilustrator yang karya-karyanya cukup menggemaskan, nama akunnya @storybila. Saya hubungi via whatsapp dan menjelaskan keinginan saya digambarkan karakter dengan berbagai ekspresi.

Waktu itu saya menjelaskan bahwa karakter yang saya inginkan adalah perempuan berhijab, dengan postur setengah badan saja. Baju dan hijabnya berwarna pink/ungu karena saya suka warna-warna itu.

Ekspresi yang saya mau untuk karakternya adalah senyum sambil melambaikan tangan, ekspresi senang, sedih, marah, pegang laptop, dan tertawa.

Awalnya ilustratornya bikin sketsa kasar dulu dan mengirimkannya kembali via WA. Setelah oke atau ada yang mau saya tambahkan baru deh kakaknya bikinkan dan beberapa hari kemudian filenya dikirim via WA.

Testimoni Memesan Stiker Karakter di @Storybila



Saya senang banget sama hasilnya karena sesuai dengan yang saya mau. Kalaupun ada revisi, creatornya melayani dengan baik dan fast respon. File yang dikirimkan juga HD dengan format ".png". 

Paling penting karena waktu itu budget saya terbatas, harganya cukup terjangkau sekitar 25k/karakter. 

Karena suka dengan hasilnya. saya order lagi tambahan dengan karakter yang sama tapi ekspresinya berbeda. Ada karakter yang ekspresinya pegang uang, ada yang pegang papan, dan ada juga yang ngacungin jempol. 

Waktu itu niatnya saya butuh gambar-gambarnya untuk tambahan lomba blog dari Dompe Dhuafa yang saya ikuti. Hasilnya? Alhamdulillah juara 1. 

Oh ya, selain perkarakter gitu di @storybila juga bisa request ilustrasi lain. Waktu itu saya pernah mau collab tulisan bareng mbak Yeni Sovia. Jadi sekalian saya niat pesan ilustrasi dua karakter ibu dengan masing-masing anaknya yang kelihatan ngobrol di ruang tamu.

Nah kalau ilustrasi tersebut beda lagi harganya karena lebih detail gambarnya. Kalau nggak salah sekitar 200k. 




Hanya saja ketika saya cek lagi instagramnya, postingan terakhirnya ketika bulan Juli 2020 dan nggak mencantumkan kontak lagi di kolom bionya.

Tapi jangan khawatir masih ada banyak ilustrator lainnya yang bisa kalian temukan di Instagram atau Twitter.


Keuntungan Punya Stiker Blog Sendiri

Memang bukan hal wajib yang setiap bloger harus punya, tapi menurut saya ada keuntungannya juga kok bloger punya stiker sendiri.

💜 Punya karakter yang ciri khas dan nggak ada di tempat lain karena pesanannya custom
💜 Postingan jadi lebih menarik
💜 Bisa jadi daya tarik klien atau juri lomba blog
💜 Nggak perlu takut copyright karena kita nggak ngambil dari website lain
💜 Seru aja dan semacam kepuasan tersendiri selama ngeblog


Semoga sharing kali ini bermanfaat ya dan semakin menjadi penyemangat teman-teman untuk menambah daya tarik tulisan di blog kalian 😀.






  • Share:

You Might Also Like

3 komentar

  1. Eh kok aku jadi kepengin jugaaa :D. Malah JD kepikiran sekarang mba. Padahal aku dulu juga srg ngikutin blognya gessy, dan tau karakter kartunnya dibuat Ama owner blog HaloTerong. Lucuuu sih memang JD berkesan personal yaa :D. Ntr aku mau coba cari ilustrator lain deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iyaa, ciri khas personalnya itu yang bikin menarik ^^. Iya ayo bikin juga mbak, jangan lupa ekspresinya ada yang sambil makan gitu lho kan sering review kuliner. Hehe

      Delete
  2. wah lucu juga ya mba kalau punya stiker sendiri :D

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.