Ketahui Elemen Penting dan Harga Karpet Badminton Untuk Memulai Bisnis Hall Badminton

By dudukpalingdepan - 9:00:00 PM

source : Freepik

Olahraga sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat, terutama milenial yang produktif. Mereka menyadari bahwa tubuh yang sehat akan berpengaruh pada kualitas kinerja. Bahkan sudah banyak kantor yang mengadakan acara olahraga mingguan untuk para karyawannya. 

Salah satu olahraga yang banyak digemari orang-orang di Indonesia adalah bulu tangkis atau badminton. Permainan yang menggunakan raket dan kok ini memang disukai semua kalangan baik anak-anak sampai orang dewasa, pria dan juga wanita. 

Beberapa nama atlet bulu tangkis juga sering kita dengar karena prestasinya yang mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Sebut saja sang legendaris Alan Budi Kusuma, Susi Susanti, Taufik Hidayat. Sedangkan atlit muda yang terkenal beberapa tahun belakangan ini adalah Jonatan Cristie (Jojo), Duo Minion (Marcus dan Kevin), Melati Daeva, Anthony Ginting, dan masih banyak lagi atlet badminton yang membanggakan bangsa Indonesia dengan segudang prestasinya. 




Tingginya minat masyarakat terhadap olahraga yang biasanya dilakukan di dalam ruangan (indoor) ini, membuat peluang bisnis penyewaan hall badminton terbuka lebar. Baik di daerah maupun di perkotaan, bisni penyewaan lapangan badmionton akan selalu dibutuhkan,  mengingat masyarakat Indonesia sangat menyukai olahraga ini. Bahkan badminton menjadi cabang olahraga yang selalu dipertandingkan baik tingkat sekolah, kecamatan, hingga tingkat nasional dan internasional. 

Elemen Penting yang Perlu Disiapkan Untuk Membuka Bisnis Hall Badminton


Nah, jika teman-teman berniat membuka bisnis hall badminton, berikut beberapa hal yang perlu disiapkan. 

Lahan dan Gedung

Lahan dan gedung yang cukup luas tentu saja menjadi poin utama jika ingin memiliki bisnis penyewaan lapangan badminton. Idealnya, ketinggian dinding 7-8 meter, sedangkan tinggi bubungan atap dari lantai lebih kurang 11-12 meter. 

Lapangan bulu tangkis umumnya berwarna hijau dengan garis putih. Terdapat 6 garis vertikal dan 7 garis horizontal. Adapun ukuran detail dari lapangan bulu tangkis adalah sebagai berikut:
  • Panjang lapangan bulu tangkis : 13,40 meter.
  • Lebar lapangan bulu tangkis : 6,10 meter.
  • Jarak antara garis net sampai garis servis  : 1,98 meter.
  • Jarak antara garis servis tengah dengan garis samping lapangan : 3,05 meter.
  • Jarak antara garis servis belakang dengan garis belakang lapangan dalam permainan ganda : 0,76 meter.
  • Jarak antara garis samping dengan garis pinggir lapangan dalam permainan tunggal: 0,46 meter.
  • Tinggi tiang net : 1,55 meter.
  • Tinggi net : 1,55 meter.
Biasanya dalam satu hall badminton terdapat 2-4 lapangan, sehingga banyak pemain yang bisa menggunakannya dalam satu waktu. Namun tentu saja semuanya kembali kepada modal yang dimiliki. 

Jangan lupa pula untuk menyisakan sebagai lahan parkir. Biasanya pelanggan akan senang jika tersedia lahan parkir yang cukup luas. Selain itu jika ada kantin tentu akan memberikan keuntungan tambahan, karena orang yang selesai berolahraga biasanya pasti akan haus dan lapar. 

Pastikan juga teman-teman telah mengantongi izin mendirikan bangunan dan izin mendirikan usaha dari pemerintah dan regulasi setempat. Agar pembangunan dapat berjalan lancar, dan bisa langsung digunakan sebagaimana mestinya setelah selesai.

Karpet Badminton



Karpet berwarna hijau dengan garis putih ini merupakan elemen yang sangat penting jika teman-teman berencana membuka bisnis penyewaan lapangan badminton. Karpet badminton yang digunakan haruslah yang berkualitas baik, tebal, tidak licin, sesuai dengan standar BWF (Badminton World Federation)

Berikut jenis dan daftar harga karpet lapangan badminton yang berkualitas :

  • Enlio Litchi/Lychee (Surface Pattern : Lychee)     : Rp32.000.000
  • Enlio Sand (Surface Pattern : Sand)                       : Rp34.000.000
  • Enlio Gem ((Surface Pattern : Gem)                      : Rp34.000.000
  • Alite (Surface Pattern : Sand)                                : Rp.32.000.000
  • Flypower (Surface Pattern : Sand & Squareshell) : Rp36.000.000
  • Li-Ning (Surface Pattern : Sand)                            : Rp42.000.000
Karpet badminton berkualitas tersebut bisa teman-teman dapatkan di Raga Sport Flooring atau pada website mereka karpetbadminton.id yang sudah banyak mengerjakan proyek lapangan badminton. Harga karpet badminton yang ditawarkan memang sedikit berbeda dari yang lain namun itu karena mereka menjamin kejelasan merk dan spec yang berkualitas terbaik. 

Ada pun beberapa keunggulan dari karpetbadminton.id adalah harganya yang terjangkau dan bersaing, karpet badminton dengan kualitas terbaik karena langsung dari importir, pengerjaan dilakukan oleh tim yang handal dan hanya membutuhkan waktu 4 jam saja, mereka juga telah berpengalaman lebih dari tujuh tahun, produk bersertifikasi, dan yang paling penting mereka memberikan garani selama 30 hari meliputi sambungan welding vinyl dan lakban jika terlepas.



Memang dalam pemilihan karpet badminton kita tidak bisa asal-asalan karena menyangkut dengan kenyamanan dan keamanan atlit dan pemain. Untuk itu pastikan teman-teman memilih penjual yang terpercaya dan berpengalaman seperti Raga Sport Flooring. 

Net dan Kok

Tiang net dalam permainan olahraga bulu tangkis dipasang tepat di tengah ujung garis samping lapangan. Net terbuat dari tali halus dengan warna gelap. Tinggi tiang 1,55 meter. Lebar net 0,75 meter. Panjang net 6,10 meter. Puncak net diberi batasan putih selebar 7,5 cm. 

Sedangkan untuk kok pilihlah kok yang berasal dari bulu-bulu angsa asli dengan gabus sintetis pada bagian bawahnya. Kok yang berkualitas tidak terlalu cepat hancur. Sehingga pemain dapat berolahraga dengan maksimal. 

Sebenarnya raket tidak harus disiapkan oleh pemilik gedung, namun teman-teman dapat menyediakan untuk dijual atau disewa kepada pemain yang kebetulan tidak membawa raket atau raketnya kurang bagus. Tentu saja ini juga menjadi peluang untuk tambahan income.

Itulah beberapa elemen penting untuk memiliki usaha penyewaan lapangan bulu tangkis / badminton. Setelah elemen tersebut terpenuhi, tentu kemudian yang perlu dilakukan adalah perekrutan karyawan yang handal, serta strategi promosi yang mumpuni. 



Pastikan teman-teman memberikan pelayanan yang terbaik, sehingga pelanggan akan memberikan promosi gratis dari mulut ke mulut dan semakin banyak orang yang datang untuk bermain badminton di sana.


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar