Cara Mendapatkan Job di Instagram Untuk Akun di Bawah 5000 Followers

By dudukpalingdepan - 2:27:00 PM


Dulu saya pikir yang hanya bisa mendapat uang dari Instagram itu ya selebgram yang followersnya ratusan ribu, atau artis yang followersnya jutaan. Kalau followers sedikit dan mau dapat uang ya harus jualan online. Ternyata semakin saya mendalami dunia blogger, ikut gabung banyak grup baru saya tahu kalau followers di bawah 5000 pun bisa dapatin job endorsement juga lho.

Bagi saya pribadi ada kesenangan tersendiri juga bisa bikin konten yang bermanfaat dan bonusnya dibayar. Apa lagi kalau diendorse produk yang memang bermanfaat buat saya pribadi atau keluarga, jadi mempromosikannya juga dengan senang hati.

Sekarang followers Instagram saya @dudukpalingdepan baru 3000-an sih, tapi lumayan sudah dapat job produk makanan, produk anak, buku, dan terakhir ada job promosi OYO. Senang sih bayarannya bisa buat jajan di online shop atau ngajak anak dan suami makan enak di restoran.



Nah, dari mana aja sih sumber job itu saya dapatkan? Berbeda dengan selebgram dan artis terkenal yang banyak dihubungi duluan oleh brand, kalau mikro influencer (sebutan untuk influencer dengan followers yang masih sedikit) ini harus rajin jemput bola dan berburu job.

Berikut beberapa situs dan aplikasi yang saya gunakan untuk mendapatkan job endorsement di Instagram.

1. Partipost 


Awalnya saya tahu aplikasi ini dari orang di twitter yang mempromosikannya. Saya kepo dan ikut download. Setelah instal dan register saya baru paham ternyata di Partipost menyediakan banyak job untuk mikro influencer. Banyak campaign yang mencari influencer dengan followers mulai dari 1000 aja lho.

Campaignnya pun ada bermacam-macam, mulai dari produk kesehatan, make up, fashion, makanan, jasa, dan lain-lain. Saya pernah dapat campaign promo Gojek. Cuma repost video dan kasih komentar menarik.

Aplikasi Partipost bisa didownload di IOS dan Android. Setelah instal dan register, jangan lupa isi data diri dengan lengkap dan hubungkan akun media sosial. Kalian juga harus rajin-rajin buka aplikasi ini untuk lihat campaign apa yang sedang berjalan, kalau ada campaign yang kalian ingin ikuti pastikan baca persyaratannya dengan teliti dan jangan lupa ikuti semua ketentuannya dengan baik.

Bayaran job di aplikasi Partipost bermacam-macam mulai dari puluhan ribu sampai jutaan rupiah. Kita bisa narik saldo hasil job ke rekening kita dengan minimum saldo 110ribu dan nanti dipotong transation fee sebesar 5%.

Bagi teman-teman yang tinggal di Jabodetabek, banyak banget campaign yang bisa diikuti. Karena banyak yang memberikan persyaratan utama tinggal di Jabodetabek. Sedangkan bagi saya yang tinggal di Sumatera, campaign yang bisa diikuti menjadi sangat terbatas.

2. Sociabuzz


Kebanyakan blogger sudah nggak asing dong dengan platform penyedia jasa kreatif ini? Jadi di situs Sociabuzz bukan cuma menyediakan job untuk blogger, kalau dilihat kebanyakan job yang ditawarkan justru untuk influencer Instagram.

Sering saya melihat job yang meminta influencer dengan followers di bawah 5000. Tapi tentu ada persayaratan lainnya seperti tempat tinggal dimana, punya anak atau nggak, hobi olahraga atau nggak, dan lain-lain sesuai kebutuhan brand.

Tipsnya sama kayak di Partipost, harus rajin kepoin websitenya dan daftar campaign yang tersedia. Kalau dipilih nanti akan dihubungi via email dan Whatsapp.

Selama ini bekerja dengan agency Sociabuzz, Alhamdulillah baik-baik aja sih. Asal kita bisa menjalin komunikasi yang baik dengan timnya.

Untuk bayarannya mulai dari puluhan ribu sampai jutaan rupiah (tergantung jumlah followers dan penawaran yang disediakan). Nggak ada minimal penarikan saldo tapi batas waktu penarikan h-3 sebelum hari Senin minggu terakhir di bulan yang sama, dan akan ditransfer pada akhir bulan. Oh ya, ada potongan 20% jika mendapatkan job dari Sociabuzz.

3. Hiip Indonesia


Teman-teman yang sudah bergabung dengan komunitas Blogger Perempuan pasti sudah nggak asing dong dengan nama aplikasi ini? Jadi Hiip memang bagian dari Blogger Perempuan yang menyediakan job untuk para content creator.

Banyak campaign yang ditawarkan nggak harus punya followers ratusan ribu. Terus selama ini Hiip selalu memberikan penawaran bayaran yang sangat layak. Biasanya mereka akan mengirimkan formulir penawaran job via email, atau di grup Facebook Hiip Indonesia. Jadi jangan lupa rajin cek email dan grup mereka ya.

4. Revu


Walau pun saya nggak tahu pasti benar atau salah, nama Revu sepertinya diambil dari kata Review karena memang situs ini menyediakan banyak produk menarik yang bisa direview oleh mikro influencer. Jadi kita nggak langsung dapat bayaran berupa uang, tapi mendapatkan produk secara gratis untuk direview. Namun, biasanya di setiap campaign akan dipilih beberapa reviewer terbaik yang akan dapat hadiah uang tunai. 

Karena nggak ada aplikasinya dan jarang juga diemail kalau ada campaign baru, kita harus rajin cek media sosial mereka terutama Instagram. Biasanya setiap ada campaign baru mereka akan kasih tahu juga di sana. 

Saya sendiri belum pernah tembus dapat produk gratis untuk direview, tapi pernah ikutan lomba dan menang saldo gopay ratusan ribu. 

5. Sosiago



Saya yakin banyak teman-teman blogger yang tahu situs ini karena memang sering memberikan kita job content placement. Tapi beberapa kali saya pernah lihat ada campaign untuk akun Instagram dengan followers di bawah 5000. Cuma memang yang ikutan daftar banyak banget, sedangkan yang diminta brand hanya hitungan jari, hiks. 

Sosiago biasanya akan mengirimkan email jika ada campaign baru, jadi kalau ada email masuk dari Sosiago cepetan dibuka ya.


6. Grup Facebook SMSC Mencari Contact


Jujur saya sendiri nggak tahu apa sebenarnya kepanjangan dari SMSC, tapi dari informasi grup ditulis "The biggest collaborative market place in Indonesia". Jadi di sini setiap harinya bertaburan informasi job blog, IG, youtube, twitter. 

Kita memang harus rajin-rajin cek grup ini, biasanya ada aja yang share formulir dan kriteria content creator yang dicari. Kebanyakan jobnya untuk mikro influencer kok. Bahkan ada job yang nggak minta minimal jumlah followers. 

Pokoknya ketika baca postingan baru dan kriterianya sesuai, langsung isi aja. Sisanya tinggal do'a, kalau dipilih biasanya akan dihubungi via email atau WhatsApp. Dari grup ini juga saya diinvite ke grup WA Microbuzzer SMSC oleh salah satu tim agency. Mungkin mereka buat grup WA agar lebih cepat dapat content creator yang diinginkan. 

7. Grup-Grup Facebook Blogger


Blogger dan Content Creator memang harus rajin ikut komunitas. Kalau nggak bisa ikut kegiatan langsung minimal aktif secara daring. Dari grup-grup blogger ini banyak banget peluang baru seperti job  blog dan job medsos. 

Beberapa Grup Blogger yang harus diikuti adalah Komunitas Emak Blogger, Blogger Perempuan, Mom Blogger Community, Blogger Crony, Blogger Indonesia, Ibu Ibu Doyan Nulis, Job Untuk Blogger, Job Blogger Indonesia. Cari aja berdasarkan keyword ya. 

Lagian selain job, di grup-grup tersebut kita bisa dapat ilmu dan pertemanan sesama blogger. Nah berteman dengan sesama blogger ini juga penting banget, karena biasanya blogger nggak pelit ilmu dan info job, hehehe.

Tips Untuk Mendapatkan Job di Instagram


Meski followers masih sedikit bukan berarti kita nggak mikirin konten dong. Sebisa mungkin upload feed yang rapi, dan usahakan sering sharing konten bermanfaat atau menghibur sesuai minat masing-masing. 

Saya pernah review Botanina Oil yang saya beli sendiri karena saya suka produknya dan cocok dipakai anak. Review tersebut saya tag ke akun medsos brand tersebut. Eh beberapa bulan kemudian saya ditawari endorsement produk tersebut. Senangnya double kalau bisa kerja sama dengan produk yang pernah kita pakai sebelumnya. 

Kemudian untuk menambah followers, selain bikin konten menarik, bisa juga saling follow dengan akun-akun yang sama minatnya. Misalnya akun-akun sesama blogger, biasanya blogger emang saling support sih (ini yang saya suka dari loyalitas para blogger). Kalau followers makin banyak siapa tahu fee yang ditawarkan akan semakin tinggi (Aamiiin). 

Nah, semoga tulisan dan pengalaman saya di atas bisa membantu teman-teman yang pengen juga dapat job seperti selebgram walaupun followers masih sedikit. Siapa tahu kalau kalian bisa membantu brand meningkatkan penjualan, bakalan diajak kerja sama terus ya kan. 

Kalau teman-teman ada tambahan sumber pencarian job untuk akun IG/Twitter/Blogger, kasih tahu di kolom komentar ya. 

Baca juga : 

Cara Mendapatkan dan Mengelola Penghasilan dari Blog

5 ide Menulis Blog

Membuat Tulisan Menjadi Penghasilan

  • Share:

You Might Also Like

34 komentar

  1. Tipsnya mantap jiwa. Belum daftar Sosiago dan Sociabuzz. Makasih infonya ya :)

    ReplyDelete
  2. Belum seberuntung kk nya... udah ikutan juga beberapa kecuali yang partipost (baru tahu) secara ga sering kepoin akun medsos mereka juga sich... bahkan campaign TW nya BC aja sering ketinggalan

    ReplyDelete
  3. Bosa nih dicoba. Siapa tau ada 1 2 yang nyantol hehe.

    ReplyDelete
  4. Yang point pertama baru tau nama start up nya. Udah pernah dpt job dr IG sih tp dari orangnya langsung bukan lewat web. Kalau yang hiip saya kurang tertarik karena ID kita (KTP dan NPWP) kudu diupload dan dilihat semua advertiser yang jumlahnya pasti banyak. Takutnya disalah gunakan. Kalau udah main upload data pribadi belum dulu deh

    ReplyDelete
  5. Terima kasih Bu. Rupanya banyak juga sarana untuk mendulang rezeki. Eh taunya saya cuma IG aja. Hehe..

    ReplyDelete
  6. eh baru tahu juga nih. langsung deh meluncur sekarang kali aja bisa beruntung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bs coba yg partipost. tapi kudu cepet sebab ada waktunya kan. plus masih dipilih sama pihak sana

      Delete
  7. Kalau yg nomer satu masih asing ditelinga.Tpi kalau Sosiago sudah tahu dari tahun 2018.Sudah pernah Po juga.

    eeee...dindo, kalau si jawa itu,ngak masuk disini yah..?

    Kalau dapat Job dari SMCS sudah pernah sih, itu pun teman yg ngasih infonya.

    kalau sari Sosiabuz blm pernah cicip.hehe.

    ReplyDelete
  8. saya cuman tahu sosiago... tapi ternyata masih banyak yaaa. makasih infonya mbak... otw menjemput rejeki.. hahaha

    ReplyDelete
  9. Wah, terima kasih infonya. Pengalaman review yang Botanina itu bole juga diikuti ya .kita pakai produk apa, terus kita tag brandnya. Kalau review kita menarik bisa jadi jalan rejeki juga ya. Diantara layanan peyedia job campaign di atas yang saya blm ikut partipost. Tfs..

    ReplyDelete
  10. Aku hampir sudah mencoba semua cara di atas kecuali yang grup facebook itu, langsung cus deh habis ini coba masuk ke grupnya, hehe. Tapi emang walaupun follower dikit kita udah bisa menghasilkan kok, asal pintar-pintar nyari peluang aja

    ReplyDelete
  11. Yang penting sih dari mencari job itu pintar-pintar nyari peluang, seberapapun kemampuan kita, pintar mencari peluang penting banget. Kadang kecepatan juga sih jadi salah satu faktor

    ReplyDelete
  12. Zaman sekarang mencari rupiah di internet memang banyak, seperti yang ditulis dalam postingan ini. Tinggal manusianya saja mau atau tidak menangkap peluang dan menjadikannya πŸ’°.

    Jika bersosial media tujuannya mengais rezeki maka tulisan ini patut dibaca dengan teliti, namun apabila bersosial media sekedar berteman dan merawat nostaliga maka mari sobat kita berkawan😁

    ReplyDelete
  13. Baru tau yang berbentuk aplikasi seperti partipost nih kak..sepertinya saya mau coba deh ..banyak juga ternyata ya ...mksh infonya

    ReplyDelete
  14. Saya baru di beberapa beberapa situs dan aplikasi yang udah bergabung, dan alhamdulillah ada beberapa situs yang sering kasih job. Lumayan buat tambahan beli kuota. Untuk aplikasi dan situs yang lain, akan saya coba gabung juga. Terima kasih banyak infonya mbak...

    ReplyDelete
  15. Informasi yang bermanfaat nih untuk para content creator yah. Mulai dari job kecil terlebih dahulu baru deh nanti bisa dapat yang lebih gede yah. Memiliki komunikasi yang baik antar sesama content creator juga bisa nih saling berbagi job nantinya.

    ReplyDelete
  16. Terima Kasih Mbak sudah berbagi informasi job di instagram dan sosial media lainnya. semoga sukses selalu rezekinya.

    ReplyDelete
  17. Keren yaaaaa, nano dan mikro influencer pun bisa dapat job dari IG. Jadi, sekarang itu harusnya gak ada istilah pengangguran, sebab banyak cara kreatif bisa dilakukan untuk menambah penghasilan.

    ReplyDelete
  18. ternyata mereka yang mempunyai akun IG dengan follower rendah tetap punya peluang mendapat job. terima kasih tips dan triknya...

    ReplyDelete
  19. aku masih di bawah 1000 euy followernya wkwkw

    djangki.wordpress.com

    ReplyDelete
  20. Makasih bgt infonya kak jujur saya sering kali merasa insecure karena cm punya followeres dikit. Bermanfaat bgt tipsnya kak

    ReplyDelete
  21. wah, mampir kesini dapet artikel yang amat bergizi..
    aku sih cukup familiar dengan beberapa situs tersebut, kecuali yang nomor satu masih agak asing ditelingaku.. jadi pengen download juga partipost, siapa tau bisa dpt rezeki dari situ.. hehehe

    kalo aku jarang banget dapet job IG meski udah daftar dibeberapa situs tersebut. paling nyangkutnya di blog seperti artikel CP atau sponsorpost.. huhu

    ReplyDelete
  22. Udah pernah coba semuanya. Cuma belum pernh dapat dari HIIP dan Sosiago. Paling sering dapat dari SMSC sih. Perbanyak networking, InsyaAllah terbuka banyak jalan untuk ngejob. Semangat!

    ReplyDelete
  23. Aku padahal cuma tergabung di SMSC dan Revu, tapi lumayan banyak juga dapetnya hihihi

    Yang terakhir samaan dapet project dari OYO ya mbak :)))

    ReplyDelete
  24. Informasi berguna banget ini untuk aku, follower aku belum banyak. Duh, coba ah daftar

    ReplyDelete
  25. wah saya ga bisa nih.. follower aja ga sampe segitu hehe

    ReplyDelete
  26. Paling sering dapet dari SMSC 😊 apl nomor satu baru tau, menarik buat dicoba nih

    ReplyDelete
  27. Aku taunya masih Hiip, Sociabuzz, sama Revu. Yang nyangkut masih Revu aja udah 2x dapet hihi. Ada lagi nih mba yang biasanya ngasih tester gratis, ada Hometester sama Yukcoba.in aku udah pernah dapet 22nya juga, cuman sekarang agak sulit. Tapi dicoba aja dulu

    ReplyDelete
  28. beberapa masih ada yg asing nih aku, bolehlah aku coba ikutan donlot juga

    ReplyDelete
  29. Aku sering lirik lirik Revu trus nggak pernah cocok dan aku pun menyerah. Hiks.

    ReplyDelete
  30. makasih sharingnya, ulasannya detail

    ReplyDelete
  31. Wah teryata banyak sumber ya mba. Hiip dan grup FB SMSC itu tuh ngebantu banget mba :)

    ReplyDelete
  32. Followerku juga dikit, pernah beberapa kali dapat jon review buku karena saya suka nulis resensi. Klien yang milih sendiri sih. Bener banget perlu siapkan konten blog post yang baik. Saya tahunya sosiago, sosiabuz, yang lain belum denger. Terima kasih sharingnya, mbak

    ReplyDelete
  33. followerku masih di bawah 2k apa bisa ya?? Tapi boleh juga nih dicoba dulu.. thanks infonya mbak,, baru tahu nih wkwk.

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.