5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membangun Dapur Minimalis

By dudukpalingdepan - 9:36:00 PM

Source: Freepik

Dapur adalah salah satu ruangan yang sangat penting di rumah. Dari sanalah sumber asupan lezat nan bergizi dimasak untuk kemudian disajikan kepada anggota keluarga tercinta. Apa lagi zaman sekarang, dapur bukan lagi terkesan tempat yang berantakan dengan cipratan minyak di sana-sini. Karena banyak sekali desain dapur minimalis yang dapat membuat pemiliknya betah berlama-lama di dapur untuk membuat dan menyantap makanan atau hanya sekedar menyesap segelas kopi di pagi hari. 


Desain minimalis pada rumah terutama dapur, kini menjadi trend dan gaya hidup  kaum milenial yang sudah memiliki hunian sendiri. Bahkan ketika saya mengetik hashtag #DapurMinimalis di Instagram, dalam hitungan detik muncul ribuan foto dapur yang tertata rapi dengan dekorasi yang indah dipandang. Tampaknya semakin banyak orang yang memperhatikan tata letak dan dekorasi dapur agar menimbulkan daya tarik bagi siapapun yang melihatnya.

Bahkan dapur yang dulunya berada di bagian paling belakang rumah dan tertutup dari pandangan tamu, kini banyak dapur yang didesain terbuka bahkan berada di tengah-tengah rumah. Seolah-olah dapur menjadi ajang pertunjukan, dan siapapun boleh melihat bahkan bergabung dalam menciptakan sesuatu yang lezat untuk dinikmati bersama. 
  
Walau pun saya belum punya hunian sendiri, namun nggak ada salahnya untuk bercita-cita agar kelak memiliki rumah dengan desain minimalis dan memberikan perhatian besar untuk dapur sebagai "ruang kerja" saya sebagai seorang ibu yang selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk keluarga. 

Nah, setelah baca artikel online dan majalah home decor, ternyata ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika berencana membuat dapur minimalis impian kita. Berikut penjelasannya satu persatu. 

1. Pilihlah Desain Dapur yang Fungsional

Sebelum membuat dapur impian, kita pasti mencari refrensi desain dari berbagai sumber. Tentu saja hal tersebut boleh-boleh saja, tapi perlu diperhatikan jangan asal meniru desain hanya karena terlihat "cantik". 

Misalnya apakah dapur yang kita inginkan hanya untuk sekedar masak, atau di sana juga sekalian ada meja makan untuk bersantap bersama? atau bahkan dapur tersebut digunakan untuk memproduksi usaha makanan yang kita miliki? Jadi pastikan desain fungsional sesuai kebutuhan pemilik rumah. 

2. Lebih Banyak Tempat Penyimpanan Lebih Baik 

Dapur minimalis identik dengan kesan rapi dan bersih. Sedangkan di dapur justru banyak sekali aneka perabotan dapur dari yang berukuran kecil sampai yang besar, serta beragam bahan makanan basah dan kering yang perlu disimpan. 

Maka untuk mensiasatinya diperlukan tempat penyimpanan yang banyak. Caranya dengan membuat kabinet atas dan bawah. Untuk kabinet bawah, panjangnya sama dengan panjang ruangan, dengan lebar sekitar 60cm dan tinggi sekitar 70-80cm. Sedangkan untuk kabinet atas lebarnya sekitar 50cm, dan tingginya dapat mencapai tinggi plafon. 

3. Perhatikan Sirkulasi Udara dan Cahaya 

Dapur sebagai tempat untuk memasak, baik itu merebus, menggoreng, dan memanggang, tentu akan menimbulkan kepulan asap yang akan menggangu  jika tidak ditangani dengan benar. Untuk itu ketika membangun dapur, jangan lupa membuat jendela dan ventilasi udara yang cukup besar. Namun jika tidak memungkinkan pastikan memasang mesin penghisap asap dan air purifier

Begitu pula dengan cahaya, harus terang, bukan remang-remang. Baik itu siang ataupun malam, pastikan cahaya  cukup terang agar kita dapat beraktifitas dengan baik selama di dapur. 

4. Memilih Material yang Terbaik 

Source : Freepik
Meski menginginkan dekorasi yang berubah-ubah sesuai trend, tapi pastikan perabotan utama seperti lemari kabinet, top table, dan backsplash dibuat dari material terbaik yang awet, tahan kelembapan, dan tahan air. Untuk lemari kabinet material yang disarankan adalah kayu solid. Sedangkan untuk top table sebaiknya dari granit atau marmer asli/imitasi dengan ketebalan 1-3cm. 

5. Gunakan Jasa Interior Desain Untuk Hasil Maksimal 

Kalau memang sebagai pemilik rumah kita kurang paham bagaimana desain yang cantik dan fungsional untuk dapur impian, lebih baik menggunakan jasa interior desain. Dengan perhitungan yang tepat, penggunaan jasa interior desain dapat mencegah dari kesalahan pembangunan yang hanya membuang-buang banyak materi, waktu, dan tenaga. 

Nah, itu dia 5 hal yang perlu diperhatikan sebelum membangun dapur minimalis. Jika ingin tahu lebih banyak tentang desain rumah minimalis dan tips-tips dekorasi rumah, teman-teman bisa baca di polarumah.com ya.

Semoga bermanfaat 😊

  • Share:

You Might Also Like

6 komentar

  1. wah kalau aku mah, karena memang gak suka masak, jadi perlengkapannya juga gak lengkap

    ReplyDelete
  2. impian banget punya kitchen set seperti itu. Mulai harus nabung nih biar bisa mempoles rumah terutama dapur supaya lebih cantik

    ReplyDelete
  3. Kalau lihat dapur orang zaman dahulu,kayaknya lebih enak dapur zaman sekarang,soalnya bisa dijadikan tempat selfie..😆😊☺

    ReplyDelete
  4. Pingin banget dapur yang cantik. Tapi karena masih ngontrak, jadi nabung dulu deh.

    ReplyDelete
  5. Cita-citaku punya kitchen set dan dapur yang nyaman karena aku suka masak. Semoga bisa tercapai. Hehehe.

    ReplyDelete
  6. wahh,, kalau desainya seperti itu, saya jadi pingin berlama-lama didapur jadinya.. hahaha.

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.