5 Sabun yang Ampuh Untuk Mengusir Jerawat Dengan Harga Terjangkau

By dudukpalingdepan - 12:00:00 PM

sabun untuk jerawat dengan harga terjangkau

Jerawat, satu kata yang bikin sebal banyak kaum hawa. Apalagi kalau datangnya beramai-ramai sekaligus, bikin stres dan minder. Jerawat juga bukan cuma bisa muncul di wajah, tapi juga di tubuh terutama di bagian punggung.

Sebagai pejuang jerawat menahun, saya sudah mencoba berbagai macam produk skincare untuk kulit berjerawat. Dulu saya pikir, untuk menghilangkan jerawat yang dimaksimalkan adalah pemakaian obat jerawatnya. Ternyata saya salah, yang paling penting itu, justru memaksimalkan membersihkan wajah dengan menggunakan sabun khusus jerawat. 

Setelah saya cari tahu, jerawat berasal dari kotoran yang tersumbat pada pori-pori kulit karena kurang maksimal dalam membersihkan wajah. Nah, semenjak itu saya coba untuk melakukan metode double cleansing dengan memakai micelar water dan sabun cuci muka khusus kulit berjerawat. 

Dari banyaknya produk sabun muka untuk kulit berjerawat yang saya coba, ada lima produk yang saya ingin rekomendasikan. Selain ampuh, harganya juga terjangkau banget. 

1. Holly Sabun Hijau 


Holly sabun hijau ini mengandung coconut oil dan antiseptik yang berguna untuk mencegah berbagai penyakit kulit sehingga kulit tetap sehat. Selain bermanfaat untuk mencegah dan mengusir jerawat, Sabun ini memiliki klaim yang sangat manjur untuk mengurangi radang, mengatasi rasa gatal dari iritasi kulit. 

Holly sabun hijau berbentuk batangan namun dengan tekstur yang kenyal dan lembut, sehingga nyaman dioleskan pada kulit. Cara pakainya juga mudah, cukup basahi dengan sedikit air, usap-usapkan pada tangan sampai berbusa, lalu pakai untuk mandi dan mencuci muka. Sedikit tips dari saya, jangan lupa untuk mengoleskan body lotion dan moisturizer setelah menggunakan sabun ini, agar kulit tetap terjaga kelembapannya. 




Selain itu yang saya suka juga, produk ini sudah terdaftar di BPOM dan ada logo halalnya. Kandungannya aman, sehingga bisa dipakai semua kalangan termasuk anak-anak dan ibu hamil. 

Untuk harganya juga sangat terjangkau, mulai dari 2ribuan aja. Ada dua ukuran yang kecil dan ukuran yang biasa. Jadi bisa pilih ukuran yang kecil untuk dibawa traveling atau mudik. Belinya juga gampang, tersedia di Transmart, Apotek Kimia Farma, Lotte Mart, dan online shop.

2. Clean n Clear Foaming Face Wash


Saya sudah lama kenal sabun pencuci muka dari Clean n Clear tapi baru mencoba beberapa tahun belakangan. Menurut saya, varian yang orange ini ampuh banget untuk mengurangi minyak pada wajah. 

Dulu wajah saya itu gampang banget jadi kilang minyak, apalagi kalau siang hari. Setelah rutin pakai sabun ini minyak pada wajah jauh berkurang. Kalau rajin pakai metode double cleansing dengan tahap kedua pakai sabun ini, jerawat jadi kabur dan segan datang lagi. 

Tapi minusnya, pakai sabun ini terlalu lama wajah jadi ketarik. Makanya setelah pemakaian dua-tiga bulan, saya akan mencoba pakai sabun yang lain. 

Clean n Clear Foaming Face Wash ini mudah banget ditemukan di berbagai mini market dan pusat perbelanjaan. Harganya sekitar 20ribuan kalau di tempat saya, dan ada ukuran travel sizenya juga.

3. Ponds Acne Solution Facial Foam

source : Blibli

Ponds ini sudah terkenal banget ya sejak saya kecil, waktu itu produknya dipakai mama dan kakak saya. Syukurlah makin kesini makin banyak variannya terutama untuk kulit berjerawat. 

Beberapa hal yang saya suka dari sabun cuci muka Ponds ini nggak bikin wajah terasa ketarik. Busanya juga cukup banyak, jadi cuma ambil seujung jari cukup untuk satu kali cuci muka. Sabun ini juga nggak menyebabkan iritasi pada kulit wajah saya. 

Lagi-lagi produk ini mudah ditemukan di berbagai toko kosmetik dan pusat perbelanjaan ya. Harganya mulai dari 12ribuan untuk ukuran kecil, dan 20ribuan untuk ukuran besar.

4. JF Sulfur Anti Acne

source : Beautynesia

Dulu saya lihat iklan produk ini di suatu majalah, terus ada teman yang merekomendasikan juga. Saya coba pakai dan terasa lembut di kulit. Sama seperti Holly sabun hijau, JF Sulfur bisa digunakan pada tubuh dan wajah. 

Setelah pemakaian beberapa lama, JF Sulfur cukup ampuh untuk menghilangkan jerawat punggung, tapi kalau jerawat pada wajah nggak terlalu ampuh. 

Untuk harganya juga sangat terjangkau, sekitar 8ribuan saja. Produk ini bisa dibeli di berbagai super market dan toko-toko.

5. Garnier Pure Active Sensitive Anti Acne

source : Blibli

Dari dulu saya cocok dengan pelembab dari Garnier. Nah waktu ada varian khusus anti acne, saya juga tertarik ikut mencoba facial washnya. Bukan hanya untuk menghilangkan jerawat, bahkan klaimnya juga bisa untuk mencerahkan kulit wajah. 

Saya merasa cocok memakainya, walau butuh waktu cukup lama sampai jerawat benar-benar hilang. Sayangnya produk ini mulai susah dicari di daerah tempat tinggal saya. Sehingga saya nggak memakai sabun ini lagi. 

Harga sabun ini mulai dari 20ribuan, tergantung dimana kita membelinya. Sayangnya produk ini nggak tersedia di mini market kecil, sedangkan di daerah saya belum ada pusat perbelanjaan yang besar. 


Itu dia rekomendasi 5 produk sabun yang ampuh untuk mengusir jerawat dengan harga yang terjangkau. Sengaja saya rekomendasikan produk yang mudah dicari dan harganya nggak menguras kantong. 

Karena sabun cuci muka itu produk yang wajib dipakai dalam rangkaian skincare, dan harus rutin memakainya. Jadi pakailah produk yang mudah dicari, sehingga kalau kehabisan nggak perlu nunggu lama untuk beli lagi. Tapi apapun itu pastikan produknya cocok dengan kulit wajah teman-teman semua ya. 

Ada yang pernah pakai produk-produk di atas juga nggak? Atau ada cerita pengalaman mengatasi kulit berjerawat? Ceritakan di kolom komentar, ya.




  • Share:

You Might Also Like

42 komentar

  1. istri saya sering pake holy itu mbak, lumayan manjur. kalau ngak salah terbuat dari bahan herbal ya

    ReplyDelete
  2. yohohoho, JF sulfurr ampuuuh bangettttt.. aku sampai beli 4 bar mbak, karena kulit wajah lg rewel.. begitu keluar jerawat langsung cuci muka pakai jf sulfur, ampuuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah mantul mbak, teman-teman saya juga gitu. Beberapa dokter juga nyaranin pakai sabun itu kalau lagi iritasi kulit kan.

      Delete
  3. aku pernah coba jf sulfur sama ponds. etapi katanya bisa ilang pake odol. atau kalo mau yang alami2 bisa pake jeruk nipis juga yaa. tapi perih cekit- cekit :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sebagai pejuang jerawat saya sudah coba tuh odol dan jeruk nipis, tapi nggak berhasil :P

      Delete
  4. Pas banget nih, kemarin temenku ada yang nanya rekomendasi untuk sabun jerawat. Aku sendiri termasuk yang mukanya badak sih alias jarang jerawatan mau pake skincare apa aja. Yang aku penasaran dan belum coba yang Holly tuh mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah beruntung banget kalau punya kulit "badak" ^_^

      Delete
  5. Sabun diatas baru nyobain jf sulfur aja, tapi jerawatku sembuhnya di masker sih. Waktu itu pake spirulina. Kalo sekarang jaga kebersihan dan kontrol makan aja biar terhindar dari jerawat, meskipunnnn kalo lg menstruasi ada aja yang nongol.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya itu sempat rame juga dibahas ya masker spirulina. Cuma susah nyarinya di sini, huhuhu.

      Delete
  6. Selain cuci muka pake sabun khusus dan pakai air hangat terutama saat mau tidur, dulu jaman masih remaja (hiyaa ketahuan udah tua skr :D ) tidak lupa minum vit C secara teratur mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sabunnya apa mas? Siapa tahu bisa buat suami saya juga :D
      Tapi suami saya kulit badak sih, pakai sabun batang buat cuci muka juga tetap mulus, hahaha.

      Delete
    2. Sabun JF Sulfur yg ijo mb.. itu doang buat cuci muka paling gak 2 x sehari, utamanya bangun n sblm tidur.

      Delete
  7. ternyata ada cara praktis dan murah untuk mengusir jerawat. salah satunya adalah dengan memakai sabun yang tersbut di atas. selain harganya murah, juga mudah didapatkan. makasih infonya... nama bognya keren juga Duduk Paling Depan.. :) (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama kak ^^. Iya dong, kalau duduk paling belakang ntar nggak kebaca soalnya matanya minus hehehe.

      Delete
  8. Dari kelima sabun di atas yang pernah saya pakai cuma brand Clean & Clear. Selain bikin kulit muka lembab, bikin empuk juga. hehe. yang lainnya belum pernah nyoba dan kayaknya nggak akan nyoba. Sekarang cocoknya sama brand Wardah malah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pernah coba juga wardah tapi nggak lama. Emang pada dasarnya skincare itu cocok-cocokan. ^^

      Delete
  9. Wah banyak juga ya pilihan nya, rata rata butuh berapa lama ya untuk bisa dapat hasil yang kita inginkan (jerawat hilang).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung, ada yang hitungan minggu ada juga yang hitungan bulan. Kuncinya sih harus telaten dan sabaaar ^^

      Delete
  10. Memang kalau cewe itu ada jerawat satu aja di muka bisa buat mood ga beres.. Jadi aku mau coba sabunnya kak makasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banget mbak, apalagi saya yang pernah jerawatan semuka T_T

      Delete
  11. Holly sabun belum pernah ketemu mba.. beli di mana ya yang kayak gitu.. soalnya di Medan beneran belum pernah tau..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu ada saya tulis mbak, di lotte mart atau kimia farma.

      Delete
  12. Kalo saya jika berhubungan dengan jerawat cukup menggunakan Gatsby Facial MicroFoam aja sih hehe karena cocok buat cwok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantul mas, bisa saya rekomen juga ke suami kalau lagi jerawatan.

      Delete
  13. Tapi biasanya emang cocok-cocokan si, tiap orang punya karakteristik dan sensitifitas kulit yang berbeda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, ini buat refrensi aja. Balik lagi ke kondisi kulit masing-masing ^^

      Delete
  14. Sabun hijau itu, ya Allah mengingatkan gw sama jaman gw kecil.

    Dulu jaman gw kecil pernah gatal-gatal terus disabunin pake sabun hijau itu. Rasanya perih-perih gimana gitu, bikin trauma, wkwkkwk

    ReplyDelete
  15. Di Balubur Limbangan, garut, gak ada Holy. Lucu juga lihat bentuk sabunnya yang kenyal dan hijau. Kandungan bahannya dari apa, sih?
    Saya pernahnya pakai JF Sulfur dan memang ampuh atasi masalah kulit badan, kalau kulit herawat bagi saya tidak masalah karena cukup efektif membersihkan. Cuma sayangnya bisa menimbulkan efek kering padahal saya tidak pakai pelembap wajah.
    Lagi lierur cari rekomendasi facial wash yang ringan untuk kulit wajah yang rasanya mulai kendor.
    Di toserba kecamatan kayaknya banyak produk pembersih wajah, cuma sayanya malah bingung pilih, hi hi.
    Jadi kepikiran untuk beli JF sulfur lagi karena bagus untuk atasi masalah BB atau biang keringat.

    ReplyDelete
  16. Suamiku paling seneng nih sama sabun holy yang hijau transparan ini, tapi bukan untuk wajah melainkan untuk dipakai ke badan kalau badannya gatal-gatal. JF Sulfur udah pernah pakai, cuma aku gak cocok karena bikin wajahku jadi kering. Kalau clear n clear gak suka karena ada efek licin-licinnya, ngerasa muka masih ada sisa sabun padahal engga. Kalau yang sering dibeli ya cuma Ponds Acne Solution, sejauh ini cocok untukku.

    ReplyDelete
  17. Saya pemakai setia ponds sejak SMA sampai sekarang udah beranak 3. Hehehe. Saya bukan masuk kategori kuit berjerawat. Bisa dikatakan saya jarang banget ada jerawat. Berbeda dengan suami yang cukup rutin jerawatan. Saya mungkin akan merekomendasikan salah satu item di artikel ini. Terima kasih mba sudah berbagi.

    ReplyDelete
  18. Kalau masalah yg sampai sekarang masih jadi kendala adalah komedo. Belakangan sih udh coba pakai sabun golden viera, semacam sabun herbal serbaguna: untuk yg berjerawat, mengecilkan pori, atau menghilangkan komedo. Syukurnya sekarang komedo mulai berkurang drastis. Btw, krn sabun herbal ini lumayan manjur, saya jg jualin. Yg mau beli bisa kontak saya ya, hehehe (malah numpang promosi)

    ReplyDelete
  19. Huehehe satu jerawat aja buat aku udah bikin pusing mba, apalagi kalau nongkrongnya di daerah kening dan dagu. Wih yang sabun hijau kok gemes deh lihatnya, mana harganya terjangkau banget. Jadi penasaran aku. Dari 5 produk di atas aku kebetulan udah pernah pakai ponds acne solution facial foam dan garnier pure active sensitive acne. Dan alhamdulillah cocok. Cuma enggak tahu kenapa yang garnier ini susah nemunya, di minimarket dekat rumah juga jarang ada stoknya :(

    ReplyDelete
  20. Kulit saya cenderung normal dan jarang berjerawat, tapi pake produk Garnier dan Clean n Clear malah jadi jerawatan. Kondisi kulit tiap orang emang selalu bedam tinggal disesuaika aja sama kebutuhannya masing2

    ReplyDelete
  21. jf sulfur ini beneran ngefek apa enggak ya,, soalnya byk yg ngomong bagus tapi aku nggak suka model sabun batangan mbak, takut gak higienis di kamar mandi,, kenapa sih dia nggak ada produk kemasan lain, wkwkkw

    ReplyDelete
  22. Hihi,, saya masih setia pake yg Garnier, Mba Enny... mungkin krn cocok sama kulit wajah saya ya,, bagus infonya nih buat yg sedang jerawatan, hehe.... ada solusinya. TFS Mba

    ReplyDelete
  23. Pernah pakai jf sulfur dan sabun holly, baunya spesifik dan khas. Hihi.. Sabun holly ini masih ada ya, kirain dah ga diproduksi lagi.

    ReplyDelete
  24. Ada 3 merk yang aku pake pas remaja dulu. Hehehe

    ReplyDelete
  25. Kalau dari ke 5 produk tersebut sih, saya belum pernah pakai. Saya pemilik kulit kering yang jarang jerawatan. Pernah waktu itu pakai produk dari ristra. Cocok sih, buat saya. Buat orang lain belum tentu. Dari sisi harga, tergolong menengah lah, tapi tidak terlalu mahal

    ReplyDelete
  26. Aku udah gak punya masalah jerawat, tapi anakku yang cewek ini mulai puber. Jerawat lumayan banyak muncul di jidat. So far dia pakai yang nomor 2. Thanks infonya, Mbak.

    ReplyDelete
  27. Saya zaman masih banyak jerawatnya paling suka menggunakan clean n clear dan terbukti jerawat saya langsung menghilang dan berkurang dengan drastis

    ReplyDelete
  28. Saya pernah coba pakai sabun holly, jf sulfur, dan garnier tapi ntah kenapa ketiga produk itu nggak cocok sama saya. Malah jadi kering banget.
    Sekarang saya lebih nyaman pakai sariayu...
    Lembut dan nggak bikin kering di muka saya yang sensi abis😁

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.