Top Social

Top Social

..........dan simak ceritanya

Tips Sederhana Menentukan Harga Jual Rumah

Sumber : Pixabay

Setelah berkeluarga, saya memang berusaha untuk melek dengan keuangan dan investasi. Bagaimanapun kita berencana untuk hidup bukan cuma hari ini, kan? namun juga di masa depan. Selain belajar mengatur keuangan rumah tangga, saya juga mencari tahu jenis-jenis investasi.

Properti sejak lama dijadikan instrumen investasi yang menguntungkan, jika dibandingkan dengan jenis investasi lainnya seperti deposito ataupun emas, investasi properti masih dianggap lebih menguntungkan karena harga jualnya selalu melonjak naik.   

Berdasarkan data Colliers Indonesia, rumah tapak masih menjadi jenis investasi yang paling digemari oleh investor properti. Hal tersebut dikarenakan perumahan masih menjadi hunian favorit masyarakat di Indonesia.  

Salah satu kunci keberhasilan bisnis properti adalah pintar untuk menentukan harga jual, hal ini sangat penting karena jika salah menentukan bisa-bisa nanti hunian yang kita jual tidak akan laku dipasaran.

Nah, bagi Anda yang ingin terjun ke bisnis properti, ada baiknya untuk mengetahui bagaimana cara menentukan nilai jual rumah hal ini sangat penting karena jangan sampai harga yang ditentukan kemahalan atau terlalu murah.

Berikut ini adalah cara menentukan banderolan jual rumah yang benar.     

Menggunakan Rumus Harga Bangunan + Harga Luas Tanah
Jika masih bingung bagaimana cara menentukan nilai jual rumah bisa menggunakan rumah harga bangunan + harga luas tanah. Penentuan harga tersebut bisa dilihat dari NJOP  pada PBB rumah. Dari sana Anda bisa mengetahui harga berapa harga luas tanah dan luas bangunan per meter persegi.

Setelah mengetahui harga satuannya kemudian tinggal dikalikan dengan besaran hunian. Contohnya jika harga jual tanah adalah 1.000.000/m2 kemudian nilai bangunannya adalah 2.000.000/m2 dan tipe rumah adalah 90/40. Maka hitungannya adalah 1000.000 x 90 = 90.000.000 dan 40 x  2.000.000 = 80.000.000, jadi harga jual rumah Anda adalah 90.000.000 + 80.000.000 = Rp 170.000.000.

Berdasarkan Harga Pasaran
Cara yang paling populer yang sering dilakukan adalah berdasarkan banderolan pasaran yang ada di sekitar rumah. Untuk itu sebelum melakukan aktivitas jual rumah ada baiknya jika Anda terlebih dahulu melakukan survei disekitar lokasi. 

Kelengkapan Fasilitas Menentukan Harga
Kelengkapan fasilitas ternyata bisa menentukan nilai jual, semakin banyak fasilitas yang ditawarkan seperti jogging track, kolam renang, taman atau tempat bermain untuk anak dapat meningkatkan banderolan jual rumah.     

Kondisi Fisik Banguna
Salah satu pertimbangan seseorang untuk membeli sebuah hunian adalah melihat kondisi fisik bangunan, jika kondisi rumah dalam keadaan rusak dan tidak terawat seperti plafonnya yang rusak, keramik yang pecah, genteng pecah ataupun kusen yang patah akan membuat nilai rumah menurun. Untuk itu ada baiknya sebelum menjual rumah terlebih dahulu untuk memperbaiki rumah agar tampil lebih bagus.

Lokasi Rumah Mempengaruhi Nilai Jual
Lokasi rumah mempengaruhi harga jual, semakin strategis hunian yang dimiliki maka semakin mahal pula nilai  jualnya. Strategis disini artinya adalah dekat dengan fasilitas publik seperti rumah sakit, pasar, pusat pendidikan.

Tidak hanya itu, hunian yang jauh dari bencana alam juga mempengaruhi banderolan jual beli rumah  semakin sering rumah terkena bencana seperti bencana ataupun longsor, maka harga jualnya semakin murah.        

Nah itulah tips sederhana menentukan harga jual rumah. Tips ini bahkan bisa diterapkan ketika ingin menentukan harga jual rumah warisan, sehingga semua ahli waris merasa transparan dengan harga jual dan hasil pembagian. Semoga bermanfaat.



16 comments on "Tips Sederhana Menentukan Harga Jual Rumah"
  1. Masya Allah, aku nanti juga pengen punya beberapa rumah buat invest kak, amin. Smg kita sama2 punya invest yess hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaamiin. Kepengen kayak nenek saya dulu, janda dengan 9 anak tapi mampu menyekolahkan semua anaknya sampai sarjana karena punya banyak kontrakan. 😀

      Delete
  2. Wah mudah juga ya Mbak ternyaa menentukan harga jual rumah itu. Thanks infonya

    ReplyDelete
  3. Wah bener banget tuh Mbak memang lokasi rumah yang mau dijual itu bisa mempengaruhi harga jualnya ya

    ReplyDelete
  4. Aku baru tau mba rumus itu duh jadi pengen punya rumah bagus, cash, nyaman, aman dan ojek online boleh lewat karena akses itu penting ya mba😊

    ReplyDelete
  5. Nice share Mbak... Memang harus hati-hati ya menentukan harga jual rumah biar harganya pas :)

    ReplyDelete
  6. investasi properti rumah atau kontrakan memang sangat menarik ya bu jadi pingin nabung rasanya untuk beli rumah

    ReplyDelete
  7. ternyata ada rumusnya ya untuk menentukan harga jual rumah. setelah dapet hasil dari rumusan itu selanjutnya dibandingkan dengan harga pasaran kali ya mba biar cepet terjual..

    ReplyDelete
  8. Replies
    1. Yup, betul itu gan, tempat strategis memang menjadi oatokan murah atau mahslnya harga rumah

      Delete
  9. makasih kak informasinya...
    mampir ke blog ana juga yaa

    ReplyDelete
  10. Wah saya baru tahu nih, bahwa untuk menentukan harga jual rumah pun ada rumusnya, hehe...
    Makasih infonya mbak😊

    ReplyDelete
  11. Maap mbak mau koreksi dikit, kalau tipe rumah penulisannya 40/90 bukan 90/40. Karena bilangan yang didepan adalan luas bangunan dan yg dibelakang adalah luas tanah. Jadi kalau mbak nulisnya 90/40 artinya, luas bangunan 90 m2 dan luas tanahnya cuma 40 m2, jadi bangunan yg 50 m2 dibangun di atas tanahnya siapa? hehehe. Maap ya mbak, bukanya sok tau, waktu lg proses KPR aku pernah salah sebut kaya mbak, trs dikoreksi sama petugas developernya (salah tulis bisa berdampak fatal buat yg paham tentang hal seperti ini hehehe).

    ReplyDelete
  12. ilmu yang begini nih yang jarang orang tau hehe. btw makasih loh ya mbak udah mau berbagi ilmu :)

    ReplyDelete
  13. Mantap teh, boleh dicoba nih cara menilai harga jual rumahnya, semakin ke depan sepertinya harga rumah akan semakin mahal ya teh dan tentunya kita harus pandai-panfpdai jika ingin membrli dan menjual rumah

    ReplyDelete
  14. bener banget nih, lokasi yang dekat fasum meningkatkan harga jual rumah

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9