Top Social

Top Social

..........dan simak ceritanya

Skincare Rutin Untuk Kulit Berjerawat [Sembuh Dari Jerawat Menahun]

Sudah dua minggu absen ngeblog, kangen banget woi! Selain komitmen minimal satu minggu satu post, menulis memang semacam pelepas penat bagi saya. Jadi walau bulan ini lagi sibuk-sibuknya, tapi sempatin nulis sebelum diprotes  para fans *Siape gue?!*.

Jadi ceritanya itu, saya mulai keteteran bagi waktu antara ngurus keluarga, kerja dan kuliah. Sebelumnya anak saya diasuh oleh Mertua yang tinggal bareng saya selama beberapa bulan ini. Tapi namanya orang tua, mereka kangen sama kampung halamannya di Pati. Jadi awal bulan November mereka pulang kampung.

Mukhlas terpaksa saya titipkan di daycare dekat rumah. Awalnya sempat galau tuh, merasa bersalah dan dilema harus menitipkan anak ke orang lain tapi bagaimanapun juga saya harus kerja *because I need Money, and I love money, money, money($_$)*. Selain itu pekerjaan rumah tangga yang sebelumnya banyak dibantu ibu Mertua, sekarang harus saya handle bareng suami.

Bangun pagi aja saya sudah sibuk masak dan nyuci piring. Plus nyuci baju kalau sempat. Belum lagi mandiin anak karena dia pagi-pagi harus ke daycare. Wuiih pokoknya rempong. Pulang kerja juga berjibaku dengan tumpukan baju yang harus dilipat. Terus kalau anak minta main, ya harus diladenin kalau nggak dia bakalan merengek dan nangis. Sampai-sampai bapaknya minta "main" terpaksa dicuekin karena banyak yang harus dikerjain, maaak tulung!!

Intinya begitulah kenapa saya jadi absen ngeblog bahkan nggak upload foto di Instagram belakangan ini. Walau begitu curi-curi stalking akun artis kesukaan saya tetep sih ya :P.

Sekian curhatnya, kita masuk ke postingan yang sudah saya janjikan dari beberapa minggu lalu.

Ingat kan kalau saya pernah posting pengalaman menghilangan jerawat menahun yang saya alami. Nggak ada obat jerawat khusus yang saya pakai, tapi saya mengubah pola pemakaian skincare saya dengan cara yang lebih tepat. Yaitu dengan metode CTMP (Cleansing, Tone, Moisturaize, dan Protection). Lebih lengkapnya bisa dibaca di bawah ini ya:

Baca : Pengalaman Menyembuhkan Jerawat Menahun

Nah, dari postingan itu banyak yang nanya detail produk yang saya pakai. Intinya sih apapun merek produknya, pastikan aman dan terpercaya. Selain itu sesuaikan dengan jenis kulit masing-masing. Tambahan dari saya, pilihlah produk yang terjangkau dengan kantong kita. Karena skincare ini kan sifatnya rutin dipakai. Jangan sampai bulan ini kita lagi banyak duit jadi bisa beli skincare mahal, eh bulan depannya stop pemakaian karena nggak ada budget. Kan sayang, jadi perawatannya malah bolong-bolong dan hasilnya nggak maksimal.

Produk-produk yang saya pakai kebanyakan produk drugstore. Mengingat kulit saya ini sudah khatam berbagai jenis cream dulunya, yang malah bikin jerawat makin parah, maka saya memilih produk yang sudah jelas mereknya. Minimal yang ada iklannya di TV *korban iklan*.

Ini dia rangkaian produk yang saya pakai.

1. Garnier Micellar Cleansing Water for Oily, Acne, Prone Skin.

Micellar water emang lagi hits ya beberapa tahun belakangan ini. Dulunya sih micellar water diproduksi sama brand high end jadi harganya juga cukup mahal. Alhamdulillah sekarang sudah banyak produk drug store yang juga memproduksi micellar water, salah satunya Garnier.

Kenapa saya pilih Garnier? Karena ada varian yang khusus Acne Prone Skin. Selain itu dipakainya juga enak, adem, dan ngangkat kotoran banget. Mudah didapat juga, di AlfaMei atau di IndoApril juga ada.

Selain itu nggak ada efek ketarik setelah pemakaian. Soalnya saya pernah cobain merek lainnya, malah setelah pakai muka berasa kencang kaya ketarik dan kering banget jadinya. Kalau yang ini malah bikin muka berasa lembab dan kenyal.

Saya pakai ini setiap hari terutama setelah beraktivitas, sebelum cuci muka pakai sabun. Bahkan kalau nggak kemana-manapun, saya tetap pakai ini untuk membersihkan wajah sebelum tidur. Cobain juga deh, walau nggak keluar rumah seharian, tetap ada kotoran dan debu yang nempel di kulit.

2. Ponds Acne Solution Facial Foam

Jadi setelah bersihin wajah pakai micellar water, saya lanjut cuci muka dengan facial foam dari Ponds. Selain mudah didapat, saya suka efek pemakaian sabun ini yang nggak bikin muka ketarik dan kering. Busanya juga banyak walau cuma pakai seujung jari, jadi hemat banget, beb.

Intinya bagi saya sabun cuci muka yang cocok itu nggak bikin kulit wajah berasa ketarik, nggak perih dan nggak bikin gatal, nggak bikin merah-merah, mengurangi minyak pada wajah, dan memaksimalkan mengangkat kotoran setelah tahap pertama tadi.

3. DIY Toner Cuka Apel

botol kecilnya bekas minuman, labelnya susah hilang, tapi sudah dicuci bersih dan direndam air panas kok

Toner cuka apel juga sempat hits banget kan, bahkan sekarang banyak olshop yang jual. Saya sendiri sudah lama tahu tentang toner ini. Saya beli cuka apel import di supermarket, terus saya masukkan botol kecil dan dicampur air matang.

Untuk pemula, pemakaian awal perbandingannya air:cuka bisa 4:1 terus kalau cocok, lama-lama ditingkatkan jadi 3:1, 2:1 sampai 1:1.

Efeknya di saya kalau pakai toner cuka apel ini bikin jerawat cepat kering. Jerawat-jerawat lama juga jarang nongol lagi. Tapi memang bikin kulit kering rasanya. Makanya kurang cocok kalau hanya pakai toner ini tanpa diimbangi dengan pemakaian pelembab.

Oh ya, dulu saya pakai cuka apel import yang bisa dibeli di super market, tapi sekarang saya pakai cuka apel lokal yang saya beli di OlShop (yang difoto di atas). Soalnya cuka apel ini lebih organik, ampas apelnya aja masih ada dan lebih nampol aja efeknya untuk jerawat. Cara pakainya taruh di kapas, lalu oleskan ke wajah dengan cara di tap-tap.

Namanya juga cuka, pasti baunya akan menyengat ya. Jadi sabar-sabarin aja untuk kalian yang baru pakai. Lama-lama juga terbiasa kok.

4. Wardah White Secret - Pure Treatment Essence


Setelah membersihkan wajah dan pakai toner, saatnya saya pakai produk yang melembabkan wajah. Ada beberapa, salah satunya Wardah Pure Treatment Essence ini. Pengennya sih pakai SK II ya, soalnya saya pernah pakai dan bikin kulit lembab, kenyal, bantu juga menyamarkan bekas jerawat. Tapi harganya nggak kuku bo' kalau mesti beli rutin. Maklum, mamah muda kudu banyak nabung demi masa depan anak yang berkilau. 

Pas browsing ternyata wardah ada juga Essencenya, ya lagi-lagi karena mereknya memang sudah terkenal dan jaminan halal maka saya pilih ini. Klaimnya sih selain melembabkan tentu untuk mencerahkan sesuai namanya. Tapi fokus saya bukan kesana sih, minimal bisa melembabkan dan menyamarkan bekas jerawat aja. 

Setelah habis satu botol, saya putuskan untuk beli lagi. Efeknya di saya memang melembabkan dan lumayan bikin wajah nggak sekusam dulu, meski nggak bisa dibilang cerah banget. Mungkin butuh waktu juga.

Dibanding produk lainnya, ini yang paling mahal. Sekitar 140-150ribu. Habisnya kira-kira dua bulan pemakaian. Tapi dibanding SKII ya, masih terjangkau ini :P.

5. Wardah Aloe Hydramild Multifucntion Gel


Aloe Vera atau Lidah Buaya (Entah kenapa dibilang lidah buaya, padahal dia nggak bisa gombal), memang terkenal bagus untuk kulit berjerawat. Cuma kan rada rempong ya kalau tiap hari kudu metik tanaman lidah buaya tetangga. 

Untungnya sekarang sudah banyak produk Aloe Vera gel dalam kemasan yang praktis. Salah satu yang  hits itu si Nature Republic dari Korea. Saya juga sempat pakai, tapi sayangnya karena produk ini terkenal banget jadi banyak tiruannya alias palsu. Nah sudah beberapa bulan pemakaian saya merasa produk ini nggak senampol seperti yang orang-orang review. Eh nggak sengaja saya nemu thread cara membedakan Natrep asli dan palsu. Ternyata yang saya punya itu palsu!!!

Nyesek, euy! ternyata selain cinta palsu, produk palsu juga bikin sakit hati.

Untungnya kulit saya nggak kenapa-kenapa. 

Nah pas lagi nyari popok anak ke IndoApril, saya lihat Wardah Aloe Hydramild Multifucntion Gel. Saya tahu sih, Wardah sudah lama punya produk Aloe Vera Gel. Tapi yang ini kemasannya beda. Setelah browsing ternyata memang Wardah ada series khusus Aloe ini. 

Karena ini belum lama saya pakai, saya belum merasakan banget efeknya apa. Tapi yang pasti saat dipakai langsung berasa ademnya. Kalau dipakai sebelum tidur, besoknya pas cuci muka masih berasa lembutnya. 

6. Garnier Pure Active Acne-Care Whitening Cream


Masih untuk melembabkan, saya pakai Garnier juga. Alasannya dulu saya sempat cocok pakai Garnier, tapi ya karena centil pengen gonta ganti jadinya malah jerawatan *akibat nggak setia*. Pas lihat-lihat di rak toko, saya pilih ini karena memang khusus untuk kulit berjerawat dan ada klaim untuk mencerahkan juga. 

Alhamdulillah cocok di saya, nggak perih, nggak gatal, dan paling penting membantu menghilangkan jerawat. Harganya juga murce, bisa untuk dua bulan pemakaian. Pakainya dikit-dikit aja kayak sebutir jagung gitu. 

7. Wardah Sunscreen Gel SPF30


Untuk protection saya masih pakai produk dari wardah. Sebenarnya kalian boleh pilih merek apapun asalkan jelas dan aman, serta ada SPFnya. SPF merupakan singkatan dari Sun Protection Factor. SPF dalam sebuah produk pelindung matahari akan memberi tahu kita sebaik apa produk tersebut dalam melindungi kulit Anda dari sengatan matahari (Source: hellosehat. com). Semakin tinggi SPFnya semakin bagus dalam melindungi kulit dari dampak buruk paparan sinar matahari. 

Sunscreen hukumnya wajib, shay! Bakalan percuma pakai seabrek rangkaian skincare kalau nggak pakai sunscreen. Saya juga baru tahu sih, pantasan aja dulu ngerasa pakai produk apa aja tetap nggak cocok ternyata cara pakainya salah dan nggak kenal sunscreen

Saya pakai Wardah, lagi-lagi karena mudah didapat dan terjangkau serta kandungan SPFnya sudah cukup bagi saya yang jarang  aktivitas outdoor. Jadi paling saya itu rutinitasnya rumah-daycare-kantor-pasar-sanggar senam, itupun jaraknya dekat. Tapi tetap ya walau keluar rumah cuma buat jemur pakaian, kudu pakai sunscreen

Bahkan kalau saya kesiangan, dan nggak sempat pakai rangkaian skincare dari awal yang penting cuci muka, pakai moisturizer Garnier dan Sunscreen aja udah. 

Saat dipakai, Wardah Sunscreen ini teksturnya lembut, cepat menyerap di kulit dan nggak lengket. Karena pakainya dikit-dikit aja, jadi lama habisnya.

***

Alhamdulillah semenjak rajin pakai rangkaian skincare di atas, jerawat saya banyak berkurang. Kalau bandingin foto-foto dulu dengan sekarang jauh banget bedanya. Meski sekarang belum bisa dibilang mulus banget karena banyak bekas jerawatnya, tapi saya bersyukur setidaknya nggak kayak dulu, huhuhu. 

Kuncinya memang harus telaten, rajin, dan sabar. Kalau bolong-bolong pemakaiannya atau hanya rutin pakai salah satu produk saja, hasilnya nggak maksimal juga. Saya pakaian rangkaian di atas pagi atau siang hari. Kalau malam cuma pakai nomor 1-5.

Oh ya tips dari saya yang sudah gonta ganti produk dari dulu, nggak selamanya salah produk kok. Tapi cara kita makainya. Semenjak saya terapkan pola pemakaian CTMP seperti yang saya jelaskan di post sebelumnya, kelihatan banget hasilnya jerawat saya sembuh. Padahal nggak ada obat jerawat khusus yang saya pakai. Ternyata kuncinya hanya di perawatan wajah yang benar dan pemilihan produk yang aman. 

Sekarang apa saya masih timbul jerawat? masih, kok. Apalagi kalau menjelang menstruasi atau lagi banyak pikiran. Tapi  paling cuma 1-3 jerawat, itupun cepat hilangnya. 

Tinggal bekas jerawat aja sih yang jadi PR dan memang butuh waktu yang nggak sebentar, apalagi jerawatnya menahun. 

Kalau kalian punya masalah kulit wajah yang sama kayak saya, semoga postingan ini membantu. Nggak harus ditiru banget ya, pilih aja yang memang cocok sama kalian baik dari jenis kulit dan harga produknya. 


24 comments on "Skincare Rutin Untuk Kulit Berjerawat [Sembuh Dari Jerawat Menahun]"
  1. Saya pernah pakai salah satu produk yg mba pakai tp malah jerawatan,, hmm kayaknya emang tipe kulit tu ngaruh banget yaa mbak.. nice sharing btw, saya penasaran sama DIY toner cuka apelnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, skincare itu cocok-cocokan juga. Perbanyak baca review untuk refrensi aja sih kalau saya :D

      Delete
  2. Cocok nih mbak jadi brand ambassador Wardah, hihihi aq juga pake Wardah tp makeupnya sih, lagi suka bgt yg instaperpect

    Pengen nyobain tipsnya nih ke paksu, mudah2an orgnya mau di treatment, tfs yah mbak enny

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk iya nih, tinggal nunggu diajak kerja sama aja ama Wardah *maunyaaa:P*

      Delete
  3. skincarenya pada gampang ditemui semua nih ya, asik banget. aku tertarik sama White Secret - Pure Treatment Essence=_=

    ReplyDelete
  4. Bener mba sejak rutin skincare 10 step ala korea wajah jadi kenyal aku baru tau mba jerawatan lho. So far aku pake produk endorsean yg mahal tp cocok sih, belum beli cz masih byk stok hihi tfs yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beeh dulu emang jerawat saya banyak banget, mbak. Kalau mba mah udah mulus yaaa. Soalnya rajin banget kan pakai beauty product ^_^

      Delete
  5. wah perlu aku aksih tahu anak perempuanku nih

    ReplyDelete
  6. Semangat mama cantikk :*
    Saya pernah berada di posisi itu, ampuunnnn rempongnya, bangun pagi udah heboh siapin sarapan, mandiin anak, siapin perlengkapannya, pulang juga masih berkutat dengan cucian, setrikaan, meskipun sebagian udah didelegasikan ke londri hehehe.

    Btw saya kemaren beli Garnier itu juga, penasaran deh, belum saya pakai, nunggu yang Oriflame abis dulu (pantang mubazir hahaha)
    Dan masalah SPF, sebenarnya masih agak galau nih, karena sebagian ahli berpendapat, semakin tinggi SPF, semakin banyak zat kimianya, dan untuk kulit orang Indonesia, maksimal 30 SPF aja cukup, nanti bisa di touch up lagi.

    Saya sih masih pakai yang SPF 50 PA++++, meskipun juga deg-degan, ah mudah2an kulit wajah saya kebal ama zat kimia hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, letih banget rasanya sampai-sampai pengen pijat di spa yang di Bali, wkwkw.
      Iya saya juga ngerasa cukup SPF 30 aja sih tapi memang tergantung kebutuhan dan cocok di kulitnya ^_^

      Delete
  7. Waaah. Mudah-mudah semua didapatnya, ya. Dan nggak perlu mahal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, kalau mudah didapat jadi konsisten makeknya ^_^

      Delete
  8. Setauku cuka apel emang banyak yg blg bisa utk ngilangin jerawat sih :)
    Tapi aku blm pernah coba. Krn kalo pake obat drugstore beberapa minggu aja udah sembuh soalnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah apa tuh obatnya, mba? boleh direview juga dong :)

      Delete
  9. aku juga suka pake wardah itu, multifungsi banget bisa untuk macem macem. buat kulit kering juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. WAdaaw kalau mba Rizka mah emang udah mulus yaa ^_^

      Delete
  10. Penasaran banget sama sunscreenya wardah, byk yg review bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mba, saya juga makai karena banyaknya review beauty influencer yang bilang cucok. ^_^

      Delete
  11. Wiih ga kuat aku mbak sama toner cuka apel itu, dasarnya emang aku sensitif sama bau2an gitu sih makanya angkat tangan udah ke tonernya

    ReplyDelete
  12. Produk mah ga harus mahal ya mbak, yg penting cocok dan konsisten. Aku dulu juga pakai sunscreen Wardah, tapi sekarang gak lagi. Beralih ke skin Aqua. Makasih sharingnya mbak, soalnya sekarang wajah aku sedang jerawatan. Salam, muthihauradotcom

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9