Top Social

Top Social

..........dan simak ceritanya

Pentingnya Peranan MC Untuk Menyukseskan Acara



Dari saya duduk di Sekolah Dasar, saya senang memperhatikan orang yang membawakan sebuah acara atau bisa juga disebut MC (Master of Ceremony). Bagi saya, keren banget bisa berbicara di depan orang banyak tanpa rasa grogi. Selain itu, MC juga bikin acara jadi lebih teratur.

Sampai suatu hari guru di sekolah menawarkan saya untuk membawakan acara peringatan Maulid Nabi di sekolah. Sejak itu saya mulai latihan berbicara baik di depan kaca atau di depan mama. Awalnya grogi dan deg-deg-an banget. Pas hari-H sempat juga salah mengucapkan urutan acara. Untungnya nggak ada yang menyoraki saya.

Kapok? Nggak kok. Dari sana saya malah ketagihan. Ternyata jadi MC itu menyenangan. Selain bisa mengasah public speaking, MC juga jadi peranan yang penting dalam sebuah acara. Bayangkan kalau nggak ada MC tentu acara akan berjalan dengan kacau, karena nggak ada yang mengatur urutan kegiatan dalam acara.

MC juga bisa membuat suasana yang awalnya kaku menjadi lebih cair dengan melemparkan lelucon  yang mengundang tawa para tamu undangan. Selain itu MC jugalah yang membuat suasana lebih kondusif ketika tamu mulai berkasak-kusuk sendiri.

Pengalaman saya menjadi MC mulai dari acara keagamaan di sekolah, pesta ulang tahun teman dan ponakan, acara-acara di kantor, sampai acara resepsi pernikahan.


jari bukan kampanye ya, ni foto udah lama. 

Mulai dari hanya dibayar dengan kue kotak sampai dibayar  dengan uang ratusan ribu. Semua saya jalani dengan senang hati karena bisa membuat acara berjalan lancar, sudah menjadi kepuasan tersendiri untuk saya.

Namun ketika saya akan menikah pada tahun 2016, saya kebingungan mencari MC. Nggak mungkin dong saya yang nikah saya juga yang bawain acaranya? Ntar yang nemenin suami di pelaminan siapa? Masak nenek saya? Xixixixi.

Sangking riwehnya  ngurus persiapan pernikahan, urusan MC menjadi paling akhir yang saya pikirkan. Waktu menjelang hari-H pernikahan sudah mepet. Kalau harus mencari satu persatu kontak MC di kota saya, tentu akan memakan waktu. Belum lagi harus meeting untuk negosiasi harga dan briefing acara.

Akhirnya saya todong adik tingkat di kampus yang saya tahu public speakingnya bagus. Sekalipun ternyata dia belum pernah menjadi MC Pernikahan. Saya berikan arahan dan sedikit mengajarkan, dan tentu saja saya iming-imingi dengan bayaran.

Alhamdulillah dia mau, tapi dengan syarat dia mau ajak temannya yang lain untuk menjadi partner MC juga. Mengingat waktunya yang sudah mepet, saya iya-iyain aja. Tanpa tahu siapa temannya, dan bagaimana pengalaman public speakingnya. Intinya saya ingin mereka siap pada acara hari H.

Hari yang ditunggu-tunggu tiba juga, syukurlah semua berjalan dengan lancar. Termasuk urusan MC, ternyata adik tingkat saya membawakannya dengan baik. Sekalipun, menurut saya partner yang dia ajak masih terlalu kaku. Sehingga kadang tek-tok mereka sebagai duo pembawa acara masih nggak nyambung.

Tapi ya sudahlah, kesalahan saya juga karena lupa mengurus urusan pembawa acara di jauh-jauh hari. Setidaknya acara tetap berjalan dengan lancar.

Nah, belajar dari pengalaman tersebut saya sarankan kepada teman-teman semua kalau punya hajatan atau kegiatan seperti ulang tahun, pernikahan, dan sebagainya pikirkanlah urusan MC dari jauh-jauh hari.

Bagaimanapun juga peran MC di suatu acara itu sangat penting. Kalau MCnya kaku, tamu undangan juga akan merasa acaranya tidak menarik. Sebaliknya kalau MC mampu membawakan acara dengan suasana yang cair dan menyenangkan, tamu akan antusias menyimak jalannya acara.

Kalau dulu harus repot-repot mencari kontak MC dengan menanyakan teman atau browsing media sosial satu persatu, sekarang ada cara yang lebih praktis dan mudah.

Jika teman-teman membutuhkan jasa MC bisa memesannya di Sociabuzz, yang merupakan marketplace jasa kreatif. Jadi disini ada banyak pilihan para MC mulai dari MC 
akad dan resepsi, MC ulang tahun, MC event-event lainnya, yang sudah malang melintang di dunia pembawa acara.


Bukan cuma data seperti nama, foto, domisili, portofolio,kontak, di Sociabuzz kalian juga bisa melihat langsung tarif jasa masing-masing MC. Sehingga bisa memilih sesuai budget kalian. Praktis banget, kan? Nggak perlu repot-repot mencari kontak satu persatu seperti dulu.

Saya sarankan untuk melihat portofolio dari list MC yang ada di Sociabuzz. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan acara kalian. Misal butuh MC untuk pernikahan dengan adat jawa, sehingga carilah pembawa acara yang mampu berbahasa Indonesia sekaligus berbahasa jawa. Perhatikan juga jika tamu undangan banyak WNA (Warga Negara Asing), maka carilah MC yang juga fasih berbahasa Inggris.

Selain itu, lihat juga format acara apakah acara formal atau non formal. Seperti saya pribadi yang lebih sering membawakan acara formal  dan semi formal dibanding non formal. Kalau memakai jasa saya, cocok untuk acara seminar di kantor-kantor. Tapi saya juga bisa kok jadi MC wedding *teteup promo*.

Jadi nggak bingung lagi kan urusan MC? Sekalipun kita nggak pakai jasa Event Organizer (EO), kita tetap bisa mencari MC terbaik agar acara berjalan dengan lancar dan sukses.

Ada yang punya pengalaman tentang menjadi atau mencari MC? Cerita di kolom komentar, ya.




4 comments on "Pentingnya Peranan MC Untuk Menyukseskan Acara"
  1. pernah sekali jadi MC. suara hampir tidak keluar sebab nervous hahaha

    ReplyDelete
  2. hehe setuju deh, emang MC tu kayak yang membawa alur acara itu mau dibawa kemana, hehehe

    ReplyDelete
  3. MC itu ibarat mood maker acara heheh

    ReplyDelete
  4. Saya pernah ngemsi acara kampung, misal syawalan dan malam tirakatan. pertama kali grogi, jam terbangnya blm tinggi

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9