Wednesday, May 9, 2018

Jadi Blogger Dapat Apa?


Saya mulai bikin blog tahun 2009, saat itu lagi hits banget bikin-bikin blog karena virusnya Raditya Dika. Penulis yang awalnya bikin buku dari kumpulan tulisannya di blog. Kayaknya waktu itu banyak banget blog yang nichenya personal-komedi. Saya pun jadi terpengaruh, makanya awal-awal tulisan itu kebanyakan curhat doang.

Nah itu dia kayaknya kesalahan saya, bikin blog cuma buat ikut-ikutan.


Saya tahu saya punya rasa ketertarikan dengan dunia tulis menulis. Beberapa kali puisi dan cerpen saya masuk koran lokal. Saya pernah juga jadi tim redaksi perwakilan sekolah untuk kolom Xpresi koran lokal di Jambi.



Sayangnya saya nggak sadar waktu itu kalau hobi saya bisa jadi sesuatu yang berarti bahkan bisa jadi profesi. Seiring waktu karena lingkunganpun nggak ada yang mendukung hobi saya, jadinya saya fokus ke akademik. Mungkin banyak yang kayak saya, dimana orang-orang di lingkungan kita menganggap bahwa sukses itu kalau bisa jadi PNS, Polisi/TNI, Guru, Bidan, Dokter, semata. Sedangkan profesi penulis, pelukis, desain grafis, pengusaha, dll, cuma profesi untung-untungan.
Sampai saya sekarang punya anak, saya bertekad dia boleh punya cita-cita apa saja asalkan halal.

"Miny, Mukhlas mau jadi fotografer"
"Kalau Mukhlas suka, nanti kita cari sekolah atau kursus fotografi yang bagus ya"



"Miny, Mukhlas mau jadi pengusaha"

"Pengusaha apa? Miny bantuin modalnya ya"



"Miny, Mukhlas mau jadi pelawak"

"Hahaahaha, wkwkwk"
"Kok Ketawa Miny?"
"Lah katanya mau jadi pelawak, itu bentuk support Miny. Lagian sekolah pelawak dimana sih?"


Itu sedikit dialog khayalan absurd saya sama Mukhlas (sekarang masih umur 1 tahun) kelak, kalau dia sudah bisa mengutarakan cita-citanya.


Oke lanjut ke kisah tulis menulis.

Makanya dulu saya nulis blog bisa sekali dalam satu purnama. Alias setahun paling cuma 3-4 postingan, bahkan ada juga yang benar-benar off nulis. Itupun nulis cuma sekadar nulis, posting, sudah. Paling cuma share link di facebook. Nggak ada ikut-ikut grup blogger, nggak ada blogwalking. Yah pantes lah ya kalau pengunjung blog ini dulu kayak kuburan. Isinya paling nisan sama orang pacaran.

Sampai tahun lalu, saya punya anak dan cuti melahirkan berbulan-bulan. Ngurus anak bayi rasanya memang repot dan melelahkan. Saya butuh sejenak "pelarian". Tapi apa yang bisa saya lakukan dari rumah? yang waktunya fleksibel? Saya nggak mau cuma main media sosial doang.

Lantas saya teringat blog saya. Saya pikir kenapa nggak saya sharing tentang pengalaman persalinan saya operasi caesar? saya ingat waktu hamil, saya googling tentang cerita persalinan. Kebanyakan blogger menulis persalinan normal. Setelah saya mengalami sendiri, saya tulis saja secara detail rasanya melahirkan dengan operasi, persiapan mental, mitos-mitos terkait persalinan caesar, dll.

Kali ini saya nggak cuma asal nulis, posting, selesai. Tapi saya ikut bergabung dengan grup-grup blogger di Facebook dan Google+. Saya share tulisan saya disana. Dari sana juga saya menjelajah rumah-rumah para blogger. Saya baca artikel mereka dan saya tinggalkan juga komentar.


Saya baru sadar bahwa blogwalking itu menyenangkan. Saya bisa membaca pengalaman orang lain yang bisa menjadi pelajaran untuk saya. Saya bisa tahu tempat-tempat yang belum pernah saya kunjungi. Saya juga mendapat wawasan dan informasi yang saya nggak tahu sebelumnya.

Semenjak itu blog saya jadi kayak pasar komplek, lumayan rame euy.

Bahkan tulisan cerita persalinan saya itu menjadi peringkat pertama di mesin pencarian google dengan keyword "pengalaman operasi caesar".



Senang banget dong, saya belum mengerti trik-trik SEO. Waktu itu murni karena saya ingin berbagi pengalaman, agar ibu-ibu lain yang harus operasi caesar juga punya mental yang kuat.

Dari situ saya semangat lagi buat ngeblog. Mulai ngerapihin postingan, tulisan-tulisan alay dulu saya hapus. Apalagi ada curhatan tentang mantan, beeeeh sebelum dibaca suami gercep dihapus ya, shay.

Saya juga beli domain, dulu nama blog ini nama saya. Tapi saya lebih suka yang sekarang karena lebih ear catchy dan ada kisah tersendiri.


Selain domain, saya juga beli template. Kalau dulu templatenya gratisan dari blogspot. Alhamdulillah waktu itu sempat menang lomba blog hadiahnya uang tunai, saya pakai untuk beli template dan sticker biar postingannya lebih seru ada ilustrasi ekspresi. 

Saya baru nyadar bahwa kalau diseriusin hobi saya yang satu ini bisa menghasilkan juga lho. Sumbernya bisa dari lomba, sponsored post, dan adsense. Selain dapat uang, juga bisa dapat barang untuk diriview. Gilak yaaa dari 2009 bikin blog, 2017 saya baru tahu kalau dari ngeblog bisa dapat duit. Bayangin kalau dari 2009 itu saya aktif terus, duh sekarang bisa jadi famous blogger deh *halu-halu dikit boleh lah ya wkwkwk*.

Tapi nggak apa-apa sih, saya yakin setiap orang punya takdirnya masing-masing. Saya masih bersyukur Allah berikan kesempatan untuk melakukan hal yang saya senangi semasa hidup saya. 

Jadi kalau sekarang orang-orang nanya "Untungnya ngeblog apaan sih?" Saya bisa jembrengin beberapa poin di bawah ini :

πŸ’œMelatih Kemampuan MenulisπŸ’œ

Kalau kita merasa mempunyai ketertarikan di dunia tulis menulis, blog adalah wadah yang tepat. Nggak semua orang yang suka nulis langsung bisa bikin buku, kan? nah blog ini bisa jadi semacam tempat untuk menampung ide, opini, dan unek-unek kita. Siapa tahu dari kumpulan artikel di blog, kelak bisa bikin  buku atau ada penerbit yang main ke blog kita dan menawarkan untuk menerbitkan buku. Who knows?

Dengan memposting tulisan kita di blog, semua orang bisa baca. Kalau di media sosial terbatas hanya pada friendlist atau followers kita saja, kan. Komentar-komentar dari pengunjung blog juga bisa jadi bahan evaluasi dan penyemangat kita untuk terus mengasah kemampuan menulis. 


πŸ’œMenambah WawasanπŸ’œ

Jujur, saya pribadi kayaknya masih banyak waktunya dipakai main media sosial dibandingkan ngeblog. Tapi manfaat yang saya rasakan sebenarnya lebih banyak ketika berselancar di dunia blogging. Kalau di media sosial, ada yang membagikan informasi tapi tidak utuh alias sepotong-sepotong. Seringkali informasi sepotong itu membuat pembaca rancu dan salah paham. 

Kalau di blog, penulis bisa menjelaskan informasinya lebih panjang dan rinci. Misalnya tentang mitos kesehatan, kita jadi tahu kan informasi detailnya kenapa hal tersebut mitos? dan apa fakta yang benar? dilengkapi dengan beberapa gambar pendukung. 



Intinya hoax lebih bisa diminimalisir disini karena informasi yang diberikan lebih lengkap dan biasanya blogger yang profesional mencantumkan sumber literasi dari informasi yang dia berikan. 


πŸ’œMenambah Minat BacaπŸ’œ



Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, dengan blogwalking itu artinya kita membaca artikel orang lain. Semakin banyak mengunjungi blog orang, semakin banyak pula kegiatan membaca kita. Selain membaca blogpost, biasanya blogger juga rajin membaca buku untuk mencari refrensi. Berfaedah banget kan dibanding scroll-scroll akun lambe curah?

πŸ’œSelalu Up To DateπŸ’œ

Biasanya konten yang ditulis blogger berkaitan dengan hal-hal yang lagi happening. Makanya kita harus rajin cari refrensi baik dari media cetak atau visual. Selain itu, lagi-lagi blogwalking membuat kita jadi up to date. Sering banget saya menemukan review produk yang sangat saya butuhkan tapi saya baru tahu nama brandnya ya dari postingan itu. Belum lagi kalau ada blogger yang mengulas event launching produk atau teknologi baru, dengan begitu saya jadi up to date. (muka saya aja sih yang nggak bisa dibikin up to date)


πŸ’œBisa Dijadikan Penghasilan Tambahan / UtamaπŸ’œ



Nah bagian ini yang paling menyenangkan, hehehe. Tentu bahagia banget kan kalau hobi kita bisa dihargai dengan mata uang. Dengan adanya orang yang membayar jasa kita untuk menulis, itu berarti kemampuan kita diakui. Sebuah pengakuan itu biasanya membuat kita lebih semangat untuk memberikan yang terbaik *apalagi kalau mikirin bisa beli lipstick selusin warna dari bayaran nulis*.

Namun bukan berarti ketika kita membuat blog otomatis tawaran sponsored post berdatangan begitu saja. Semuanya perlu dibangun dari awal, dengan kerja keras dan passion. Makanya biasanya pekerjaan sebagai blogger adalah panggilan hati. Kalau orang yang bikin blog semata-mata hanya karena uang biasanya mudah stres dan panik kalau lihat statistik pengunjung yang turun/sepi.

Seperti yang saya tulis di atas, kita butuh "merawat" blog kita. Anggaplah blog adalah rumah, dimana kita berharap banyak orang bertamu setiap harinya. Tentu kita perlu menyiapkan suguhan dan penampilan yang membuat mereka betah dan sering berkunjung kemari. Pemakaian domain dan template premium tentu menjadi  perhatian. Tapi jangan lupa, kualitas dan kuantitas konten adalah hal utama yang harus diperhatikan. Next time, saya akan bagikan tips untuk tetap bisa update blog meskipun sibuk, ya. 

Sampai saat ini saya hanya menjadikan penghasilan dari ngeblog sebagai penghasilan sampingan. Karena memang saya bekerja di lembaga pemerintahan senin-Sabtu, tentu lebih banyak menyita waktu. Belum lagi prioritas utama saya adalah keluarga, terutama anak masih berumur setahun. Sudah bisa update 4-7 kali dalam sebulan saja rasanya sudah bangga sama diri sendiri. 

Tapi ada lho teman-teman yang memang menjadikan blogger sebagai penghasilan utamanya. Bahkan sampai resign dari kantor. Kalau itu perlu keberanian dan rencana yang matang, ya. Pernah sih saya berandai-andai, ah enak juga kalau jadi full time blogger jadi nggak ada halangan untuk datang ke event-event yang diinginkan bahkan di hari dan jam kerja sekalipun. *berandai-andai aja boleh lah ya*.

πŸ’œMenambah NetworkingπŸ’œ

Semenjak rajin ngeblog, ada beberapa blog yang rajin saya kunjungi dan mengunjungi balik. Nggak cuma itu kami juga saling follow di media sosial. Alhamdulillah, dari hobi menambah silahturahmi. 

Bagi yang jomlo, siapa tahu dari ngeblog bisa dapat jodoh. Seru juga kan kalau punya pasangan yang sesama blogger, bisa bertukar pikiran dan kerja sama untuk bikin konten yang bagus. *brb buka biro jodoh*

Oh ya Networking ini juga bukan cuma teman lho, tapi juga brand-brand yang bekerja sama dengan kita. Cuma jadi blogger lho saya bisa berkomunikasi dengan orang Tokopedia, Mooimom, dan brand lainnya. 


πŸ’œJadi Tahu Ilmu MarketingπŸ’œ

Dulu saya nulis cuma sekedar nulis, posting, selesai. Alhasil blog udah kayak hati para jomlo, sepi. Makanya agar tulisan saya banyak dibaca waktu itu saya belajar cara "memasarkan" tulisan saya. Dengan baca-baca dari berbagai sumber, saya jadi tahu bagaimana cara untuk meningkatkan pengunjung ke blog saya.



Saya juga mulai belajar trik-trik SEO, cara story telling, menulis dengan selipan humor, dll. Saya juga berusaha mengunggah konten yang menarik dan bermanfaat di media sosial saya. Karena sebagai blogger kita harus pandai "menjual kemampuan" kita. Makanya dengan jadi blogger setidaknya sedikit banyak kita jadi tahu ilmu pemasaran. 


πŸ’œDikenal banyak orang / punya fansπŸ’œ

Kalau poin yang ini kayaknya cuma berlaku sama blogger yang udah terkenal lah ya, kalau kerikil tepi jalan kayak saya mah belum dikenal banget. Walaupun sudah ketemu beberapa orang yang bilang "kakak yang punya blog dudukpalingdepan" itu ya? bikin saya jadi tersapu malu. 

Tapi kita pasti tahu nama beberapa nama blogger yang sudah malang melintang di media nasional, kan? nah mereka semua juga bermula dari melakukan hobinya, yaitu menulis. 

Siapa tahu suatu hari nanti kita bisa terkenal juga.

Ah, tapi saya takut terkenal. 

Takut dibully. 

Warganet Indonesia kan kejam-kejam. 




***

Nah itu dia keuntungan jadi blogger. Sebenarnya blogger sama saja dengan profesi lainnya, punya suka dan duka. Namun apapun itu usahakan segala yang kita kerjakan berasal dari hati. Kalau dari hati, hasilnya pun akan memberikan kepuasan batin dan kepuasan kantong *teteup*.



Kalau kalian gimana? apa sih enaknya jadi blogger dari yang kalian alami selama ini? Ceritain di kolom komentar, ya. 





39 comments:

  1. Enaknya jadi blogger itu puas setelah publish artikel untuk update blog....

    ReplyDelete
  2. Menurut saya sih, hampir semuanya semau kita, ya template stiker tulisan semua sesuka kita. Berasa jadi bos deh hehe

    ReplyDelete
  3. Alhamdulilah ternyata punya hobi menulis itu anugerah banget ya Mba. Aku merasa kalau kita udah berhasil nerbitin satu postingan di blog tuh plong banget. Kaya semaca misi yang berhasil ditaklukkan.

    Ngeblog tuh gak sekedar untuk cari uang, tapi lebih ke berbagi buat pembaca. Kalau urusan rejeki, pasti gak bakal kemana2 kalau udah ditakdirkan untuk blog kita. Blogku tergolong baru, dulu gak paham ada istilah content placement dll. Dan sekarang cm bisa bilang "Ooh jadi ini yang namanya rejeki tambahan dari ngeblog."

    Alhamdulilah, indahnya jadi Blogger indahnya berbagi manfaat 😊

    ReplyDelete
  4. Apalah arti remah-remah rempeyek sisaan bulan Syawal kalau jadi blogger yang dikejar ketenaran. Cukup up to date sama niche yang digeluti aja sudah bisa bikin senang. :)

    ReplyDelete
  5. Cerita pengalaman blogger senior yang bisa jadi panutan buat para blooger semua.
    Sukses,kak

    ReplyDelete
  6. Punya kesenangan pribadi ya kalo ternyata tulisan kita jadi bermanfaat buat org lain :)
    Kalo aku murni krn emang menulis sbg hobi dan sarana menyampaikan unek2 di kepala.. semoga ke depannya bisa kece kaya mba ennyπŸ’•

    ReplyDelete
  7. Pertama kenal blog tahun 2015, ya itu kayak blogger pada umumnya. Isinya curhatan gak jelas. Hehe

    Lambat laun jadi seneng berbagi aja, rasanya seneng aja klo abis publish and dikomentarin. Hehe

    Eh iya, semoga kita tetep konsisten ngeblog ya kak. 😁

    ReplyDelete
  8. Seneng berbagi walopun yang baca misalkan cuma 1 orang, ga masalah, semoga jadi tambahan amalll

    Senang bisa mampir ke rumah Mak :)

    ReplyDelete
  9. Ah, ngeblog. Ngga tau deh apa jadinya kalo saya nggak ngeblog. Mungkin sampe sekarang masih nganggur glundang-glundung ga jelas karena susah cari kerjaan. Dari ngeblog, saya jadi punya portofolio sebagai "pekerja kreatif". Belajar nulis lebih baik, foto lebih baik, layouting lebih baik, desain lebih baik, negosiasi lebih baik, semuanya dari ngeblog! InsyaAllah ngeblog bermanfaat banget asal kita rajin update + upgrade konten :))

    ReplyDelete
  10. Awal aku bikin blog ini krn aku pelupa, tapi aku suka jalan2 :p. Dipikir2, drpd ntr lupa ama semua yg pernah aku datangin dan coba (utk kuliner), ya mendinh ditulis. Eh malah ketagihan ampe skr. Tp ttp yg paling banyak aku rasain, jd dpt temen baru mba. Trs ada jg temen yg awalnya dr blog, skr malah jd temen traveling :)

    ReplyDelete
  11. hi mba salam kenal, saya ngblog jg awalnya sama hehe curhatan mulu..baru 2018 ini mau fokus serius, selfhosted jg, pengalaman saya dr ngeblog: masuk TV 2x..LOL, ceritanya ttg liputan dinegara saya tinggal skrg, wartawan yg nyari refernsi dr blog saya, trus email2an, masuk tv juga diliput, yang ke 2 ttg kuliner ramadhan, skrg jd teman baik sm wartawannnya. saya blm pernah ikut2an event seru kyk teman2 blogger diindonesia, cm bs mupeng.blog yg skrg msh terhitung baru.

    ReplyDelete
  12. Bikin blog tujuannya hanya untuk share pola pikir dan pengalaman saja, setuju dgn semua point' di atas , klo masalah jd penghasilan tambahan, jd kan bonus saja

    ReplyDelete
  13. Mukhlas : Kalau besar nanti saya mau jadi Blogger Mak.... !!
    Emak : hussssshh.... jangan ahh..ntr ngalahin pamor emak...!!
    Mukhlas : Kalau jadi Presiden... ??
    Emak : Nah..itu baru anak emak yang pinter...! :)

    .....................

    Master X : Apa sich Kang untungnya jadi blogger ?
    Kang Nata : Banyak Mas.. !!
    Master X : Apa dong ... ?
    Kang Nata : ngk baca artikel yahudd diatas yach !!
    Master X : heheh....belum sempat Kang, abis ada foto yang membuat saya gagal fokus..
    Kang Nata : foto yang mana ?
    Master X : itu ..itu foto wanita yang sedang baca buku didekat pintu. :)
    Kang Nata : !!!!.....

    ReplyDelete
  14. Saya pun demikian, menulis manjadi sebuah aktifitas yang asik untuk dilakukan. Meskipun pemula, ada rasa bangga ketika mampu mempublikasikan tulisan di blog dan tidak berpikir ada yang baca atau tidak .

    ReplyDelete
  15. Nggak nyangka banget ya memang hari gini dari ngeblog aja bisa nambahin uang jajan :D

    Aku sendiri ngeblog (lagi) gara-gara pengen punya outlet untuk belajar nulis dan membuka diri. Dengan ngeblog, aku bisa menyalurkan pikiran dan perasaan aku, dan serunya bisa mendapat feedback dari teman-teman pembaca lainnya. Seneng aja kayak ada teman seperjuangan yang bisa diajakin ngobrol, padahal nggak saling kenal.

    Intinya, don't take blogging for granted, ya. Bener kata, Mba, semua ada jalannya, soal rejeki pun ada pintunya masing-masing. Have fun on blogging pokoknya :D

    ReplyDelete
  16. Krn jd blogger bikin bahagia *hahay. Seneng karena bs share pengalaman apalagi klok yg dishare bermanfaat buat org lain. Soal, penghasiln dr blog, ini jg nyenengin bgd.
    Sejauh ini, poin2 di atas jg aku rasain mbk, kecuali yg terakhir. Hahay

    ReplyDelete
  17. Huwalaaaa berawal dari iseng nyari di gugel "sistem kerja sipir" karna penasaran bgt dong gara-gara kepo. Malah nyungsep ke postingan mbaknya yg lain. Dan yg ini bikin aku semangat ngeblog loh mbak. Ye walaupun baru kuncup taoge. Makasiiiih banget udah sharing 😊

    ReplyDelete
  18. Keren mbak... bisa membagi waktu antara bekerja dan menulis. Dan memang benar sih, setiap orang itu punya takdirnya masing2 ya... ada orang2 yg mmg rezekinya dari ngeblog, ada pula yg rezekinya dari jalan lain. Yg penting ttp semangat ngeblognyaπŸ˜‰

    ReplyDelete
  19. Btw blog ini sering saya kunjungi tahun lalu saat lagi hamil, artikel mengenai kehamilannya ada di page awal atau kedua google soalnya hehehe..

    Keren banget ya temen-temen blogger, menjadi blogger bukannya tanpa alasan, tapi karena emang BISA nulis, bukan kek saya yang suka nulis doang hikshiks..

    Tapi gak patah semangat, berkat blog walking saya jadi dapat banyak ilmu yang bisa diterapkan ke diri sendiri maupun ke blog :)

    ReplyDelete
  20. Jadi blogger itu bahagia ya, Teh. Apalagi bisa nambah teman, meskipun belum pernah bertemu secara langsung setidaknya bisa berbagi ilmu, tips dan yang lainnya. Termasuk salah satu tulisan ini. Intinya dengan ngeblog unek-unek yang ada dalam otak nggak ngumpul terus, tapi teruraikan dalam untaian kata.

    ReplyDelete
  21. Iya ... jadi blogger itu menyenangkan. Untuk saya, ngeblog itu sharing apa yang kita tahu, dan dengan blogwalking jadi belajar dari orang lain. Tapi sampai sekarang saya masih belum berani fokus 100% di blog. Pelan-pelan belajar dulu kali ya ...

    ReplyDelete
  22. Kurang lebih sama sih mbak.
    Kalau saya awal bikin blog itu tahun 2010, tapi setelah itu nggak keurus dan baru aktif lagi di pertengahan 2016. Niat awal juga cuma berbagi cerita sama latihan nulis. Tapi makin kesini, setelah browsing-browsing kalau blog bisa menghasilkan duit, saya nyobalah itu ikutan lomba-lomba blog. Walaupun tetep banyak kalahnya daripada masuk ke daftar pemenang lomba, sampai sekarang alkhamdulillah saya masih enjoy-enjoy aja ngurus blog. Intinya mah, jadi blogger itu mengenakan. *halah* :D

    ReplyDelete
  23. Saya awal bikin blog ya sekitar tahun 2009 nan, waktu itu kelas 1 SMK, awal awal ngeblog nggak ada kepikiran buat dapet uang atau apa, tujuanya cuma 1, yaitu ada orang nyasar ke blog ane terus ngekomen.. Hahaha.. seneng banget rasanya kalau blog tuh ada yang komen, meskipun do'i entah baca artikel ane atau enggal.. Waktu itu niche blog ane tentang game, freeware, tutorial pc, dan teknologi, tapi sekarang banting setir ke traveling. Hehehe

    ReplyDelete
  24. Asyik nih postingannya... asyik sih asyik banyak untungnya tapi ga bisa egois pas lagi anak minta maen bareng ngeblognya jadi berhenti dulu...he,,,acara menulisnya terpaksa harus dimalam hari ketika anak tidur dan terjadilah paginya ngantuk he..yang jelas kalau saya sih ngeblog dari 2013 banyak nikmatnya, Alhamdulillah

    ReplyDelete
  25. Blogger dan nulis secara umum buat saya rasanya paling menguntungkan karena selain hobi ini murah juga bisa jadi creative outlet yang bagus. Manajemen stres dan bisa dapet temen juga :')

    ReplyDelete
  26. Enaknya jadi blogger ituu.. Sebagai arsip buat masa depan. Terutama untuk anak cucu kelak. Banyak cerita yang dilalui dan dituangkan dalam blog. Seperti kata pramudya ananta toer "menulislah, maka kau tak akan hilang dari sejarah".

    ReplyDelete
  27. Aku suka blogwalking, jadi tau banyak hal, dari curhatan sampai politik karena aku nggak membatasi blogwalking ke blog teman2 komunitas saja. Diluar komunitas, banyak sekali orang biasa, artis & tokoh masyarakat yg ngeblog. Bahkan tetanggaku sendiri ngeblog, nggak sengaja nemu, jadi dia nggak tahu kalau aku sering ngintip curhatannya heheeee.... Kalau cuma blogwalking teman2 komunitas, ada beberapa hal yg seragam. Sedangkan blogwalking tanpa batas itu banyak kejutannya heheee

    ReplyDelete
  28. Enaknya jadi Blogger itu tak bisa disebutkan satu per satu karena sudah pasti kita akan mendapat eksistensi di media sosial apalagi lini kehidupan sudah mengarah pada tren digital.

    Hidup Blogger!
    #SalamKreatif
    #BloggerEksis

    ReplyDelete
  29. Widiwww, blog kamu keren banget mbaaa
    Salam kenal yaaa
    aku mampir setelah baca komentar2 kamu di blognya GraceMelia

    ReplyDelete
  30. Aku buat blog udah dari 2005 malah, isinya juga amburadul dan macem macem apa aja ditulis. Senengnya malah kalau suruh ganti ganti layout. Jadi, awal ngeblog dulu malah lebih sering ganti layout dari pada nulisnya.
    Ngisi blog gak pernah rutin hasilnya blog terbengkalai dan nulis di blog semangatnya anget anget tai ayam...
    semoga habis postingan aku yang sudah 2 tahun vacum ini publish, tetep konsistenm bisa nulis terus...

    ReplyDelete
  31. Ein, ku pengen banget nulis..rasa nya udah bertumpuk2, tapi aku terjebak dalam gundah : takut tidak bisa membedakan mana yg pribadi atau mana yg patut di share, jadi lah ku pendam keinginan menulis, sejauh ini cerita pengalaman hiking gunung yang aku anggap bisa di share, padahal ku jg pengin cerita lain nya, gemana ya huhu

    ReplyDelete
  32. Banyak banget ya keuntungan jadi blogger...

    kalau saya jadi blogger agar menjadi "guru online" hahaha

    ReplyDelete
  33. enaknya jadi blogger, buat pelarian dari kerjaan kantor yang monoton.
    hehehe

    ReplyDelete
  34. enaknya jadi blogger, bisa buat penghasilan utama nanti. Amin *halu dikit gak apa yah*

    ReplyDelete
  35. Stickernya beli dimana mba? Laaah
    Salfok hahahaha

    ReplyDelete
  36. Tiap kali saya mendapati akun mba di kolom komentar blogger lain, saya selalu ngakak. Duduk paling depan, kok nama akunnya lucu banget. Ternyata nama blog juga ya, Mba. Sama kayak saya yang bikin blog entah dari kapan tau, cuma mungkin karena memang waktu itu fokus di nulis fiksi, jadi ya blog cuma buat pengisi jeda nulis aja. Baru 2 tahunan ini deh tau kalau blog bisa buat nyari duit, hahahah...

    ReplyDelete
  37. Hahahaha, jangan takut dibully Mba :)
    Dan setuju, blogwalking emang seru banget.

    ReplyDelete
  38. Suka banget sama yang ini:

    "Namun apapun itu usahakan segala yang kita kerjakan berasal dari hati. Kalau dari hati, hasilnya pun akan memberikan kepuasan batin dan kepuasan kantong *teteup*"

    Baidewei kalau baca domain ini, 'dudukpalingdepan' langsung terbayang moda transport aja ^^

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.