Jadi Blogger Dapat Apa?

By dudukpalingdepan - 10:39:00 AM


Saya mulai bikin blog tahun 2009, saat itu lagi hits banget bikin-bikin blog karena virusnya Raditya Dika. Penulis yang awalnya bikin buku dari kumpulan tulisannya di blog. Kayaknya waktu itu banyak banget blog yang nichenya personal-komedi. Saya pun jadi terpengaruh, makanya awal-awal tulisan itu kebanyakan curhat doang.

Nah itu dia kayaknya kesalahan saya, bikin blog cuma buat ikut-ikutan.


Saya tahu saya punya rasa ketertarikan dengan dunia tulis menulis. Beberapa kali puisi dan cerpen saya masuk koran lokal. Saya pernah juga jadi tim redaksi perwakilan sekolah untuk kolom Xpresi koran lokal di Jambi.



Sayangnya saya nggak sadar waktu itu kalau hobi saya bisa jadi sesuatu yang berarti bahkan bisa jadi profesi. Seiring waktu karena lingkunganpun nggak ada yang mendukung hobi saya, jadinya saya fokus ke akademik. Mungkin banyak yang kayak saya, dimana orang-orang di lingkungan kita menganggap bahwa sukses itu kalau bisa jadi PNS, Polisi/TNI, Guru, Bidan, Dokter, semata. Sedangkan profesi penulis, pelukis, desain grafis, pengusaha, dll, cuma profesi untung-untungan.

Kabar Gembira!!!

Untuk empat langkah selanjutnya teman-teman bisa melanjutkan membaca di buku antologi "Ngeblog Seru Ala Ibu-Ibu" yang salah satu penulisnya adalah saya.


Awalnya iseng saja mencoba submit tulisan ketika membaca informasi lomba antologi itu di grup Facebook "Ibu-Ibu Doyan Nulis", ternyata alhamdulillah rezeki tulisan saya terpilih dan ikut dibukukan.

Nggak cuma tips menulis dari saya, ada banyak tips dan cerita seru dari ibu-ibu blogger lain yang bisa memotivasi teman-teman untuk memulai atau semakin menekuni dunia blogging. Kalau ibu-ibu dengan segudang job desk setiap harinya aja bisa, apalagi kalian, kan? syaratnya cuma satu, jatuh cinta dengan dunia tulis menulis.

Gimana cara dapatin bukunya?

Sekarang buku "Ngeblog Seru Ala Ibu-Ibu" sedang open pre order sampai tanggal 20 Februari 2019 dengan harga promo Rp70.000 aja dari harga normal Rp80.000.


Jika berminat silahkan kirim format order berikut ya :

PO Buku Ngeblog Seru Ala Ibu-Ibu
Nama :
Alamat lengkap :
No HP :
Jumlah pesanan :
Lalu kirim ke whatsapp 085357042093, open pre order ini ada kuotanya ya. Jadi pastikan kalian kebagian. 
Oh ya saya juga ngadain giveaway lho, silahkan baca disini.

  • Share:

You Might Also Like

39 komentar

  1. Enaknya jadi blogger itu puas setelah publish artikel untuk update blog....

    ReplyDelete
  2. Menurut saya sih, hampir semuanya semau kita, ya template stiker tulisan semua sesuka kita. Berasa jadi bos deh hehe

    ReplyDelete
  3. Alhamdulilah ternyata punya hobi menulis itu anugerah banget ya Mba. Aku merasa kalau kita udah berhasil nerbitin satu postingan di blog tuh plong banget. Kaya semaca misi yang berhasil ditaklukkan.

    Ngeblog tuh gak sekedar untuk cari uang, tapi lebih ke berbagi buat pembaca. Kalau urusan rejeki, pasti gak bakal kemana2 kalau udah ditakdirkan untuk blog kita. Blogku tergolong baru, dulu gak paham ada istilah content placement dll. Dan sekarang cm bisa bilang "Ooh jadi ini yang namanya rejeki tambahan dari ngeblog."

    Alhamdulilah, indahnya jadi Blogger indahnya berbagi manfaat ๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
  4. Apalah arti remah-remah rempeyek sisaan bulan Syawal kalau jadi blogger yang dikejar ketenaran. Cukup up to date sama niche yang digeluti aja sudah bisa bikin senang. :)

    ReplyDelete
  5. Cerita pengalaman blogger senior yang bisa jadi panutan buat para blooger semua.
    Sukses,kak

    ReplyDelete
  6. Punya kesenangan pribadi ya kalo ternyata tulisan kita jadi bermanfaat buat org lain :)
    Kalo aku murni krn emang menulis sbg hobi dan sarana menyampaikan unek2 di kepala.. semoga ke depannya bisa kece kaya mba enny๐Ÿ’•

    ReplyDelete
  7. Pertama kenal blog tahun 2015, ya itu kayak blogger pada umumnya. Isinya curhatan gak jelas. Hehe

    Lambat laun jadi seneng berbagi aja, rasanya seneng aja klo abis publish and dikomentarin. Hehe

    Eh iya, semoga kita tetep konsisten ngeblog ya kak. ๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  8. Seneng berbagi walopun yang baca misalkan cuma 1 orang, ga masalah, semoga jadi tambahan amalll

    Senang bisa mampir ke rumah Mak :)

    ReplyDelete
  9. Ah, ngeblog. Ngga tau deh apa jadinya kalo saya nggak ngeblog. Mungkin sampe sekarang masih nganggur glundang-glundung ga jelas karena susah cari kerjaan. Dari ngeblog, saya jadi punya portofolio sebagai "pekerja kreatif". Belajar nulis lebih baik, foto lebih baik, layouting lebih baik, desain lebih baik, negosiasi lebih baik, semuanya dari ngeblog! InsyaAllah ngeblog bermanfaat banget asal kita rajin update + upgrade konten :))

    ReplyDelete
  10. Awal aku bikin blog ini krn aku pelupa, tapi aku suka jalan2 :p. Dipikir2, drpd ntr lupa ama semua yg pernah aku datangin dan coba (utk kuliner), ya mendinh ditulis. Eh malah ketagihan ampe skr. Tp ttp yg paling banyak aku rasain, jd dpt temen baru mba. Trs ada jg temen yg awalnya dr blog, skr malah jd temen traveling :)

    ReplyDelete
  11. hi mba salam kenal, saya ngblog jg awalnya sama hehe curhatan mulu..baru 2018 ini mau fokus serius, selfhosted jg, pengalaman saya dr ngeblog: masuk TV 2x..LOL, ceritanya ttg liputan dinegara saya tinggal skrg, wartawan yg nyari refernsi dr blog saya, trus email2an, masuk tv juga diliput, yang ke 2 ttg kuliner ramadhan, skrg jd teman baik sm wartawannnya. saya blm pernah ikut2an event seru kyk teman2 blogger diindonesia, cm bs mupeng.blog yg skrg msh terhitung baru.

    ReplyDelete
  12. Bikin blog tujuannya hanya untuk share pola pikir dan pengalaman saja, setuju dgn semua point' di atas , klo masalah jd penghasilan tambahan, jd kan bonus saja

    ReplyDelete
  13. Mukhlas : Kalau besar nanti saya mau jadi Blogger Mak.... !!
    Emak : hussssshh.... jangan ahh..ntr ngalahin pamor emak...!!
    Mukhlas : Kalau jadi Presiden... ??
    Emak : Nah..itu baru anak emak yang pinter...! :)

    .....................

    Master X : Apa sich Kang untungnya jadi blogger ?
    Kang Nata : Banyak Mas.. !!
    Master X : Apa dong ... ?
    Kang Nata : ngk baca artikel yahudd diatas yach !!
    Master X : heheh....belum sempat Kang, abis ada foto yang membuat saya gagal fokus..
    Kang Nata : foto yang mana ?
    Master X : itu ..itu foto wanita yang sedang baca buku didekat pintu. :)
    Kang Nata : !!!!.....

    ReplyDelete
  14. Saya pun demikian, menulis manjadi sebuah aktifitas yang asik untuk dilakukan. Meskipun pemula, ada rasa bangga ketika mampu mempublikasikan tulisan di blog dan tidak berpikir ada yang baca atau tidak .

    ReplyDelete
  15. Nggak nyangka banget ya memang hari gini dari ngeblog aja bisa nambahin uang jajan :D

    Aku sendiri ngeblog (lagi) gara-gara pengen punya outlet untuk belajar nulis dan membuka diri. Dengan ngeblog, aku bisa menyalurkan pikiran dan perasaan aku, dan serunya bisa mendapat feedback dari teman-teman pembaca lainnya. Seneng aja kayak ada teman seperjuangan yang bisa diajakin ngobrol, padahal nggak saling kenal.

    Intinya, don't take blogging for granted, ya. Bener kata, Mba, semua ada jalannya, soal rejeki pun ada pintunya masing-masing. Have fun on blogging pokoknya :D

    ReplyDelete
  16. Krn jd blogger bikin bahagia *hahay. Seneng karena bs share pengalaman apalagi klok yg dishare bermanfaat buat org lain. Soal, penghasiln dr blog, ini jg nyenengin bgd.
    Sejauh ini, poin2 di atas jg aku rasain mbk, kecuali yg terakhir. Hahay

    ReplyDelete
  17. Huwalaaaa berawal dari iseng nyari di gugel "sistem kerja sipir" karna penasaran bgt dong gara-gara kepo. Malah nyungsep ke postingan mbaknya yg lain. Dan yg ini bikin aku semangat ngeblog loh mbak. Ye walaupun baru kuncup taoge. Makasiiiih banget udah sharing ๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
  18. Keren mbak... bisa membagi waktu antara bekerja dan menulis. Dan memang benar sih, setiap orang itu punya takdirnya masing2 ya... ada orang2 yg mmg rezekinya dari ngeblog, ada pula yg rezekinya dari jalan lain. Yg penting ttp semangat ngeblognya๐Ÿ˜‰

    ReplyDelete
  19. Btw blog ini sering saya kunjungi tahun lalu saat lagi hamil, artikel mengenai kehamilannya ada di page awal atau kedua google soalnya hehehe..

    Keren banget ya temen-temen blogger, menjadi blogger bukannya tanpa alasan, tapi karena emang BISA nulis, bukan kek saya yang suka nulis doang hikshiks..

    Tapi gak patah semangat, berkat blog walking saya jadi dapat banyak ilmu yang bisa diterapkan ke diri sendiri maupun ke blog :)

    ReplyDelete
  20. Jadi blogger itu bahagia ya, Teh. Apalagi bisa nambah teman, meskipun belum pernah bertemu secara langsung setidaknya bisa berbagi ilmu, tips dan yang lainnya. Termasuk salah satu tulisan ini. Intinya dengan ngeblog unek-unek yang ada dalam otak nggak ngumpul terus, tapi teruraikan dalam untaian kata.

    ReplyDelete
  21. Iya ... jadi blogger itu menyenangkan. Untuk saya, ngeblog itu sharing apa yang kita tahu, dan dengan blogwalking jadi belajar dari orang lain. Tapi sampai sekarang saya masih belum berani fokus 100% di blog. Pelan-pelan belajar dulu kali ya ...

    ReplyDelete
  22. Kurang lebih sama sih mbak.
    Kalau saya awal bikin blog itu tahun 2010, tapi setelah itu nggak keurus dan baru aktif lagi di pertengahan 2016. Niat awal juga cuma berbagi cerita sama latihan nulis. Tapi makin kesini, setelah browsing-browsing kalau blog bisa menghasilkan duit, saya nyobalah itu ikutan lomba-lomba blog. Walaupun tetep banyak kalahnya daripada masuk ke daftar pemenang lomba, sampai sekarang alkhamdulillah saya masih enjoy-enjoy aja ngurus blog. Intinya mah, jadi blogger itu mengenakan. *halah* :D

    ReplyDelete
  23. Saya awal bikin blog ya sekitar tahun 2009 nan, waktu itu kelas 1 SMK, awal awal ngeblog nggak ada kepikiran buat dapet uang atau apa, tujuanya cuma 1, yaitu ada orang nyasar ke blog ane terus ngekomen.. Hahaha.. seneng banget rasanya kalau blog tuh ada yang komen, meskipun do'i entah baca artikel ane atau enggal.. Waktu itu niche blog ane tentang game, freeware, tutorial pc, dan teknologi, tapi sekarang banting setir ke traveling. Hehehe

    ReplyDelete
  24. Asyik nih postingannya... asyik sih asyik banyak untungnya tapi ga bisa egois pas lagi anak minta maen bareng ngeblognya jadi berhenti dulu...he,,,acara menulisnya terpaksa harus dimalam hari ketika anak tidur dan terjadilah paginya ngantuk he..yang jelas kalau saya sih ngeblog dari 2013 banyak nikmatnya, Alhamdulillah

    ReplyDelete
  25. Blogger dan nulis secara umum buat saya rasanya paling menguntungkan karena selain hobi ini murah juga bisa jadi creative outlet yang bagus. Manajemen stres dan bisa dapet temen juga :')

    ReplyDelete
  26. Enaknya jadi blogger ituu.. Sebagai arsip buat masa depan. Terutama untuk anak cucu kelak. Banyak cerita yang dilalui dan dituangkan dalam blog. Seperti kata pramudya ananta toer "menulislah, maka kau tak akan hilang dari sejarah".

    ReplyDelete
  27. Aku suka blogwalking, jadi tau banyak hal, dari curhatan sampai politik karena aku nggak membatasi blogwalking ke blog teman2 komunitas saja. Diluar komunitas, banyak sekali orang biasa, artis & tokoh masyarakat yg ngeblog. Bahkan tetanggaku sendiri ngeblog, nggak sengaja nemu, jadi dia nggak tahu kalau aku sering ngintip curhatannya heheeee.... Kalau cuma blogwalking teman2 komunitas, ada beberapa hal yg seragam. Sedangkan blogwalking tanpa batas itu banyak kejutannya heheee

    ReplyDelete
  28. Enaknya jadi Blogger itu tak bisa disebutkan satu per satu karena sudah pasti kita akan mendapat eksistensi di media sosial apalagi lini kehidupan sudah mengarah pada tren digital.

    Hidup Blogger!
    #SalamKreatif
    #BloggerEksis

    ReplyDelete
  29. Widiwww, blog kamu keren banget mbaaa
    Salam kenal yaaa
    aku mampir setelah baca komentar2 kamu di blognya GraceMelia

    ReplyDelete
  30. Aku buat blog udah dari 2005 malah, isinya juga amburadul dan macem macem apa aja ditulis. Senengnya malah kalau suruh ganti ganti layout. Jadi, awal ngeblog dulu malah lebih sering ganti layout dari pada nulisnya.
    Ngisi blog gak pernah rutin hasilnya blog terbengkalai dan nulis di blog semangatnya anget anget tai ayam...
    semoga habis postingan aku yang sudah 2 tahun vacum ini publish, tetep konsistenm bisa nulis terus...

    ReplyDelete
  31. Ein, ku pengen banget nulis..rasa nya udah bertumpuk2, tapi aku terjebak dalam gundah : takut tidak bisa membedakan mana yg pribadi atau mana yg patut di share, jadi lah ku pendam keinginan menulis, sejauh ini cerita pengalaman hiking gunung yang aku anggap bisa di share, padahal ku jg pengin cerita lain nya, gemana ya huhu

    ReplyDelete
  32. Banyak banget ya keuntungan jadi blogger...

    kalau saya jadi blogger agar menjadi "guru online" hahaha

    ReplyDelete
  33. enaknya jadi blogger, buat pelarian dari kerjaan kantor yang monoton.
    hehehe

    ReplyDelete
  34. enaknya jadi blogger, bisa buat penghasilan utama nanti. Amin *halu dikit gak apa yah*

    ReplyDelete
  35. Stickernya beli dimana mba? Laaah
    Salfok hahahaha

    ReplyDelete
  36. Tiap kali saya mendapati akun mba di kolom komentar blogger lain, saya selalu ngakak. Duduk paling depan, kok nama akunnya lucu banget. Ternyata nama blog juga ya, Mba. Sama kayak saya yang bikin blog entah dari kapan tau, cuma mungkin karena memang waktu itu fokus di nulis fiksi, jadi ya blog cuma buat pengisi jeda nulis aja. Baru 2 tahunan ini deh tau kalau blog bisa buat nyari duit, hahahah...

    ReplyDelete
  37. Hahahaha, jangan takut dibully Mba :)
    Dan setuju, blogwalking emang seru banget.

    ReplyDelete
  38. Suka banget sama yang ini:

    "Namun apapun itu usahakan segala yang kita kerjakan berasal dari hati. Kalau dari hati, hasilnya pun akan memberikan kepuasan batin dan kepuasan kantong *teteup*"

    Baidewei kalau baca domain ini, 'dudukpalingdepan' langsung terbayang moda transport aja ^^

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.