√ 7 Jenis Pipa Air dan Harganya - Duduk Paling Depan

7 Jenis Pipa Air dan Harganya

7 Jenis Pipa Air dan Harganya


Menata sistem saluran air merupakan hal penting yang harus diperhatikan di setiap bangunan, mulai dari rumah, perkantoran, hingga pabrik. Sistem saluran air umumnya terdiri dari dua subsistem, yaitu subsistem untuk membawa air bersih dan subsistem untuk mengeluarkan air limbah.

Ketika hendak memasang saluran air, salah satu komponen yang perlu diperhatikan yaitu jenis pipa air yang yang digunakan. Sebab tidak semua pipa memiliki karakteristik yang cocok untuk saluran air.

Pipa saluran air memiliki fungsi untuk menyalurkan air dari sumber air ke area tertentu yang membutuhkan air. Selain itu, pipa air juga bisa digunakan untuk menyalurkan air kotor atau limbah ke tempat pembuangan.

Agar tidak salah pilih, berikut beberapa jenis pipa air berdasarkan materialnya yang sering digunakan. Catat harganya juga, ya!

1. Pipa Air PVC

Pipa air PVC terbuat dari bahan polivinil klorida dan termasuk polimer termoplastik. Bahan pipa ini aman digunakan untuk saluran air bersih karena tidak mengandung zat berbahaya. Karena itu pipa air PVC menjadi salah satu jenis pipa yang banyak digunakan untuk mengalirkan air di perumahan.

Pipa Air PVC diameter 4 inchi dibanderol sekitar Rp300.000/batang.

2. Pipa Air PVC-O

Bahan pipa ini berasal dari pengembangan polivinil klorida yang diproses melalui metode bi-axal, sehingga menghasilkan pipa yang tipis, elastis, dan efektif dalam menampung volume air.

Meski tipis, namun tingkat keretakan pipa air PVC-O lebih rendah daripada jenis pipa PVC biasa. Pipa ini bagus untuk saluran air bersih, air hujan, hingga limbah.

Sementara pipa Air PVC-O diameter 4 inchi dijual dengan harga Rp110.000/meter.

3. Pipa Air Tembaga

Termasuk jenis pipa besi yang populer, pipa tembaga sering dipakai untuk saluran air bersih, air kulkas, maupun AC. Karena terbuat dari besi tembaga, maka pipa kualitas pipa ini pun tidak diragukan lagi, mulai dari anti karat, anti bakteri, dan tahan lama.

Harga jual pipa besi tembaga pun cukup mahal, sekitar Rp145.000 per ½ inchi.

4. Pipa Air CPVC(Chlorinated Polyvinyl Chloride)

Pipa air CPVC atau pipa schedule merupakan jenis pipa air panas yang memiliki daya tahan panas hingga suhu 1.800 derajat Celcius. Karena itu, pipa CPVC sangat cocok digunakan pada instalasi air panas dan dingin, seperti pada water heater. Harganya sendiri tidak selisih jauh dari pipa PVC.

5. Pipa Air PEX (Cross-linked Polyethylene)

Pipa ini juga kerap dipilih untuk instalasi saluran air panas dan air dingin di rumah karena daya tahannya yang bagus terhadap suhu ekstrem. Harga pipa air PEX 16 mm per gulung sendiri mulai dari Rp11.500.

6. Pipa Air HDPE (High Density Polyethylene)

Jenis pipa air yang populer dipilih selanjutnya yaitu pipa HDPE. Pipa ini digemari untuk saluran air bersih rumah tangga karena materialnya yang kuat, antikarat, dan tidak mudah rusak. pakainya punUsia  cukup panjang mencapai 50 tahun.

Harga pipa air HDPE berbeda untuk setiap tipenya, seperti PN-6,8 diameter 90 mm dijual Rp60.000, lalu PN-8 diameter 90 mm dijual Rp110.000.

7. Pipa Air PPR (polypropylene-random)

Berbeda dengan pipa sebelumnya, pipa PPR berbahan plastik dari minyak bumi dan memiliki ketahanan terhadap suhu dan tekanan tinggi, serta suhu rendah. Karena itu, pipa air PPR juga termasuk yang banyak digunakan untuk pipa water heater atau mengalirkan air panas dan dingin.

Terdapat berbagai tipe pipa air PPR yang dibanderol dengan harga berbeda pula. Umumnya harga jual pipa air, PN-10 diameter 20 mm mulai dari Rp50.000, lalu PN-20 diameter 40 mm mulai dari Rp250.000.


jual pipa besi murah


Demikian jenis pipa air yang bisa  dijadikan referensi saat merencanakan instalasi saluran air. Dari beberapa pipa air di atas, pipa tembaga termasuk salah satu yang terbaik karena keunggulan materialnya. Teman-teman bisa mendapatkan pipa tersebut di CV Tunggal Perkasa yang jual pipa besi murah dengan kualitas bagus dan harga negotiable.


Get notifications from this blog

5 comments

  1. Wah benar banget tuh, Kak. Memang ada banyak sekali jenis pipa yang bisa digunakan

    ReplyDelete
  2. Tentunya masing-masing pipa mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing ya

    ReplyDelete
  3. Kalau saya kebanyakan menggunakan pipa air yang PVC ini, Kak soalnya memudahkan

    ReplyDelete
  4. Sebelum melakukan pemilihan tentunya harus mengetahui terlebih dahulu ya, Kak pengertian pipa tersebut secara rinci

    ReplyDelete
  5. Kalau yang saya tahu, kebanyakan yang digunakan oleh orang-orang adalah pipa PVC ini ya

    ReplyDelete