√ 5 Tips Pemeliharaan Ayam Broiler Kandang Close House Terbaik! - Duduk Paling Depan

5 Tips Pemeliharaan Ayam Broiler Kandang Close House Terbaik!

Tips pemeliharaan ayam broiler

Pemeliharaan ayam broiler kandang close house merupakan salah satu kegiatan paling penting saat beternak unggas untuk memastikan agar mereka dapat hidup dengan nyaman dan berproduksi dengan baik.

Apalagi, pemeliharaan ini sangat berpengaruh terhadap kesejahteraan hewan dan keuntungan yang dihasilkan oleh para peternak. 

Sebab, kandang yang selalu dijaga dengan baik terutama dari segi kebersihan akan mengurangi risiko infeksi dari virus, jamur, bakteri, dan parasit yang dapat menurunkan kualitas dan kesehatan ayam.

Memang bagaimana tips untuk melakukan pemeliharaan ayam broiler kandang close house yang tepat dan faktor-faktor apa saja yang harus diperhatikan? Yuk cari tahu jawabannya di artikel ini!



Pentingnya Melakukan Maintenance Ayam Broiler Kandang Close House

Walaupun sekilas tampak sepele, pemeliharaan model kandang tertutup merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan jika ingin ternak Anda selalu berada dalam kondisi yang optimal.

Jika Anda berniat memulai usaha beternak unggas, maka prioritas utama Anda haruslah memilih kontraktor kandang ayam close house yang berkualitas.

Ternak yang tidak stress, hidup dengan nyaman dan selalu berada dalam kondisi lingkungan yang optimal akan mendorongnya untuk memberikan hasil produksi yang sesuai dengan harapan peternak.

Selain itu, kegiatan maintenance ini juga menawarkan banyak manfaat tidak hanya bagi ayam di dalam kandang namun juga peternak, diantaranya adalah: 

1. Mencegah Penyebaran Penyakit

Kandang close house yang selalu dirawat dengan baik dapat membantu mencegah penyebaran penyakit yang disebabkan oleh udara kotor atau virus yang masuk melalui udara. 

Apalagi, sistem ventilasi yang selalu diperhatikan dapat membuat sirkulasi udara di dalam kandang akan menjadi optimal sekaligus membantu ayam agar terhindar dari penyakit yang dapat mengganggu pertumbuhan dan kesehatannya.

2. Meningkatkan Kualitas Ayam

Saat kegiatan maintenance, para peternak biasanya akan selalu melakukan pemeriksaan rutin untuk menjaga suhu, kelembaban, dan kualitas udara tetap dalam kondisi yang baik di dalam kandang.

Hal ini akan sangat membantu agar ayam dapat hidup dengan kondisi yang optimal sehingga secara tidak langsung akan mempengaruhi pertumbuhan dan kualitas daging maupun telur yang dihasilkan.

3. Memperpanjang Masa Hidup Ayam

Terakhir, manfaat dari melakukan maintenance di dalam kandang juga akan membuat lingkungan sekitarnya selalu nyaman untuk ditinggali, beraktivitas dan produksi. 

Lingkungan yang nyaman ini tentu akan memperpanjang masa hidup ternak sehingga bisa terus berproduksi dengan baik.

Dengan pemeliharaan ayam broiler kandang close house dengan baik, peternak tentu dapat memastikan kesehatan dan produktivitas ayam yang dihasilkan. Hal ini memiliki potensi besar untuk memberikan keuntungan finansial yang baik bagi peternakan.

Berbagai Tips Pemeliharaan Ayam Broiler Kandang Close House Paling Efektif




Saat melakukan pemeliharaan khususnya untuk ternak ayam di dalam kandang tertutup, maka ada 5 tips penting yang perlu Anda ingat supaya kegiatan tersebut dapat berjalan dengan efisien serta efektif. Beberapa diantaranya adalah:

1. Pastikan Sistem Ventilasi Berfungsi dengan Baik

Saat melakukan maintenance kandang , penting untuk memperhatikan kondisi ventilasi yang ada di dalamnya. 

Sebab, ventilasi yang masih dalam kondisi pria akan menjaga sirkulasi udara yang baik di dalam kandang sehingga penyebaran penyakit dapat dihindari sedini mungkin.

2. Jaga Suhu dan Kelembaban Tetap dalam Batas Optimal

Suhu dan kelembaban di dalam kandang harus dijaga sesuai dengan kebutuhan ayam sehingga harus dipantau secara berkala dalam proses pemeliharaan. 

Terlebih, ayam sangat peka dengan lingkungan sehingga suhu yang terlalu ekstrim baik tinggi atau rendah dengan kelembaban berlebihan dapat menyebabkan ayam mengalami stres dan memancing timbulnya penyakit.

3. Pastikan Pencahayaan Cukup Di Dalam Kandang

Ketiga, pemeliharaan ayam broiler kandang close house dalam kondisi yang tertutup membuat kinerja pencahayaannya harus terus dipantau secara berkala. 

Sebab, pencahayaan yang kurang dapat mempengaruhi fase pertumbuhan ayam dan reproduksinya sehingga berpotensi untuk menimbulkan kerugian.

4. Selalu Cek Kondisi Fisik Kandang

Kandang harus dijaga kebersihannya agar ayam dapat hidup sehat dan terhindar dari penyakit. Selain itu, para peternak juga harus melakukan pemeriksaan rutin terhadap kondisi fisik kandang untuk memastikan kandang dalam kondisi baik.

Selain itu, pemeriksaan ini juga diperlukan supaya Anda dapat segera memperbaiki bagian yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

5. Jaga Kualitas Pakan dan Pengelolaan Limbah

Dalam rangka menjaga kualitas ayam agar tetap dalam kondisi prima dan sehat maka ternak tersebut haruslah diberi pakan yang sehat dan mengandung nutrisi yang cukup. Air yang diberikan harus bersih dan segar, serta selalu tersedia di dalam kandang.

Gunakanlah nipple drinker agar Anda tidak perlu sering memberikan minum kepada ternak unggas tersebut secara manual namun kualitas airnya tetap terjaga dan higienis.

Selain itu, penting juga untuk mengelola hasil limbah dari kandang seperti kotoran yang dihasilkan dengan baik dan terstruktur jika tidak ingin menumpuk sehingga berpotensi untuk menyebabkan infeksi dan bau yang tidak sedap.

Terlebih, apabila limbah tidak dibersihkan ataupun dikelola dengan benar maka akan mencemari lingkungan sekitar dan mempengaruhi kesehatan ayam.

Salah satu cara paling mudah dalam mengelola limbah kandang adalah membuatnya menjadi pupuk organik sehingga memiliki nilai jual yang tinggi dan sangat berguna untuk pertanian.

Jika memang Anda tidak memiliki tenaga dan waktu untuk mengolahnya, maka buang limbah tersebut dengan aman dan pastikan agar tidak mencemari lingkungan sekitar. 

Adapun poin penting lainnya dalam memelihara ayam broiler adalah dengan memilih distributor alat peternakan ayam yang terpercaya. Distributor yang berkualitas akan menyediakan alat-alat peternakan ayam yang dibutuhkan untuk mendukung kesehatan dan kenyamanan ayam broiler, seperti sistem pakan otomatis, ventilasi yang baik, dan sistem pemantauan suhu yang akurat. Pastikan Anda melakukan riset dan memilih distributor yang memiliki reputasi baik, pengalaman, serta menyediakan produk berkualitas untuk memastikan kesuksesan dalam beternak ayam broiler.

Nah itulah 5 tips penting dalam pemeliharaan ayam broiler kandang close house jika ingin ternak di dalamnya bisa selalu dalam kondisi yang prima sehingga bisa menghasilkan telur serta daging berkualitas tinggi.

 

Get notifications from this blog