Pengalaman Menyenangkan Cat Tembok Rumah Dengan Nippon Satin Glo

By dudukpalingdepan - April 12, 2022

Review Nippon Satin Glo


Punya rumah sendiri merupakan impian saya sejak awal menikah. Meskipun nggak langsung punya, syukurnya saya dan suami bisa membeli rumah pertama kami pada tahun kelima pernikahan.

Seperti yang sudah saya ceritakan sebelumnya, rumah yang kami beli adalah rumah second. Pemilik lamanya pindah tugas ke luar kota jadi memutuskan untuk menjual rumahnya. 

Jujur senang banget bisa punya rumah tanpa harus memikirkan biaya untuk membeli tanahnya, bahan bangunannya, mikirin plafon, keramik, pagar, dan lain sebagainya. Semuanya sudah jadi, tinggal bawa badan dan barang-barang saja.

Hanya saja ternyata mengisi perabot rumah tangga itu juga lumayan menguras saldo rekening ya. Alhasil, saya memutuskan memilih-milih mana yang lebih dulu diprioritaskan. 

Karena ini rumah second, harus diakui ada beberapa kekurangan salah satunya adalah cat tembok yang sudah memudar warnanya dan terlihat kusam. Belum lagi ditambah dengan “karya” dari anak balita saya.

Nah, karena sebentar lagi masuk bulan suci Ramadan, saya kepikiran untuk mengecat tembok rumah. Setelah berdiskusi dengan suami, kami memutuskan untuk memulai dari tembok kamar. 

Karena memang kamar tidur adalah ruangan yang paling banyak kami habiskan waktu bersama. Bukan Cuma untuk istirahat, tapi untuk nonton, baca buku, ngeblog, sampai untuk bikin konten-konten video pendek saya di Instagram.

Tips Memilih Warna Cat Untuk Kamar

 

pilihan warna nippon paint

Ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan saat memilih warna cat tembok untuk kamar, berikut saya bagikan tips dari pengalaman dan hasil saya membaca artikel desain interior.

1. Sesuaikan Dengan Mood dan Kesukaan Pemilik Kamar

Ini penting banget, karena seperti yang sudah saya tuliskan di atas, biasanya kita akan menghabiskan banyak waktu di kamar. Kalau kita nggak suka sama warnanya, bisa mempengaruhi mood juga. 

2. Selaraskan dengan Isi Kamar

Misalnya seperti saya yang memilih warna warm toast, karena plafon dari rumah yang saya beli ini berwarna coklat kayu. Kemudian saya juga punya meja kecil kesukaan saya yang juga dari kayu. Dipan tempat tidur saya juga berwarna cream. Jadi saya memilih warna cat tembok menyesuaikan dengan isi kamar. 

3. Perhatikan Pencahayaan

Pemilihan warna cat bisa memberikan efek pencahayaan ruangan jadi lebih terang atau lebih gelap sesuai dengan kebutuhan. Makanya walaupun saya pencinta warna ungu, terutama deep purple, saya nggak pilih warna tersebut untuk cat kamar karena pengalaman di rumah orang tua, warnanya malah membuat pencahayaan kamar jadi terlihat lebih gelap. 

4. Diskusikan Pemilihan Warna dengan Penghuni Kamar Lainnya

Selain mempertimbangankan tiga tips di atas, jangan lupa untuk berdiskusi dengan penghuni kamar lainnya semisalnya kamar dihuni oleh suami-istri, kakak-adik, atau bareng sahabat. 

Kalau seleranya berbeda, coba untuk cari solusinya. Bisa dengan cara mengkreasikan cat dua warna, atau memilih perpaduan kedua warna yang disukai. 

5. Mengikuti Tren 

Selain karena ingin menyelaraskan cat tembok dengan furnitur di kamar, saya memilih warna Warm Toast karena sesuai dengan Tren Warna Ramadan (TWR) dari Nippon Paint dengan tema : “Sucikan Hati, Jadi Versi Terbaik Diri”.

TWR merupakan bentuk komitmen Nippon Paint untuk memberi dampak positif yang berarti. Diharapkan dapat menjadi motivasi penggunanya untuk membuka lembaran baru untuk menjadi versi terbaik diri menyambut hari yang Fitri.

Tren Warna Ramadan dari Nippon Paint ada 3 kategori, yaitu:

Monochrome

Terdiri dari warna brillian white, smoking gray, dan black. Warna-warna ini memiliki kesan bersih/clean, sederhana/simple, murni. Efek psikologisnya bermakna  syahdu, tenang, bersih.

Pemberian aksen tema monokrom menambah ketegasan dan nuansa baru agar ruangan terasa lebih hidup.

Warm

Terdiri dari warna Home Sweet Home, Warm Toast, Sable Brown, yang memberikan nuansa kehangatan yang teduh. Efek psikologis  tenang, intimate, hangat. Serta Memberi kesan ruangan terasa hangat dan nyaman.

Tropical 

Terdiri dari warna Golden Dome, Shenanigan, Green Gauze, dan Cerulean, yang memberikan kesan cerah, menyegarkan dan ceria. Efek psikologis terasa semangat dan bahagia. Warna Tropical memberi suasana bersama keluarga dan kerabat akan lebih ceria, seru dan akrab.


Pengalaman Cat Tembok Kamar dengan Nippon Paint

 


Setelah sepakat dengan suami tentang pemilihan warna cat, selanjutnya kami memutuskan untuk memilih cat dari Nippon Paint. Alasannya simple karena Nippon Paint adalah brand cat tembok berkualitas yang sudah ada sejak tahun 1881 dan memulai ekspansi di Indonesia dari tahun 1969. 

Selain itu alasan lainnya adalah Nippon Paint memiliki 10.000 warna pilihan yang 100% akurat dan konsisten. Nggak perlu khawatir mencari warna yang diinginkan karena 10.000 plihan warna tersebut bisa dengan mudah ditemukan di lebih dari 6000 Toko CCM di seluruh Indonesia.


Langsung saja waktu libur akhir pekan, saya dan suami ke toko bangunan. Mbak yang jadi SPG Nippon Paint dengan sabar menjelaskan jenis-jenis cat yang ada dan akhirnya pilihan saya jatuh ke Nippon Satin Glo. 

Kelebihan Cat Tembok Nippon Satin Glo

 


Dari hasil browsing dan penjelasan SPG di toko bangunan, saya tertarik dengan Nippon Satin Glo karena klaimnya hasil cat akan terlihat halus seperti kain satin/sutra. 

Memang saya kurang suka dengan cat tembok yang susah larut dan kalau diaplikasikan hasilnya menggumpal atau kasar. 

Selain itu Nippon Satin Glo ini dapat dicuci dan tahan sikat sampai 10.000 kali, bisa digunakan sebagai dinding tulis, water based, rendah bau sehingga aman untuk keluarga. 

 


Ternyata memang benar, ketika diaplikasikan di dinding kamar saya sudah terlihat hasilnya tampak halus meskipun baru lapisan pertama. Bisa lihat pada foto – foto di bawah sebagai perbandingannya. 

 

Sebelum

Proses cat lapisan pertama


Proses cat lapisan kedua.


Setelah masuk lapisan kedua, hasil catnya kelihatan banget halus dan bisa menutupi noda kusam dan coretan-coretan yang ada sebelumnya. 

Cat dari Nippon Paint ini juga cepat kering lho, dalam waktu kurang lebih tiga puluh menit saja sudah bisa dipegang tanpa bekas. 

Bau catnya juga nggak terlalu menyengat. Suami catnya siang hari, pas mau tidur malam baunya sudah nggak ada. Daebak (mantap) banget deh kalau bahasa Koreanya (kebetulan saya orang Korea cabang Jambi, hihihi).

Karena tekstur catnya halus, jadi mudah banget diaplikasikan pada dinding tembok. Pemula juga pasti bisa cat dengan rapi.

 


Oh ya, pelarut cat ini cukup pakai air biasa dengan takaran 5-10% untuk pemakaian kuas atau roll. 

Alhamdulillah nggak salah pilih cat untuk kamar saya, karena Nippon Satin Glo ini merupakan cat dinding emulsi berbasis 100% akrilik tanpa tambahan timbal dan merkuri, yang memberikan hasil akhir kemilau seperti sutera. Diformulasikan khusus untuk menghasilkan permukaan yang sangat halus, tahan lama, mudah dibersihkan dan anti-jamur.

 


Saya juga merasa lega dengan klaim mudah dibersihkan, karena punya anak balita susah untuk dilarang coret-coret atau menempelkan stiker. Sekarang sih bisa saya ingatkan untuk jangan coret-coret soalnya sayang, kan baru dicat. Tapi kalau sudah lama nanti, siapa tahu dia iseng lagi.

Untuk harganya, saya beli yang ukuran 2,5 liter yaitu Rp299.000. Bisa sedikit berbeda ya harganya tergantung daerah masing-masing. Tapi bisa juga pesan online kok. 

Bagi teman-teman yang ada rencana mau cat tembok rumah, mau tembok luar, tembok dalam, atau cat furniture, saya sarankan memilih cat dari Nippon Paint karena ada banyak pilihan jenis cat sesuai kebutuhan, dan banyak pilihan warnanya.

Kalau masih bingung juga, bisa lho konsultasi dengan Customer Service melalui WhatsApp Care secara gratis di bawah ini. Bisa juga menggunakan layanan Colour Scheme Service untuk mendapat rekomendasi warna dari colourist Nippon Paint.

 


Nah, teman-teman punya pengalaman unik apa nih tentang cat tembok rumah? Atau sudah pernah pakai cat Nippon Satin Glo? Cerita di kolom komentar, ya.







  • Share:

You Might Also Like

8 komentar

  1. Wah keren nih ngecat sendiri mbak.

    Aku juga blm ngecat rumah nih, pengen pakai nippon satin juga, pilih warna pastel yg keliatannya adem hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pilihan warnanya juga buanyaaak banget, jadi bisa sesuai selera ^^

      Delete
  2. Menggunakan Nippon Paint memangnpilihan tepat untuk penggunaan cat baik interior maupun eksterior

    ReplyDelete
  3. Warnanya kalem ya. Cocok buat kamar. Nippon paint memang gak pernah mengecewakan soal warna. Bagus bagus

    ReplyDelete
  4. wah kebetulan banget ya, inikan mau lebaran, jadi kebiasaan satu tahun sekali nge cat rumah, gw biasanya cuma pilih-pilih warna yang gw suka aja, ga memikirkan apaw nya :D

    ReplyDelete
  5. Cat nippon paint emg dari dulu kualitas nya top. Apalagi dengan mengeluarkan warna baru, makin banyak pilihan untuk dinding rumah.

    ReplyDelete
  6. Keren mbaaa, dan ekonomis pula ngecat sendiri. Aku pengen bgt bisa kaya gini juga. Pengen bisa nentuin cat rumah sendiri, sesuai mood gitu. Gatau deh nanti gimana :)

    ReplyDelete
  7. suami juga kalo ngecat pakai nippon paint. trus kalo masalah warna pasti di pilih yang kalem. maklum rumah kami rumah tua.

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.