√ ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400), Laptop Impian Untuk Blogger Daerah yang Pantang Menyerah - Duduk Paling Depan

ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400), Laptop Impian Untuk Blogger Daerah yang Pantang Menyerah




Awalnya saya menulis blog hanya karena meneruskan tugas pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) sewaktu saya duduk di bangku SMA. Waktu itu guru saya bilang blog hanya sekedar jurnal online untuk berbagi informasi.

Nggak ada yang bilang kalau blog bisa menjadi "obat" bagi isi hati dan kepala yang sedang berkecamuk. Nggak ada yang bilang juga kalau dengan menulis blog bisa  menambah networking, bahkan blog bisa menjadi ladang penghasil pundi-pundi rupiah

Tinggal di lingkungan yang menganggap bekerja di instansi pemerintahan adalah pekerjaan paling ideal, membuat saya nggak punya banyak pilihan.

Tinggal di daerah membuat pekerjaan di industri kreatif terasa jauh dan tabu. Bagi mereka pekerjaan penulis (apalagi penulis blog), desainer, seniman, adalah pekerjaan orang-orang kota saja.

Sebagai anak yang berusaha membalas jasa orang tua, saya menurut saja. Apalagi setelah tercapai, kebanggaan itu terang-terangan mereka ungkapkan. 

Namun panggilan hati tetap tak terbendung. Saya tetap menulis meski kemudian hasil tulisannya mengendap di dalam folder laptop saja.





Tahun 2016 saya menikah dan mengikuti suami ke Kabupaten yang lebih kecil lagi daripada tempat tinggal saya sebelumnya. Dengan niat mengabdi, saya berusaha adaptasi tinggal di daerah ini. 

Di sini nggak ada Mall, atau tempat hiburan lain selayaknya di Kota. Jauh dari keluarga, sahabat juga nggak ada. Bayangkan betapa suntuk dan bingungnya saya.

Lalu saya terpikir untuk menulis blog. Awalnya saya anggap saja sebagai buku harian untuk mengabadikan momen cerita pernikahan dan kehamilan saya waktu itu. 

Ada rasa lega dan senang setelah satu postingan blog terbit. Membaca kembali rangkaian kata demi kata, dan foto-foto yang nggak lupa disematkan, membuat saya senang bisa mengabadikan kenangan. 

Nggak hanya menulis, saya juga mulai rajin ikut bergabung komunitas blogger di grup-grup Facebook. Saya juga mencari komunitas blogger dari daerah saya, Jambi, ternyata sedikit sekali apalagi yang berasal dari tempat tinggal saya sekarang, daerah Tebo. 




Dari grup-grup komunitas blogger tersebut saya jadi tahu ternyata event untuk blogger itu banyak. Selain diundang untuk hadir dan mendapatkan ilmunya, ternyata blogger dibayar untuk mengulas acara itu di blognya. 

Sayangnya event-event tersebut seringkali diadakan di kota-kota besar saja seperti Jabodetabek dan sekitarnya.

Pernah juga ada beberapa kali event yang diadakan di Jambi, tapi itu juga di kotanya. Sedangkan saya tinggal di Kabupaten yang jaraknya kurang lebih 5 jam dari kota.

Sedih banget rasanya karena saya sangat ingin ikut event blogger seperti yang saya lihat di tulisan teman-teman lainnya. Tapi saya sadar saya hanya blogger daerah.

Blogger Daerah yang Pantang Menyerah


Meski dengan kenyataan saya tinggal di daerah kecil dan minim kesempatan untuk ikut event blogger, itu nggak membuat saya berhenti menulis blog. Saya tetap menulis, apa lagi setelah pembaca mulai banyak berdatangan.

Saya senang ketika tulisan pengalaman saya bisa menjadi refrensi untuk orang lain, bahkan rasa haru menyelimuti hati ketika ada yang mengirim email atau pesan di Instagram yang mengatakan tulisan saya bermanfaat untuknya. 

Dengan sering membagikan pengalaman, ternyata membuat rezeki pun berdatangan. Ada tawaran job menulis untuk diterbitkan di blog ini. 




Mulai dari satu, dua, sampai sekarang setiap bulan selalu ada tawaran job tersebut. Meski nominalnya nggak selalu sama, saya bisa bilang sekarang blog ini menghasilkan penghasilan bulanan.

Ditambah dengan adanya pandemi Covid-19 ternyata ada hikmahnya juga untuk blogger daerah seperti saya. Banyak event yang kemudian dilakukan secara online melalui zoom meeting sehingga memungkinkan blogger dari seluruh Indonesia untuk ikutan.

Menulis Blog Membuka Banyak Jalan


Banyak banget manfaat dari menulis blog yang saya rasakan. Bukan lagi cuma sebagai wadah menuangkan isi kepala dan perasaan, tapi juga memberikan banyak pengalaman dan skill baru untuk saya. 

Misalnya dalam membuat konten di blog bukan cuma cara dan gaya menulis yang diperhatikan, tapi juga media pendukung seperti foto atau video.

Karena hal tersebut, saya jadi belajar juga cara ngedit foto, bikin desain grafis sederhana walau dengan bantuan Canva, belajar ngedit video walau baru bisa sebatas cut, transisi, masukin teks dan lagu. 

Karena banyaknya tawaran job blog yang sepaket dengan media sosial, saya juga belajar mempercantik media sosial saya dengan konten-konten story telling dan video pendek. 

Jadi belajar bikin script, belajar cara ambil gambar yang bagus, belajar editing, dan olah vokal untuk dubbing. 

Ternyata berawal dari ngeblog banyak skill baru yang saya pelajari, dan saya menyukai itu semua. 

Karena dengan bekal kemampuan tersebut saya jadi bisa bekerja sama dengan banyak brand. Dulu saya lihat iklannya di Televisi, eh sekarang jadi bisa ikut promoin di blog dan medsos. Nggak nyangka banget.




Bukan hanya cuan, manfaat yang saya rasakan dan paling menyentuh hati ketika ada pembaca yang meluangkan waktunya untuk menyapa saya via email atau DM Instagram. 

Hati terasa hangat saat mereka bilang tulisan saya memberikan mereka refrensi, inspirasi, bahkan membantu mereka menemukan solusi. 

Ada juga yang bilang terima kasih atas review produk yang saya tuliskan di sini, jadi mereka nggak merasa seperti beli kucing dalam kresek, hehe. 

Mengetahui bahwa hobi saya ini bisa bermanfaat buat orang lain, bikin saya semangat terus bikin konten. 

Bikin Konten Tetap Semangat Meski Ada Kendala yang Menghambat


Dengan banyaknya manfaat yang saya rasakan, bukan berarti nggak ada perjalanan duka dan air matanya juga. 

Salah satunya adalah jaringan. Untuk konten kreator, sinyal kencang itu ibarat salah satu modal utama. Sedangkan saya tinggal di daerah yang kalau hujan, sinyalnya ikutan hilang. 

Pernah ada deadline posting, tapi sinyal di rumah saya kacau banget akhirnya nongkrong di Wifi.id bareng anak-anak kuliah yang lagi nugas. 

Kendala perangkat juga ada, soalnya saya pakai laptop lama dari zaman suami saya bujangan, yaitu laptop ASUS a43s yang dibeli tahun 2013. Alhamdulillah masih awet sampai sekarang. 

Sayangnya spesifikasinya kurang memadai kebutuhan saya untuk bikin konten. Apalagi untuk edit foto dan video. Memang bisa pakai hp, tapi kalau edit di hp, kualitasnya jadi berkurang. 

Makanya saya mulai nyari-nyari lagi nih laptop baru yang bisa mendukung hobi dan pekerjaan saya sekarang. Pastinya dari merk ASUS karena sudah terbukti laptop sebelumnya masih awet. 

Dari hasil penelusuran Google dan nanya teman yang memang hobi gonta-ganti gadget, saya jadi kepincut dengan ASUS ZenBook 14X OLED (UX5400).

ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) Laptop Ultraportable yang Cocok Untuk Konten Kreator

asus oled


Mungkin teman-teman sudah tahu kalau ASUS merupakan produsen gadget yang terus berinovasi menyesuaikan kebutuhan masyarakat. 

Sekarang pekerjaan membuat konten atau disebut konten kreator jadi populer banget karena bisa memberikan inspirasi, edukasi, dan hiburan yang bisa dinikmati dalam genggaman. 

Nah, baru-baru ini ASUS meluncurkan ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) yang didesain elegan, ringan, ringkas, dan minimalis. Menyesuaikan kebutuhan konten kreator yang bisa bekerja darimana saja dan kapan saja. 

Sesuai namanya, ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) sudah menggunakan teknologi OLED (Organic Light-Emitting Diode) yaitu teknologi yang bisa menghasilkan cahaya atau gambar yang baik dan berkualitas tinggi.



Teknologi OLED juga bikin warna yang ada pada layar lebih keluar dan terlihat real. Nah ini cocok banget pas mau bikin desain grafis sederhana, sering banget saya harus menyesuaikan warna dengan brand sponsor. 

Kadang ngedit lewat hp warnanya sudah sesuai, eh pas lihat di laptop kok beda ya sama warna brand sponsornya. Dengan fitur HDR yang tersertifikasi oleh VESA, ASUS OLED mampu mereproduksi warna yang sangat kaya dengan color gamut mencapai 100% pada color space DCI-P3. Tingkat akurasi warna yang dihasilkan juga sangat tinggi dan sudah berstandar industri melalui sertifikasi PANTONE Validated Display.

ASUS OLED juga telah mengantongi sertifikasi low blue-light dan anti-flicker dari TรœV Rheinland. Artinya, layar Zenbook 14X OLED (UX5400) lebih aman untuk kesehatan mata dan nyaman digunakan.

Jujur ya sebagai sobat mata minus, hal tersebut jadi nilai plus. Karena meski takut minus mata nambah, namun pekerjaan di depan layar monitor ini adalah hal yang saya sukai, jadi nggak bisa dihindari. Alangkah bagusnya kalau ada teknologi yang membuat mata terasa lebih nyaman meski menggunakan laptopnya seharian.

Blogger Daerah Lebih Produktif Berkarya dengan ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400)

*tolong jangan salfok ke modelnya*


Saya butuh banget nih laptop yang set sat set, was wes wus, supaya nggak nunggu lama loadingnya dan perpindahan dari satu aplikasi ke aplikasi juga nggak ngelag kayak mantan yang ditagih utang. 

Nah, Laptop modern ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) sudah diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xแต‰ graphics yang bikin kinerja jadi lancar walau buka beberapa aplikasi berbarengan.

Jadi saya bisa buka browser untuk cari inspirasi, buka word buat nulis, buka aplikasi editing foto/video untuk bikin media pendukung tulisan atau untuk bahan konten di Instagram secara bersamaan tanpa takut tiba-tiba laptopnya hang atau mati. 

Sebagai konten kreator yang dituntut multitasking, ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) memiliki rasio layar 16:10 membuat ruang kerja semakin luas. Ditambah fitur touchscreen atau layar sentuh, jadi lebih gampang mengakses berbagai aplikasi dengan beberapa kali sentuhan saja.

Laptop yang memiliki ketebalan hanya 16,9mm dan bobot hanya 1,4Kg ini memiliki fitur ScreenPad™ 2.0 yang dapat berfungsi sebagai layar kedua yang dapat menampilkan aplikasi apapun. 





Melalui fitur App Switch, berbagai aplikasi dapat ditampilkan dari layar utama ke ScreenPad™ 2.0 dengan sangat mudah. Fitur ini dapat mempermudah pengguna Zenbook 14X OLED (UX5400) saat melakukan multitasking.

ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) juga dilengkapi memori berkapasitas hingga 16GB serta dibekali dengan penyimpanan berupa PCIe SSD yang memiliki performa tinggi serta kapasitas ekstra lega yaitu hingga 1TB.

Sebagai konten kreator, memang apa saja bisa kita jadikan konten. Sayangnya karena keterbatasan memori, saya terpaksa ngehapus-hapusin file yang sudah lama. Dengan ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) saya bisa nyimpan banyak footage buat diolah jadi konten tanpa rasa khawatir. 

Selain itu yang saya butuhkan baterai berkapasitas lebih besar. ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) kini memiliki daya tahan baterai yang lebih panjang yaitu yaitu 63WhrDitambah dengan fitur fast charging dengan kemampuan pengisian baterai hingga 50% dalam 30 menit.

Kemudian sebagus apapun konten yang dibikin, kalau nggak dipublikasikan akan percuma. Di sini letak konektivitas dan jaringan sangat berperan.

ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) mengandalkan WiFi 6 yang tertanam di dalamnya. Berbeda dengan WiFi generasi sebelumnya, WiFi 6 memberikan kecepatan transfer data yang lebih tinggi dan stabil sehingga memastikan pengguna Zenbook 14X OLED (UX5400) dapat selalu terkoneksi ke internet dengan mudah dan nyaman.




Rasanya akan sangat membantu untuk mengunggah konten yang berkapasitas besar seperti video Youtube. Karena saya memang sudah lama ingin produksi konten Youtube juga. 

Selain nulis, saya juga suka banget sama public speaking. Dulu saya suka nge-MC, nggak ada duitnya pun akan saya tetap lakoni. Tapi sekarang profesi itu nggak terlalu memungkinkan, jadi bikin vlog atau podcast di Youtube bisa menyalurkan hobi ngomong saya. Lebih baik begitu kan daripada cuma dipakek buat ngomelin suami, hehehe.

Saya yakin produktifitas sebagai konten kreator nggak cukup hanya mengandalkan kreatifitas dan semangat saja. Kita tetap butuh "senjata" yang mumpuni agar konten yang dihasilkan makin berkualitas. 

Semakin produktif berkarya, semoga semakin banyak orang-orang yang merasakan manfaatnya. 

Semakin banyak yang mengapresiasi, tentu blogger daerah seperti saya akan semakin semangat bikin konten. 

Karena saya yakin kebermanfaatan itu seperti lingkaran, akan kembali kepada yang suka berbagi. 

Nah, teman-teman sendiri ada yang punya pengalaman suka duka juga sebagai blogger atau konten kreator yang tinggal di daerah kecil nggak? Pengen juga nggak nih punya ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400)? Cerita di kolom komentar, ya.


“Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) Writing Competition"










Get notifications from this blog

37 comments

  1. Nah, gak boleh menyerah walaupun blogger daerah tetep keren pastinya. Semangat untuk konsisten ngeblog, harus punya laptop yang memadai tentunya. Asus bisa jadi andalan nih, keren lagi!

    ReplyDelete
  2. Pengen banget meminang Zenbook ini karena mendukung layar OLED. Layar OLED biarpun dalam kecerahan rendah, tetap nyaman di mata. Juga aman untuk mata karena ada fitur khususnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener mas, apalagi buat sobat mata minus pasti sangat membantu.

      Delete
  3. Blogger Bungo juga ngerasain ๐Ÿคญ

    ReplyDelete
  4. Mba laptop aku pakai ASUS juga modal nabung dari job ngeblog. Tapi baca ini jadi pengen ganti laptop baru ke ASUS Zenbook. Soalnya Asus laptop aku ini mulai ketinggalan dan casannya mulai rusak. Semoga nanti ada rezeki buat beli laptop ini ya hihihi ๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kelihatan hasilnya dari ngeblog ya bun. Amiin, semoga makin banyak jobnya ^^

      Delete
  5. Saluuut sih Ama bloggers daerah yang tetep aktif ngeblog nya, apalagi kalo ada yg sampe datang ke acara2 event mba. Aku yg di Jakarta aja malah belum pernah ikutan ๐Ÿ˜…..

    Asus ini bikin galau sih, banyak banget serie yg bagusnya.. kebetulan aku lagi banyak baca review ttg Asus, secara laptopku juga udah waktunya ganti. Lemot puoooool saking udah tua ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ. Makanya lagi nyari testimoni dari temen2 ttg laptop Asus yg keluaran baru ini. ๐Ÿ˜Š.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayok mba beli ASUS OLED ini hihihi *ngeracun.

      Iya nasib nih di daerah kecil. pengen banget ikut-ikut event offline.

      Delete
  6. ASUS Zenbook 14X OLED ini keren sekali yaa untuk menunjang karir blogger dan content creator

    ReplyDelete
  7. Adikku kebetulan baru beli laptop asus juga dan gila sihh bagus banget dari segi layar, ukuran, kecepatan, dll.. dan yang paling penting, harganya masih masuk akal sih! Keren!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalau harga sesuai dengan spesifikasi jadi puas juga makeknya ^^

      Delete
  8. Suka duka jadi konten kreator yang deket Jabodetabek tapi nggak pernah bisa ikut event offline karena tempatku transportasi umumnya tidak memungkinkan itu rasanya nyesek Kak. Kalaupun ada alat transportasi pribadi, biaya perjalanannya buat datang ke event offline tuh ga cocok dengan cuan yang didapat. Jadi kalau ada event offline ya mundur teratur saja. Hehe

    Btw aku juga lagi penasaran sama Asus Zenbook 14 OLED ini loh Kak. Soalnya selain Asus Zenbook 14 OLED ini mendukung pekerjaan kita, ternyata laptop di rumah juga sudah minta pensiun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya saya juga pernah ikut event di kota lain sangking ngebetnya, untung dapat hadiah smartphone jadi balik modal lah ongkosnya, hehee.

      Delete
  9. Keren banget ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) ya mbak. Pasti makin mudah banget dan bisa lebih puas membuat konten dengan laptop ini ya mbak. Pengen juga memilikinya uy..

    ReplyDelete
  10. Sesama blogger daerah saya mendukung banget tuh Kak. Emang kita perlu peralatan canggih yang bisa menunjang semua aktivitas kita ya terutama dalam dunia blogging.

    ReplyDelete
  11. Daku juga merasakannya kak, dengan menjadi blogger banyak manfaatnya. Apalagi dapat ilmunya itu, bisa beragam, makanya buat menunjang memang perlu laptop andal ini

    ReplyDelete
  12. Biar ngeblog makin semangat dan gak banyak yang eror, kita memang perlu peralatan keren seperti laptop ASUS Zenbook 14X Oled.

    Semangat bikin konten, semangat pula untuk menghasilkan cuan. Hahaha.

    ReplyDelete
  13. makin kesini produk laptop ASUS makin jos yah spesifikasinya dengan model-model yang menarik

    ReplyDelete
  14. Baterai yang bandel dan tahan lama memang jadi salah satu pertimbangan waktu memilih laptop ya.ASUS menjawabnya ya

    ReplyDelete
  15. blogger daerah juga bisa unjuk keahlian bahkan lebih unggul bisa jadi. Didukung dengan niat dan kemauan juga sehingga tujuan kita untuk ngeblog bisa tercapai

    ReplyDelete
  16. ASUS ini emang mumpuni kecanggihannya, buat nulis di blog aku juga mau dong punya ASUS

    ReplyDelete
  17. laptop asus ini termasuk awet banget yaa. punya suamiku juga laptopnya asus alhamdulillah masih bagus walau kemarin sempat harus ganti hard disk. kalau ada rezeki sebenarnya saya pengen ganti laptop juga nih dengan asus yang lain

    ReplyDelete
  18. ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) makin keren ya, apalagi dengan SSD performa pastinya makin cepat dan kerja makin produktif

    ReplyDelete
  19. Wah keren mba, blogger daerah tp jobnya banyak, etapi aku kalau masih tinggal di daerah blm tentu loh kaya sekarang hahhaa, blm tentu sampai ke dunia blogging, padahal aku mah kenal blog dr jaman kuliah karna dulu ada matkul pemrograman web, itu isinya blogging semua, tp trs aku anggurin aja blognya.

    Ahhh Asus ini bikin galau, aku dari dulu pake Asus juga mba tp laptopku udah jadul, pengen ganti, semoga segera terbeli yg baru.

    ReplyDelete
  20. Wah Mba tinggal dimana? Aku dulu tahhun 2018 juga ngikutin suami pindah-pindah sebulan ke kota-kota kecil. Padahal kami orang Jakarta haha. Seru sih ya. Memang jadi blogger itu kayak menembus batasan banget

    ReplyDelete
  21. wah bikin mupeng juga ya kak. sebagai pengguna asus juga saya ingin upgrade rasanya XD

    ReplyDelete
  22. Salam kenal ya mba sesama bloger daerah, saya dari Bangkalan Madura. Memang jadi bloger daerah jangan mau kalah, harus siap tahan banting dengan berbagai kendala kerja. Penting banget punya gadget yang unggul dan bisa bikin kerja sat set sat set, hehehe.

    ReplyDelete
  23. blogger daerah juga tidak kalah dari blog ibukota yaa, apalagi ngeblognya pakai piranti keren seperti laptop asus zanbook 14x oled ux5400

    ReplyDelete
  24. Alhamdulillah, sekian lama ga mampir kesini. Masih inget aku gak kak? Haha pasti lupa.
    Dah lama banget gak buka dunia blogger, cuma mantau2 dikit liat adsen ga gajian2 ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ
    Semoga sehat selalu ya kak, tambah sukses aminn

    ReplyDelete