√ Tahapan Perawatan Ekstra untuk Panel Listrik - Duduk Paling Depan

Tahapan Perawatan Ekstra untuk Panel Listrik

 

Tahapan Perawatan Ekstra untuk Panel Listrik  sewatama

Menurut laporan yang dimuat di dalam jurnal kelistrikan internasional ditemukan fakta bahwa ternyata perawatan preventif yang tidak dilakukan secara maksimal akan meningkatkan kegagalan kinerja komponen listrik hingga 3 kali lebih besar. Panel listrik seperti yang dijelaskan di Sewatama memainkan fungsi penting untuk distribusi aliran listrik dari PLN. Ketika panel listrik dibiarkan tidak dirawat rutin, maka hal tersebut akan menimbulkan kerusakan lebih lanjut.

Panel listrik harus melalui beberapa tahapan perawatan yakni perawatan berkala serta perawatan ekstra. Perawatan ekstra hanya dilakukan ketika ditemukan suatu anomali atau kejanggalan pada panel listrik tersebut. Apabila anomali menyebabkan kegagalan kinerja panel, maka perawatan ekstra berikut adalah langkah yang harus ditempuh.

Panel Listrik Terbakar

Apabila panel listrik mengalami kebakaran pada bagian komponennya, maka teknisi bertugas untuk membersihkan komponen area yang mengalami kebakaran. Selanjutnya teknisi bertugas untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh secara visual terhadap area perangkat, bar dan komponen isolasi.

Aliran Listrik Dimatikan

Ketika terjadi masalah kegagalan pada panel listrik, maka hal pertama yang harus dilakukan oleh teknisi adalah mematikan aliran listrik ke dalamnya untuk sementara. Selain bertujuan mencegah konsleting listrik, teknisi juga akan memeriksa ketahanan pada insulasi komponen panel listrik.

Efisiensi Perangkat

Efisiensi perangkat panel listrik dalam mengalirkan aliran listrik dari PLN menuju beban listrik tentu dapat berubah sewaktu-waktu. Ketika efisiensi perangkat menurun maka hal tersebut bisa menyebabkan gangguan dalam distribusi aliran listrik menuju beban pemakaian. Untuk itulah teknisi akan melakukan pengecekan terhadap efisiensi perangkat.

Penggantian Komponen

Bagian ini adalah bagian paling penting dalam tahapan perawatan ekstra panel listrik. Ketika komponen sudah tidak dapat digunakan, maka teknisi akan mengganti spare partnya.

Untuk membantu Anda melakukan perawatan rutin terhadap komponen kelistrikan, PT Sumberdaya Sewatama power service solution menawarkan berbagai layanan jasa kelistrikan untuk Anda. PT Sewatama telah lebih dari 27 tahun yang lalu berkecimpung dalam bidang industri kelistrikan mulai dari jasa sewa generator set, konstruksi pembangkit tenaga listrik hingga jasa teknisi dan konsultasi. Puluhan tahun berkiprah di bidang industri listrik telah membuktikan kualitas PT Sewatama.

Get notifications from this blog

New comments are not allowed.