CP

Mengapa Harus Menggunakan Colocation Server?

By dudukpalingdepan - 12:00:00 PM


Colocation Server
Source : nexdatacenter

Ketika kamu terjun di dunia bisnis dengan basis infrastruktu TI, atau memang berhubungan erat dengan sistem teknik informatika, kamu tentunya harus mengenal berbagai macam istilah yang ada. Hal ini bukan hanya untuk agar kamu memahami, tetapi juga apa yang akan kamu lakukan menjadi langkah yang tepat. Salah satunya adalah dengan menggunakan colocation server.

Apa yang dimaksud dengan colocation? Merupakan sebuah wadah atau tempat yang digunakan oleh para pemilik data untuk menyimpan server di data center orang lain. Biasanya, data center ini yang bukan dikelola oleh personal, melainkan oleh penyedia layanan jasa. 

Jadi, penyedia jasa ini yang nantinya akan mengurus server baik dari sistem maupun hardware yang diperlukan. Hanya saja. Jika terjadi kerusakan, pergantian hardware bukan menjadi tanggung jawab penyedia.

Server ini memiliki beberapa jenis, di antaranya Half Rack, Full Rack, dan Per U. Untuk jenis ini pun dibagi menjadi dua model untuk penyimpanan server. Yaitu di dalam rack dan juga kabinet. Untuk pemilihan model ini pun tergantung dari keperluan penyewa.  Karena keperluan penyewa pun terbilang berbeda-beda. Ada yang cukup meski hanya dengan rack, tetapi ada pula yang memerlukan kabinet agar keamanan lebih terjamin. 

Untuk pemilihan ketiga jenis di atas pun sama, tergantung dari kebutuhan si penyewa. Jika memang mempunyai banyak server yang harus disimpan, maka harus menggunakan Full Rack agar cukup saat dipakai. Sebaliknya, jika hanya memiliki sedikit server, penyewa hanya harus menyewa Per U, agar lebih efektif dan efisien. 

Meski kebanyakan penyedia server ini dengan biaya yang ekonomis atau murah, tentu kamu harus tetap memilih. Jangan sampai mendapatkan harga yang murah dengan kualitas yang tidak bagus. Sebagai penyewa, kamu ingin mendapatkan server yang aman agar data-data penting tidak direbut orang lain atau pihak ketiga. 

Maka dari itu, perhatikan penyedia jasa layanan dengan saksama. Agar mendapatkan biaya yang ekonomis dengan kualitas yang bagus, kamu bisa mengunjungi nexdatacenter.com. Lalu, mengapa harus memilih colocation server?

Layanan Server Non Stop

Saat memilih untuk menggunakan server ini, kamu akan merasa lebih maksimal karena layanan yang ditawarkan 24 jam dalam seminggu yang artinya non stop, tidak berhenti. Ditambah lagi, kamu tidak perlu mengontrolnya sepanjang waktu, biarkan sistem bekerja sendiri. Jika nantinya ada kejanggalan yang terjadi, kamu tidak perlu khawatir karena sistem akan memberikan laporan saat ada gangguan. Dengan begitu, gangguan tersebut akan segera diperbaiki.

Tidak Memerlukan Tim TI Sendiri

Ketika kamu memutuskan untuk menggunakan penyedia layanan ini, kamu tidak perlu mengkhawatirkan mengenai pengelolaan, memelihara, dan merawat server. Karena semua fasilitas itu sudah ditanggung oleh penyedia jasa. Kamu hanya perlu mengontrol rutin beberapa waktu sekali. Dengan begini, kamu tidak perlu merekrut tenaga kerja ahli TI lagi. Sehingga, akan menghemat biaya.

Tidak Perlu Meng-upgrade Server

Setiap sistem sudah sewajarnya jika melakukan upgrade. Hal ini dikarenakan agar sistem yang kamu miliki tidak tertinggal zaman dan teknologi yang semakin maju. Jika tertinggal teknologi yang semakin canggih, maka bisnismu tidak akan berkembang. Namun, kamu tidak perlu khawatir akan merasa direpotkan oleh upgrade sistem ini, karena pihak dari penyedia layanan yang akan melakukannya.


Tidak Ketergantungan Pada Penyedia Hosting

Keuntungan yang akan dirasakan oleh penyewa adalah tidak ada keterbatasan dan ketergantungan pada penyedia hosting. Jadi, jika ingin menginstal software lain di sistem, kamu akan dengan bebas melakukannya.

Jangan lupa untuk mengunjungi situs resmi NEX di nexdatacenter.com  jika ingin menyewa colocation. Situs yang akan memberikan informasi-informasi lebih lanjut mengenai istilah yang ada pada infrastruktur TI.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar