CP

3 Langkah Cerdas Memilih Oli Motor Matic Terbaik

By dudukpalingdepan - 8:00:00 PM


Motor matic sekarang banyak banget dipakai baik laki-laki mau pun perempuan. Memang bisa dibilang motor matic lebih mudah digunakan apa lagi untuk pemula. Ibaratnya tinggal mainin gas tanpa harus tranmisi manual dan kopling. 

Saya juga pakai tentunya, selain tinggal gas, space di bawah kaki lumayan banget untuk taruh barang apa lagi belanjaan. Eits, tapi sebagai pemakai kendaraan bermotor, sebaiknya kita jangan cuma tahu mengendarai tapi juga tahu cara merawatnya. 

Tentu kita semua tahu bahwa oli merupakan salah satu komposisi terpenting yang harus diperhatikan ketika kita memiliki kendaraan bermotor, apalagi kendaraan matic. 


Karena oli motor matic memiliki jenisnya sendiri yang berguna untuk melumasi mesin yang bekerja agar lebih lancar dan tidak mengalami penggesekan secara langsung. 

Selain itu, oli sendiri sangat berguna agar mesin yang ada pada motor tetap bersih dari kotoran sehingga tetap sejuk meskipun digunakan berkendara dalam waktu yang lama. 

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Oli Untuk Motor Matic

pic : pixabay

Maka dari itu, pemilihan jenis oli yang akan digunakan harus diperhatikan dengan benar. Apa saja langkah yang harus diperhatikan? Berikut penjelasannya.

1. Sesuaikan oli motor matic yang dipilih dengan rutinitas

Sebelum memilih jenis oli motor matic apa yang akan dipilih, penting untuk mengamati terlebih dahulu jenis rutinitas apa yang sering  dilakukan dengan motor matic tersebut. 

Apakah hanya rutinitas biasa sekedar bolak-balik tempat kerja tanpa macet dan jarak tempuh yang jauh, atau justru sebaliknya. 

Jika kita memiliki jenis rutinitas yang berat seperti melewati lalu lintas yang padat, maka akan membuat mesin motor menjadi semakin memanas dengan cepat. Untuk itu ada baiknya jika memilih oli motor matic yang memiliki kandungan zat aditif, sehingga dapat mengurangi panas yang ada di mesin motor.

2. Periksa kekentalan oli yang akan dipilih

Jenis kekentalan pada oli motor memang berbeda-beda, tetutama antara jenis motor bebek, motor sport, dan juga motor matic. 

Untuk motor jenis matic sendiri, mereka membutuhkan oli dengan jenis kekentalan yang tepat. Salah satu jenis oli motor matic yang bisa dipilih adalah oli API SL (Standart American Petroleum Institute) L. 

Jenis oli yang satu ini akan membuat performa mesin motor matic yang kita gunakan semakin kuat apalagi jika digunakan untuk jarak jauh. Gesekan yang dibutuhkan oleh mesin akan semakin banyak intensitasnya. Sehingga dengan pelumas yang berkualitas, pasti gesekan yang terjadi tidak akan mudah merusak mesin motor itu sendiri.

3. Selalu pastikan kualitas dari jenis oli yang dipilih

Dalam memilih jenis oli motor matic, ada baiknya jika kita berhati-hati dengan penawaran-penawaran produk oli yang hanya memberikan janji manis saja.

Jangan sampai karena embel-embel harga yang murah, kita mudah tergiur dengan produk oli tersebut tanpa memperhatikan kualitasnya. Kita harus benar-benar memeriksa kualitas oli, berdasarkan pengalaman atau testimoni yang dimiliki oleh diri sendiri atau orang lain. 

Karena terkadang, informasi dari sesama pengguna sangatlah penting untuk menambah pengetahuan sebelum menggunakannya. Jangan lupa pula untuk mencari informasinya terlebih dahulu sebelum memastikan oli yang akan dipilih.

Pastikan juga untuk membaca komposisi dan fungsinya, sehingga kita bisa memastikan bahwa oli motor matic yang dipilih apakah benar-benar berkualitas atau hanya sekedar iklan belaka. 

***
Bagaimana? Apakah masih merasa bingung untuk menentukan jenis oli yang akan dipilih untuk motor matic kesayangan kalian? Jika masih bingung, maka teman-teman bisa mencari rekomendasinya di situs otomotif agar bisa mendapat pengetahuan untuk merawat kendaraan yang dimiliki. 

Nah, Bagi teman-teman yang sedang mencari rekomendasi oli untuk motor matic, langsung saja klik oli motor matic berkualitas. Dijamin informasi yang diberikan akan lebih lengkap, edukatif, dan mudah dipahami. 

Tambahan tipsnya, jangan lupa ketika melakukan pengisian oli, harap gunakan prosedur yang baik dan benar agar manfaat yang terkandung di dalam oli yang sudah anda pilih bisa bekerja dengan baik demi kenyamanan selama berkendara.

Semoga artikel ini bermanfaat ya.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar