Mudahnya Membuat Personal Website Untuk Personal Branding Dengan Paras.id

By dudukpalingdepan - 3:46:00 PM


Beberapa teman saya sempat heran dan bertanya kok bisa saya dapat job endorse di media sosial dan blog? Soalnya followers saya di IG saja masih tiga ribuan, kalah banyak dengan followers anak SD yang doyan tiktok. Saya nggak tersinggung kok dengan keheranan mereka, malah saya semangat untuk menjelaskan. Siapa tahu mereka bisa mengikuti langkah saya untuk menghasilkan uang dari media sosial. 

Jawaban yang pertama tentu karena saya sering berburu job, baik itu dari grup-grup Facebook maupun situs-situs agency. Tapi sebelum saya mendapatkan job yang saya lakukan adalah sibuk membangun personal branding. Sehingga brand/agency bisa mempercayakan saya untuk mempromosikan produk/jasa mereka.


Mengenal dan Membangun Personal Branding


Source : Freepik

Personal branding adalah citra diri yang dibangun oleh seseorang tentang apa dan bagaimana ia ingin dikenal. Sederhananya, kalau kita ingin dikenal sebagai penulis berarti sebagian besar kegiatan yang kita tunjukkan ke depan banyak orang baik di dunia nyata maupun di dunia maya, adalah yang berhubungan dengan dunia tulis menulis. 

Begitu pula yang saya lakukan sejak tahun 2017, saya mulai mengubah biodata di semua medsos saya dan mengisi kolom profesi dengan sebutan Bloger. Saya mulai membagikan hal-hal yang menurut saya bermanfaat melalui tulisan di blog dan media sosial. 

Saya juga mengikuti orang-orang dengan minat yang sama di berbagai media sosial. Saya juga sudah bergabung dengan beberapa komunitas blogger baik online maupun komunitas regional di daerah saya. 

Itu semua saya lakukan demi membangun personal branding, sehingga lama kelamaan orang semakin tahu bahwa saya adalah seorang Bloger. Nggak jarang ada teman yang memulai usaha baru, lantas menghubungi saya untuk membantu mempromosikan produknya melalui tulisan di blog atau media sosial. 

Jadi, memang membangun personal branding itu nggak bisa dibangun dalam waktu yang sebentar. Semuanya butuh proses sampai orang-orang yakin bahwa kemampuan kita dapat diandalkan.

Beberapa Hal yang Harus Disiapkan Untuk Membangun Personal Branding


Dulu mungkin kartu nama adalah hal wajib yang harus dimiliki jika seseorang ingin membangun personal branding. Tapi seiring berjalannya waktu, kartu nama dianggap repot dan kurang efisien karena berbentuk fisik dan sering kali kemudian berakhir di tempat sampah orang lain. 

Untungnya pada era digital seperti sekarang, membangun personal branding tidak harus dengan kertas cetak. Melainkan memanfaatkan media sosial dan personal website. 

Berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan jika ingin membangun personal branding di era digital :

1. Miliki dua-tiga akun media sosial dengan nama yang sama, sehingga ketika berbeda platform sekalipun orang akan tetap mengenali kalian dari nama akun tersebut. 

2. Jangan lupa isi biodata sesuai dengan personal branding yang kamu inginkan, dan cantumkan kontak yang bisa dihubungi jika ada yang ingin mengajak kerja sama. 

3. Rajin interaksi dengan teman/followers.

4. Rutin update konten media sosial dengan tema yang disukai secara konsisten.

5. Miliki personal website untuk menghubungkan semua akun media sosial yang kalian miliki.

Poin 1,2,3 pasti mudah untuk dilakukan. Sedangkan poin 4 memang butuh perhatian khusus dan konsistensi. Nah, poin 5 ini yang sering dikeluhkan teman-teman yang baru memulai membangun personal branding-nya. Selain susah, banyak yang mengira membuat personal website itu juga mahal. 

Buat Personal Website Mudah dan Gratis Dengan Paras.id


Nggak usah khawatir dan bingung untuk membuat personal website, khususnya bagi pemula yang baru mulai membangun personal branding. Melalui website www.paras.id kalian bisa membuat situs pribadi hanya dalam waktu satu menit. Jadi, kalau teman-teman bisa membuat akun medsos, pasti bisa membuat personal website di Paras.id.

Untuk lebih jelasnya bisa simak langkah-langkah di bawah ini ya :









Mudah banget, kan? Tampilan temanya juga menarik, simple, dan loading-nya cepat. Selain itu personal website yang kita miliki sudah aman karena otomatis menggunakan "https". Dengan begini jika ada yang bertanya tentang profesi/keahlian kalian lebih lanjut, berikan saja link personal website yang sudah dibuat di Paras.id. 

Jika teman-teman ingin melihat personal website saya bisa langsung kunjungi https://ennyluthfiani.paras.id/ 

Setelah semua "perangkat" untuk personal branding siap, yang harus dilakukan adalah rajin mengunggah konten sebagai portofolio yang bisa menjadi pertimbangan klien untuk mengajak kerja sama. Memang di awal mungkin rasanya susah, tapi selalu ingat bahwa hasil berbanding lurus dengan giatnya usaha. 

Semoga bermanfaat ya. Kalau ada yang mau ditanyakan, atau mau sharing terkait personal branding yang sudah teman-teman lakukan selama ini, jangan segan untuk menuliskannya di kolom komentar.









  • Share:

You Might Also Like

21 komentar

  1. Waaaaah,keren yaaaa. Baru tahu saya ini mba. Itu bisa masukin alamat blog kita juga gak sih? Atau khusus medsos aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang masih medsos aja. Tapi alamat blog bisa kita cantumkan di profil kok.

      Delete
  2. Akun paras.id ini sebenarnya buat apa kak? Apakah semacam Kompasiana atau kayak Facebook??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan, semacam profil singkat kita dalam bentuk personal web yang bisa ngelink ke semua medsos kita.

      Delete
  3. Baru tau ternyata ada situs baru untuk bikin personal website. Kayaknya paras.id ini mirip dengan wix ya kak? Memang sih personal branding ini penting banget, apalagi bagi kita para pekerja di dunia sosial media. Berbagai hal mengenai kita dipantau di dunia maya dan kalau kita bisa memberikan personal branding dengan bagus, job akan berdatangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pernah dengar tentang Wix, tp belum pernah coba. Iya, personal branding tuh penting banget, terutama bagi yang cari uang di dunia digital.

      Delete
  4. Harus sering upload postingan bisa juga ya kak? Kaya posting link url blog terbaru tentunya

    ReplyDelete
  5. Thanks ya kak infonya. Aku juga mau nyoba ntar di paras .id

    Semoga cepat terbangun personal branding yang baik nanti

    ReplyDelete
  6. Owh ini spesial buat membangun personal branding ya, mirip nama majalah kirain hehe... Mau juga ah buat paras.id. Tfs yaa Mbak enny

    ReplyDelete
  7. Wow keren paras.id , baru tau kalau ada web buat personal branding yang ciamik. Siap di coba

    ReplyDelete
  8. Wah, template yang dipilih Mbak Eni di paras.id bagus sekali, ya. Bersih dan elegan. Saya suka....

    Ah, andai saya ada lebih banyak waktu, pengen ikutan bikin. Saat ini saya hanya berani pegang 1 blog saja. Yang lain meski tld terpaksa saya anggurkan dulu.

    Ayo... bikin blog di Paras... Jangan kayak saya yang malas dan cuma puas di 1 blog saja.

    ReplyDelete
  9. Wah baru tau kak ada personal website di paras.id. Btw untuk link Emailnya bukan link hidup ya kak? Terima kasih ya kak untuk infonya ..

    ReplyDelete
  10. Menarik nih paras(dot)id ini. Namanya juga kece, orang pengen nyoba juga. Termasuk aku...Personal branding sebagai blogger perlu nih. Apalagi jumlah blogger makin banyak...

    ReplyDelete
  11. Apalah aku yang jarang update konten di medsos mba huehehe. Penting ya padahal buat personal branding. Waah aku baru tahu ada website paras.id ini, jadi pengen nyoba bikin . Makasih infonya :)

    ReplyDelete
  12. Trims infonya kak, ingatan saya langsung ke majalah paras, padahal ini beda ya. Keren mbak habis ini mau bikin akun disana juga ah

    ReplyDelete
  13. Saya tuh baru dengar ini lho mba ttg paras.id. Makasih ya mba, nanti saya pelajari lagi.

    ReplyDelete
  14. Bagus juga ini kalau dijadiin laman portofolio

    ReplyDelete
  15. paras.id ya? Wah, baru tau saya. Ini nanti isinya semacam curriculum vitae kita dalam bentuk narasi atau gimana,Mbak?
    Hadeh, saya nanya mulu sebelum coba nih. maapkaan.hehehe...

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.