Liburan Seru Sehari di Bungo

By dudukpalingdepan - 9:25:00 PM


Libur akhir tahun kemarin pada kemana nih? Saya sendiri cuma bisa libur satu hari, pas ditanggal merah hari raya Natal tanggal 25 Desember. Soalnya karena kerja di Lapas, kami nggak boleh cuti karena akhir tahun memang masa-masa rawan. 

Tapi meski cuma sehari, saya happy juga kok. Karena justru keluarga saya yang datang dan kita mutusin untuk liburan sama-sama di Bungo. Bungo ini salah satu kabupaten yang cukup maju di Provinsi Jambi. Jaraknya satu jam dari tempat tinggal saya di kab.Tebo, dan sekitar 5-6 jam dari kota Jambi. 

Nah, kalau teman-teman suatu hari nanti kebetulan lagi main atau ada urusan kerjaan di kabupaten Bungo, berikut rekomendasi tempat wisata dan kuliner seru yang bisa dinikmati di sana. 

1. Staycation di Amaris Hotel

Sebenarnya di Bungo ada banyak hotel, tapi yang terkenal dan bisa dibooking melalui berbagai situs Online Travel Agent (OTA) ya Amaris Hotel ini. Apa lagi kemaren saya dapat diskon 12% di aplikasi Pegipegi. Lumayan banget jadinya bisa dapat harga normal saat peak season. 

mama saya dan cucu-cucunya

riwehnya foto bareng bocil

Ini juga bukan pertama kali sih saya dan keluarga menginap di sini. Saya suka karena lokasinya strategis, di tepi jalan besar. Di kawasan Amaris Hotel ini juga banyak street food kekinian. Kalau malam pasti rame karena banyak yang jajan dan nongkrong. 

Pelayanannya juga ramah dan cepat. Untuk makanan ya standar hotel aja sih. Terus ada kolam renang yang pastinya jadi incaran anak dan ponakan saya untuk berenang. Review lengkapnya pernah saya tulis di postingan di bawah ini ya. 


2. Makan Pempek di Olivia


Sebagai orang Sumatera, apa lagi mama saya orang Palembang, kami akrab banget dengan kuliner yang terbuat dari bahan baku ikan ini. Bahkan kalau saya disuruh milih makanan pokok kedua selain nasi, saya pasti menjawab pempek atau tekwan.


Di Bungo ada satu gerai pempek yang memang terkenal kualitas rasanya. Tiap ke sini pasti rame. Padahal tempatnya juga biasa aja, ruko dengan meja kayu dan kursi plastik, serta kipas angin sebagai penyejuk udara. Letaknya juga bukan di jalan raya besar, tapi masuk lagi ke dalam.



Pempek campur di Olivia ini ada berbagai macam. Mulai dari lenjer, kulit, keriting, adaan, dan tahu. Ikannya kerasa banget, teksturnya juga lembut dan kenyal. Paling penting makan pempek itu sama kuah cuka (cuko) yang rasanya di sini asam dan pedasnya pas.

Selain pempek, di sini juga ada tekwan, lenggang, dan otak-otak yang semuanya juga enak. Terus yang juga wajib dipesan di sini adalah es kacang merah dan es campurnya. Rasa manisnya nggak bikin eneg, kacang merahnya juga lembut dan creamy. Ditambah dengan tape, cendol, cincau, hmmmm seger. Semangkok harganya sepuluh ribu dengan isian yang melimpah. Jadi kalau nggak sanggup ngehabisin, mending pesan setengah porsi aja ya.

Alamat Pempek Olivia : Jl. Lebai Hasan, Batang Bungo, Pasar Muara Bungo, Batang Bungo, Ps. Muara Bungo, Kabupaten Bungo, Jambi 37211


3. Main-main di Taman Pusparagam

source : Tribun
Di taman ini memang nggak banyak aneka bunga warna-warni yang cantik untuk selfie. Paling hanya tanaman rimbun dan pohon-pohon, serta air mancur. Tapi ini jadi salah satu tempat favorit masyarakat Bungo. Soalnya di sini banyak permainan anak kayak melukis dengan cat warna, pasir kinetik, odong-odong, mobil-mobilan, tembak-tembakan, dan mancing bola/ikan. Jadi bawa anak-anak kesini pasti mereka senang.



Selain itu di sekeliling area taman dipenuhi dengan pedagang makanan dan minuman. Mulai dari mie ayam, bakso, siomay, nasi goreng, ayam goreng, pisang crispy, molen, martabak, roti bakar, es tebu, es kelapa, dan masih banyak lagi *udah kayak satpol pp aj sih pakek ngabsen pedagang kaki lima*. 


4. Kulineran di Saoenk Kito


Namanya jalan-jalan keluarga pasti makan-makan terus dong. Saya ngajakin keluarga ke tempat makan favorit saya yaitu Saoenk Kito. Konsepnya restoran sunda dengan interior bambu dan kayu. Ada yang lesehan, ada juga yang meja kursi biasa. Menu di sini banyak, mulai dari ikan nila, ikan lele, ayam, cumi, udang, dan daging sapi. Ada yang dimasak pedas, asam manis, telur asin.

Sudah banyak menu yang saya coba di sini dan hampir semuanya enak, kecuali cumi yang rada alot. Untungnya keluarga saya juga suka sih. Di bagian depan dan restoran ini juga ad kolam ikan. Jadi anak-anak bisa ngelihat dan kasih makan ikan juga.


Pelayanan di sini juga cepat dan ramah. Harganya standar resto lah, tapi masih sesuai kok dengan rasanya. Malah ketika saya ke sini lagi pas tahun baru kemarin itu penuh banget dan pramusajinya sampai kewalahan sangking ramenya.

5. Main Bebek-Bebekan di Taman Angso Duo

Angso Duo memang jadi ikon di Provinsi Jambi, jadi bukan cuma taman yang namanya Angso Duo, tapi juga sebagai nama pasar dan jalan. Nah, di taman yang saya datangi ini, ada beberapa tugu yang dibuat sesuai dengan ikon-ikon provinsi Jambi. Ada tugu ikan tapa, keris siginjai, serta tugu bunga raflesia yang diapit dua angsa.



Tamannya cukup asri dan instagramable. Cuma sayangnya kurang terawat. Ada beberapa permainan anak yang sudah rusak dan teronggok begitu saja. Petugasnya juga nggak standby di pintu masuk, tapi pas kami lagi asik foto-foto, do'i nongol entah dari mana dan nagih duit tiket masuk, 3ribu untuk dewasa, anak-anak 2ribu.


my beautiful mom

Tapi ada untungnya juga sih masnya datang, jadi kita bisa main bebek-bebekan. Di kolam yang ada di tengah taman. Sudah lama banget saya ngak main ini, waktu kecil sering banget. Hiburan pas libur sekolah dulu.

Karena sudah lama nggak main, sulit banget ngendaliin bebeknya. Maunya ke kanan, eh malah ke kiri. Ternyata tongkat buat ngarahinya itu memang berbalik arah cara kerjanya. Mana ponakan saya ngayuhnya ecek-ecek, alhasil saya yang pegel betis ngayuh sendirian. Tapi nggak apa-apa sih, jadinya kita ketawa-ketawa dan happy. Untuk naik bebek-bebekan ini bayarnya 20ribu satu kali putaran.

***

Sebenarnya banyak lagi sih tempat wisata yang bisa di kabupaten Bungo. Ada air terjun, lubuk beringin, water park, dan beberapa tempat kuliner lainnya. Tapi karena cuma ada waktu sehari jadi cuma bisa kelima tempat itu aja.

Meski liburan singkat, tapi karena bareng orang-orang yang disayang tetap terasa hangat dan menyenangkan. Semoga bisa jadi memori indah untuk kami sekeluarga.

Nah, kalau  teman-teman libur akhir tahun kemarin ngapain aja? Cerita di kolom komentar, ya. 

  • Share:

You Might Also Like

15 komentar

  1. jadi cemburu lihat liburannya sayang cuma sehari kenapa nggak ditambah bu

    ReplyDelete
  2. Wah penjaga taman angsa dua itu kayak tukang parkir, tiba-tiba nagih aja tanpa kerja dari awal hikss...

    ReplyDelete
  3. Saya mah rabahan di rumah aja mbk😁
    Baca tulisan ini saya fokusnya ke cerita dan foto makanan, efek laper jadi baper dan ngiler dehπŸ˜‚
    Liburan keluarga walau cuma sehari tapi seru banget ya....

    ReplyDelete
  4. Rejeki anak sholeh banget yah. lagi peak season malah dapat diskon nginap di amaris

    ReplyDelete
  5. Woow liburan yang sehari tapi punya kesan menarik diakhir tahun. Dan tempatnya juga cukup Instagramable..πŸ˜„πŸ˜„

    ReplyDelete
  6. Seruuuu ya mba liburannya :D
    Terlihat wajah-wajah bahagia~

    Eniho, saya jadi mau makan pempek :<
    Fotonya terlalu menggiurkan hahaha.
    Ohya, liburan tahun baru kemarin saya nggak ke mana-mana, lebih memilih untuk istirahat mumpung ada waktunya. Tapi biar begitu saya blogwalking dan baca cerita teman-teman, jadi serasa ikut mereka jalan-jalan :P

    ReplyDelete
  7. Duuuh mba,aku liat tekwannya kok ya lgs pengen tekwan :p. Mana sedang hujan , dingiin :D. Aku blm prnh nih ke Jambi. Pengen sbnrnya, apalagi kalo bisa road trip, pas mudik ke Medan :D. Aku sering dgr cerita om yg sempet dinas di sana, makanannya enak2. Tp memang makanan Sumatra mah bisa dibilang enak semuaaa :D.

    ReplyDelete
  8. Aku gak kemana-mana mba liburan akhir tahun. rumah kebanjiran. hehehehe..
    wah, boleh juga rekomendasinya mba, kapan-kapan kalo liburan ke bungo penasaran banget sih sama pempeknya. keliatan menggoda.. hehe

    ReplyDelete
  9. oke baiqlaahh, saya ngiler ama pempeknya nih :D
    Mupeng juga liat viewnya, tapi yang paling berkesan adalah bisa liburan bareng keluarga ya.

    Btw, mamanya masih mudah banget ya, cantik pula.
    Kudu dipanggil nenek muda tuh :D

    ReplyDelete
  10. aq gak dapat libur dong akhir tahun karena banyak kerjaan akhir tahun yang harus di selesaikan. mba ini bungo beda gak sama muara bungo, banyak tempat wisata juga yah disana, aq belum pernah kesana tapi kalo dari cerita temen2 kantor yang suka dinas ke muara bungo itu daerahnya terpencil sekali dan gak ada tempat jalan-jalan

    ReplyDelete
  11. makan memang ga bisa di skip ya mbak,,, mana yang terkenal harus didatangi, sayang kalau harus dilewati. apalagi kalau kulinernya memang khas dan terkenal...

    es kacang merahnya ga terfoto mbak :(

    ReplyDelete
  12. Wahhhh liburannya seru banget nihh, setidaknya ada lah tempat tempat yang asik buat berfoto ria baik sendiri maupun bersama keluarga hehe... Nah itu dia juga kadang saat ingin berfoto gitu ada yang ngikutin dari belaakang dan nyogok uang buat setiap fotonyaa, kadang risih juga kalo ada yang seperti itu, pernah sekali sih abis itu jera kesana lagi

    ReplyDelete
  13. Duh ceria amat yg liburan rame2 hehehe. Kulinerannya puas buanyak gituh ahahahah...aku jadi auto laperrr..mana pedes2 menunya ku jadi mau. Foto2nya juga keren mbak. Aku liburan di rumah aja. Sip deh TFS ya.

    ReplyDelete
  14. wah tanggal 24nya nggak libur ya? Tapi walau sehari tetep bisa dimanfaatin yaa..

    aku sering lewat bungo tapi nggak kemana-mana ahaha.. next time pgn lebih lama di sana deh buat explore air terjunnya, itu jauh gak dari pusat kota air terjunnya??

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.