Tips Memilih Jasa MakeUp Artist Untuk Acara Istimewa

By dudukpalingdepan - 4:55:00 PM

jasa-make-up-artist

Setiap wanita pasti ingin tampil cantik saat hari istimewanya. Baik itu acara ulang tahun, pertunangan, wedding, wisuda, menjadi pembicara di suatu acara, atau sekedar menghadiri pesta orang tersayang.

Salah satu hal penting yang menunjang penampilan adalah makeup yang sesuai dengan kepribadian dan tema acara. Dengan makeup yang pas, akan menonjolkan kecantikan yang pada dasarnya sudah ada pada setiap wanita. Selain itu juga bisa menambah rasa percaya diri, terutama saat berinteraksi dengan banyak orang.


Namun nggak semua orang bisa mengunakan makeup yang bagus, kan? Saya pun bisanya hanya makeup sehari-hari. Jadi kalau butuh makeup untuk acara istimewa tentu lebih baik menggunakan jasa MakeUp Artist (MUA) yang handal. Banyaknya pilihan jasa MUA, mungkin akan membuat teman-teman bingung. 

Nah, berikut ada beberapa tips yang bisa digunakan dalam memilih jasa MakeUp Artist untuk acara istimewa.

1. Tentukan Tema Makeup yang Diinginkan

Menentukan tema makeup akan memudahkan kita dalam memilih jasa makeup artist yang memang punya keahlian dalam tema-tema tertentu.Misalnya ketika akan jadi pengantin, apakah ingin makeup  yang natural atau yang bold? Apakah dress yang digunakan berganti-ganti beberapa kali? Sehingga riasan dan hair do harus menyesuaikan dress, atau memilih makeup yang cocok dengan semua pilihan dress?

Selain itu, jika kita menjadi tamu suatu acara, penting untuk memastikan apakah tema yang diusung acara tersebut? Sehingga teman-teman bisa memilih makeup yang senada dengan tema acara.

2. Sediakan Budget Sesuai Kemampuan

Poin ini juga penting banget, setelah menentukan tema. Jangan sampai kita ingin makeup yang cetar menggelegar, tapi ternyata tarifnya sangat menguras kantong. Biar nggak kebablasan lebih baik tentukan budget dari awal.

3. Survey Jasa MakeUp Artist

Selanjutnya baru deh bisa mencari refrensi jasa makeup artist yang sesuai dengan tema dan budget yang telah ditentukan. Nggak perlu repot-repot mencari kontak dan akun Instagran MUA satu persatu. Karena di website Sociabuzz (market place talent &  jasakreatif) tersedia daftar MUA dari berbagai tingkatan tarif jasa dan dari banyak kota di Indonesia. 

jasa-make-up-artist
gunakan filter harga, gender, dan lokasi untuk mendapatkan MUA yang paling cocok

jasa-make-up-artist
Lihat dulu portofolio MUA agar lebih yakin memilih jasa MUA tersebut

Caranya tinggal klik daftar make up artist yang ada di website Sociabuzz, lalu tinggal scroll dan klik profil MUA yang sekiranya cocok dengan keinginan teman-teman semua. Di Sociabuzz juga ada fitur untuk memfilter daftar MUA berdasarkan gender, harga, dan lokasi. 

Selain itu kita juga bisa melihat portofolio MUA tersebut, serta testimoni orang yang pernah menggunakan jasanya. Dengan demikian kita bisa lebih yakin untuk menggunakan jasa salah satu MUA di Sociabuzz.

Semisalnya kita ingin mencari makeup artist jakarta, perempuan, dan dengan budget maksimal Rp1.000.000 , maka tinggal gunakan filter yang ada di website Sociabuzz. Dengan beberapa kali klik saja, akan muncul banyak rekomendasi MUA berkualitas sesuai keinginan kita. jadi lebih mudah dan cepat, kan?

4. Jangan Segan Untuk Berkonsultasi Dengan MUA

Meskipun sudah melihat portofolio MUA yang kita inginkan, namun jika masih ada hal yang ingin dikonsultasikan jangan segan untuk mengutarakannya. MUA yang baik dan profesional, pasti akan mendenger semua keinginan kliennya. 

5. Pertimbangkan Jarak dan Lokasi

Ada beberapa MUA yang membuka salon atau galerinya sendiri. Sehingga jika kita ingin menggunakan jasanya, maka kita yang harus datang kesana. Tapi banyak juga kok sekarang jasa make up panggilan yang datang ke rumah atau lokasi acara. Namun biasanya akan ada tambahan biaya transportasi, terutama jika jarak yang harus ditempuh MUA cukup jauh. Jadi pastikan pilih sesuai dengan kebutuhan, ya. 

Itu dia lima tips yang bisa teman-teman gunakan untuk memilih jasa makeup artist pada acara-acara istimewa. Ada yang punya pengalaman dalam menggunakan jasa MUA? Ceritakan di kolom komentar, ya.

  • Share:

You Might Also Like

23 komentar

  1. Saya juga suka bingung nih Mbak kalau urusan memilih MUA yang cocok dan bagus.

    ReplyDelete
  2. Iya Mbak, menentukan tema make up memang sangat penting agar kita bisa merasa nyaman dan puas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju mbak, biar senada juga dengan tema acara 😊

      Delete
  3. Jarak dan lokasi itu penting banget, biar gak kelamaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, soalnya makeup juga lama kan. Takutnya kalau jauh malah nggak keburu.

      Delete
  4. Salfok dengan gambar pertamanya. Itu fotonya mbak ya. Cantik banget. Btw saya belum ada pengalaman dengan MUA jadi boleh juga nih tipsnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itulah contoh kekuatan dari MUA, Mbak. Aslinya biasa aja, hahahah.

      Delete
  5. gagal fokus, itu fotonya Enny ya? cantik bangetttt :D
    Saya belum pernah pakai MUA nih, seumur-umur didandanin orang baru beberapa kali, eh banyak kali sih, tapi di salon, itu namanya MUA juga yak hahahaha.

    Saya masih jarang nih buka sociabuzz, meski adminnya rajin kirim WA hahahaha.
    Kayaknya memang kudu rajin2 buka sociabuzz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, pas Akad. Itulah keunggulan MUa ya, bisa menyulap gadis biasa saja jadi cantik *wkwkwk.

      Delete
  6. heheh3, kalau ingat tentang ini saya ingat saat mau nikah, dan saat di make-up, tu alat make-upnya bau mas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bau mas? bau mas-mas? atau bau emas maksudnya? kok bisa? wkwkwk

      Delete
  7. belum pernah menggunakannya, masalahnya bisa make up sendiri

    ReplyDelete
  8. baru beberapa kalibdoang pake jasa MUA, pas lamaran, pas nikah, dan pas ngunduh mantu ;D. jujurnya krn aku ga suka makeup an sih. makanya mua cm dipake kalo ada acara penting kayak di atas :p. Dulh pake MUA pas nikahan itu krn aku sempet dtg ke nikahan temenku, dan liat dandanan dia aluuuus banget. ga kayak ketebelan pake topeng. dan untjngnya di resepsinya itu di letakin juga kartu2 nama si MUA, si katering, si jasa hias gedung dll. aku lgs ambil kartu MUA nya, dan lgs pake dia utk acara nikahanku :). ga nyesel sih, memang baguuuus banget. natural dan manglingi.

    kalo skr ini salah satu sahabatku banting setir jd mua juga, walopun krn dia msh baru, jd portfolio nya dia jg blm banyak. tp enaknya, hrgnya msh hrs temen hahahaha. aku kadang dijadiin sebagai modelnya dia utk tambahan portfolio :D. lumayan didandanin gratis hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah iya mbak, dulu saya sebelum nikah juga suka berburu kartu nama di kondangan orang. Hahaha. Asik dong punya temen gitu, saya juga mauu ^^

      Delete
  9. kalo dapet MUA yang mengerti kemauan kita senengnya minta ampun, hasil makeovernya bener-bener natural, beda banget, yg kayak gini biasanya jadi langganan aku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah siapa tuh MUAnya? Share juga dong ceritanya di blog Mbak ^^

      Delete
  10. Kl make up nanti pas nikahan bakal kepakai nih pertimbangannya mbak.. Tp kl untuk sehari2 gini biasanya asal templok fundation aja sendiri, eheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya saya juga sendiri kalau makeup daily. Tapi kalau pas nikah harus yang istimewa dong ^^

      Delete
  11. jasa make-up sangat dibutuhkan kalau ada pernikahan, di kampung saya mereka dengan profesi tersebut sangat laris hampir setiap hari dapat job

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya, di desa biasanya acara pernikahan bisa hari kerja ya. Kalau di kota mah, biasanya cuma sabtu-minggu.

      Delete
  12. Mba pangling bangetz. Aku jadi penasaran deh pengen di makeup in juga pengen nya sih no makeup ala Korea gitu

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.