5 Tips Untuk Membuat Taman Minimalis di Rumah

By dudukpalingdepan - 6:56:00 PM

source: Wartaku.net

Memiliki rumah hunian sendiri adalah impian setiap orang. Apa lagi kalau sudah menikah dan punya anak, rasanya rumah menjadi prioritas. Walaupun masih dalam tahap menabung untuk membeli rumah, nggak ada salahnya kok kita memiliki gambaran tentang rumah impian. 


Saya pribadi ingin memiliki rumah yang berukuran sedang-sedang saja, dengan tiga kamar, ruang tamu, dapur, ruang serba guna, mushola, dan taman kecil. Kelak saya berharap rumah bukan cuma sekedar tempat tinggal, namun tempat paling aman dan nyaman bersama keluarga dan kerabat. 

Untuk itu interior rumah harus yang bernuansa sejuk. Saya ingat pernah ke rumah seorang teman dan saya menemukan taman mini di dalam rumah. Bagi saya itu cukup unik, biasanya kan taman ada di depan atau belakang rumah, eh ini justru di tengah-tengah rumah. Bukan hanya ada aneka tanaman hias, malah ada air terjun mininya juga.

Setelah saya tanyakan ke pemilik rumah, alasannya karena tanaman hijau dan suara gemericik air bisa memberikan efek yang menenangkan bagi penghuni rumah. Letaknya yang berada di dalam rumah agar bisa dinikmati kapan saja. Selain itu ruangan tersebut juga menjadi tempat kumpul keluarga.

Bukan cuma itu, lain kali pernah juga saya mengunjungi rumah saudara yang berada di komplek perumahan. Dari pihak developernya hanya menyediakan lahan kecil saja untuk dijadikan taman, karena sebagian besar dari lahan di depan rumah dijadikan untuk garasi. 

Namun dengan kepiawaiannya, saudara saya mampu menyulap lahan kecil tersebut menjadi taman minimalis yang indah. Lahan yang terbatas justru menjadi tantangan untuk menentukan gaya yang simple namun sedap dipandang. 

Nah dari situ saya mendapatkan cara dan tips-tips untuk membuat taman minimalis yang cantik. Saya bagikan juga di sini, siapa tahu ada teman-teman yang juga sedang berencana untuk mendesain taman kecil di rumah. 

source: Crowdecor.com


1. Cari Refrensi dan Inspirasi Dari Berbagai Sumber

Teman-teman bisa melihat contoh dari taman di rumah saudara / kerabat yang sekiranya menarik. Bisa juga cari di majalah-majalah, atau yang paling gampang di zaman sekarang tinggal googling saja. Ada ratusan gambar taman minimalis yang bisa jadi inspirasi. 

Dari berbagai refrensi tersebut, kita bisa mengggabungkan beberapa elemen yang kita sukai, sehingga hasilnya nggak akan sama persis dengan yang sudah ada.

2. Tentukan Budget

Poin yang satu ini penting banget lho, karena jangan sampai niat membuat taman minimalis malah mengganggu cashflow. Tipsnya bisa menggunakan elemen yang terjangkau seperti tanaman rumahan yang umum dan bisa didapat dengan harga murah.

Cara lain juga bisa dengan mencicil setiap elemen. Misal dengan menanami rumput terlebih dahulu, kemudian tanaman-tanamannya menyusul. Begitu juga dengan aksen lain seperti lampu taman dan batu koral. 

3. Sesuaikan Ukuran Tanaman Dengan Luas Lahan

Namanya saja taman minimalis, maka dianjurkan untuk menghias dengan tanaman yang juga berukuran sesuai. Nggak mungkin rasanya menanam pohon mangga atau pohon pinus yang besar di taman yang berukuran kecil. Pilihlah satu atau dua pohon bonsai misalnya, lalu padukan dengan tanaman perdu di sekelilingnya agar menimbulkan kesan rimbun. 

4. Padukan Dengan Berbagai Warna Alam

source : desainruma .com

Jika ingin taman yang lebih berwarna, sebaiknya pilih juga beberapa bunga dengan warna yang menarik. Selain itu bisa juga menambahkan bebatuan koral diantara rumput. Bentuk berpola sehingga akan terlihat lebih indah.

5. Manfaatkan Rak Garden Vertikal

Memiliki banyak koleksi tanaman hias, namun lahan yang terbatas, maka rak garden vertikal adalah solusi yang tepat. Dengan rak vertikal, selain bisa menempatkan lebih banyak pot-pot tanaman hias, bisa pula menambahkan tanaman yang menjalar sehingga akan tampak lebih asri. 

Itulah lima tips untuk membuat taman minimalis di rumah. Namun apapun modelnya, pastikan taman dapat memberikan kesejukan kepada semua penghuni rumah.

  • Share:

You Might Also Like

13 komentar

  1. Saya dari dulu juga ingin Mbak memiliki taman di rumah saya, biar jadi pemandangan hehe.

    ReplyDelete
  2. Wah, terimakasih banyak untuk informasi yang sangat bermanfaat ini Mbak.

    ReplyDelete
  3. Wah, jadi langsung ingin segera mencoba buat nih Mbak heheh.

    ReplyDelete
  4. Terimakasih untuk tips yang sudah dibagi Kak, pasti akan sangat bermanfaat sekali.

    ReplyDelete
  5. Wah, pasti seru nih wajib dicoba pokoknya. Saya juga suka nih Kak kalau bisa banyak berbagai macam bunga dan warna di taman hehe.

    ReplyDelete
  6. kesulitan yang terkadang saya hadapi adalah ketika mendesain taman, perpaduan warna yang sulit mas, pernah saya membuat taman di samping rumah, istri saya malah bilang, "bang, ini bunganya ngak cocok di sini karena warnanya ngak kena sama rumputnya" hehehe

    ReplyDelete
  7. Sebenernya aku pgn bgt punya taman minimalis di halaman & blkg rumah, tp apa daya, tanah cuma 60, mikir desainnya aja bingung hahaha

    ReplyDelete
  8. cocok ini untuk pekarangan saya yang memang kecil...karena setelah ada bangunan rumahnya malah sisa sedikit hlaman sampingnya..dan masih berdebat dengan istri mau diapain

    ReplyDelete
  9. Jakarta tanah mehong mbak. Mau nanem-nanem ya paling di pot taruh depan rumah. Lahannya yang gak ada kalo mau bercocok tanam.

    ReplyDelete
  10. Wah contoh fotonya seger mba, bagus tamannya.. jd termotivasi untuk mempercantik halaman rumah.. tfs

    ReplyDelete
  11. Pengen banget punya taman cantik, ini di rumah ada rooftop garden sih tapinkurang instagenic karena berkebun itu ga gampang juga hhha

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.