Review Abon Baby Gold dan Resep MPASI Untuk Bayi 8 bulan

By dudukpalingdepan - 3:30:00 PM


Salah satu hal yang bikin emak-emak sakit kepala itu adalah ketika anaknya mulai ogah-ogahan makan. Apalagi kalau masih di bawah setahun, yang mana kenaikan berat badan menjadi salah satu acuan tumbuh kembang anak. 

Kalau sudah begitu biasanya saya ambil minyak terapi terus urut-urut kepala. Gimana nggak pusing, saya sudah nyobain resep-resep MPASI (Makanan Pendamping ASI) dari buku, internet, dan  juga dari instagram para selebgram mom itu. Tetap aja dilepeh sama anak. Sakeeetnya hati ini. 

Saya coba koreksi, apa yang salah ya? Apa karena nggak ada rasa? Tapi saya sudah pakaikan bawang putih dan air rebusan ayam yang menurut teori sih bisa jadi penyedap rasa alami. 

Awal-awal mulai MPASI, Mukhlas doyan-doyan aja sekalipun makanannya tanpa bumbu. Tapi pas umur 8 bulanan kayaknya dia sudah mulai ogah kalau makanannya tanpa rasa. 

Browsing-browsing, saya nemu produk abon bayi gitu. Klaimnya dibuat tanpa MSG dan pengawet.  Diproses dengan dipanggang bukan digoreng, dikemas dengan hygenis, dan teksturnya juga halus banget jadi cocok untuk anak bayi. 

Bismillahirahmanirrahim, saya beli juga abonnya. Akhirnya luluh lantak idealisme saya memberikan MPASI hanya dengan penyedap rasa alami. Daripada nggak ada ada asupan makanan sama sekali yang masuk, lebih baik saya mengalah memberikan “rasa” ke dalam MPASInya. 


Jadi mon maap nih kalau yang baca ini ada ibu-ibu yang pantang gula garam atau kaldu instan khusus bayi, saya tidak seideal kalian. Tapi kalau ada ibu-ibu yang lagi puyeng karena anaknya melepeh segala hal yang dimasakin, semoga tulisan ini membantu. 

Jadi abon bayi ini, bahan-bahannya terdiri dari daging (ayam/sapi/ikan) bawang merah,bawang putih, gula, dan garam.  Pas saya cicipin rasanya enak, meski nggak sekuat abon orang dewasa (karena ngak pakai penguat rasa juga kan). 

Saya biasanya pakai abon ini untuk dijadikan toping MPASI mukhlas. Jadi saya bikin MPASI biasa tanpa bumbu terus dikasih tambahan abon ini. Hasilnya? Mukhlas makannya lahap. Lihat aja foto di bawah sampai mangkoknya aja mau dijilatin. 


Sekalian saya kasih resep MPASI 8 bulan ini ya. 
Bahan :
1.Jagung
2. Kangkung
3. Tempe
4. Ayam 
5. Abon Bayi rasa Ayam 
6. Evoo (EkstrakVirgin Olive Oil)

Cara membuat:
Rebus atau kukus bahan 1-4 lalu blender, tambahkan abon bayi dan Evoo sebagai toping. Sajikan.
Untuk takarannya sesuaikan aja makannya bayi 8 bulan ya.


Abon bayi ini jadi andalan sampai Mukhlas hampir umur satu tahun. Nah setelah satu tahun ke atas, saya ganti abonnya yang merek BONCO. Karena abon yang ini lebih bertekstur. 

Untuk harga memang lebih mahal ya daripada abon biasa (sekitar Rp25.000 untuk 80gr). Tapi mengingat ini dibuat tanpa MSG dan pengawet buatan maka saya bisa memakluminya. Toh saya pernah coba buat sendiri, lamaaaaaa banget prosesnya dan hasilnya sedikit. 

Dimana belinya? Seperti biasa di online shop. Biasanya sih saya di shopee atau tokped. Tergantung dimana yang lagi ngasih diskon dan cashback *emak-emak perhitungan*

Semoga bermanfaat  review kali ini bermanfaat ya. Keputusan kembali ke ibu masing-masing tentang pemberian gula garam dan tambahan lainnya pada MPASI anak di bawah setahun. Apapun itu ibulah yang paling berhak memberikan yang terbaik kepada anaknya dengan cara masing-masing. 

Ada yang pernah cobain abon bayi ini? Atau mau sharing pengalaman biar anaknya lahap makan? Cerita di kolom komentar ya. 

  • Share:

You Might Also Like

8 komentar

  1. Wuiiiih... lahap bener mamamnya dek bayi hihihi :) 25K isi 80 gr? Lumayan hahaha Tapi ga apa2 lah demi anak kan bagus bahan2nya ga pake pengawet gitu ya? Keren kalau bayi doyan, mamahnya support beli yg banyak abonnya hihihi..online ya ini? Langsung stok beberapa kayaknya ya jadi begitu habis langsung bisa menikmati abonnya lagi.

    ReplyDelete
  2. Makin ke sini makin banyak produk makanan bayi yang bebas MSG bebas pengawet yaa. Dulu waktu saya masih idealis banget ngurus anak kudu manut teori, pas anakku susah makan stres minta ampun. Terus kena omel mama katanya nggak usah terlalu idealis, udah pake cara mama aja, tambahin aja garam dikit ke makanan anakmu, eh beneran habis dong huahahaha

    ReplyDelete
  3. Wah,anak-anakku suka banget sama Abon, ada abon baby lagi tambah lagi makannya pasti lahap hap hap ya.

    ReplyDelete
  4. Baby muklas yg pinter mamnya ya nak, biar mama nda cakid kepala hehehhe
    Anak aku yg 15 bulan juga mulai pilah pilih mi mb enny, pusyiiing akutu ahhahahha
    Berbagai resep aku coba, bahkan klo uda mulai mogok ni aku sesekali kasi bubur instan juga sih, yang penting ada yang masuk ke perut...ya selang seling biar nda bosen ama menu yg itu itu aja
    Btw boleh juga ni referensi abonnya
    Lumayan buat asupan daging

    ReplyDelete
  5. kebetulan qonita lagi GTM siapa tau cocok nanti aku cobain deh kasi abon ke mpasi nya

    ReplyDelete
  6. Ternyata abon bayi ada rasa ayam, sapi dan ikan, jadi bisa ganti2 biar nggak bosan ya mbak....anak kembar saya udh besar jadi lupa mbak waktu kecil makannya gimana

    ReplyDelete
  7. Wah ternyata ada ya abon yang buat bayi. Dengan tambahan abon ini menjadikan anak lahap ya dalam masalah makan

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.