Top Social

Top Social

..........dan simak ceritanya

"Kok Bayinya Nangis Terus?"



Hayooo, mommies siapa yang pernah dapat pertanyaan seperti itu dari orang sekitar? entah dari Ibu/Mertua, atau bahkan dari orang-orang yang berkunjung melihat bayi kita. Saya sendiri pernah dapat pertanyaan seperti itu ditambah dengan kalimat yang berujung membuat ibu baru seperti saya galau. 

"Kok bayinya nangis terus? Mungkin laper, tuh. ASI aja nggak kenyang dia. Coba kasih pisang atau nasi yang dilumat".

"Haaa? Emang begitu ya?"


Padahal Mukhlas belum cukup umurnya 4 bulan waktu itu. Sewaktu hamil saya memang sudah baca-baca bahwa pentingnya ASI ekslusif 0-6 bulan untuk si buah hati. Jangan berikan makanan tambahan sebelum mencapai umur 6 bulan. Meski sudah tahu teori tapi pada prakteknya saya galau  juga melihat anak saya nangis terus padahal sudah mimik ASI cukup banyak sampai saya lemas. 

Mungkin disaat seperti itulah insting ibu diuji, apakah mau menuruti perkataan orang sekitar atau percaya pada teori kesehatan. Syukurlah saya punya suami yang sangat mendukung agar saya lulus ASI ekslusif sampai 6 bulan. Akhirnya saya meneguhkan hati dan menutup telinga dari orang-orang yang menyuruh memberi makan Mukhlas sebelum waktunya. 

Perkembangan bayi 4 bulan tidak seharusnya mendapatkan perlakuan yang sama dengan usia bayi 6 bulan, karena setiap beda usia pasti beda pula memperlakukannya. Memberi perhatian yang sesuai dengan usia bayi, sangtlah diperlukan apalagi usia bayi  baru menginjak 4 bulan. Usia bayi 4 bulan itu sudah memiliki ukuran lambung yang cukup besar dibandingkan dengan sebelumnya, sehingga frekuensi menyusuinya akan lebih berkurang. Satu kali menyusui, si bayi akan memenuhi perutnya hingga kenyang. Makanya untuk memenuhi kebutuhan asupan nutrisi dari ASI, kita harus cerdas memberikan ASI yang lebih mengandung lemak dan mineral.

Sekalipun orang tua yang geregetan ingin memberikan makanan padat pada bayi usia 4 bulan atau bahkan sebelumnya, sebaiknya perlu ditekankan dan diupayakan agar tetap selalu diberikan ASI eksklusif hingga 6 bulan pertama semasa hidupnya. 


Jika Anda terlalu bergegas memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) diusia bayi masih 4 bulan, maka dihawatirkan akan beresiko pada alergi tinggi dan bayi tidak akan mendapatkan suplay gizi yang optimal dari ASI eksklusif.

Apabila pada usia 4 bulan bayi sangat fokus pada program ASI eksklusifnya, diusahakan ketika menyusui tidak ada faktor yang mengganggu kefokusannya pada saat menyusu. Hindari bayi Anda pada saat menyusu dari suara bising, gangguan saudaranya dan lain-lain, usahakan anda menyusui ditempat atau ruangan yang tenang. Apabila bayi anda fokus secara sempurna mendapatkan asupan ASI, maka perkembangan bayi 4 bulan yang disetarakan akan lebih terlihat peningkatannya.


Nah Mommies, kalau bayi kita menangis terus bukan berarti dia lapar dan harus dikasih makan ya. Bisa jadi bayi menangis karena kedinginan, popok penuh, ingin digendong, suara bising yang menganggu, dan lain lain. 

source : ibupedia.com

Jangan galau disaat orang sekitar sibuk mengomentari bayi kita yang menangis. Toh menangis merupakan cara bayi berkomunikasi. Lagian kalau bayi umur empat bulan terus bisa ngomong "aku bete' ma, kuotaku habis" lah kita kan yang heran 😅. 


 Semangat mengASIhi, Ibu 🤱.

*This is a sponsored post. Opinions expressed are my own. Thank you for supporting brands that support this blog.

14 comments on ""Kok Bayinya Nangis Terus?""
  1. bener bangeeet.... setuju.
    tapi ada juga yang komen gini mba: ih semalem bayinya anteng banget yaa tidurnya lelap ya? hemm... gak tau aja ada emaknya yang siap siaga ngeronda biar si bayi engga oek2 pas tengah malem.

    ReplyDelete
  2. paragraf terakhir syaa setuju sekali, tapi kalau bayinya menangis tapi ibunya sibuk mainan hp kan sebel juga mbak, kasihan bayinya di acuhin :(

    ReplyDelete
  3. Pernah saking kzl nya saya bilang NAMANYA JUGA BAYI, KALAU NABI ISA BARU NGOMONG heheheh maaf mba soalnya saya juga bingung n bener insting diuji tuh untung kekeuh makan setelah 6 bulan hehheh

    ReplyDelete
  4. Dulu pas masih bayi sering rewel malem-malem. Mertua pro ASI banget sih. Tapi mereka kira, bayiku rewel justru karena diganggu 'sesuatu'. Sumpah bingung gimana nanggepinnya.
    Aku dan suami pelajari gerak gerik bayi. Hingga kami sadar, ternyata bayiku kolik aja. Perutnya kembung kebanyakan nenen.

    ReplyDelete
  5. Ada yang bilang menangis itu malah membuat pernafasan menjadi lebih lancar. Hehehee, iya Mbak, ngomentarin orang lebih mudah sepertinya y

    ReplyDelete
  6. bayi nangis itu kayak main tebak-tebakan, kudu paham dia lg kenapa:|

    ReplyDelete
  7. Kadang ga ngerti ama orang2 yg suka kepo gitu ya mba :p. Lah jgnkan krn anak nangis trus, pas bayi, anakku yg pertama itu jrg bangettttt nangis. Dan itu tetangga pada nanya, kok bayinya jrg nangis sih?? Ga kayak bayi2 lain. Terlalu anteng.. Sehat kaan

    Haiyaaaa, pengen aku keplak itu bibir :p. Alhamdulillah sampe skr anakku sehat.. Nangis trs salah, ga nangis juga salah :p.

    ReplyDelete
  8. Betul disini insting seorang Ibu berperan karena biasanya jika terus menangis ketika dipangku sang Ibu tangis akan segera berhenti

    ReplyDelete
  9. Nah ini sringkali orang selalu anggap kalau nangis melulu itu tandanya lapar. Makanya dikasih minum susu terus. padahal kan nggak begitu :(

    ReplyDelete
  10. Nah klo ada nenek susah emang klo bayi ngek dikit lgsng disuruh makan pisang -_-. Pdhl kan bayi nangis bs krn apa aja ya

    ReplyDelete
  11. Aku dak koment banyak2 utk blog yunda aku yang baeknya minta ampun ini, dugaan saya mungkin Bayinya ingin mengatakan " Mamaaaaa, ajari aku ngeblog dong ! aku pusing nichhhh sendirian bae " . :)

    ReplyDelete
  12. Mmapir sini dari blog kang nata
    baco komen nya pake bahaso seberang
    tinggal di jambi ternyata
    salam kenal yuk

    ReplyDelete
  13. Wah untung aja bayinya ga jadi dikasih makan n masih ASI ya bun 😃. Saya juga dulu pernah dpt kata-kata begitu. Untungnya udah dapet ilmuanya dulu 😃

    ReplyDelete
  14. Zaman aku masih bayi dan batita, uuuh kata mamaku aku tuh doyan mewek hahaha :D Kasian juga ya dipikir2 dikira tetangga aku dulu kenapaa gitu atau diapain. Ternyata emang manja aja wkwkwkkw...

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9