Jadi Sipir Itu Rasanya....

Thursday, July 4, 2013

Sebelum masuk kerja, aku sempat was-was dan mikir "ya Allah... yang bakalan aku hadapin itu para narapida. Penjahat. Kalau ada yang gahar gitu gimana ya?". Beneran deh, aku jadi kebayang kayak adegan-adegan di sinetron yang menggambarkan kehidupan di penjara yang keras. Ada narapidana yang lemah dan tertindas kemudian ada narapida yang berkuasa karena dia kuat dan banyak tattonya. Aku mikir gimana ya cara menangani kalau ada narapidana yang ngamuk terus khilap melayangkan bogem mentahnya ke aku. Aku harus apa coba? nggak ada satu bela diripun yang aku kuasai. Kalaupun ada jurus yang aku pelajari palingan cuma jurus "pukul-pukul-bahu-manja-manya-menye"
Ternyata sinetron emang cuma rekayasa. Pada kenyataannya nggak gitu kok. Aku kerja di Lembaga Pemasyrakatan khusus anak dan wanita. Ternyata mereka semua baik-baik. Memang sih, kalau mereka baik-baik mereka nggak akan ada di dalam sana. Tapi aku yakin, mereka semua orang baik. Cuma, di luar sana terlalu banyak faktor yang membuat mereka berbuat jahat dan akhirnya bertemu sipir kece kayak aku di lapas *nyelipin kenarsisan dikit boleh dong ya*





Kerjaan sipir itu gampang-gampang susah. Resiko paling besar yang ditakuti semua sipir adalah kalau ada tahanan yang kabur *naudzubillah min dzalik, jangan sampai terjadi*. Jadi sipir juga mesti waspada dengan segala tindak-tanduk narapidana. Tapi sipir juga harus siap jadi konsultan karena sering dijadiin tempat curahan hati para narapidana.
Untuk selanjutnya kata narapidana aku ganti menjadi warga binaan ya, karena memang mereka ada di dalam lapas untuk dibina. Balik lagi ke perasaan aku sebagai sipir. Awalnya ketar ketir, takut-takut ngomong sama warga binaan. Tapi lama-lama terbiasa dan jadi nyantai aja sih. Malah ya, aku suka nggak nyangka dan nggak abis pikir karena kalau dilihat dari perawakan, gaya bicara dan sikap mereka, aku gak percaya bahwa  kasus narkoba, korupsi dan tindakan kriminal lainnya yang membawa mereka bertemu aku.

Aku sering dicurhatin sama ibu-ibu warga binaan di lapas. Mereka sering curhat tentang keluarganya, betapa kangennya mereka sama anak, suami, orang tua dan sanak saudara. Lebih seru lagi kalau denger cerita kisah hidup mereka yang membuat mereka terpaksa melakukan tindakan kriminal dan akhirnya harus menebus kesalahan dengan menginap di hotel prodeo.

Selain mendengarkan dengan baik, aku juga sering ngasih nasehat. Kadang-kadang di dalem hati suka geli sendiri sih, gimana mungkin aku yang umurnya jauh lebih muda dari pada ibu-ibu itu dan masih suka nangis karena putus cinta bisa nasehatin warga binaan dengan kata-kata bijak. Mhehehehe. Yasudahlah, lagian mereka kadang nggak butuh solusi dari aku, yang mereka butuhkan hanya sosok yang mau mendengar dan tetap memandang mereka sebagai seutuhnya manusia yang baik meski pernah melakukaun sesuatu yang buruk.

Dari cerita-cerita mereka aku banyak belajar, bahwa pada kenyataannya hidup ini memang keras dan kejam. Kejadian-kejadian yang sering aku lihat di tv atau di fim ternyata emang kejadian pada kehidupan nyata mereka. Faktor ekonomi, lingkungan dan sosial yang membawa mereka memilih jalan pintas untuk mencari kesenangan.

Di balik kisah masa lalu mereka, aku pribadi percaya pada dasarnya semua warga binaan itu baik. Mereka memang manusia biasa yang nggak luput dari kesalahan yang harus dipertanggung jawabkan. Sebenarnya setiap manusia kan pasti punya kesalahan yang harus dipertanggung jawabkan kepada Tuhan. Hanya saja di dunia ini ada aturan yang mengatur agar manusia yang berbuat salah di mata hukum harus mempertanggung jawabkan kesalahannya dengan menghabiskan beberapa masa di balik terali besi.

Mereka yang takdirnya harus mencicipi kehidupan di dalam lapas, bukan berarti mereka masyrakat yang hina yang harus dikucilkan. Mereka yang di dalam sana, belum tentu lebih buruk dari mereka ada di luar.

Oh ya, balik lagi ke perasaan jadi sipir. Aku turun 5 kg lho semenjak kerja. Mungkin karena sipir ada jaga malemnya dan harus begadang. Di tempat aku nggak ada mamang-mamang. Maksud aku, mamang-mamang yang jualan makanan. Jadi disana makan ya seadanya apa yang ada deh. Eh tapi sering juga aku dikasih makanan sama warga binaan yang dapat besukan. Mereka nggak pernah pelit ngasih meski tanpa diminta. Tapi kadang-kadang kalau laper aku sih yang minta hehe.

Sampai disini dulu deh cerita bu sipir. Besok-besok sambung lagi,
*dadah dadah dari balik terali besi*

UPDATE : Jika ada pertanyaan terkait pekerjaan sebagai polsuspas, silahkan email ke dudukpalingdepan@gmail.com

UPDATE : KLIK  Pengalaman Tes CPNS KEMENKUMHAM [TIPS lulus Murni]

117 comments:

  1. Kak kok bisa jadi sipir ?
    Ikut test kemenkumham atau gimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kakak dlu ada pendidikannya?, brp lama?

      Delete
    2. saya lewat jalur cpns umum jadi nggak pakai pendidikan, kalau yang pakai pendidikan itu lewat AKIP, 4 tahun.

      Delete
    3. Emg gak ada pelatihan kak?? B
      Bisa bagi kontak gak mau daftar sipir jg nih mau nanya hehe

      Delete
    4. email aja ya, ada di bio blog ini. pelatihan ada silahkan baca disini http://www.dudukpalingdepan.com/2015/04/rasa-nano-nano-diklat-kesemaptaan-2015.html

      Delete
  2. jam kerja sipir itu gimana si?kerjanya berapa hari dalam seminggu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setiap lembaga pemasyrakatan punya kebijkan yang berbeda-beda, kalau di tempat saya dua hari kerja dua hari libur

      Delete
  3. klo cwok gi mna apakah apakah beda dengan lapas cwek...??

    ReplyDelete
  4. mbak itukan lapas untuk ibu dan anak coba klo untuk laki-laki..bogem melayang... wkwkwkw piss

    ReplyDelete
  5. Menarik tulisan anda apalagi sy sdg dlm proses pembuatan novel berlatar belakang kehidupan penjara, khususnya sipir dan napi. Klo boleh sy ingin nanya lbih banyak tentang hal itu. Dmn ya sy bisa menghubungi anda?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mbak Ifa, mohon maaf baru balas. Waa, senang sekali saat membaca komentar ini. Bisa hubungi saya di ennyluthfiani@yahoo.com

      Delete
  6. Mbak dulu daftar lewat jalur cpns umum ya? Berarti pas dulu daftar riwayat pendidikan terakhir mbak itu SMK/SMA sederajat?

    ReplyDelete
  7. Mba kalaw bolh tau jalur akip itu persyaratannya apa ajah yah .?
    Apakah bisa dari SMK .?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, maaf saya nggak pernah ikut AKIP jadi nggak tahu karena saya ikut tes cpns lewat jalur umum.

      Delete
  8. tes wawancaranya susah ngak?

    ReplyDelete
  9. Maaf mau tanya klo misalkan udah masuk jadi sipir, trus kuliah lgi dan dapet gelar s1 misalkan. Kira2 itu bisa bikin naik jabatan ga ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa :) makasih sudah mampir ^^

      Delete
    2. Ktp blum siap kak, klo kita lulus lanjut kuliah s1 bsa tu kak?

      Delete
  10. Mbak kalo mau daftar jadi sipir tuh pake nilai rata rata (danem) gk sih, kalo pake itu nilai un apa nilai akhir?

    ReplyDelete
  11. kalo boleh tau kak, gaji sipir itu diatas UMR kan ya kak?berapa ya kak kira2 kisaran gaji ny?

    ReplyDelete
  12. mbak mau tanya,kalau ngelamar sipir pakai ijazah S1 kerja pertama jabatanya sama atau beda sama yg lulusan SMA?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau S1 bukan untuk penjagaan, beda mas. baca persyaratannya baik-baik ya http://www.dudukpalingdepan.com/2017/07/persyaratan-tes-cpns-kemenkumham-2017.html

      Delete
    2. iya mbak, saya mau ngelamar yang dilapasnya. bukan di keimigrasian.soalnya untuk pelamar dengan s1 lokasi tesnya di jakarta, makanya saya tes di wilayah saya sendiri.bearti meski tes masuknya di sipir nanti jabatanya beda ya?

      Delete
    3. baca disini yaa http://www.dudukpalingdepan.com/2017/07/sistem-kerja-polsuspas.html

      Delete
  13. Mbak kalo berkacamata bisa lulus sipir nggak, materi tes kesehatan itu apa aja yah, kayaknya yg dicantumkan tidak boleh buta warna aja, mohon infonya

    ReplyDelete
  14. mba mau tnya, untuk tes kesemaptaan itu terdiri dari tes apa aja ya mba ? makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. baca disini yaa http://www.dudukpalingdepan.com/2017/06/pengalaman-tes-cpns-kemenkumham.html

      Delete
  15. mba.. apakah utk jdi sipir tdk bisa dr lulusan S1?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, baca disini ya http://www.dudukpalingdepan.com/2017/07/persyaratan-tes-cpns-kemenkumham-2017.html

      Delete
  16. Mba kalau jadi sipir jam kerjanya itu berapa jam sehari ya?dan berapa hari seminggu liburnya ?trs materi tes skdnya utu apa ja ya?makasi ya mba maaf banyak tanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. baca disini ya http://www.dudukpalingdepan.com/2017/07/sistem-kerja-polsuspas.html dan disini http://www.dudukpalingdepan.com/2017/06/pengalaman-tes-cpns-kemenkumham.html

      Delete
  17. Mba jadi tahanan dimana?
    Aku baru mau coba ni ikutan cpns utk posisi itu hehe, doakan yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya bukan tahanan mba, saya petugas ^^

      Delete
    2. wkwkww anjiirr gw ngakak asli 😂🔫

      Delete
  18. Jam kerja nya gmn bu? Sistem piket 8 jam per hari atau gmn? Tolong d jelaskan ya bu? Terima kasih..


    Btw, selamat viewer nya nambah banyak 😀 gara open CPNS 2017 nih bu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. baca disini yaa http://www.dudukpalingdepan.com/2017/07/sistem-kerja-polsuspas.html

      Delete
  19. Serius mbak gajinya lebih dari 5 juta setaraf lulusan SMA? soalnya sy jg disuruh ortu daftar ini pakai ijazah sma. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikut aja, kalau lulus bisa dibuktikan sendiri berapa gajinya :)

      Delete
  20. Mbak ada id IG minta dong buat nanya" ttg tes kemenkumham.
    Oh iy mbk, maksud dr transkip nilai itu apakah transkip nilai SMA saja?

    Terimakasih zebelumnya

    ReplyDelete
  21. Buta warna ga bisa ya mba? Aku buta warna -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba baca persyaratan tahun ini ya http://www.dudukpalingdepan.com/2017/07/persyaratan-tes-cpns-kemenkumham-2017.html

      Delete
  22. Replies
    1. baca disini yaa http://www.dudukpalingdepan.com/2017/07/persyaratan-tes-cpns-kemenkumham-2017.html

      Delete
  23. Mba untuk yang buta warna bisa ga ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba baca persyaratannya disini, http://www.dudukpalingdepan.com/2017/07/persyaratan-tes-cpns-kemenkumham-2017.html kalau nggak ada diminta surat keterangan tidak buta warna berarti bisa ikut.

      Delete
  24. Mbaakkk pas test apakah ad tes fisik berupa lari" keliling lapangan gtuu ??
    Bisa crita ga mbaak test ya itu meliputi ap aja,,, makasiiih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ceritanya sudah ada di postingan yang ini http://www.dudukpalingdepan.com/2017/06/pengalaman-tes-cpns-kemenkumham.html

      Delete
  25. Mau nanya nih , untuk tes kesehatan apa gigi juga di periksa mbak?

    ReplyDelete
  26. Tulisan ini sangat bermanfaat mbak, begitipun dengan yang sudah komentar..terima kasih semoga selalu menjadi ladang ibadah

    ReplyDelete
  27. Klo mata minus.. maksimal nya brp ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. baca disini http://www.dudukpalingdepan.com/2017/07/question-dan-answer-terkait-pembukaan.html

      Delete
  28. Gigi saya agak ga rapi mbak, mau tanya kira2 masuk penilaian ga ya?

    ReplyDelete
  29. Ka minta no wa yg bisa dihubungi donk mw tny2 nih tentang sipir..

    ReplyDelete
  30. Ka boleh minta no wa yg bidlsa dihubungi? Mw tanya2 temtang sipir ..hii

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf, via email saja ya saya balas2in juga kok. dudukpalingdepan@gmail.com

      Delete
  31. Yang koment di atas, nanyain ini dan itu, pasti mau daftar cpns kemenkumham bulan depan, wkwkwmwk.

    Kok gak buat novel aja buk sipir ?? Kerwn lo tulisannya. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya, terimakasih yaa, nggak apa saya membantu saja karena dulu saya pun minim info,

      Delete
  32. assalammualaikum,
    mba mw tanya, saya lulusan D3 keperawatan, dan kriteria penjaga tahanan/sipir itu tidak sesuai dengan lulusan saya, saya mau mengajukan ijazah d3 apakah bisa ? atau saya mengajukan ijazah slta ?

    ReplyDelete
  33. assalamu alaikum mba permisi (: klo misalkan lewat jalur umun kemudian lulus jadi sipir terus berapa bulan biasanya mba pelatihannya yang kayak militer atau samaptanya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. baca disini yaa http://www.dudukpalingdepan.com/2015/04/rasa-nano-nano-diklat-kesemaptaan-2015.html tiap angkatan beda-beda jaman saya cuma dua minggu, paling lama empat puluh hari

      Delete
  34. Mba ,biasanya tesnya ada yang pernah sampe malam gak? Atau cuma pagi sampai sore aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. pagi-sore. KEcuali waktu itu verifikasi berkas sampai malam

      Delete
    2. Ka untuk SKCK itu dari Polsek apa polres? Dan kartu kuning itu ada masa berakhirnya ngga ka

      Delete
    3. mbak mau tanya kalau daftar polsupas udah keluarga masih bisa ..tpi umur msih 21

      Delete
  35. mb mau nnya penempatan sesuai domisili gk

    ReplyDelete
    Replies
    1. baca disini yaa http://www.dudukpalingdepan.com/2017/07/question-dan-answer-terkait-pembukaan.html

      Delete
  36. Hai kak, kalo tes sipir dari ijasah sma apa ada tes varises?

    ReplyDelete
  37. Kak, apa untuk bisa naik ke jabatan yang lebih tinggi dan menjadi pimpinan sipir harus dari lulusan AKIP? Kalau daftarnya melalui jalur CPNS dan umurnya >24 kan sudah gak bisa daftar AKIP ����

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk jadi pimpinan nggak harus dari akip, jalur umum seperti cpns ini bisa juga asal kinera bagus.

      Delete
  38. Untuk fc ijazah pake ukuran kertas apa ya mbk? Untuk nilai ijazah bolk balik atau terpisah

    ReplyDelete
    Replies
    1. a4 kan ya biasanya kasih aja tukang fotocopy, udah paham dia hehe

      Delete
  39. mbak mau nanya kalau daftar polsupas udah berkeluarga namun umur masih 21 apa bisa

    ReplyDelete
  40. mbak mau nanya kalau daftar polsupas udah berkeluarga namun umur masih 21 apa bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, selengkapnya baca disini http://www.dudukpalingdepan.com/2017/07/persyaratan-tes-cpns-kemenkumham-2017.html

      Delete
  41. kak.. mau tanya, klo udah lolos seleksi, sistem penempatan tugasnya gimana, jauh dr alamat KTP gak? klo beda kabupaten antara tempat kerja sm rumah (alamat KTP) kan lumayan jauh. mohon pencerahannya kak 😊

    ReplyDelete
  42. Mba mau tanya kalau jadi sipir apa bisa sembari kuliah ?

    ReplyDelete
  43. Mba mau tanya kalau jadi sipir apa bisa sembari kuliah ?

    ReplyDelete
  44. Mbak saya lagi hamil ini hehe.kan boleh ya mbak ikutan.trus klo kesamamptaan apa ikut lari2 juga ya mbak

    ReplyDelete
  45. Mbak saya lagi hamil ini.apa tes kesamaptaan x juga ikutan lari2

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau lulusan S1 nggak ada tes fisiknya, lulusan SMA ada tes fisiknya jadi kalau hamil nggak bisa. Prioritaskan anak dulu ya, insyaAllah nanti ada rejeki lain ^^

      Delete
  46. Assalamu Alaikum.. salam kenal mbak perkenalkan sy Firsan dari makassar. sya tertarik dng ulasan ceritanya mbak yg ada d blog. saya fresh graduate mbak bru lulus kuliah bulan 4 kemaren sekarang lagi cari kerja dan kebetulan Kemenkumham buka lowongan Cpns.tapi jurusan kuliah saya tdk ada dalam formasi ingin bertanya mbak klo misal sya daftar pake ijasah SMA kemudian lulus Aamiin, dan setelah kerja d lapas saya kuliah ambil hukum apakah bisa/ada kemungkinan saya bisa pindah tugas ke dirjen kemenkumham,/imigrasi? terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  47. Assalamu Alaikum.. sore mbak, maaf ganggu. perkenalkan sy Firsan dari makassar. sya tertarik dng ulasan ceritanya mbak yg ada d blog. saya fresh graduate mbak bru lulus kuliah bulan 4 kemaren sekarang lagi cari kerja dan kebetulan Kemenkumham buka lowongan Cpns. ingin bertanya mbak klo misal sya daftar pake ijasah SMA kemudian lulus Aamiin, dan setelah kerja d lapas saya kuliah ambil hukum apakah bisa/ada kemungkinan saya bisa pindah tugas ke dirjen kemenkumham,/imigrasi?

    ReplyDelete
  48. Mbak mau tanya kalau misalnya ketrima nih, penempatan tugasnya apa sesuai dengan ktp ?

    ReplyDelete
  49. Mbak misalnya mau tanya misalnya udah ketrima nih jadi sipir/polsuspas itu penugasannya apa sesuai dengan ktp?

    ReplyDelete
  50. Mbak misalnya mau tanya misalnya udah ketrima nih jadi sipir/polsuspas itu penugasannya apa sesuai dengan ktp?

    ReplyDelete
  51. Mbak mau tanya kalau misalnya ketrima nih, penempatan tugasnya apa sesuai dengan ktp ?

    ReplyDelete
  52. Mbak misalnya udah ketrima nih jadi sipir/polsuspas untuk penugasannya apa sesuai domisili yang tertera pada ktp?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sesuai provinsinya tapi kabupatennya ditentukan pihak instansi sesuai kebutuhan ya

      Delete
  53. Ka kan katanya persyaratannya harus mempunyai sertifikat komputer yah, itu sertifikat di lampirkan nya di berkas dokumen yg dikirim apa nanti pas verifikasi atau pfk (pengamatan fisik dan keterampilan) ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lampirkan fotokopinya di berkas yang dikirim, aslinya nanti dibawa saat verifikasi ya

      Delete
  54. mbak klu lulusan s1 tp bukan jurusan hukum bisa daftar jg g....saya lg hamil skrg jd g bs pke ijazah SMA...

    ReplyDelete
    Replies
    1. s1 bisa, coba check disini ada nggak yang sesuai jurusannya? http://www.dudukpalingdepan.com/2017/07/persyaratan-tes-cpns-kemenkumham-2017.html

      Delete
  55. Kalau gk punya sertifikat komputer gimana tuh kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. baca disini yaa http://www.dudukpalingdepan.com/2017/07/question-dan-answer-terkait-pembukaan.html

      Delete
  56. Terima Kasih banyak infonya mbak,sangat membantu sekali bagi kita yang mau daftar cpns kemenkumham, semoga mbak dan keluarga sehat dan slalu dalam lindunganNya, Aaamiin :)

    Doain ya mbak ane bisa diterima cpns hehe

    ReplyDelete
  57. Permisi mbak, umur saya sekarang 17 tahun, bulan September nanti baru umur saya 18 tahun, apakah saya bisa daftar polsuspas tahun ini mbak? Sedangkan di persyaratan minimal umur 18 tahun di bulan Agustus, mohon petunjuknya mbak, Terima kasih

    ReplyDelete
  58. Permisi mbak, umur saya sekarang 17, bulan September nanti baru umur saya 18, apakah saya bisa daftar polsuspas di Thun ini?. sedangkan di persyaratan minimal umur 18 di bulan Agustus, mohon petunjuknya mbak, Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak bermaksud mematahkan semangat ya , memang harus sesuai kriteria yang diminta

      Delete

Silahkan komentar dengan nada positif, no SARA. Terimakasih ^^

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS