√ Energi Terbarukan Memberi Harapan Bagi Kehidupan Generasi Kita di Masa Depan - Duduk Paling Depan

Energi Terbarukan Memberi Harapan Bagi Kehidupan Generasi Kita di Masa Depan

Energi terbarukan


Penggunan Energi Setiap Hari

Dari bangun tidur sampai mau tidur lagi kayaknya kita nggak bisa lepas ya dari energi listrik maupun bahan bakar minyak. 


Lampu dan peralatannya elektronik di rumah pakai listrik dari PLN (Perusahaan Listrik Negara) yang masih dominan menggunakan PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap).


Terus saat keluar rumah kita menggunakan kendaraan dengan bahan bakar dari minyak bumi yang terbuat dari organisme yang telah mati di dalam tanah, dan proses pembentukannya butuh waktu sampai jutaan tahun. 


Pernah nggak kepikiran kalau suatu hari nanti batu bara yang jadi bahan bakar PLTU habis, atau minyak bumi makin terkikis habis karena dipakai terus menerus, generasi manusia kedepannya pakai apa untuk menjalani kehidupan mereka? Padahal tentu kita berharap di masa depan, sistem kehidupan manusia akan lebih maju dan teknologinya lebih canggih daripada sekarang.


Nah, untuk itu para peneliti terus berusaha mencari sumber energi alternatif dan salah satu yang sedang banyak dibicarakan itu adalah energi yang terbarukan. 


Pengertian dan Jenis Energi Terbarukan


Pas banget tanggal 17 November 2023 lalu saya mengikuti kegiatan online gathering yang diselenggarakan oleh #EcoBloggerSquad, komunitas blogger yang contreng terhadap isu lingkungan.




Kali ini temanya adalah “Mengulik Energi Terbarukan yang Ramai Diperbincangkan” dengan pemateri Refina Muthia Sundari, research manager dari Traction Energy Asia.


Traction Enegry adalah lembaga riset independen yang berfokus pada isu transisi menuju energi bersih dan terbarukan. 


Mereka juga kerap membagikan konten edukasi tentang lingkungan khususnya energi terbarukan pada media sosialnya (IG & Twitter) di @tractionenergy.


Disini kak Refina membagikan banyak informasi tentang energi terbarukan. Berawal dari pengertian energi terbarukan, yaitu energi yang berasal dari sumber daya alam yang sudah tersedia dan cepat dihasilkan kembali, sehingga tidak akan habis karena terbentuk dari proses alam yang berkelanjutan. 



Jenis-jenis energi terbarukan diantaranya adalah :


Angin


Ternyata angin yang berhembus setiap hari itu bisa jadi energi listrik dengan memanfaatkan kincir angin untuk memutar generator. 

Surya

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) termasuk sumber energi terbarukan yang sudah banyak digaungkan. Dengan cara memanfaatkan panas dari sinar matahari yang diserap alat panel surya untuk diubah menjadi energi listrik.


Air

Air ternyata bukan cuma bisa dimanfaatkan untuk konsumsi, pertanian, irigasi, dan rekreasi aja. Air bisa menghasilkan listrik dengan memanfaatkan kincir air untuk menghasilkan energi kinetik yang dapat memutar generator. 


Panas Bumi


Panas bumi disebut juga dengan geothermal berasal dari inti bumi dengan perkiraan sekitar 5.500 derajat celcius. 


Untuk memanfaatkan energi panas bumi, biasanya dilakukan pengeboran hingga mencapai titik panas di dalam bumi. Panas yang dihasilkan dialirkan untuk menggerakkan turbin, yang selanjutnya digunakan untuk memutar generator dan menghasilkan energi listrik.


Biomassa


Biomassa adalah bahan organik yang dapat diperbaharui dan berasal dari makhluk hidup, seperti tumbuhan, hewan, dan limbah. Biomassa dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi, baik secara langsung maupun tidak langsung.


Pembangkit listrik biomassa di Indonesia seperti PLTBM Pulubala di Gorontalo yang memanfaatkan tongkol jagung.


Manfaat Energi Terbarukan

Ramah lingkungan

Energi terbarukan tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca yang dapat menyebabkan pemanasan global dan perubahan iklim. Pemanfaatan energi terbarukan juga merupakan kunci dalam mengatasi krisis iklim.

Tersedia melimpah dan berkelanjutan


Sumber daya alam yang digunakan untuk menghasilkan energi terbarukan, seperti matahari, angin, air, tersedia melimpah di alam dan dapat dihasilkan berkelanjutan secara alami.


Mengurangi ketergantungan pada energi fosil


Energi terbarukan dapat membantu mengurangi ketergantungan pada energi fosil, seperti minyak bumi, gas alam, dan batu bara.


Meningkatkan ketahanan energi


Energi terbarukan dapat membantu meningkatkan ketahanan energi suatu negara karena tidak bergantung pada impor energi fosil.

Menciptakan lapangan kerja

Pengembangan dan pemanfaatan energi terbarukan dapat menciptakan lapangan kerja baru di berbagai sektor, seperti manufaktur, konstruksi, dan jasa.

Meningkatkan kualitas hidup


Energi terbarukan dapat membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan mengurangi polusi udara dan meningkatkan ketahanan energi.


Implementasi Energi Terbarukan di Indonesia

Pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai upaya untuk mengimplementasikan energi terbarukan di berbagai sektor, antara lain pembangunan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) dan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Seperti PLTS/PLTA Terapung Cirata yang ada di Kabupaten Purwakarta, Jawa barat.


Selain itu ada pula pengembangan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) dan  infrastruktur pengisian listrik untuk KBLBB.


Pada sektor rumah tangga juga telah dilakukan pengembangan program pemasangan panel surya pada skala rumah tangga, dan pembuatan biomassa dari limbah pangan seperti minyak jelantah.


Mari Sadar Energi dan Lakukan Hal Ini


Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan dan tergolong mudah karena mungkin sebagian besar dari kita sudah menerapkannya. 


Yaitu dengan mengusahakan menggunakan kendaraan ramah lingkungan, atau menggunakan moda transportasi umum sehingga dapat lebih menghemat BBM.


Selain itu gunakan alat elektronik seperlunya dan cabut kabel atau matikan kontak setelah selesai digunakan guna untuk menghemat listrik.


Jika memungkinkan, teman-teman bisa memasang PLTS di rumah. Bisa juga mengumpulkan limbah pangan seperti minyak jelantah untuk diberikan kepada orang/organisasi yang memang mengolah minyak jelantah menjadi biodiesel/biomassa.


Terakhir kita bisa aktif menyuarakan kesadaran tentang hemat energi dan mendukung energi terbarukan dengan cara masing-masing. Bisa dengan menceritakan ke orang terdekat, membuat konten di media sosial, atau menulis artike di blog seperti ini.


Hal kecil yang kita lakukan pasti akan berdampak besar jika dilakukan bersama-sama.


Kita juga berharap gerakan ini bisa sangat berarti bagi kelangsungan hidup yang nyaman bagi generasi kita yang akan menjadi penduduk bumi selanjutnya. 


Semoga tulisan ini bisa bermanfaat, bagi teman-teman yang mau tahu lebih banyak tentang energi terbarukan dan isu lingkungan lainnya jangan lupa untuk follow Instagram @ecobloggersquad dam @tractionenergy ya. 


Teman-teman ada cerita atau pendapat tentang energi terbarukan? Tulis di kolom komentar, ya.

Get notifications from this blog

8 comments

  1. Kita harus udah mulai sih beralih ke energi terbarukan. Aku lihat udah mulai seliweran mobil/motor listrik...tapi kupikir ini belum energi terbarukan sih. Karena bahan dasar batere pakai nikel = hasil tambang juga.
    Aku sih pengen pasang panel energi surya di atap rumah nih. Sayang masih mahal, 25 juta untuk 1000 watt. Hiks...

    ReplyDelete
  2. Energi terbarukan ini alternatif yang memungkinkan, tetapi sebaiknya tetap melakukan penghematan energi ya Kak, karena sayangnya energi ini tidak dapat disimpan, hanya bisa dialihkan
    Jika bisa disimpan pun, jumlahnya sangat kecil

    ReplyDelete
  3. saya sih berharap banget energi terbarukan bisa mengganti energi yang kita gunakan saat ini, karena dampak pemanasan global udah berasa banget, seperti kemarau panjang kemarin. Minimal mungkin kita bisa menerapkan Biomassa yaaa apalagi yang punya peternakan sapi atau kambing/domba

    ReplyDelete
  4. saya sih berharap banget energi terbarukan bisa mengganti energi yang kita gunakan saat ini, karena dampak pemanasan global udah berasa banget, seperti kemarau panjang kemarin. Minimal mungkin kita bisa menerapkan Biomassa yaaa apalagi yang punya peternakan sapi atau kambing/domba

    ReplyDelete
  5. Saat ini dunia memang butuh energi terbarukan ya mbak. Apalagi Indonesia kaya akan sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan untuk energi terbarukan

    ReplyDelete
  6. Hal kecil akan berdampak besar, ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk membantu mendukung energi terbarukan ini, semoga suatu saat Indonesia bisa menggunakan energi terbarukan di berbagai lini

    ReplyDelete
  7. aku termasuk belum sadar diri karena nggak sering menggunakan transportasi umum, mengingat di kotaku sendiri angkutan umum juga udah langka, dan hanya titik tertentu aja yang dilalui
    seneng banget kalau energi terbarukan membawa manfaat untuk membuka lapangan kerja baru, berharap banyak masyarakat yang bisa mendapatkan pekerjaan disaat sekarang ini

    ReplyDelete
  8. Memang penting buat kita semua untuk bisa sadar energi ya. Hemat energi dan mendukung energi terbarukan yang lebih ramah lingkungan dan ketersediaannya juga berlimpah dan berkelanjutan. Karena ini bumi kita, yang harus dijaga oleh semua, hal kecilpun bisa berdampak besar.

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.