√ Pentingnya Literasi Keuangan Syariah Untuk Menggapai Keluarga yang Sakinah - Duduk Paling Depan

Pentingnya Literasi Keuangan Syariah Untuk Menggapai Keluarga yang Sakinah

Harapan Menjadi Keluarga Sakinah

Pasangan muslim yang menikah tentunya berharap dapat mewujudkan keluarga yang sakinah, mawaddah, dan warrahmah. Terkhusus pada kata Sakinah, artinya adalah adalah keluarga atau pasangan suami istri ketika mendapat sesuatu yang kurang baik maka dia akan menutup perasaan dan lidahnya agar tidak melakukan kegiatan yang tidak terpuji sehingga hubungan dalam membina keluarga bisa awet.

Memang nggak bisa dipungkiri dalam berumah tangga akan selalu ada ujiannya. Ketika ada sifat yang kurang baik dari pasangan, tentu dapat memicu adu argumen. Belum lagi dengan adanya ujian kehidupan seperti ujian ekonomi.

Keluarga yang sakinah adalah impian setiap pasangan Muslim yang ingin membangun rumah tangga yang harmonis. Untuk mencapainya, selain memahami nilai-nilai agama dan prinsip-prinsip Islam dalam kehidupan sehari-hari, literasi keuangan syariah juga menjadi faktor penting. 

Karena sudah pasti dalam rumah tangga kita akan mengelola keuangan keluarga. Pengaturan keuangan ini nggak boleh asal-asalan, melainkan harus teliti dan tepat guna agar konflik keuangan dalam hubungan suami istri dapat diminimalisir. 

Pentingnya Literasi Keuangan Syariah dalam Keluarga

Jangan pernah mengabaikan edukasi tentang keuangan keluarga secara syariah, karena pengetahuan yang mumpuni tentang keuangan syariah akan membuat hati lebih tenang terutama dalam menuju keluarga yang sakinah.

Dalam konteks keuangan keluarga, literasi keuangan syariah menjadi sangat penting karena dapat membantu pasangan Muslim untuk mengelola keuangan mereka sesuai dengan prinsip-prinsip Islam, yang di dalamnya mencakup prinsip keadilan, transparansi, dan menghindari transaksi yang haram.

Mungkin teman-teman pernah mendengar kasus rumah tangga yang berkonflik karena pasangannya salah menempatkan tabungan mereka pada investasi bodong? Atau ada suami yang kecanduan judi online sehingga uang nafkah pun dipakai untuk berjudi? Ada pula istri yang terjebak pinjaman online karena kurang mampu mengatur keuangan rumah tangga sehingga menjadi boomerang untuk diri dan keluarganya.

Tentu kita berharap itu nggak terjadi pada keluarga kita. Nah sebelum terjadi atau terjatuh lebih jauh, yuk sama-sama kita belajar tentang keuangan syariah. 

Ada banyak cara dan sumber untuk mempelajari tentang manajemen keuangan keluarga secara syariah. Bisa dari pendidikan formal atau non formal. Bisa dari buku, televisi, dan yang nggak asing saat ini belajar dari konten. 

Tingkatkan Literasi Keuangan Syariah dengan Sharia Knowledge Centre

Sharia Knowledge Centre (SKC) merupakan kanal informasi, inovasi, dan kolaborasi seputar ekonomi syariah di Indonesia yang diinisiasi oleh PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah). 

SKC menyediakan platform berupa situs shariaknowledgecentre.id yang menyediakan banyak artikel tentang edukasi keuangan syariah. Misalnya tentang reksadana syariah, syarat-syarat wakaf harta, pembagian warisan, jenis investasi yang halal, dan masih banyak lagi. 

SKC ada untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan Syariah sekaligus bergotong-royong memajukan ekonomi Syariah dan menjadikan Indonesia sebagai pusat perkembangan ekonomi Syariah global. 

Untuk mencapai tujuan tersebut, SKC akan bekerja sama dengan pemerintah, regulator, pakar ekonomi Syariah dan segenap pemain industri ekonomi Syariah melalui berbagai program kemitraan strategis.

Alhamdulillah pada era digital seperti sekarang kita lebih dipermudah lagi untuk belajar secara efisien karena bisa diakses dimana saja dan kapan saja selama ada gawai dan koneksi internet. 

Manfaatkan yuk platform Sharia Knowledge Centre (SKC) ini agar pengetahuan kita tentang keuangan syariah lebih meningkat. 

Dengan pengaturan keuangan yang baik dan sesuai dengan prinsip ajaran agama Islam, semoga kita bisa mencapai keluarga sakinah yang setiap langkahnya diberkahi oleh Allah SWT. 



Get notifications from this blog

2 comments

  1. Nah, keuangan islam itu penting banget untuk diterapkan apalagi aman dan tidak takut akan riba atau yang lainnya. Pastinya sesuai syariat Islam, tapi ini jarang sekali diterapkan dalam keluarga padahal sangat bermanfaat. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete
  2. pentingnya ilmu management keuangan ya, apalagi sekarang sudah ada ilmu mengenai literasi keuangan syariah. Dan kasus yang disebut mba Eni diatas memang banyak terjadi, ibaratnya istri adalah menteri keuangan di dalam keluarga, jadi kudu pinter ngatur keuangan biar ga over juga pengeluarannya

    ReplyDelete