4 Ide Percobaan Sains Sederhana yang Bisa Dilakukan Bersama Anak

By dudukpalingdepan - 7:05:00 PM

percobaan sains sederhana
source : Anakcerdas. net
Berakhir pekan nggak harus selalu keluar rumah kan, Moms? Ada banyak cara untuk menyemarakkan libur sabtu-minggu tanpa harus jalan-jalan ke mall atau ke taman bermain. Salah satunya adalah melakukan percobaan sains sederhana yang bisa dilakukan bersama anak-anak. 

Ada banyak manfaat yang bisa didapat dengan melakukan percobaan sains sederhana bersama anak-anak. Pertama, anak bisa melihat praktik dari ilmu pengetahuan alam / fisika yang mereka pelajari di sekolah. Kedua, anak bisa belajar bahwa ilmu sains ternyata mudah ditemui dalam keseharian, dari benda-benda yang ada di rumah. Ketiga, bisa merekatkan bonding antara orang tua dan anak.

Nah, langsung saja berikut beberapa ide percobaan sains sederhana yang bisa dilakuan di rumah :

1. Pensil yang Bengkok di Dalam Air

percobaan sains sederhana
source : Keepo. me

Meski terlihat sederhana, namun percobaan ini dapat mengajarkan anak tentang pembiasan cahaya. Itulah penyebab kenapa pensil terlihat bengkok (tidak lurus) ketika berada di dalam wadah bening yang berisi air. 

Alat dan bahan :
  • Gelas bening
  • Pensil (boleh diganti pipet)
  • Air putih
Cara membuat:
Masukkan pensil ke dalam gelas yang sudah diisi air. Ajak anak melihat pensil dari sisi depan gelas. Akan terlihat bahwa pensil seolah-olah menjadi bengkok.

2. Balon yang Mengembang Tanpa Ditiup

percobaan sains sederhana

Anak-anak pasti menyukai balon. Biasanya balon harus ditiup terlebih dahulu. Pada percobaan ini anak bisa melihat bahwa balon bisa mengembang tanpa ditiup karena adanya efek gas di sekitarnya. 

Alat dan bahan :
  • Minuman Bersoda
  • Permen Mentos
  • Balon
Cara membuat :

Masukkan mentos ke dalam sebotol minuman bersoda. Tutup mulut botol dengan balon, lalu kocok botol tersebut. Anak dapat menyaksikan balon mengembang tanpa ditiup karena efek gas yang ditimbulkan permen mentos dan soda.

3.  Mengenali jenis warna primer dan sekunder
percobaan sains sederhana
Source : IdnTimes

Mungkin si kecil sudah hafal nama-nama warna. Tapi si kecil mungkin belum tahu bahwa banyak warna yang dihafalnya berasal dari tiga warna primer saja yaitu merah, biru, dan kuning. Sedangkan warna lainnya berasal dari campuran warna primer tersebut, yang disebut dengan warna sekunder. 

Alat dan bahan :
  • Pewarna makanan merah, biru, dan kuning
  • Beberapa gelas bening
  • air putih
Cara membuat :
Isi tiga gelas dengan air putih, lalu masing-masing gelas teteskan warna merah, biru, dan kuning. 
Kemudian isi gelas kosong lainnya dengan campuran air merah-biru, kuning-biru, merah-kuning. Jangan lupa untuk mengaduknya secara perlahan. Anak akan melihat perubahan warna yang bisa membuatnya takjub. Misalnya warna ungu yang selama ini ia kenali ternyata berasal dari campuran warna merah dan biru. 

4. Balon yang Tahan Api

percobaan sains sederhana
source : Anakcerdas. net

Balon sangat mudah pecah, apalagi jika berada di dekat sesuatu yang panas seperti api. Namun kali ini ajak si kecil untuk melihat bahwa ada balon yang bisa tidak pecah meski didekatkan pada api. 

Alat dan bahan :
  • Balon
  • Air secukupnya
  • Lilin
  • Korek api
Cara membuat : 
Nyalakan lilin dengan korek api. Kemudian isi balon dengan air secukupnya, lalu tiup balon tersebut. Jika sudah dekatkan balon pada lilin yang menyala. 

Ajaibnya, balon tidak pecah. Hal tersebut terjadi karena panas yang berasal dari api akan diserap oleh air sehingga permukaan karet balon tidak menjadi terlalu panas, sehingga balonnya tidak sampai pecah.

Nah, itu dia empat percobaan sains sederhana yang bisa ibu-ibu lakukan di rumah bersama anak-anak. Pastikan untuk selalu mengawasi anak jika percobaan membutuhkan beberapa alat dan bahan yang cukup berbahaya seperti korek api atau gunting. 

  • Share:

You Might Also Like

11 komentar

  1. walau sederhana tapi efeknya ga bisa dibilang remeh yaa mba..
    anak bakal bereksplorasi lebih dan tentunya bakal ngerti sains lebih
    nice share dah mba :D

    ReplyDelete
  2. wah kayaknya anak saya pasti tertarik pada percobaan ya terakhir, dia akan terheran2 mengapa balonnya ngak pecah hehehe

    ReplyDelete
  3. wah ini aku jd pengen praktekin ke anak2 kelas nih.. kemarin blm lama baru praktik pensil dicelupin air.. seru bgt, mereka smpe antusias bgt

    ReplyDelete
  4. jadi ingat jaman-jaman saya ngajar KIR di SMP dan SMA dulu..
    banyak banget percobaan-percobaan menarik yang saya ajarkan ke anak-anak.
    beberapa contohnya seperti yang mba tuliskan diatas..

    kalau dipikir2 benar juga yaa bisa diterapkan untuk mengasah motorik anak.
    hoho, terimakasih mbaa ku jadi terinspirasi nih, mau terapkan percobaan2 ini juga ke anak saya..

    ReplyDelete
  5. Whahha ide-ide sains, yang dulu pernah saya lakuin pas masih SD wgwg. :D

    Seru masa-masa itu, sekarang boro-boro mau eksperimen wgwg

    ReplyDelete
  6. Aku penasaran banget nyoba yg balon di botol itu & balon yg tahan api, aku belum pernah tau tentang 2 hal itu, aku mau coba dulu ah sebelum uji coba sama anak hihi, thank you infonya mbak

    ReplyDelete
  7. Kerenlah pokoknya. Pas untuk memperkenalkan sains sejak dini

    ReplyDelete
  8. Asyik lumayan ada ide buat anakku besok mb🤭 Terima kasih sharingnya mb

    ReplyDelete
  9. wahhh keren percobaan sainsnya saya coba trik yang ke 2 ya

    ReplyDelete
  10. asik dan menyenangkan, anak pasti suka, apalagi anaksaya seneng banget nanya hal yang baru...kayak kemaren aja nanya kenapa pesawat bisa terbang,,,dan papanya bingung ngejelasinya wkwkwkw

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.