√ Jadi Sipir Itu Rasanya.... - Duduk Paling Depan

Jadi Sipir Itu Rasanya....



Sebelum masuk kerja, aku sempat was-was dan mikir "ya Allah... yang bakalan aku hadapin itu para narapida. Penjahat. Kalau ada yang gahar gitu gimana ya?". 

Beneran deh, aku jadi kebayang kayak adegan-adegan di sinetron yang menggambarkan kehidupan di penjara yang keras. Ada narapidana yang lemah dan tertindas kemudian ada narapida yang berkuasa karena dia kuat dan banyak tattonya. 

Aku mikir gimana ya cara menangani kalau ada narapidana yang ngamuk terus melayangkan bogem mentahnya ke aku. Aku harus apa coba? nggak ada satu bela diripun yang aku kuasai. Kalaupun ada jurus yang aku pelajari palingan cuma jurus "pukul-pukul-bahu-manja"

Ternyata sinetron emang cuma rekayasa. Pada kenyataannya nggak gitu kok. Aku kerja di Lembaga Pemasyrakatan khusus anak dan wanita. 

Ternyata mereka semua baik-baik. Memang sih, kalau mereka baik-baik mereka nggak akan ada di dalam sana. Tapi aku yakin, mereka semua orang baik. Cuma, di luar sana terlalu banyak faktor yang membuat mereka berbuat jahat dan akhirnya bertemu sipir kece kayak aku di lapas *nyelipin kenarsisan dikit boleh dong ya*


Kerjaan sipir itu gampang-gampang susah. Resiko paling besar yang ditakuti semua sipir adalah kalau ada tahanan yang kabur *naudzubillah min dzalik, jangan sampai terjadi*. Jadi sipir juga mesti waspada dengan segala tindak-tanduk narapidana. Tapi sipir juga harus siap jadi konsultan karena sering dijadiin tempat curahan hati para narapidana.
Untuk selanjutnya kata narapidana aku ganti menjadi warga binaan ya, karena memang mereka ada di dalam lapas untuk dibina. Balik lagi ke perasaan aku sebagai sipir. Awalnya ketar ketir, takut-takut ngomong sama warga binaan. 

Tapi lama-lama terbiasa dan jadi nyantai aja sih. Malah ya, aku suka nggak nyangka dan nggak abis pikir karena kalau dilihat dari perawakan, gaya bicara dan sikap mereka, aku gak percaya bahwa  kasus narkoba, korupsi dan tindakan kriminal lainnya yang membawa mereka bertemu aku.

Aku sering dicurhatin sama ibu-ibu warga binaan di lapas. Mereka sering curhat tentang keluarganya, betapa kangennya mereka sama anak, suami, orang tua dan sanak saudara. Lebih seru lagi kalau denger cerita kisah hidup mereka yang membuat mereka terpaksa melakukan tindakan kriminal dan akhirnya harus menebus kesalahan dengan menginap di hotel prodeo.

Selain mendengarkan dengan baik, aku juga sering ngasih nasehat. Kadang-kadang di dalem hati suka geli sendiri sih, gimana mungkin aku yang umurnya jauh lebih muda dari pada ibu-ibu itu dan masih suka nangis karena putus cinta bisa nasehatin warga binaan dengan kata-kata bijak, hehehehe.

Yasudahlah, lagian mereka kadang nggak butuh solusi dari aku, yang mereka butuhkan hanya sosok yang mau mendengar dan tetap memandang mereka sebagai seutuhnya manusia yang baik meski pernah melakukaun sesuatu yang buruk.

Dari cerita-cerita mereka aku banyak belajar, bahwa pada kenyataannya hidup ini memang keras dan kejam. Kejadian-kejadian yang sering aku lihat di tv atau di fim ternyata emang kejadian pada kehidupan nyata mereka. Faktor ekonomi, lingkungan dan sosial yang membawa mereka memilih jalan pintas untuk mencari kesenangan.

Dibalik kisah masa lalu mereka, aku pribadi percaya pada dasarnya semua warga binaan itu baik. Mereka memang manusia biasa yang nggak luput dari kesalahan yang harus dipertanggung jawabkan. Sebenarnya setiap manusia kan pasti punya kesalahan yang harus dipertanggung jawabkan kepada Tuhan. 

Hanya saja di dunia ini ada aturan yang mengatur agar manusia yang berbuat salah di mata hukum, harus mempertanggung jawabkan kesalahannya dengan menghabiskan beberapa masa di balik terali besi.


Mereka yang takdirnya harus mencicipi kehidupan di dalam lapas, bukan berarti mereka masyrakat yang hina yang harus dikucilkan. Mereka yang di dalam sana, belum tentu lebih buruk dari mereka ada di luar.

Oh ya, balik lagi ke perasaan jadi sipir. Aku turun 5 kg lho semenjak kerja. Mungkin karena sipir ada jaga malemnya dan harus begadang. Di tempat aku nggak ada mamang-mamang. Maksud aku, mamang-mamang yang jualan makanan. 

Jadi di sana makan ya seadanya apa yang ada deh. Eh tapi sering juga aku dikasih makanan sama warga binaan yang dapat besukan. Mereka nggak pernah pelit ngasih meski tanpa diminta. Tapi kadang-kadang kalau laper aku sih yang minta hehe.

Sampai disini dulu deh cerita bu sipir. Besok-besok sambung lagi,
*dadah dadah dari balik terali besi*


 


Get notifications from this blog

228 comments

  1. Kak kok bisa jadi sipir ?
    Ikut test kemenkumham atau gimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kakak dlu ada pendidikannya?, brp lama?

      Delete
    2. saya lewat jalur cpns umum jadi nggak pakai pendidikan, kalau yang pakai pendidikan itu lewat AKIP, 4 tahun.

      Delete
    3. Emg gak ada pelatihan kak?? B
      Bisa bagi kontak gak mau daftar sipir jg nih mau nanya hehe

      Delete
    4. email aja ya, ada di bio blog ini. pelatihan ada silahkan baca disini http://www.dudukpalingdepan.com/2015/04/rasa-nano-nano-diklat-kesemaptaan-2015.html

      Delete
  2. jam kerja sipir itu gimana si?kerjanya berapa hari dalam seminggu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setiap lembaga pemasyrakatan punya kebijkan yang berbeda-beda, kalau di tempat saya dua hari kerja dua hari libur

      Delete
  3. klo cwok gi mna apakah apakah beda dengan lapas cwek...??

    ReplyDelete
  4. mbak itukan lapas untuk ibu dan anak coba klo untuk laki-laki..bogem melayang... wkwkwkw piss

    ReplyDelete
  5. Menarik tulisan anda apalagi sy sdg dlm proses pembuatan novel berlatar belakang kehidupan penjara, khususnya sipir dan napi. Klo boleh sy ingin nanya lbih banyak tentang hal itu. Dmn ya sy bisa menghubungi anda?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mbak Ifa, mohon maaf baru balas. Waa, senang sekali saat membaca komentar ini. Bisa hubungi saya di ennyluthfiani@yahoo.com

      Delete
  6. Mbak dulu daftar lewat jalur cpns umum ya? Berarti pas dulu daftar riwayat pendidikan terakhir mbak itu SMK/SMA sederajat?

    ReplyDelete
  7. Mba kalaw bolh tau jalur akip itu persyaratannya apa ajah yah .?
    Apakah bisa dari SMK .?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, maaf saya nggak pernah ikut AKIP jadi nggak tahu karena saya ikut tes cpns lewat jalur umum.

      Delete
  8. tes wawancaranya susah ngak?

    ReplyDelete
  9. Maaf mau tanya klo misalkan udah masuk jadi sipir, trus kuliah lgi dan dapet gelar s1 misalkan. Kira2 itu bisa bikin naik jabatan ga ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ktp blum siap kak, klo kita lulus lanjut kuliah s1 bsa tu kak?

      Delete
  10. Mbak kalo mau daftar jadi sipir tuh pake nilai rata rata (danem) gk sih, kalo pake itu nilai un apa nilai akhir?

    ReplyDelete
  11. kalo boleh tau kak, gaji sipir itu diatas UMR kan ya kak?berapa ya kak kira2 kisaran gaji ny?

    ReplyDelete
  12. mbak mau tanya,kalau ngelamar sipir pakai ijazah S1 kerja pertama jabatanya sama atau beda sama yg lulusan SMA?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau S1 bukan untuk penjagaan, beda mas. baca persyaratannya baik-baik ya http://www.dudukpalingdepan.com/2017/07/persyaratan-tes-cpns-kemenkumham-2017.html

      Delete
    2. iya mbak, saya mau ngelamar yang dilapasnya. bukan di keimigrasian.soalnya untuk pelamar dengan s1 lokasi tesnya di jakarta, makanya saya tes di wilayah saya sendiri.bearti meski tes masuknya di sipir nanti jabatanya beda ya?

      Delete
    3. baca disini yaa http://www.dudukpalingdepan.com/2017/07/sistem-kerja-polsuspas.html

      Delete
  13. Mbak kalo berkacamata bisa lulus sipir nggak, materi tes kesehatan itu apa aja yah, kayaknya yg dicantumkan tidak boleh buta warna aja, mohon infonya

    ReplyDelete
  14. mba mau tnya, untuk tes kesemaptaan itu terdiri dari tes apa aja ya mba ? makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. baca disini yaa http://www.dudukpalingdepan.com/2017/06/pengalaman-tes-cpns-kemenkumham.html

      Delete
  15. mba.. apakah utk jdi sipir tdk bisa dr lulusan S1?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, baca disini ya http://www.dudukpalingdepan.com/2017/07/persyaratan-tes-cpns-kemenkumham-2017.html

      Delete
  16. Mba kalau jadi sipir jam kerjanya itu berapa jam sehari ya?dan berapa hari seminggu liburnya ?trs materi tes skdnya utu apa ja ya?makasi ya mba maaf banyak tanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. baca disini ya http://www.dudukpalingdepan.com/2017/07/sistem-kerja-polsuspas.html dan disini http://www.dudukpalingdepan.com/2017/06/pengalaman-tes-cpns-kemenkumham.html

      Delete
  17. Mba jadi tahanan dimana?
    Aku baru mau coba ni ikutan cpns utk posisi itu hehe, doakan yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya bukan tahanan mba, saya petugas ^^

      Delete
    2. wkwkww anjiirr gw ngakak asli 😂🔫

      Delete
    3. Parah,parah,parah 😂

      Delete
    4. Haha sy juga baca jadi ngakak gg jelas wkwk

      Delete
    5. Eta terangkanlah. Ya Allah ngakak bener 😂😂

      Delete
    6. heheee salah paham mungkin tu orang :D

      Delete
    7. Ngakak gw 😂 ya allah..

      Delete
  18. Jam kerja nya gmn bu? Sistem piket 8 jam per hari atau gmn? Tolong d jelaskan ya bu? Terima kasih..


    Btw, selamat viewer nya nambah banyak 😀 gara open CPNS 2017 nih bu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamu'alaikum mba'. Sya punya 2 pertanyaan penting. 1. Untuk jam kerja bagaimana mohon penjelasannya?
      2. Sya sdh mmbaca pnduan pengiriman berkasnya, surat di tujukan ke kemenkumham jakarta apa ditujukan ke kantor wilayah masing2 sesuai PO BOX?
      Skali lagi mohon pnjelasannya

      Delete
  19. Serius mbak gajinya lebih dari 5 juta setaraf lulusan SMA? soalnya sy jg disuruh ortu daftar ini pakai ijazah sma. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikut aja, kalau lulus bisa dibuktikan sendiri berapa gajinya :)

      Delete
    2. Numpang nanya mba' tes kesehatan nya ada tes buta warna?

      Delete
  20. Mbak ada id IG minta dong buat nanya" ttg tes kemenkumham.
    Oh iy mbk, maksud dr transkip nilai itu apakah transkip nilai SMA saja?

    Terimakasih zebelumnya

    ReplyDelete
  21. Buta warna ga bisa ya mba? Aku buta warna -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba baca persyaratan tahun ini ya http://www.dudukpalingdepan.com/2017/07/persyaratan-tes-cpns-kemenkumham-2017.html

      Delete
  22. Replies
    1. baca disini yaa http://www.dudukpalingdepan.com/2017/07/persyaratan-tes-cpns-kemenkumham-2017.html

      Delete
  23. Mba untuk yang buta warna bisa ga ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba baca persyaratannya disini, http://www.dudukpalingdepan.com/2017/07/persyaratan-tes-cpns-kemenkumham-2017.html kalau nggak ada diminta surat keterangan tidak buta warna berarti bisa ikut.

      Delete
  24. Mbaakkk pas test apakah ad tes fisik berupa lari" keliling lapangan gtuu ??
    Bisa crita ga mbaak test ya itu meliputi ap aja,,, makasiiih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ceritanya sudah ada di postingan yang ini http://www.dudukpalingdepan.com/2017/06/pengalaman-tes-cpns-kemenkumham.html

      Delete
  25. Mau nanya nih , untuk tes kesehatan apa gigi juga di periksa mbak?

    ReplyDelete
  26. Tulisan ini sangat bermanfaat mbak, begitipun dengan yang sudah komentar..terima kasih semoga selalu menjadi ladang ibadah

    ReplyDelete
  27. Klo mata minus.. maksimal nya brp ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. baca disini http://www.dudukpalingdepan.com/2017/07/question-dan-answer-terkait-pembukaan.html

      Delete
  28. Gigi saya agak ga rapi mbak, mau tanya kira2 masuk penilaian ga ya?

    ReplyDelete
  29. Ka minta no wa yg bisa dihubungi donk mw tny2 nih tentang sipir..

    ReplyDelete
  30. Ka boleh minta no wa yg bidlsa dihubungi? Mw tanya2 temtang sipir ..hii

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf, via email saja ya saya balas2in juga kok. dudukpalingdepan@gmail.com

      Delete
  31. Yang koment di atas, nanyain ini dan itu, pasti mau daftar cpns kemenkumham bulan depan, wkwkwmwk.

    Kok gak buat novel aja buk sipir ?? Kerwn lo tulisannya. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya, terimakasih yaa, nggak apa saya membantu saja karena dulu saya pun minim info,

      Delete
    2. Mb baik bnget membagi info dan pengalamannya...smg mjd ladang ibadah yg bnyk di akhirat nanti mb...td sy mengikuti mb di ig..@santymelia saya mb..smg bersedia memfollback..sy jg ingin mendaftar cpns sipir ini tp terkendala mslh nik dan no.kk. sdh sy usahakan ke capil tadi..smg bs..mohon doanya smg bs kyk mbke😊

      Delete
  32. assalamu alaikum mba permisi (: klo misalkan lewat jalur umun kemudian lulus jadi sipir terus berapa bulan biasanya mba pelatihannya yang kayak militer atau samaptanya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. baca disini yaa http://www.dudukpalingdepan.com/2015/04/rasa-nano-nano-diklat-kesemaptaan-2015.html tiap angkatan beda-beda jaman saya cuma dua minggu, paling lama empat puluh hari

      Delete
  33. Mba ,biasanya tesnya ada yang pernah sampe malam gak? Atau cuma pagi sampai sore aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. pagi-sore. KEcuali waktu itu verifikasi berkas sampai malam

      Delete
    2. Ka untuk SKCK itu dari Polsek apa polres? Dan kartu kuning itu ada masa berakhirnya ngga ka

      Delete
    3. mbak mau tanya kalau daftar polsupas udah keluarga masih bisa ..tpi umur msih 21

      Delete
  34. mb mau nnya penempatan sesuai domisili gk

    ReplyDelete
  35. Hai kak, kalo tes sipir dari ijasah sma apa ada tes varises?

    ReplyDelete
  36. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk jadi pimpinan nggak harus dari akip, jalur umum seperti cpns ini bisa juga asal kinera bagus.

      Delete
  37. Untuk fc ijazah pake ukuran kertas apa ya mbk? Untuk nilai ijazah bolk balik atau terpisah

    ReplyDelete
    Replies
    1. a4 kan ya biasanya kasih aja tukang fotocopy, udah paham dia hehe

      Delete
  38. mbak mau nanya kalau daftar polsupas udah berkeluarga namun umur masih 21 apa bisa

    ReplyDelete
  39. mbak mau nanya kalau daftar polsupas udah berkeluarga namun umur masih 21 apa bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, selengkapnya baca disini http://www.dudukpalingdepan.com/2017/07/persyaratan-tes-cpns-kemenkumham-2017.html

      Delete
  40. kak.. mau tanya, klo udah lolos seleksi, sistem penempatan tugasnya gimana, jauh dr alamat KTP gak? klo beda kabupaten antara tempat kerja sm rumah (alamat KTP) kan lumayan jauh. mohon pencerahannya kak 😊

    ReplyDelete
  41. Mba mau tanya kalau jadi sipir apa bisa sembari kuliah ?

    ReplyDelete
  42. Mba mau tanya kalau jadi sipir apa bisa sembari kuliah ?

    ReplyDelete
  43. Mbak saya lagi hamil ini hehe.kan boleh ya mbak ikutan.trus klo kesamamptaan apa ikut lari2 juga ya mbak

    ReplyDelete
  44. Mbak saya lagi hamil ini.apa tes kesamaptaan x juga ikutan lari2

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau lulusan S1 nggak ada tes fisiknya, lulusan SMA ada tes fisiknya jadi kalau hamil nggak bisa. Prioritaskan anak dulu ya, insyaAllah nanti ada rejeki lain ^^

      Delete
  45. Assalamu Alaikum.. salam kenal mbak perkenalkan sy Firsan dari makassar. sya tertarik dng ulasan ceritanya mbak yg ada d blog. saya fresh graduate mbak bru lulus kuliah bulan 4 kemaren sekarang lagi cari kerja dan kebetulan Kemenkumham buka lowongan Cpns.tapi jurusan kuliah saya tdk ada dalam formasi ingin bertanya mbak klo misal sya daftar pake ijasah SMA kemudian lulus Aamiin, dan setelah kerja d lapas saya kuliah ambil hukum apakah bisa/ada kemungkinan saya bisa pindah tugas ke dirjen kemenkumham,/imigrasi? terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  46. Assalamu Alaikum.. sore mbak, maaf ganggu. perkenalkan sy Firsan dari makassar. sya tertarik dng ulasan ceritanya mbak yg ada d blog. saya fresh graduate mbak bru lulus kuliah bulan 4 kemaren sekarang lagi cari kerja dan kebetulan Kemenkumham buka lowongan Cpns. ingin bertanya mbak klo misal sya daftar pake ijasah SMA kemudian lulus Aamiin, dan setelah kerja d lapas saya kuliah ambil hukum apakah bisa/ada kemungkinan saya bisa pindah tugas ke dirjen kemenkumham,/imigrasi?

    ReplyDelete
  47. Mbak mau tanya kalau misalnya ketrima nih, penempatan tugasnya apa sesuai dengan ktp ?

    ReplyDelete
  48. Mbak misalnya mau tanya misalnya udah ketrima nih jadi sipir/polsuspas itu penugasannya apa sesuai dengan ktp?

    ReplyDelete
  49. Mbak misalnya mau tanya misalnya udah ketrima nih jadi sipir/polsuspas itu penugasannya apa sesuai dengan ktp?

    ReplyDelete
  50. Mbak mau tanya kalau misalnya ketrima nih, penempatan tugasnya apa sesuai dengan ktp ?

    ReplyDelete
  51. Mbak misalnya udah ketrima nih jadi sipir/polsuspas untuk penugasannya apa sesuai domisili yang tertera pada ktp?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sesuai provinsinya tapi kabupatennya ditentukan pihak instansi sesuai kebutuhan ya

      Delete
  52. Ka kan katanya persyaratannya harus mempunyai sertifikat komputer yah, itu sertifikat di lampirkan nya di berkas dokumen yg dikirim apa nanti pas verifikasi atau pfk (pengamatan fisik dan keterampilan) ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lampirkan fotokopinya di berkas yang dikirim, aslinya nanti dibawa saat verifikasi ya

      Delete
  53. mbak klu lulusan s1 tp bukan jurusan hukum bisa daftar jg g....saya lg hamil skrg jd g bs pke ijazah SMA...

    ReplyDelete
    Replies
    1. s1 bisa, coba check disini ada nggak yang sesuai jurusannya? http://www.dudukpalingdepan.com/2017/07/persyaratan-tes-cpns-kemenkumham-2017.html

      Delete
  54. Terima Kasih banyak infonya mbak,sangat membantu sekali bagi kita yang mau daftar cpns kemenkumham, semoga mbak dan keluarga sehat dan slalu dalam lindunganNya, Aaamiin :)

    Doain ya mbak ane bisa diterima cpns hehe

    ReplyDelete
  55. Permisi mbak, umur saya sekarang 17 tahun, bulan September nanti baru umur saya 18 tahun, apakah saya bisa daftar polsuspas tahun ini mbak? Sedangkan di persyaratan minimal umur 18 tahun di bulan Agustus, mohon petunjuknya mbak, Terima kasih

    ReplyDelete
  56. Permisi mbak, umur saya sekarang 17, bulan September nanti baru umur saya 18, apakah saya bisa daftar polsuspas di Thun ini?. sedangkan di persyaratan minimal umur 18 di bulan Agustus, mohon petunjuknya mbak, Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak bermaksud mematahkan semangat ya , memang harus sesuai kriteria yang diminta

      Delete
  57. Mb mau nanya mbak nya pas daftar matanya kan minhs
    Pas pemeriksaan kesehatan dan fisik dilakukan visus mata (tes ketajaman mata) tidak??
    Soalnyabsaya pake kacamata
    Lalu pas jaman dulu ada tes pengamatan fisik dan ketrampilan tidak??
    Klo dulu gimana mbak nya nunjukin ketrampilan nya??

    ReplyDelete
  58. ka bedanya yang ikut akip sama test pns apa tuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. AKIP sekolah kedinasan dibawah naungan KEMENKUMHAM, sekolah dulu 4 tahun baru jadi PNS kalau tes PNS langsung jadi PNS kalau lulus, tapi lebih tinggi pangkat lulusan AKIP

      Delete
  59. Mbak...saya pingin ikut...tp sy punya sertifikat komputer tahun 2011 ....apa boleh,??.mksh

    ReplyDelete
  60. Mbak sy ingin ikut...tp sertifikat komputer tahun 2011 dibuatnya....boleh gak

    ReplyDelete
  61. Hallo selamat malam kak,senang membaca postingan nya + balasan2 untuk komentar nya. Kak saya mau nanya, bulan depan kan ada penerimaan CPNS Kemenkumham, saya berencana mencoba melamar sebagai penjaga tahanan menggunakan ijazah SMK, tapi saya juga punya ijazah S1, seandainya nanti saya masuk, apakah saya bisa mengajukan ijazah S1 saya untuk percepatan kenaikan pangkat/golongan? Saya tidak ambil yang S1 karena lokasi seleksinya jauh di Jakarta, sementara saya di Medan dan proses seleksinya pun lama.
    Terimakasih Kak

    ReplyDelete
  62. Biasa nya tes cpns itu banyak nya jatuh di tes apa ya mbak?
    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga tau karena saya bukan panitianya, intinya sih jalani tes sesuai persyaratan insyaAllah lulus dan balik lagi ke rejeki yang sudah digarikan Allah ya

      Delete
  63. Mbak.. Tolong. 1 Agustus 2017 ini ada pendaftaran sipir.. Usia nya max berapa???

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan baca disini http://www.dudukpalingdepan.com/2017/07/persyaratan-tes-cpns-kemenkumham-2017.html

      Delete
    2. min 18 tahun, dan max 28 tahun

      Delete
  64. Mbak, emang bener ya? Gaji sipir pangkat terendah itu 5-7 juta, soalnya saya pernah baca di suatu web yang mengatakan gaji sipir itu5-7 juta,

    ReplyDelete
  65. Mba apa ada cek farises di kesehatan?
    Gigi, cacat tulang/bekas jahit. Panu?
    Sama badan kurus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak, baca disini yaa http://www.dudukpalingdepan.com/2017/07/question-dan-answer-terkait-pembukaan.html

      Delete
  66. Mba',klo udah nikah, boleh daftar?

    ReplyDelete
  67. Hallo mbak mau bertanya kebetulan saya mau mendaftar menjadi CPNS di kemenkumham bulan Agustus ini nah kebetulan saya masih kuliah jurusan hukum , Februari saya kejar cumlaude tapi kampus saya reguler, saya bingung apakah ikut saja Test ini menjadi sipir atau bagaimana? Apakah jika saya lolos saya bisa kuliah lanjut dulu? Krna saya tanggung 1 semester ini lagi saja dan skripsi

    ReplyDelete
  68. Mba kalo nata sayaminus besar masuk engga ? bingung saya mau daftar lanjurt atau engganya karna mata saya minus , kasih pencerahaanya dong mba :(

    ReplyDelete
  69. Mbak saya mau tanya ini, kan diutamakan punya sertifikat komputer ? nah itu dilampirkan pada berkas lamaran atau kita bawa besok waktu ambil nomor ujian mksh mbk

    ReplyDelete
    Replies
    1. dilampirkan di berkas yang dikirim ya baca disini http://www.dudukpalingdepan.com/2017/07/question-dan-answer-terkait-pembukaan.html

      Delete
  70. Kak, kalo test pengamatan fisik dan keterampilan itu apa? Ada ga peserta cpns yang bertubuh gemuk ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. baca ini ya http://www.dudukpalingdepan.com/2017/07/question-dan-answer-terkait-pembukaan.html

      Delete
  71. Kalo mahasiswa daftar dan ternyata lulus jadwal kerjanya gimana ya mba ?
    kita bisa tetep di kelas reguler atau pindah kelas karyawan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jam kuliah harus menyesuaikan jam kerja ya, nanti ngerti sendiri deh yang penting fokus tes dulu karena sistem gugur

      Delete
  72. liburnya hari apa ya mbak... ? tetep ada waktu buat sholt ngk???

    ReplyDelete
  73. Mba..kTanya di utamakan yang punya sertifikat komputer..tapi saya gak pernah ikut les komputer..tapi saya tau komputer kok

    ReplyDelete
    Replies
    1. sertifikat komputer adalah bukti bahwa kamu bisa mengoperasikan aplikasi komputer, karena tidak ada tes langsung.

      Delete
  74. assalamualaikum, kak gimana cara kita untuk mengisi pertanyaan pada kolom ipk/nilai ? saya kebingungan karena itu nilai yg mana ya ? , nilai rata2 raport / nilai un . dan lagi di antara ke 2 nya itu gak bisa contoh : misal saya ngasi 72.8 itu gak bisa, harus 7.28 nah di situ saya gak ngerti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus satuan ya, ambil un aja. contoh 7.0 (pakai titik)

      Delete
  75. Ass.. Ka Izasah SMA saya nilai nya ada yg d bawah 7. Sedangkan syarat nya miniman 7, gmna? Apa saya daftarin aja izasah S1 saya tp Izasah fakultas keguruan jurusan ekonomi

    ReplyDelete
  76. Sebelumnye salam kenal dulu sist :D
    Well, trit sista tntang penjaga tahanan / sipir ni menarik banget, ane pribadi daftar jdi sipir thun ini gara" d3 cuman harus di 3 wilayah luar jawa -_- *nangis kejer

    ReplyDelete
    Replies
    1. sabar yaa, coba aja mana tahu rejekinya di sma. lagian gaji nggak beda jauh kok haha. semangat

      Delete
  77. kk itu pegawai lapas kerja nya pakai sip kah??

    ReplyDelete
    Replies
    1. baca ini http://www.dudukpalingdepan.com/2017/07/sistem-kerja-polsuspas.html

      Delete
  78. untuk masalah teknis tanya ke twitter @cpnskumham2017 ya

    ReplyDelete
  79. trimakasih sy ucapkan kpd KEMENKUMHAM Republik Indonesia yg telah mmberi ksempatan buat kt utk bergabung melalui tes tes yg telah di siapkan,kakak adik mari kt berjuang sekuat kemampuan kita agar bs mnjadi yg terbaik berguna buat bangsa dan negara.

    ReplyDelete
  80. Assalaumalaikum.mau nx klo jadi penjaga lapas tuk laki2 boleh ngga berjanggot?

    ReplyDelete
  81. Penjaga lapas boleh berjanggot ngga?

    ReplyDelete
  82. Numpang nanya juga ya,, apakah dalam pengamatan fisik itu semua tubuh yg di buka? Bagian apa2 saja ? Terimaksih kak

    ReplyDelete
  83. Kak, untuk pengamatan tubuh itu apa-apa saja yg diamati? apakah harus buka badan semua?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ukur tb, bb, check tatto, dll. khusus untuk check tatto harus buka baju

      Delete
  84. Mbak sya mau nanya, sya punya lulusan kuliahnya PERIKANAN TRUS SYA DAFTAR pke ijazah SMA. Apa bisa sya gunakan ijazah SAYA UNTUK NAIK PANGKAT nantinya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. naik pangkat nggak mandang ijaZah, naik pangkat 4 tahun sekali. penyesuaian ijazah untuk naik golongan, bisa. setelah 6 tahun kerja

      Delete
  85. mbakkk saya s1 tapi klo nglamar sipir bs gak ya? usia saya 24 tinggi 173? oh iya mbk klo blh gaji nya brp ya? wkwk email dong saya mbak yg gajinyo klo blh hehe herlambangsandy9@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi mbak, eh mbak nanya lg di link blom ada hehe. Klo mau naik golongan ijazah s1 nya jurusan apa y? Sy s1 ekonomi bs gk ya?

      Delete
    2. permisi kak, mau nanya nih, di form surat lamaran tdk saya tulis sertifikat komputer, ttp saya melampirkan sertifikat nya di belakang berkas,, apakah nanti di cek yah sertifikat nya yang lampiran di belakang nya trimakasih kak..

      Delete
    3. permisi kak mau nanya nih,,
      di form surat lamaran tdk saya tulis sertifikat komputer,, ttp saya melampirkan sertifikat nya di lampiran paling belakang,, karna sdh terlanjur saya kirim pos,
      apakah bisa ya kak ?

      Delete
  86. permisi kak mau nanya,kmarin sya ngirim lamaran lwt pos, di surat lamaran nya tdk saya tulis sertifikat kmputer, ttp saya mlampirkan sertifikat nya dibelakang, apa tdk apa2 ya kak? sertifikat desain grafis apakah boleh,

    ReplyDelete
  87. Kak misalnya daftar wajib pakai skck?

    ReplyDelete
  88. Hallo mba saya mau tanya , kebetulan saya sedang daftar cpns untuk tahun skrg , dan saya baca di utamakan memiliki sertifikat komputer. Tapi saya ga punya sertifikat nya kira2 msh ada kesempatan ga yah saya lolos adm ? 😢😢😢😢

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya bukan panitia jadi ga bisa nentuin lolos nggak lolos :)

      Delete
  89. Mba maunanya misalkan keterima jadi sipir itu bisa sembari kuliah apa tidak ya, soalnua saya setahun lagi insyaallah lulus S1

    ReplyDelete
  90. assalamualaikum kak, mau nanya nih . terus terang saja ya kak . GAJI sipir itu berapa ya kak kalo untuk awal yg baru masuk .

    ReplyDelete
    Replies
    1. baca ini http://www.dudukpalingdepan.com/2017/07/question-dan-answer-terkait-pembukaan.html

      Delete
  91. Bu, mata saya minus dan pake kacamata apa boleh daftar jadi sipir?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh, baca ini http://www.dudukpalingdepan.com/2017/07/question-dan-answer-terkait-pembukaan.html

      Delete
  92. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  93. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  94. Buk, mau nanya ni, untuk jenjang SLTA apakah diwajibkan ada sertifikat komputernya ? Apakah sertifikatnya sangat berpengaruh ?

    ReplyDelete
  95. Replies
    1. baca ini ya http://www.dudukpalingdepan.com/2017/07/sistem-kerja-polsuspas.html

      Delete
  96. Mkasih infonya kak

    ReplyDelete
  97. Kak buta warna bisa jd sipir? Ada tes buta warnany eggk kk
    Trima ksih kk

    ReplyDelete
  98. Thank infonya mba..mau ikutan daftar anak sy..dilamaran yg kita tulis yg ada lampirannya ya mba..misal td ga ada sertifikat komputer.. Gausah ditulis ya..

    ReplyDelete
  99. Mba mau tanya, ijazah S1 saya belum keluar tp mau daftar pake ijazah SLTA, nah td udah baca diatas katanya klo pake S1 bisa naik jabatan, nah tp S1 saya ekonomi, naik jabatannya apa ada syarat jurusannya apa gt ngga ya ? Terimakasih

    ReplyDelete