Tips Menjadi Pribadi yang Lebih Produktif (Writing Challenge Blogger Muslimah Jambi)

Friday, August 25, 2017


Saya adalah tipe orang yang paling nggak tahan dengan rutinitas. Tapi saya berkerja dengan sistem rutinitas itu-itu saja. Sebagai staf pelaporan dan tata tertib di Lapas, job desk saya tentu bikin laporan dan hal-hal yang berhubungan dengan administrasi. Semua format laporan tersebut sudah ditentukan dari pusat jadi saya tinggal isi datanya saja. Begitu juga dengan surat menyurat, semua sudah ada formatnya. Hal ini tentu bikin saya nggak bisa mengeluarkan ide kreatif atau mungkin berinovasi. Nggak mungkin kan kirim surat dinas pakai sapaan "hai guys... minggu depan ada meeting nih di aula Lapas, isi form kehadiran ya di google doc linknya nanti ada di grup WA" *khayalan ajaib*.

Daripada saya mengeluh atau ngedumel lebih baik bersyukur dan cari solusinya gimana saya tetap bisa melakukan hal yang suka selain pekerjaan utama. 

Sewaktu single dulu selain kerja saya ikut banyak komunitas. Ada komunitas sosial, komunitas fotografi, sampai komunitas puisi. Yah biar jadi Jomlo produktif gitu. Setelah menikah semua komunitas tersebut saya tinggalkan terlebih ketika sudah punya anak, waktu tiap hari berasa begitu cepat karena segudang aktifitas mulai dari bangun sampai tidur lagi. 


Nah rutinitas rumah tangga dan kantor bikin saya mudah bete' karena capek. Saya teringat blog yang sudah lama saya buat tapi vakum. Saya coba ngeblog lagi, mulai dari menulis pengalaman ketika hamil, ngerapihin template, rajin blog walking, pasang google adsense, akhirnya traffic blog saya rame lagi. Horray!!


Selain menulis pengalaman pribadi saya juga ikut lomba menulis dan lomba blog. Alhamdulillah sejauh ini sudah ada karya saya dalam satu buku antologi cerpen oleh Penerbit Hanami dan menang merchandise dari lomba blog. 


Semenjak rajin ngeblog lagi, ada perasaan senang tersendiri di dalam hati saya semacam kepuasan batin gitu. Meskipun hasil menulis nggak sebanding dengan pekerjaan saya di Lapas tapi senang melakukannya. Inilah yang namanya passion, ada nggak ada duit mah jalan terus. Tapi tetap realistis yaa, everbody needs money to survive. Hehe. 

Nah berikut saya coba jembrengin tips untuk menjadi pribadi yang lebih produktif sehingga setiap hari nggak ngerasa hanya "bekerja" tetapi "berkarya".

1. Cari Tahu Apa Passionmu


Ngerasa hidup datar-datar aja? kerja tapi banyakan ngeluh? mungkin kamu belum menemukan passion di dalam diri karena kalau kita melakukan sesuatu yang kita senangi sesuai panggilan hati biasanya nggak ada kata mengeluh. Pentingnya mengetahui passion dalam diri membuat kita semakin mudah menentukan tujuan hidup. Apa yang mau kita lakukan dalam jangka pendek, menengah, dan panjang? Mau jadi apa kita lima tahun lagi, sepuluh tahun lagi? apa target dalam hidup yang harus dicapai? Semua pertanyaan itu bisa terjawab kalau sudah tahu apa itu passion.

2. Konsisten


Sudah ketemu passion tapi melakukannya hanya sesekali, sama juga bohong. Sekali lagi, selalu ada waktu untuk melakukan hal yang kita suka lho ya. 

Konsisten juga membawa kita untuk sukses, meski ada halang rintang di tengah jalan itu justru menjadi penguat kita dalam mencapai tujuan. 

Cielah, udah kayak motivator banget sich? *salam lemper*

3. Bagi waktu dengan baik


Dengan posisi saya sebagai ibu rumah tangga dan petugas Lapas sulit rasanya mencari waktu untuk menulis. Belum urus anak, urus suami, masak, lipat baju, endebre..endebre..pusying. Akhirnya saya coba bagi waktu seperti ini : kalau pekerjaan kantor sudah selesai, saya bisa nyambi nulis. Kalau anak dan suami bobo, saya menulis. Kalau suami libur dan jagain anak saya menulis. Tapi sering juga sih saya benar-benar ingin menulis jadi baju-baju yang sudah dijemur teronggok dengan indahnya di kamar belum dilipat *ga perlu ditiru ya buibu* hehe. 

Kalau ada yang punya tips manajemen waktu yang baik silahkan tambahin di kolom komentar ya. 

Kesimpulannya meskipun sudah jadi emak-emak saya ingin terus berkarya dengan apa yang saya suka. Siapalah saya, bukan penulis atau blogger terkenal. Tapi setiap yang saya lakukan sekecil apapun asal sesuai passion maka saya bahagia. 

Saya juga ingin anak saya bisa mencontoh bahwa di dunia ini ada hal-hal yang HARUS kita lakukan suka atau nggak suka. Tapi, jangan sampai dalam hidup kita terus menerus melakukan sesuatu yang kita nggak suka sampai-sampai mengabaikan kebahagiaan diri sendiri. 

Semoga Mukhlas suatu hari bisa cerita ke teman-temannya bahwa dia bangga punya Ummi yang terus berkarya meski sudah lanjut usia *aduuh langsung berasa tua*.



26 comments:

  1. Duh konsisten ini yang masi jadi kendala di aku mb, hawanya klo ketemu yang namanya males susah dilawan huhu, masi perlu sinau lagi dg yg namanya passion
    Tapi berkat blog jadi semacam ada semangat baru sih meski maasi sering update yang ala -ala (kebanyakan artikelku memang masih suka suka sih belom yang bermanfaat banget yang biasa buat dishare2 prang wakakka).
    Wah senang ya mb uda ada yang tembus antilogi
    Aku jadi pengen nyerpen lagi ih, padahal dulu suka iseng pas masi sekolah bikin2 cerpen bahkan novel (buat dikonsumsi sendiri), ga tau deh klo dah mpe meja penerbit mungkin akan berakhir di ketanjang sampah
    Aahhh aku lagi banyak kepengenan nih cuma bingung mulainya dari mana dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. intinya start aja dulu mba, saya juga sering gitu mikirnya mau nulis temanya apa, orang suka atau nggak, dipikir2 terus malah nggak jadi nulis tapi kalau ngetik suka2 nyalurin isi hati eh ntar lancar aja nulisnya tinggal di edit aja mana yang pas untuk dibagiakan atau nggak. ayo mba berkarya lagi, semangaaat T_T

      Delete
  2. Wah dah kelar aja, nech saya masih ngedraft, semoga selesai dan bsa meramaikan..

    ReplyDelete
  3. beberapa bulan ini, aku kurang konsisten ngeblog, rasanya kangen banget. Aku lebih sibuk berjibaku dengan urusan rumah. Padahal semua itu bisa diatur, supaya semua kebagian porsinya masing masing ya, Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin males dibuka laptopnya kali ya mba, ribet apalagi sambil momong anak. nah kalau saya suka nulis di notes hape dulu baru ada waktu lengang pindahin ke blog. ^^ semangaat

      Delete
  4. Ahh keren tulisannya, ngerasa aku banget deh beberapa pilihan aktivitas waktu single-nya sama ihhh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba pitri, dulu saya di komunitas SIJ, Be+, Kamerahpgw, malam puisi jambi, mungkin tahu mba? ^^

      Delete
  5. Amin amin insyaAllah mbk, jd inspirasi bagi si kecil, :)

    ReplyDelete
  6. ibu rumah tangga aja bisa ngblog, apa lagi yang masih muda.
    inspiration, hehe

    ReplyDelete
  7. Proses mencari passion itu ternyata susah-susah gampang ya..ini saya alami ketika masih jadi pekerja kantoran. Ada aja yang dikeluhin.
    Berbahagialah bagi mereka yang sudah menemukan passionnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, passion harus dicari, dikejar, dan dinikmati ^^

      Delete
  8. bisa dimaklumi klo Ibu-ibu itu sibuk dan gak sempat Nulis, tapi Amazing banget jika nulispun Jalan. saya mendapat pelajaran berharga kali ini, semagat luar biasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe makasih sudah mampir mas, tapi gara-gara nulis cucian nggak kelar-kelar *lol

      Delete
  9. 1. Assalamualaikum wr. wb.
    2. saya juga tidak tahan dengan rutinitas, apalagi aneka pelaporan, maka ngeblog juga jadi sarana refreshing sambil mencoba produktif berkarya
    3. paling sulit memang konsisten, kadang ada waktu tapi malas, pas rajin tak ada waktu. ini yang jadi tantangan
    4. semoga selalu produktif mbak
    5. Sekian, wasssalamualaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Waalaikusaalam, wr.wb
      2. nah setuju mas
      3. sama kok saya juga gitu
      4. Aamiin
      5. makasih sudah mampir :D

      Delete
  10. Kayak aku skr, sbnrnya kerjaan di bank asing yg skr ini bukan passionku banget. Tp aku bisa bertahan 10 thn di sini, krn suasana kerjanya yg nyenengin :). Itu yg bikin tiap pagi semangat utk masuk kantor, dan malah kdg pgn cepet msk lg kalo kelamaan cuti :p. Itu yg bikin kerjaan yg membosankan sekalipun, jd terasa menarik, dan akhirnya ngaruh ke hasil kerja yg lbh baik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. huhu iya mba lingkungan sangat berpengaruh :D makasih sudah mampir mba Fanny ^^

      Delete
  11. Halo mbak cantik, wah semangat banget ya nulisnya. Oh ya aku pun ga selalu ngetik langsung di laptop loh. Ada kalanya aku nulis pakai pulpen atau pensil di buku notes gitu, maklum aku suka lupaan. jadi kalau ada ide segar langsung deh corat-coret di buku kecil andalanku.

    ReplyDelete
  12. Yes bener banget. Mengerjakan sesuati sesuai passion itu pasti kembahagiakan. Ada temen di ktr yg sebenernya passion dia di musik,. Akhirnya kerjaan di kantor sering ditinggalkan untuk menjalani pekerjaan/ kegiatan musiknya yg beberapa kali waktunya bentrok dengan jam kantor.

    ReplyDelete
  13. Nah, aku susah konsisten mbaa hihi. Kalau lagi pengin nulis di blog ya terus di blog kalau pengin ngefiksi ya ngefiksi terus di ms word belum lagi kalau tergdoa main game hehehe

    ReplyDelete
  14. Busyettt Dijembrengin, bahasa lapas ini.. hehehe

    Setuju banget! Kenalin dulu apa passion di dalam diri ini, baru kita bisa nentuin rencana ke depannya. Kayak saya nih, kalau masih ada umur, pas nanti pensiun, mau ngeblog terus, berbagi pengalaman hidup, agar tulisan saya dapat dibaca sama anak dan cucu serta cicit nanti, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menginspirasi mereka dan juga pembaca lainnya.

    Yang terasa paling berat memang konsisten nulis, terkadang karena kesibukkan dan urusan lainnya, membuat kita jadi lupa melakukan hobi kita (ngeblog), makanya niat is number one.

    Nice motivator nih, patut ditiru, hehehe

    ReplyDelete

Silahkan komentar dengan nada positif, no SARA. Terimakasih ^^

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS