√ Membuat Tulisan Menjadi Penghasilan - Duduk Paling Depan

Membuat Tulisan Menjadi Penghasilan



Saya sering lihat teman-teman yang tulisannya bagus, tapi mereka jarang mempublikasikan tulisannya. Ada juga yang sering update status menarik di media sosial, dan banyak dibagikan. Sayang banget kalau hanya sebatas itu, nggak dikembangkan lebih jauh lagi. Saya tahu kebanyakan orang menganggap menulis hanyalah hobi yang disalurkan disaat waktu luang saja, dan nggak mikirin harus dapat uang dari menulis. Saya dulu juga begitu, tapi ketika sudah merasakan bahwa dari tulisan bisa jadi penghasilan, saya jadi makin cinta dengan hobi ini.

Beberapa hari lalu saya juga bikin semacam survey kecil-kecilan di instagram story @dudukpalingdepan. Saya buka pertanyaan seperti ini “Ada yang suka nulis tapi belum punya blog? Boleh tahu alasannya kenapa?”. Ternyata saya mendapatkan jawaban yang beragam. Mulai dari nggak tahu gimana cara bikin blog, ada yang bilang nggak punya waktu, malas bikinnya, minta ajarin bikin blog, sampai ada yang bilang kalau tulisannya terlalu bersifat privasi untuk dipublikasikan.

Dari sana saya jadi tahu kalau banyak yang sebenarnya suka menulis tapi belum terlalu tahu bagaimana cara menyalurkannya supaya tulisannya lebih banyak diketahui orang, supaya tulisannya bisa dihargai.

Kali ini saya akan sharing agar bisa membuat tulisannya menjadi transferan. Cara di bawah ini bukan cuma berdasarkan teori, tapi juga pengalaman pribadi saya yang alhamdulillah sudah terbukti.

1. Buatlah Blog Pribadimu

source : Pixabay
Menurut saya, siapapun yang suka menulis harusnya punya blog. Karena manfaatnya banyak banget. Pertama, kita bisa latihan menulis dengan media ini. Kedua, blog bisa menjadi semacam portofolio. Ibaratnya suatu hari ada agency atau penerbit yang mencari penulis baru dengan mengetik kata kunci tertentu di mesin pencaharian. Siapa tahu blog kamu yang muncul, dari sana agency/penerbit bisa melihat gaya menulis kamu, konten yang kamu tampilkan, pesan yang ingin kamu sampaikan, nah bisa jadi ladang rezeki, kan.

Kenapa menulisnya lebih baik di blog? Bukan di media sosial? Sebenarnya menulis di media sosialpun sah-sah saja, tapi sayangnya tulisan di media sosial jarang banget terindeks Google atau mesin pencarian lainnya. Kalian sendiri sering banget kan kalau ingin mencari informasi apapun, langsung ketik kata kunci di Google. Biasanya yang keluar adalah website atau blog yang cocok dengan apa yang kamu cari. Pembacanya pun jadi lebih luas, nggak hanya terbatas pada pengikut di media sosial.

Ada yang bilang bikin blog itu susah. Padahal sama saja kayak register media sosial lainnya. Tinggal masukkan email, dan data-data lainnya, langsung jadi deh. Jangan dibayangkan bikin blog itu berarti kita harus ngerti koding. Saya sendiri juga nggak ngerti kok, saya hanya mengikuti fitur yang sudah disediakan platform blogger.

Mulai bikin blog gimana sih?

Setelah tahu manfaatnya, yang harus kamu lakukan adalah action. Bikin blog itu mudah. Ada banyak platform yang menyediakan wadah membuat blog. Namun yang paling banyak digunakan itu blogger dan wordpress. Jadi kalau mau bikin di blogger tinggal masuk ke website www.blogger.com dan klik tulisan “buat blog” lalu masukkan email (sebaiknya gmail ya) dan ikuti langkah selanjutnya. Kalian juga bisa googling tutorial lengkapnya.

Sedangkan untuk bikin blog di platform Wordpress silahkan masuk ke website www.wordpress.org dan ikuti langkah selanjutnya. Intinya kalau kamu bisa bikin akun media sosial, pasti bisa juga bikin blog. Karena langkah-langkahnya sudah cukup jelas. Untuk tutorial lengkap cara membuat blog di Wordpress kalian bisa klik gambar di bawah ini.

tutorial membuat blog wordpress hostinger


Mau bikin blog di platform apapun sah-sah saja, yang penting nanti adalah konsistensi mengisi tulisannya.

Kalau ada kebingungan ketika memulai membuat blog atau ada istilah yang nggak dimengerti, kalian bisa cari di google atau jangan segan kirim DM ke instagram saya(@dudukpalingdepan).

2. Percantik Tampilan Blog


Lagi-lagi kalian nggak harus perlu tahu koding kok. Mempercantik tampilan blog disini nggak perlu juga harus heboh atau pasang gambar yang terlalu mencolok. Cukup pakai template (background) yang selaras dengan font tulisan. Jangan pula template blog dominan merah, terus tulisannya warna kuning. Wadaw, kalau begitu bisa bikin migren pembaca.

Pilihlah template warna netral seperti putih, cream,dan warna-warna pastel. Nggak harus pakai template yang berbayar,  kok. Cukup pakai template bawaan blogger/wordpress juga sudah cukup untuk pemula. Intinya enak dilihat dan nggak bikin sakit mata ya.

3. Konsisten dan Fokus



Apa gunanya kalau punya blog tapi ngisinya setahun sekali? Kalah dengan menstruasi yang datangnya sebulan sekali 😝. Penting banget untuk konsisten dan fokus. Caranya gimana? Kalau saya karena memang hobi menulis, jadi ngeblog itu semacam terapi pelepas penat dari rutinitas saya sebagai ibu rumah tangga dan karyawati.

Selain itu saya ingat tujuan saya membuat blog adalah untuk mengabadikan kenangan dan menebar manfaat. Sebagaimana saya yang selalu terbantu dengan informasi dari blog orang lain, maka saya juga harus membantu menyebarkan informasi yang bermanfaat untuk banyak orang melalui tulisan di blog.

Jadi penting untuk menetapkan tujuan ngeblog biar bisa konsisten  ya.

Biasanya agency yang menawarkan job tulisan juga melihat dari konsistensi kita menerbitkan tulisan di blog. Karena dengan sering menulis dan mempromosikannya, tentu akan banyak pembaca yang datang. Sebaliknya, gimana pembaca mau datang kalau updatenya hanya sesekali. Lama-lama orang akan lupa kalau kamu punya blog.

Sekalipun kita punya kesibukan lain yang lebih penting, tetap ada caranya supaya bisa konsisten ngeblog. Sudah pernah saya jabarkan panjang lebar di postingan sebelumnya. Kalian bisa baca di bawah ini:


4. Ikut Lomba Blog


Setelah bisa konsisten menulis, coba ikut lomba blog. Jangan minder dulu hanya karena kalian blogger pemula. Dengan ikut lomba blog, tulisan kita dinilai oleh juri. Kalau belum menang itu tandanya kita harus berlatih lagi. Entah memperbaiki cara menulis, EYD, atau menambah infografis sehingga konten lebih menarik. Kalau menang, itu berarti tulisan kita mendapatkan pengakuan atau apresiasi dari orang lain. Sehingga meningkatkan kepercayaan diri dengan kemampuan menulis yang dimiliki.

Pengalaman saya ikut lomba blog sering kalah juga. Sekalinya menang, Cuma jadi juara hiburan yang hadiahnya kaos dan merchandise. Namun hal itu justru jadi pemicu saya untuk terus memperbaiki kualitas tulisan dan akhirnya pernah juga mendapat juara 1 lomba blog, yang hadiahnya ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Widiiih lumayan banget, kan. Bisa jajan kosmetik atau beliin anak mainan tanpa ganggu pos pengeluaran utama.

Dengan ikut lomba blog, data tulisan kita disimpan oleh panitia/agency yang menyelenggarakan lomba. Bisa jadi dengan data itu ketika mereka ada job, mereka akan menghubungi kita. Alhamdulillah saya sudah membuktikannya. Saya ikut lomba blog suatu brand. Memang nggak jadi juara pertama, tapi beberapa waktu kemudian saya ditawarkan job menulis oleh brand yang sama.

5. Ikut Grup/Komunitas Blogger

source : Pixabay


Biar lebih semangat dan konsisten ngeblognya, jangan lupa untuk bergabung dengan berbagai komunitas blogger. Ada banyak banget, pilih aja yang sesuai dengan kriteria blog atau kepribadin kamu. Misal untuk emak-emak ada grup Komunitas Emak Blogger, Ibu Ibu Doyan Nulis, dan Mom Blogger Community. Khusus untuk perempuan ada grup Blogger Perempuan, Hijab Blog Community. Untuk umum ada Warung Blogger, Blogger Crony, atau grup blogger regional daerah masing-masing.

Dengan ikut komunitas blogger, kita punya banyak teman untuk berbagi. Kalau ada kendala terkait teknis ngeblog, kita bisa tanya-tanya disana. Sepengalaman saya, semua anggota grup sangat supportif.

Selain itu di grup-grup blogger (biasanya di grup facebook) sering banget ada pengumuman job menulis. Kita tinggal isi data dan nanti admin yang akan menyeleksinya. Saya sudah beberapa kali dapat job dari grup-grup blogger yang saya ikuti. Ternyata selain dapat teman baru sesama blogger, bisa dapat uang juga. Double asiknya, kan.

Itu dia lima cara yang bisa diterapkan agar tulisan bisa jadi penghasilan. Siapapun kamu, berapapun umurmu, apapun latar belakangmu, kalau memang hobimu menulis, pasti bisa kok menerapkan tips di atas. Nggak hanya sebagai penghasilan tambahan, kalau serius malah bisa jadi penghasilan utama.

Kalau teman-teman ada pertanyaan atau mau menambahkan tips-tips di atas, sharing di kolom komentar ya.


Related Post :

Jadi Blogger Dapat Apa?

Kenapa Menulis?

Get notifications from this blog

41 comments

  1. kalau baca postingan seperti ini jadi membuat semangat lagi buat nuli terus, thanks pencerahannya mbak enny

    ReplyDelete
  2. Hi mba, makasih sharingnya, emang temen saya juga males ngeblog tapi akhirnya ada juga sih yang ngeblog. Klo lomba blog udah males kecuali di endorse soalnya kadang penilaian juri ga objektif, ga sesuai aturan tp ga boleh di ganggu gugat🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalau mba Sandra mah udah banyak endorsenya. Bagi-bagi dong, hihi.

      Delete
  3. Aku dulunya kan punya blog buat sekedar nulis2 puisi aja kan, terus kepikiran kenapa enggak buat portfolio aja ya sekalian. Eeeeh lama lama malah ketagihan nulis dan sharing, dan alhamdulillahnya, job malah mulai berdatangan dari yang enggak pernah aku pikirkan sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tuh kan bener ya mba, jadinya lebih menyenangkan karena hobi yang dibayar.

      Delete
  4. Saya juga suka dengan tampilan blog yang warnanya netral. Lebih enak dilihat

    ReplyDelete
  5. aslinya pengen banget ngotak-ngatik coding tema blog biar bisa di custom sesuai keinginan, tapi apa daya, saya juga nggak paham coding. alhasil ya cuma pakai template gratisan dari web sebelah.

    kalau pas nulis sering kehabisan ide atau stuck di tengah-tengah jalan gitu nggak mbak? kalau iya, terus biasanya ngatasinya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya stuck itu karena 1.masih kurang riset tentang topik tersebut 2.menulis tanpa menggunakan kerangka.

      Jadi ketika sudah punya ide, riset dulu dengan baca buku atau googling. Terus bikin kerangka tulisan berupa apa yang ingin disampaikan dari awal, isi (poin-poinnya) dan penutupnya. Kalau sudah ada itu biasanya jadi lancar menyelesaikan tulisan. Tapi kalau menulis langsung aja hanya mengandalkan ide pokok biasanya baru beberapa paragraf saya akan macet. Semoga membantu ya, mas. Next time akan saya buatkan postingan khusus.

      Delete
  6. Saya juga sering lihat teman yg tulisannya bagus, tp gmw publikasikan. Katanya konsumsi pribadi. Syang banget. Yg jarang dilakuin sekarang itu ikutan lomba blog hehe. Makasih sharingnya mbk. Salam, muthihauradotcom

    ReplyDelete
  7. Untuk bisa konsisten itu gimana ya Mbak?

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah ya sekarang banyak komunitas blog yang membuat kita bisa lebih berkembang dan dapat rezeki. Heu

    ReplyDelete
  9. Baru belakangan ini memberanikan diri untuk ikutan lomba blog. Awalnya sih tergiur dengan hadiahnya, ini nggak boong ya :P tapi kalah menang pun sebenernya nggak masalah, yang penting udah bisa menyelesaikan sebuah tulisan. Terus memotivasi untuk semangat nulis terus. Makasih, Mba tulisannya :D

    ReplyDelete
  10. Asik, semangat-semangat. Semoga yang membaca ikut termotivasi juga ya, Teh.
    Terima kasih sharingnya, Teh :)

    ReplyDelete
  11. Bener banget Bun. Awalnya saya ngeblog niatnya cuma berbagi. Eh ga taunya dari blog bisa dapet duit ya 😍

    ReplyDelete
  12. Kalo poin 1, saya lagi berproses nih blognya. Kalo poin selanjutnya, megap-megap hehe. Kebetulan sekarang sedang magang. Ngebagi waktu antara ngeblog dan magang foto lumayan berat. Tapi pelan-pelan, saya ubah mindset "nulis blog is perfection" menjadi "nulis blog is therapy".

    Sekarang, jadi enjoy nulis apapun biar ga lupa sama latar belakang momen :)

    ReplyDelete
  13. Dulu paling malas ikut lomba blog, tapi sekarang malah ketagihan ,, liat dan menerima hadiahnya menggiurkan

    ReplyDelete
  14. Aaahhh suka bacanya, btw saya juga masih suka ikut lomba, ga peduli ga menang atau dicontek hahaha.
    Pokoknya nulis di awal, publish, sebarkan.
    Tulisan dicontek dan dikembangkan orang lain ga masalah, yang penting PV meningkat :D

    Dan emang bener ya, dengan rajin ikut lomba blog, kita jadi tertantang untuk bisa menulis lebih baik lagi :)

    Dan setuju banget ama niat berbagi informasi buat yang membutuhkan, saya pertama kali ke blog ini hanya karena nyari info tentang kehamilan yang kata orang perutnya belum keliatan, eh sama si Google diajak ke sini deh :)

    ReplyDelete
  15. wah menarik. saya suka tips2nya

    ReplyDelete
  16. Ini postingan yang menarik. Saya pernah mendapatkan pekerjaan dari blog, bukan menulis tapi guru. Juli 2018 kemarin saya mengundurkan diri dari sekolah sebelumnya. Sekitar dua minggu di rumah tiba-tiba ada pesan whatsaap seperti ini, "Syallom ini pak Martin, guru...., saya ... kepala sekolah di SMA...., saya lihat blog bapak dan tulisan-tulisan bapak sangat menarik, kebetulan kami membutuhkan guru.... jika bapak berkenan bisakah bapak bergabung bersama kami". Lantas saya balas, apa yang harus saya persiapkan pak, surat lamaran dll... jawaban dari sang kepala sekolah, tidak perlu pak... halaman about me di blog bapak dan tulisan-tulisan bapak sudah menjelaskan kemampuan bapak. Jadilah saya sekarang bekerja di sekolah tersebut tanpa surat lamaran dll. Itulah manfaat blog.

    Sebelum saya blogging ke sini, hal yang sama saya alami, ditelepon oleh salah satu kepala sekolah SMA negeri di Jakarta Pusat, informasi dan tahu saya darimana, "BLOG" artinya, bagi siapa pun yang di luar sana, ikutilah ulasan dalam postingan ini, dan LAKUKAN kemudian rasakan manfaatnya.

    Salam

    ReplyDelete
  17. Blognya keren mbak, gimana caranya yaa biar pedee gitu nulisnya??
    Saya pernah nulis tapi dikatain tulisan saya kayak koran :(

    Salam kenal..

    ReplyDelete
  18. sejak ikut komunitas blogger, aku dapat banyak manfaat
    iya sih materi emang dapat tapi lebih dari itu
    jadi nemu teman2 yang satu aliran, alias suka nulis
    saling sharing dan dapet ilmu
    apalagi kalau teman-teman lebih berpengalaman dari kita
    rasanya, ngeblog jadi tambah semangat

    ReplyDelete
  19. Gua menulis sekedar curhat aja dan seenak jidat gua aja ckck

    ReplyDelete
  20. Keren mb. Saya suka motivasinya. Tks

    ReplyDelete
  21. Jadi ingat dulu.
    Awal ngeblog 2013. Suka senyum-senyum sendiri kalau baca postingan pertama.
    Namun baru serius awal 2015.
    Jadi 2 tahun ngeblognya kurang konsisten.
    Senangnya pas dapat job pertama, tak terlupa :).

    Kadang masih suka up and down juga.

    Nah, pas BW gini jadi semangat lagi :).

    ReplyDelete
  22. Membaca postingan kak admin duduk paling depan ini kayaknya asik aja ngikutin lomba ...,atau cara penyampaiannya yang enak dibaca ya ? ... hehehe ..., jadinya ikutan termotivasi.
    Meski sampai sejauh ini aku belum pernah mengikuti lomba penulisan artikel blog.

    ReplyDelete
  23. Pengeeeen sbnrnya bisa fokus ke blog, apalagi cari duit dari situ. Terlebih aku suka nulis. Tapi memang blm bisa utk sekarang :(. Kerjaan kantor yg lumayan nguras waktu. Jd sampai saat ini, blog cuma pelepas stressku di saat weekend. Nanti kalo sudah mantap utk resign, baru deh kayaknya bakal serius utk monetisasi blog :)

    ReplyDelete
  24. aku sering dapet pertanyaan gini nih di DM insatgram, "mba gimana caranya bikin blog", besok ak kasi artikel ini aja klo mereka nanya lagi hiihi. makasi mba enny sharing nya

    ReplyDelete
  25. Konsisten dan fokus, ini yang teramat sangat berat, hehe...

    ReplyDelete
  26. Wah, keren banget nih mbak. Konsisten ngeblog dan sering menang lomba blog. Mom working juga. Luar Biasa.

    ReplyDelete
  27. untuk lomba blog, saya acap kali males ikutan kalau ada syarat yang sulit

    ReplyDelete
  28. wah, saya terasa terilhami dengan tulisannya mbak, semangat...

    ReplyDelete
  29. ya semua akrena menulis ya, aku mah sukanya nulis saja, apalagi puisi seabgerg2

    ReplyDelete
  30. Saat ini aku juga coba semuany agar lebih pro sebagai blogger kak

    ReplyDelete
  31. Setelah baca ini, lebih semangat lagi untuk menulis.. Teman saya juga ada, suka banget traveling, tapi sayang cerita perjalanannya gak ditulis di blog. Giliran udah dibuatin blog, masih bingung dari mana harus mulai menulis... Ternyata menulis juga ada tekniknya, tapi dengan kita berlatih terus menerus, kita akan terbiasa menulis.

    ReplyDelete
  32. Selain ikut grup dan komunitas blogger, banyakin baca juga penting. Nice share (y)

    ReplyDelete
  33. lomba blog masih aku ikutin kalah ga amsalah menang alhamdulilah hehehe yang penting blog terisi kalau aku gitu hahaha

    ReplyDelete
  34. Yup, bergabung di komunitas itu penting banget, selain dapat kenalan dan sahabat, yang jelas banyak info job mengalir juga di komunitas heheee.

    ReplyDelete
  35. Saya newbie.. Baru 2 minggu.. Sudah ada 23 artikel.. Lihat tulisan ini jadi terinspirasi.. Terima kasih ya mba.. :) #HarusSemangatTerus

    ReplyDelete