7 Cara Mengatasi Keringat Berlebih Paling Ampuh

By dudukpalingdepan - 2:00:00 PM

keringat berlebih
Freepik/Spukkato

Keringat yang keluar dari tubuh merupakan hal yang wajar. Apa lagi sehabis melaksanakan aktifitas fisik yang cukup berat. Namun keringat berlebih juga bisa muncul saat gugup, cemas, atau stres. Sehingga sering kali membuat kita salah tingkah dan kurang percaya diri. 


Cara Mengatasi Keringat Berlebih

Sebenarnya berkeringat merupakan proses alami tubuh agar bisa menyesuaikan suhu tubuh dengan lingkungan sekitar. Normalnya keringat akan keluar saat tubuh melakukan kegiatan yang menguras tenaga, demam, makan makanan pedas. Atau ketika merasakan emosi seperti malu, marah, takut atau grogi. 

Ada kalanya keringat berlebih membuat kita kurang percaya diri, terutama saat berinteraksi dengan orang lain. Karena keringat biasanya akan menimbulkan bau yang kurang sedap. 

1. Memakai Antiperspirant

Bila memakai deodoran biasa sudah tidak mampu untuk mencegah keringat yang berlebihan. Teman-teman bisa menggunakan deodoran yang didalamnya mengandung antiperspirant yang lebih kuat. 

Biasanya produk ini sering dijual di apotik atau toko obat. Kita juga bisa mendapatkan produk khusus yang diresepkan oleh dokter bila memang membutuhkan deodorant dengan formula yang lebih manjur.

Sebaiknya selalu bawa deodoran / antiperspirant di dalam tas saat bepergian, dan gunakan sehabis mandi. 

2. Memakai Baju yang Tipis dan Menyerap Keringat

Pastikan memakai baju yang dibuat dari bahan yang mudah menyerap keringat. Baik saat tidur, bepergian atau berolahraga. Misalnya baju dan juga celana yang dibuat dari bahan katun. 

Pilih baju yang terbuat dari 100% katun asli, sebab kemampuan dalam penyerapan keringat sangat baik. Hindari memilih pakaian dengan bahan sintetis atau polyester yang tidak dapat menyerap kelembaban.

3. Menjaga Berat Badan Ideal

Ternyata orang dengan kelebihan berat badan atau penderita obesitas membutuhkan energi yang lebih besar untuk beraktivitas dan bergerak. Sehingga suhu tubuhnya akan lebih cepat naik dan juga memproduksi keringat lebih banyak. Oleh sebab itu, pastikan agar  selalu menjaga berat badan supaya tetap dalam posisi ideal.

Ingat, kurus tidak selalu cantik. Namun menjaga berat badan sehingga tidak obesitas, itu penting agar kuta terhindar dari berbagai penyakit. 

4. Menghindari Konsumsi Makanan Pedas

Jika kalian adalah penggemar makanan pedas, sebaiknya mulai saat ini batasi konsumsi makanan yang pedas. Sebab makanan pedas dapat meningkatkan produksi keringat. Terlebih lagi bila kita sedang stres, gugup atau cemas, maka produksi keringat akan meningkat.

5. Berhenti Merokok

Merokok bisa memaksa tubuh bekerja lebih keras untuk membuang berbagai macam zat beracun seperti halnya nikotin. Hal ini bisa memicu kelenjar keringat untuk selalu memproduksi keringat. 

Jadi berhenti merokok menjadi salah satu cara untuk mengatasi keringat yang berlebih dengan ampuh. Lagi pula, hal yang perlu diingat asap rokok juga dapat membahayakan orang-orang di sekitar (perokok pasif).

6. Menggunakan Pakaian yang Longgar

Menggunakan pakaian ketat bisa membuat tubuh dan juga kulit sulit untuk bernapas. Oleh karena itu, sebaiknya pilih pakaian yang pas atau agak longgar saat dipakai di badan. Khususnya ketika kita harus menggunakan baju beberapa lapis
.
7. Periksa ke Dokter

Jika semua cara tersebut sudah dicoba namun tidak berhasil, maka teman-teman perlu memeriksakan diri ke dokter. Bisa jadi ada gangguan kesehatan yang perlu penanganan dari dokter spesialis. 

Nah, semoga dengan cara-cara di atas dapat membantu mengurangi keringat berlebih teman-teman semua. Ada cerita atau pengalaman menarik tentang keringat berlebih? Cerita di kolom komentar, ya. 

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

  1. Makasih ya Bun sudah berbagi, saya juga sering mengalami keringat berlebih. Sepertinya sudah bawaan dari gen orang tua

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.