Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Susu Anak 1 Tahun

By dudukpalingdepan - 5:00:00 PM

susu anak 1 tahun
source : Freepik
Kita semua tahu bahwa ASI (Air Susu Ibu) adalah yang terbaik. Namun ada masanya ASI tidak keluar dengan lancar, atau ibu jatuh sakit, sehingga tidak bisa meneruskan memberikan ASI kepada si buah hati. Sehingga perlu dibantu dengan susu formula. Tetapi pastikan bahwa ibu bisa memilih susu anak 1 tahun yang tepat dan cocok untuk ananda tercinta.

Pertama, berikan susu yang sesuai dengan usia anak. Meski terlihat sama, namun tentu kandungan susu sudah dibuat berdasarkan rentang usia anak. Cara memilihya juga cukup mudah. Ibu tinggal melihat angka yang tertera pada kemasan susu. Jika kurang yakin, jangan ragu untuk bertanya kepada sales penjual susu atau pramuniaga toko. 

Kedua, harus tahu apakah anak alergi dengan susu sapi? Karena kebanyakan susu formula yang beredar berasal dari susu sapi. Jika anak alergi yang ditandai dengan munculnya ruam-ruam merah atau kembung, ganti susu anak dengan susu kambing atau susu kedelai. 

Selanjutnya, ibu perlu memperhatikan kandungan yang terdapat dalam susu anak 1 tahun tersebut. Pastikan komposisinya bukan hanya dari susu saja melainkan juga mengandung protein, zat besi, vitamin, kalsium, mineral, DHA, yang bermanfaat untuk tumbuh kembang dan kecerdasan anak. 

Ibu juga bisa mencari susu anak 1 tahun sesuai dengan kebutuhannya. Misalnya anak terlalu kurus, carilah susu yang mengandung tinggi lemak. Sebaliknya jika berat badan anak berlebih, carilah susu yang rendah lemak (low-fat).

Berikutnya kemudahan mendapatkan susu juga harus menjadi bahan pertimbangan. Karena susu akan rutin dikonsumsi anak. Jangan sampai ibu kesulitan untuk mencari merk susu tersebut sedangkan anak sudah terlanjur cocok dan menyukainya.

Faktor harga juga menjadi salah satu hal yang harus ibu perhatikan. Karena anak bisa minum susu 1-3 kali dalam satu hari. Sehingga tentu tidak hanya cukup satu box atau satu kaleng saja perbulan. Pastikan harga susu masih terjangkau dengan budget bulanan yang ibu miliki. 

Bila perlu, ibu juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter spesialis anak sebelum membeli susu anak 1 tahun. Dokter mungkin tidak menyebutkan merk tertentu, namun dokter akan mengarahkan untuk membeli susu dengan kandungan yang sesuai kebutuhan anak. 

Jangan lupa untuk tetap memperhatikan tumbuh kembang anak semenjak mengkonsumsi susu formula. Perhatikan apakah anak menjadi ketergantungan dengan susu tersebut? Jika iya, ibu harus segera mengatur jarak pemberian susu. Pastikan anak makan besar terlebih dahulu, istirahat 1-2 jam, baru kemudian diberikan susu. 

Selain itu ibu bisa juga memilih susu formula yang bebas laktosa. Artinya susu tersebut tidak mengandung laktosa (gula yang terkandung dalam susu). Biasanya jenis susu seperti ini diganti dengan jenis pemanis lain seperti sirup jagung. Susu ini juga cocok untuk anak yang rentan alergi terhadap laktosa.

Susu untuk anak 1 tahun biasanya memiliki beberapa varian rasa. Pastikan ibu tahu rasa apa yang menjadi kesukaan anak. Hal ini tentu bisa memberikan semangat kepada si kecil untuk mengkonsumsi susunya setiap hari.

Demi efisiensi dan kepraktisan, ibu juga bisa memilih susu anak yang memiliki beragam varian ukuran pula. Terutama ukuran kecil untuk bepergian. Beberapa susu anak juga punya varian dengan ukuran kotak kecil, sehingga pas untuk digenggam anak dan mudah dibawa kemana saja. 

Itulah berapa hal yang harus ibu perhatikan ketika memilih susu anak 1 tahun. Memang sebagai ibu kita harus cermat dan teliti untuk memilih asupan nutrisi bagi buah hati tercinta. Bagaimanapun, pilihan ibu akan menjadi andil dalam tumbuh kembang anak. 

Terakhir, saya berpesan jangan bersedih untuk ibu yang mungkin tidak bisa memberikan ASI sampai anak 2 tahun. Karena yang terpenting adalah kita terus memberikan yang terbaik untuk anak sesuai degan kemampuan yang kita miliki.

Anak pasti akan paham bahwa ibunya memberikan yang terbaik, ketika kita melakukannya dengan sepenuh hati, dengan segenap cinta. 

Ibu-ibu yang punya cerita terkait memilih susu anak, sharing di kolom komentar ya.




  • Share:

You Might Also Like

2 komentar

  1. Anak pertama saya tuh punya cerita drama saat memilih susu, karena dia minum sufor sejak lahir, setelah setahunan, gonta ganti susu mulu karena nggak cocok atau dia nggak suka.

    beda ama anak kedua ini, dia cenderung kurang suka sufor, hanya doyan susu kotak rasa cokelat aja.
    Jadi bingung mau disapih kayak gimana

    ReplyDelete
  2. Sejak Gen 1 tahun, kita kasih UHT aja sih mba tapi sebenarnya dia mau kok minum susu apa aja termasuk susu kambing heheheh

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.