Cara Mencegah Kejahatan Skimming ATM

By dudukpalingdepan - 5:19:00 PM


Cara Mencegah Kejahatan Skimming ATM
source : Freepik

Sebelumnya saya pernah menulis pengalaman uang di rekening hilang padahal tidak melakukan transaksi, di blog ini. Besar kemungkinan kejadian yang saya alami itu adalah bentuk dari kejahatan Skimming ATM.  

Artikel tersebut saya tulis pada tahun 2017. Waktu itu saya berharap kejadian Skimming ATM ini nggak akan pernah ada lagi menimpa siapapun. Tapi nyatanya setiap tahun kejadian tersebut masih saja ada. 

Teman-teman mungkin pernah membaca berita tentang nasabah yang kehilangan sebagian bahkan seluruh saldo di rekeningnya padahal tidak melakukan transaksi apapun. Hal tersebut bisa dikarenakan kejahatan skimming ATM. 

Skimming itu sendiri merupakan kejahatan pencurian data nasabah, sehingga pelaku bisa membobol rekening seolah-olah memang pemilik aslinya yang bertransaksi.

Jika teman-tema memakai fitur SMS banking, mungkin bisa langsung tahu jika ada transaksi yang mencurigakan karena akan ada sms notifikasi yang masuk. Namun jika nasabah tersebut tidak memakai fitur tersebut, tentu akan sangat terkejut saat cek saldo di ATM/Bank semua uangnya hilang.

Sebenarnya skimming ATM bukan kejahatan baru, namun dari tahun ke tahun selalu saja ada korbannya. Jika tidak segera ditindaklanjuti, bisa jadi pihak Bank tidak bisa berbuat apapun karena memang transaksi yang tercatat normal seperti transaksi pada umumnya.

Nah agar teman-teman semua terhindar dari kejahatan Skimming ATM tersebut, simak cara mencegahnya berikut ini.

1. Jangan menggunakan mesin ATM di sembarang tempat

cara mencegah kejahatan SKimming ATM

Ketika ingin melakukan transaksi menggunakan mesin ATM, sebaiknya cari mesin yang berada di depan Bank dimana ada security yang berjaga 24 jam. Bisa juga di tempat-tempat ramai seperti di mall atau rumah sakit.

Karena kejahatan skimming ATM biasanya menggunakan modus yang menempelkan suatu mesin kecil di tempat kita memasukkan kartu dan menekan nomor pin. Mesin kecil tersebut dapat merekam data-data nasabah. Selanjutnya mereka akan membuat kartu tiruan namun dengan data yang sama persis.

Nah, biasanya pelaku skimming ATM memasang mesin tersebut dengan memanfaatkan situasi ATM yang sepi. Apalagi kalau memang CCTV pada area tersebut tidak berfungsi.

2. Berhati-hati saat menggunakan mesin ATM

Sebelum memasukkan kartu, raba dulu di sekitaran tempat untuk memasukkan kartu ATM dan di sekitar tombol nomor. Jika ada sesuatu yang mencurigakan, laporkan pada security dan batalkan niat untuk bertransaksi disana.

Jika tidak ada benda yang mencurigakan, tetap harus waspada. Pastikan satu tangan lagi menutupi tangan yang sedang memencet nomor pin.

3. Gunakan fitur SMS Banking / e-Banking

Hal ini bertujuan agar teman-teman mudah memeriksa segala transaksi. Sehingga ketika ada transaksi pembelian/pembayaran padahal tidak merasa memakainya, segera telpon customer service bank untuk melaporka hal tersebut.

Namun jangan lupa untuk memakai password yang aman pada Smartphone. Serta jangan sembarangan install aplikasi yang mencurigakan, yang dapat mencuri atau meretas akun M-Bangking yang kita miliki.

4. Ganti PIN secara berkala

CAra mencegah kejahatan Skimming ATM
source : Pixabay

Mengganti PIN secara berkala dapat mengurangi resiko kejahatan skimming ATM. Gunakanlah PIN yang nggak pasaran, dan nggak sama dengan tanggal lahir. Jika takut lupa, catat dan simpan di tempat yang aman.

5. Jangan takut melapor jika ada transaksi yang mencurigakan

Jika memang ada indikasi teman-teman menjadi korban skimming ATM, jangan takut untuk melaporkan kepada pihak Bank dan Polisi. Ceritakan kronologis secara runut dan sejujur-jujurnya. Jika memang terbukti bahwa ada kejahatan skimming, maka polisi akan membantu melacak dan menangkap pelaku. Sehingga uang nasabah bisa dikembalikan.

Itu dia cara yang bisa teman-teman lakukan untuk mencegah kejahatan Skimming ATM. Berangkat dari pengalaman, saya sekarang berhati-hati banget dalam menggunakan kartu/mesin ATM untuk bertransaksi. 

Semoga bermanfaat. Kalau ada teman-teman yang hampir atau pernah jadi korban juga, cerita di kolom komentar ya.


  • Share:

You Might Also Like

27 komentar

  1. Saya pernah kena di kartu kredit.. Langsung hubungi bank alhamdulillah bisa dicancel transaksinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya, scamming credit card juga sering ya terjadi.huhuhu.

      Delete
  2. Saya belum menggunakan fitus sms banking.
    sebenarnya enak jika ada notifikasi sms, jadi tidak perlu mengecek jika ada transferan.
    Apa mungkin dalam jumlah tertentu baru dapat sms ya, dulu mah sering dapat sms kok kini tidak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ada minimal saldonya mas. Kalau suatu saat saldo kita di bawah batas minimal, sms bangkingnya jadi non aktif. Kalau mau aktifin lagi harus ke cs banknya.

      Delete
  3. PERTAMAX

    Saya kalau mau ke ATM, memang lihat-lihat dulu tempat atm nya mbak, kalau sunyi sih, mikir2 dulu mau ambil duit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya dulu ga peduli ambil uang dimana ketemu ATM aja. Tapi setelah kejadian baru deh kapok.

      Delete
  4. Noted nih. Aku yg jarang bgt gnti PIN atm..

    ReplyDelete
  5. Wah gawat ya,, harus hati hati memang

    ReplyDelete
  6. Trims tipsnya mba. Dgn adanya mobile banking sekarang jadi agak jarang pake atm. Sesekali aja

    ReplyDelete
  7. aku sekarang lebih sering menggunakan SMS banking untuk melakukan transaksi. Dan yang lebih sering lagu menggunakan ATM di minimarket atau di lokasi yang memang ramai

    ReplyDelete
  8. aduh serem juga kejahatan skimming.. jadi takut transaksi melalui atm.
    makasih tips-tips nya ya mbaa..

    ReplyDelete
  9. Temenku satu kos pernah itu mbak uangnya hilang, padahal waktu itu buat mbayar KKN. Dia heran aja gak ngambil tapi kok rekeningnya bersaldo 0. Beneran, skimming itu ngeri banget :(

    ReplyDelete
  10. Ganti pin berkala itu kayak boomerang juga buat kita, saya banyak lupanya kalau gonta ganti mulu hahaha.
    Saya sekarang jarang sih mampir ATM, sejak banyak aplikasi e money, saya pilih transaksi pakai emoney gitu.

    Kecuali ke pasar sih, mesti butuh cash :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya saya juga kalau udh gajian pasti ada alokasi ke dompet digital. Semoga nanti mbok2 sayur bisa nerima pembayaran digital juga, hehehe.

      Delete
  11. wah ternyata bahaya juga ya kalau makai atm di tempat sepi, ternya mereka menggunakan alat untuk merekam kegiatan nasabah yaaa. makasih banget infonya bu' bermanfaat!
    *jangan lupa mampir ya AORLIN(.)com

    ReplyDelete
  12. Wah ngeri juga ya kalau ada yang bisa bikin copy an kartu ATM kita..

    ReplyDelete
  13. Ngeri juga ya skimming ATM ini, aku pakai mbanking sih, bbrp kartu atmn lainnya cuma pake sms banking, tapi tetep jarang ke mesin ATM, soalnya tarik tunai pun kadang sekalian kalau belanja pakai debet

    ReplyDelete
  14. Lubang kartu warna hijau di foto pertama itu sudah anti-skimming. Beberapa bang sudah menggunakannya.

    ReplyDelete
  15. pernah sekali kena masalah terkait atm. jadi, atm ny ketahan terus diambil oleh oknum. kenapa bisa tahu? karena akhirnya atm saya dikembalikan oleh oknum tsb setelah melihat pelat motor saya yg kebetulan satu daerah dgn pelaku.

    saya masih beruntung karena asas kedaerahan hehehe

    ReplyDelete
  16. Sejauh ini masih aman pake internet banking dan sms banking, jadi sewaktu2 bisa waspada jika ada transaksi mencurigakan. Oh iya btw aku gak terlalu kawatir atm dibobol, anu soalnya gak ada uangnya. wkwkwk

    ReplyDelete
  17. iya,,yah,,,aku juga pas masukin kartu ATM,,sambil raba raba dulu, siapa tahu ada kamera tersembunyi. :) buat memastikan. :) loading blognya kok cepat nian dek,,sudah pakai self hosting yah... ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ndak kando, cuma ganti template yang simple. Memang template yang lama ribet dan bikin lemot. :P

      Delete
  18. Serem banget ya mba semoga kita semua selalu dalam lindungan Tuhan dan dijauhkan dari segala macam penyakit dan matabahaya termasuk kejahatan financial yang makin merebak huhu

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.