Top Social

Top Social

..........dan simak ceritanya

Tempat Terbaik Untuk Panel Surya

Source: Freepik/Xb100

Masih ingat kehebohan mati lampu (blackout) yang terjadi di sebagian pulau Jawa beberapa waktu lalu? Banyak masyarakat yang mengeluh melalui media sosial, bahwa banyak aktivitas yang terhambat dan bisnis yang merugi karena kejadian ini. 

Jika masyarakat pulau Jawa jarang mengalami mati lampu dalam waktu yang lama, sedangkan untuk kami di Sumatera, malah menjadi hal yang biasa. Saya jadi terkenang waktu masih menyusui, saya terpaksa harus membuang banyak botol yang berisi ASI perah, karena mati lampu sehingga kualitasnya sudah tidak baik. 

Sampai saya berpikir, harusnya ada energi alternatif yang mudah dijangkau masyarakat agar tidak terus menerus bergantung pada energi listrik dari PLN saja. Kemudian saya menemukan informasi tentang Panel Surya. 

"Panel surya adalah alat yang terdiri dari sel surya yang mengubah cahaya menjadi listrik. Sederhananya alat ini memanfaatkan sinar matahari untuk menjadi energi listrik." 

Panel surya menjadi salah satu pilihan terbaik yang ada saat ini. Kini banyak perusahaan yang menawarkan produk maupun jasa pemasangan panel surya untuk di pabrik, tempat usaha maupun rumah tinggal. Salah satu yang memberikan layanan adalah Sewatama dengan panel surya terbaik, bahkan memiliki keunggulan lainnya yaitu garansi hingga 20 tahun. Sebuah layanan yang tidak akan  ditemui di perusahaan lainnya.

Panel surya yang kini tengah banyak digunakan di berbagai daerah adalah sebuah sumber energi yang berasal dari sinar matahari. Dengan panel surya terbaik masyrakat akan mendapatkan sebuah energi yang tak terbatas, apalagi Indonesia merupakan salah satu negara yang mendapat banyak sinar matahari. Dengan sumber energi yang tak terbatas ini, menjadikan sebuah ketersediaan energi yang mudah dan murah.

Source : Freepik/Creativeart
Dengan diserapnya sinar matahari oleh panel – panel surya yang akan kemudian disimpan dan diolah pada proses selanjutnya. Maka energi yang dihasilkan merupakan sebuah sumber yang ramah lingkungan dengan tidak adanya polusi yang dihasilkan selama prosesnya. Namun, Anda pun harus mengetahui seberapa besar energi atau besaran listrik yang nantinya dibutuhkan, sehingga dapat dengan pasti mengetahui kebutuhan akan panel surya.

Karena sekarang ini penggunaan listrik yang berbahan fosil mulai menipis, sehingga pemerintah di banyak negara mulai melirik pada penggunaan sumber energi lainnya. Hingga akhirnya panel surya menjadi salah satu pilihan terbaik karena banyak faktor di dalamnya. Apalagi kini muncul berbagai merk panel surya dari pabrikan terpercaya, sehingga Anda harus lebih jeli dalam memilihnya.

Walaupun dalam pemasangan maupun perawatannya mudah, akan tetapi harus dilakukan oleh seorang ahli. Terutama seorang ahli kelistrikan yang dapat dan mengerti seluk beluk mengenai pemasangan panel surya. Kelebihan dari penggunaan panel surya ini adalah, kita tidak perlu repot dalam perawatannya. Karena biasanya dipasang secara miring, saat hujan turun panel surya akan terbersihkan dengan sendirinya.

Tertarik dengan pemakaian panel surya di rumah? Jika ingin tahu berapa banyak panel surya yang dibutuhkan, bisa langsung konsultasi dengan perusahaan penyedianya. 

14 comments on "Tempat Terbaik Untuk Panel Surya"
  1. Wah kalau di sana sudah biasanya nih ya Mbak kalau ada pemadaman lampu gitu

    ReplyDelete
  2. Wah ini solusi yang cukup solutif ya mbak, jadi nggak hrs bergantung sama PLN.
    Aku baru tau tentang panel surya ini

    ReplyDelete
  3. Gegara kejadian black out kemarin aku juga tertarik banget sm panel surya. Share dong mba pengalaman pakainya..

    ReplyDelete
  4. Nah! Pas banget nih, aku dan mama sempat kepikiran mau instal ini di rumah. Abisnya kadang kalo beli pulsa listrik pun, dapetnya cuma dikit. Ya monmaap, bukannya kami serakah, tapi gak nalar aja kok dpt cuma sedikit aja. Kalo punya panel surya ini kan gak perlu beli pulsa listrik lagi. Bisa jadi lebih hemat. Agak nggak ikhlas juga sih beli pulsa listrik mehong dapetnya cuma sedikit. Hih! Dulu aja, kalo telat bayar kena denda. Kemarin mati listrik sampe berjam-jam, cuma minta maaf doang. Aku sakit hati.

    ReplyDelete
  5. Dan...saya salah satu warga yang sudah memakai panel surya di rumah karena di tempat tinggal sebelumnya memang tidak ada listrik sama sekali :)

    ReplyDelete
  6. IYaaa, di Padang juga sering
    Dan syukurlah nggak pernah menjadi masalah besar soalnya masih banyak alternatif hihi

    Ahhh, makin canggih aja zaman sekarang
    Menunggu momen-momen dimana panel surya ini dijual bebas di Lazada dan Shopee :))

    ReplyDelete
  7. wahh bisa jadi ide buat bikin rumah ramah lingkungan juga nih..

    ReplyDelete
  8. mungkin kalau sering mati lampu seperti di jakarta kemarin maka orang akan berpikir kearah ini bu

    ReplyDelete
  9. solusi yang bagus ya panel surya..
    sedih juga soalnya kalau mati listrik sampai harus buang-buang ASIP. hiks..
    kalau aku bisa nangis bombay itu ..

    ReplyDelete
  10. Tapi harga untuk satu panelnya itu lumayan banget sih harganya, mungkin bisa menggunakan alat alat atau yang sudah ada seperti ada memanfaatkan sampah untuk pembangkit listrik, atau air dan lain sebagainya gitu supaya lebih murah

    ReplyDelete
  11. Kalau dipikir emang menarik ya mbak, bisa hemat listrik juga dong....
    Kayaknya panel surya ini cocok untuk daerah yang belum tersentuh PLN jadi tetap bisa menggunakan listrik....

    ReplyDelete
  12. saya tertarik pakai panel surya mbak, nanti kalau bangun rumah, saya akan memasang panel surya, paling ngga bisa buat hangatin air , hihi

    ReplyDelete
  13. Energi surya termasuk salah satu jenis energi terbarukan. Meski biaya investasinya sedikit mahal, tapi ini bisa sangat membantu ketika listrik sering padam.

    ReplyDelete
  14. Wah, solusi bagus ini, biar gak ketergantungan sama pasokan dari PLN juga. Alhamdulillahnya sih saya jarang mati lampu. Tapi denger-denger masih mahal yah biaya masang buat rumahan, trus ROI nya juga lumayan lama.

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9