Top Social

Top Social

..........dan simak ceritanya

Tips Agar Tetap Aktif dan Produktif Selama Bulan Ramadhan


Kita sudah memasuki hampir setengah perjalanan di bulan Ramadhan. Masih belum pada bolong-bolong, kan? kalau laki-laki dewasa sih harusnya nggak ada alasan untuk batal ya kecuali memang sakit parah. Tapi kalau kita yang perempuan tentu ada bolongnya karena menstruasi.

Ramadhan tahun ini saya baru mulai puasa lagi, setelah dua tahun sebelumnya absen puasa karena nifas dan menyusui. Jadi berasa kayak anak sekolah yang baru belajar puasa lagi. Untungnya nggak ada hambatan berarti. Walaupun sempat berasa lemas, tapi karena saya bawa berkegiatan jadi tetap kuat sampai waktu berbuka tiba.

Meski berpuasa, saya tetap bekerja dan mengurus rumah tangga seperti biasa. Bahkan tetap aktif menulis blog dan menulis artikel untuk blog Inspirasi Shopee. Saya memang sudah bertekad bahwa bulan Ramadhan ini saya tetap harus aktif dan produktif. Karena janji pahala dan THR bukan hal yang fiktif.

Berikut tips yang saya lakukan agar tetap semangat menjalani puasa meski harus ibadah, bekerja, mengurus rumah dan juga berkarya. Semoga bisa teman-teman terapkan juga ya.

1. Mantapkan Niat Bulatkan Tekad


Saya awalnya sempat berpikir apakah saya kuat ya puasa tahun ini? soalnya saya sudah dua tahun absen berpuasa di bulan Ramadhan. Apalagi saya punya riwayat sakit Maag. Tapi karena memang saya betul-betul ingin merasakan puasa lagi, jadi saya memantapkan niat agar bisa berpuasa. Tentu saja saya juga berdo'a agar Allah SWT menyambut niat baik saya dan memudahkan dalam pelaksanaannya.

Ternyata memang semuanya terasa dimudahkan. Lemas dan pusing pasti ada, tapi nggak sampai bikin saya ingin membatalkan puasa. Lebih mengejutkan lagi, Maag saya nggak kambuh sekalipun ada beberapa hari saya nggak terbangun sahur. MasyaAllah, kalau hari biasa telat makan sebentar saja pasti sudah kambuh.

2. Usahakan Jangan Melewatkan Sahur Dengan Menu yang Bergizi

source :alodokter

Allah SWT memerintahkan umat Islam yang bertaqwa untuk menahan haus, dahaga, dan hawa nafsu dari fajar hingga magrib. Meski begitu Allah Maha tahu bahwa manusia adalah makhluk dengan kemampuan yang terbatas. Untuk itulah adanya waktu sahur, dimana kita makan sebagai "bekal" tenaga untuk berpuasa. 

Lagi pula makan sahur bukan cuma sekedar makan lho, tetapi terdapat keberkahan di dalamnya seperti hadist dari Anas bin Malik, Rasulullah Saw bersabda: ”Makan sahurlah kalian karena dalam makan sahur terdapat keberkahan.” (HR. Bukhari).

Menyiapkan makanan selama bulan Ramadhan menjadi salah satu hal yang berkesan untuk saya. Masalahnya kalau hari biasa saya jarang masak, soalnya nggak sempat atau capek karena kerjaan banyak di kantor. Suami saya sih orangnya pengertian, nggak apa-apa kalau harus beli makanan di luar.

Tapi di bulan istimewa ini, saya ingin sekali menyiapkan hidangan untuk suami dan anak dari tangan saya sendiri. Makanya meski bulan puasa saya tetap bekerja, tapi saya justru semangat pulang kerja menyiapkan makanan untuk berbuka dan sahur.

Asupan nutrisi dan gizinya pun saya perhatikan. Harus ada karbohidrat, protein hewani dan nabati, serta vitamin dan mineral. Tujuannya biar tetap punya energi untuk beraktifitas di bulan puasa. Boleh juga sih siapkan oatmeal, susu dan buah-buahan. Jadi kalau sahurnya mepet, seduh oatmeal dengan toping susu dan buah-buahan (terutama kurma), praktis dan bergizi.

Untuk yang punya riwayat sakit tertentu, jangan lupa minum obat sesuai anjuran dokter. Untuk yang merasa perlu vitamin juga boleh mengkonsumsinya. Kalau saya sendiri meminum madu murni satu sendok sebelum tidur dan satu sendok setelah makan sahur.

3. Buatlah Daftar Kegiatan Harian


Kalau memang semasa bulan Ramadhan masih kuliah/kerja, berarti kita punya satu kegiatan rutin. Setelah pulang, biasanya bingung kan mau ngapain? kalau cuma tidur-tiduran malah jadinya tambah lemas, lho.

Nah, untuk itu jangan lupa membuat daftar kegiatan harian, catat di jurnal atau di smartphone. Tujuannya ketika kita pulang ke rumah sudah nggak bingung mau ngapain. Pastikan juga kegiatan yang kita tulis bersifat ringan namun tetap bermanfaat. Misalnya mencari resep ta'jil dan membuatnya untuk buka puasa. Sebisa mungkin juga hindari kegiatan yang kurang berfaedah seperti menggosip baik langsung maupun via chat. 

Dengan memiliki daftar kegiatan, kita bisa mengisi waktu dengan hal-hal yang sekiranya memberikan manfaat. Jadi nggak ada waktu yang terbuang percuma sekalipun sedang berpuasa. 

4. Buatlah Target Ibadah Selama Bulan Ramadhan

source: unsplash
Bulan Ramadhan dikatakan bulan yang istimewa karena memang pada bulan ini Allah SWT akan melipatgandakan pahala orang-orang yang beribadah. Nah, jadi jangan lewatkan kesempatan emas ini dengan membuat target ibadah yang ingin dicapai.

Misalnya ingin khatam Alquran selama bulan Ramadhan, bisa dicicil dengan membaca 20 lembar sehari atau 4 lembar setiap habis sholat 5 waktu. Bisa juga dengan target puasa penuh, sedekah setiap hari, membuat kegiatan bakti sosial untuk panti asuhan, dan lain sebagainya.

Kalau soal kehidupan duniawi saja kita pakai target, ibadah juga harus dong.

5. Manfaatkan Teknologi Untuk Meghemat Waktu dan Tenaga


Walaupun harus aktif dan produktif, tapi nggak bisa dipungkiri kalau tenaga kita saat berpuasa tentu berbeda dengan hari-hari biasa. Untungnya teknologi sekarang makin canggih, sehingga bisa dimanfaatkan sebaik mungkin demi menunjang produktifitas.

Misalnya dalam berbelanja kebutuhan Ramadhan dan lebaran, alih-alih harus ke mall atau ke toko, saya lebih memilih belanja via online. Alasannya pulang kerja saja saya sudah sore, belum lagi harus masak untuk berbuka. Selain itu keliling-keliling toko dengan cuacana panas terik, pasti menguras tenaga. Saya yakin ada banyak orang terutama ibu-ibu juga merasakan hal yang sama.

Untungnya sekaran banyak aplikasi belanja online yang menawarkan beragam promo menarik. Mulai dari diskon, cashback, gratis ongkir, dan buy 1 get 1. Tinggal klik-klik dan transfer, barangnya akan diantarkan oleh abang-abang kurir. 

Alhamdulillah, dengan memanfaatkan teknologi saya bisa lebih hemat waktu dan biaya. Jadi tetap bisa fokus dengan urusan ibadah, kantor, rumah tangga, dan menulis.

6. Usahakan Tetap Cukup Tidur 

source: Unsplash

Pada bulan Ramadhan malam hari diisi dengan sholat sunnah Tarawih, Witir, dan Tadarus, kira-kira hingga jam 9-10 malam. Setelah selesai beribadah, bisa diisi dengan ngobrol bareng keluarga atau makan-makanan ringan. Namun jangan sampai terlalu lama. Karena harus bangun sekitar pukul 03.30-04.00 pagi keesokan harinya untuk sahur. 

Kalau dibawa begadang, takutnya besok kebablasan tidur dan nggak sahur. Saya pernah sih seperti ini, tapi hanya satu-dua kali. Selebihnya selalu saya usahakan untuk tidur cukup dan makan sahur, karena sangat berpengaruh dengan semangat dalam beraktifitas selama berpuasa. Bisa juga pasang alarm untuk mengingat waktu kapan harus tidur, dan kapan harus bangun. 

***

Itulah enam cara agar tetap aktif dan produktif berkegiatan selama bulan Ramadhan yang sudah saya terapkan. Alhamdulillah setelah mempraktekkan tips di atas, bulan Ramadhan terasa lebih bermakna. Sekalipun pasti akan ada khilaf yang tak disengaja karena saya hanya manusia biasa. 

Semoga Ramadhan kali ini membawa keberkahan untuk kita semua, sehingga sampai pada hari kemenangan Idulfitri kita semua dapat bersuka cita. 

50 comments on "Tips Agar Tetap Aktif dan Produktif Selama Bulan Ramadhan"
  1. setuju banget saya dindo....semoga puasanya lancar.... dan warga binaanya jadi penurut dng Bu Ustazah Enny, hihihihi.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin. Hahaha, ustadzahnya cuma keluar kalau mereka bandel aja kok :P

      Delete
    2. keluar, sambil bawa Pengebuk kasur yah,,hahahah...

      Ohy....dindo,, saya mau tanya, laptop asus yang dipakai oleh Wong yang berjilbab kuning yang senyumnyo menggoda iman itu ( LIHAT GAMBAR PALING ATAS ) , asus tipe berapo yoh...? dulu belinyo hargonyo brapo..?

      Rencano Aku nak beli Laptop, kalu mujur Pas malam Lailatur Kodar, ado duit sekarung nyampak ke rumah aku.... hahahah...#numpang ngimpi dulu, kwkwkwkwk.......

      Delete
    3. Ngapo Dak nunggu datuk datuk bebaju putih datang dalam mimpi ngenjuk tahu kalau ado duit sekarung di bawah tanah belakang rumah? Wkwkwk.

      Duh Lupa ala typenya. Tapi Asus type Lama. Berat nian kalau dibawa-bawa. Tapi Yang penting masih bisa dipakek kalau untuk ngeblog sih :D

      Delete
    4. hahahah....dak dateng dateng dindo.....,hahahah..

      cak nyo, dak katek apo2 di belakang rumah aku tuh dindo..., cuma ado sepsitenk tulah,paling paling nunggu 200 tahun lagi baru jadi emas galo, baru biso panen duit, hahahah........

      Delete
  2. Menu saur saya ya standar saja, nasi plus telur mata sapi :D
    Kalau untuk tidur siang, bisa dibilang setengah hari lebih tidurnya, habis lemes badan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu juga bergizi kok, tinggal tambah sayur sama tempe aja. Nyummy.
      Tapi kalau dibawa tidur bukannya pas bangun nambah lemes ya?

      Delete
    2. Niat sudah pasti, harus kuat, jangan tergoda iman. Apalagi di kota besar, godaannya gede juga.

      Delete
  3. Kalo aku yang mahasiswa gini puasa kaya hari biasa aja sih, mungkin karna kebiasaan jarang makan di siang hari gara gara banyak kegiatan, jadi lupa makan. Syukur ngga kena maag :'
    Tapi sahurku rasa ngga bergizi mie mulu, kayanya harus ganti buah buahan nih, tapi kesulitan diuang, mahasiswa banget XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah sabar ya, semoga nanti pas lulus langsung dapat kerjaan bagus yang gajinya bisa beli makanan enak tiap hari. Sarannya sih coba ajak teman kosan untuk patungan, buah-buahan yang murah kan ada pisang, pepaya, semangka. Semangat terus puasanya ya ^^

      Delete
  4. Emanng paling seneng kalo belanja trus gratis ongkir ya. Apalagi kalo dibandingkan dengan panas dan macetnya belanja di dunia offline.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, kalau ke mall tuh lihat antriannya yang mengular rasanya sudah males. Huhuhu.

      Delete
  5. Betul mba saya kalau bulan puasa sebisa mungkin ga begadang karena kawatir bangunnya kesiangan kalau gak badan jadi gak fresh, tips minum madunya boleh juga nih biar kuat berpuasa seharian penuh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, berasa banget kalau kurang tidur jadi kayak zombie mau recharge dengan ngopi kan nggak bisa karena puasa :D

      Delete
  6. Dulu pernah instal aplikasi shopee.. Tapi jarang dipakai. Entahlah masih ada atau tidak, karena saya beberapa kali ganti hp.

    Tapi mmg lebih enak belanja online ya saat ramadhan begini, nggak perlu umpel umpelan, desak desakan.. Mana cuaca panas dan lagi puasa, hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo install lagi mbak mumpung ada promo Ramadhan Big Sale :D

      Delete
  7. Manfaatkan dengan baik memang momen ramadhan ini, biar nggak sia-sia.. Banyakin ibadah dan iya bikin rencana harian biar tetap produktif

    ReplyDelete
  8. Wah, ini ya rahasianya makanya mbak Enny tetep cantik dan seger walaupun sudah memasuki hampir setengah perjalanan berpuasa di bulan suci Ramadhan ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rahasia lainnya adalah outfit Yang cerah, lighting alami Dari matahari, Dan naikin brightness mhueheheh.

      Delete
  9. tipsnya mantep banget teh, kalau mengikuti tips ini bisa jadi tambah kuat dan sehat nih di bulan puasa, karena setiap aktivitasnya bermanfaat sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Tips Dan informasi investasi Dari blog masnya juga bermanfaat banget. :D

      Delete
  10. Benar sekali, Mbak. Harus ada target ibadah, setidaknya tahun ini Ramadhan lebih maksimal ibadahnya meski beda tipis dari tahun kemarin. Kalau bisa malah naik jauh... :)

    ReplyDelete
  11. Wowwww, Shopee, marketplace favorit banget ini mah :D

    Banyak banget sale di bulan ramadan ini, bikin ngenes juga ingat inpois kudu cepat cair dan tehaer juga hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya ada sebagian yang cair ada sebagian yang akhir bulan. Jadi mana yang dapet duluan deh dibelanjain, hahaha.

      Delete
  12. Puasa bukan untuk kita menjadi malas, bener banget harus tetap produktif selama ramadhan :)

    ReplyDelete
  13. Aku udah bolong dong hahaha. Nah nah, baca ini jadi tersadarkan, ku harus bikin daftar kegiatan harian deh nih biar lebih tertata apalagi dengan jam tidur yang berantakan.
    .
    Enak ya belanja zaman sekarang mba hahaha, tinggal klik-klik, transfer dan itu adalah racun muehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaa, saya juga sudah ada bolong karena haid :D

      Delete
  14. Shopee sekarang jadi olshop langganan, lengkap dan banyak free ongkir hahaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama banget mbak, daripada install aplikasi belanja banyak-banyak mending satu aja biar fokus ngumpulin caschbacknya :P

      Delete
  15. Kami golongan yang mengalami disorientasi kali yah. Kalo ramadhan malah kepikiran THR lebaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho, nggak juga bang. Saya juga tiap hari kepikiran THR kok :D

      Delete
  16. emang betul tu mbak..kalau niat puasa Lillahi Ta'ala insyaallah puasa lancar walaupun kita punya kegiatan. justru kalau gak ngapa-ngapain makin terasa puasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, yang penting memang niat yang utama.

      Delete
  17. makasih sharingnya, setelah di usia di aats 50 kerasa cepat capainya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya bun, yang penting tetap jaga asupan makanan yang bergizi ^^

      Delete
  18. saya in sya Allah kuat berpusa, tapi memang nafsu mkaan sedang turun, sejak ibu meninggal, kena musibah banjir jadi banyak minum aja biar kuat da tetapproduktif berpuasa.

    ReplyDelete
  19. terima kasih tipsnya, mantull, saya sudah melasanakan sebagian tips tersebut

    ReplyDelete
  20. semua pada loyo kalau bulan ramadhan semoga dengan tips ini bisa membantu

    ReplyDelete
  21. Paling susah kalo sahur mba, hihi

    ReplyDelete
  22. Makanan bergizi dan minum air putih cukup, menurut saya itu penting, agar saat puasa badan lebih fit. Minum banyak air putih agar tidak terlalu kekurangan cairan

    ReplyDelete
  23. Luv luv shopee hahahha btw sejak ada shopee aku jadi belanja terus nih soalnya ngga sempet belanja offline mba hehheu

    ReplyDelete
  24. Tadarusnya harus ngebut nih karena haid udah ketinggalan beberapa hari :(

    ReplyDelete
  25. kadang tidur bisa bikin jadwal yang sudah kita buat jadi terlantar :(

    ReplyDelete
  26. kalo udah di penghujung puasa, sahur suka kelewat neh mba hehe

    ReplyDelete
  27. kalau saya pas puasa apalagi kerjaan udah libur,,hal paling produktif saya cuma merangkai,,,,tepatnya merangkai mimpi,,,bosen juga hhga

    ReplyDelete
  28. ramadhan itu mestinya cukup tidur ya, bukan tidur banyak2. wkwkwk.. karna banyak juga nih yang ramdhannya justru abis buat goler2 dikasur aja. katanya sih, ibadah.

    ReplyDelete
  29. thn ini aku lumayan lama bolongnya, krn sejak pakai spiral haid jd lama :(. makanya ini mau mulai ganti puasa dr skr malah, mumpung bdn masih terbiasa ama ritme puasa kemarin :).

    slama ramadhan, untungnya ttp bisa produktif di krjaan. kantorku ttp buka ,dan baru ttup pas tgl 1 juni sih, ngikutin aturan BI. Alhamdulillah sahur thn ini jalan, ga kayak thn lalu yg lbh srg skip.. puasa tanpa sahur jadinya

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9