Top Social

Top Social

..........dan simak ceritanya

Kelakuan Bocah yang Ada-Ada Saja


Punya anak memang jadi punya banyak cerita. Banyak tingkah laku Mukhlas ( 2 tahun) yang kalau dikenang bikin saya ngakak lagi,  atau geleng-geleng kepala. Daripada nanti lupa, lebih baik saya tulis disini buat kenangan. Siapa tahu ada pakbapak bukibuk yang ngalamin hal yang sama, atau minimal senyum-senyum baca tulisan ini.

Pura-Pura Tidur



Saya nggak tahu ya sifat isengnya datang darimana, tapi nggak nyangka umur dua tahun sudah bisa ngerjain mama dan abatinya. Ceritanya hari itu saya dan suami ada acara pagi-pagi di kantor. Jadi Mukhlas yang lagi tidur, kita bangunin dengan cara dipanggil-panggil dan dicium-cium. Tapi nggak bangun-bangun juga. 

Level banguninya kita tingkatin dengan suara lebih keras, pencet hidung, dan goyang-goyang bahu. Tapi tetap aja dia nggak bangun, malah berguling ke arah lain. Rada curiga sih, soalnya hari biasa dibangunin dengan dicium-cium aja sudah bisa. 

Ada kali ya sepuluh menitan saya dan suami bangunin. Lama-lama kita curiga, jangan-jangan pura-pura tidur. "Mukhlas, pura-pura bobo ya?" saya gituin aja. Eh dia senyum dong, padahal matanya merem. Meledaklah tawa saya dan suami. Makin kita cium-ciumin dan dia buka mata sambil ketawa. 

Astagfirullah, nih bocah padahal nggak pernah nonton youtuber prank tapi sudah bisa ngeprank orang tuanya -________-"/.

Minum Air Kobokan

Ini baru aja kejadian kemarin. Jadi Mukhlas dan abatinya lagi makan di depan Tv. Saya samperin mereka. Terus ada segelas air putih saya kirain punya suami, ya langsung saya ambil dan minum tanpa permisi. Eh tiba-tiba suami bilang "Jangan diminum! Itu tadi dijadiin kobokan sama Mukhlas". 

Saya langsung auto berhenti minum. Tapi, airnya sudah keburu ketelan. Sedangkan Mukhlas cuma ngelihatin aja sambil tetap makan. Huhuhuhu.


Bulan Puasa

Beberapa hari yang lalu saya ajakin Mukhlas ke pasar beduk di dekat rumah. Di jalan saya bilang ke dia, "Mukhlas tahu nggak kalau ini tuh bulan puasa?"  terus dia dengan polosnya bilang "Bulan puasa? Mana Bulannya?" dan langsung mendongakkan kepala ke langit. Saya langsung ngakak. Mau jelasin juga gimana, ya udahlah ya nanti kalau sudah gedean dikit saya jelasin lagi. 

Kacamata Mama Mana?

Sebagai orang yang matanya minus, saya ini tergantung banget sama kacamata. Nah kalau lupa naruh kacamata dimana, saya pasti ngandalin suami buat bantu nyariin. Tapi repotnya kalau suami lagi kerja, saya cuma berdua sama Mukhlas di rumah pasti kebingungan nyarinya. 

Pernah saya putus asa, terus iseng aja nanya sama Mukhlas. "Nak, tahu nggak kacamata mama dimana?" "Kacamata? "Iya kacamata mama, dimana ya?". Dari posisi tiduran, Mukhlas langsung berdiri, dan keluar kamar. Kirain kemana, saya ikutin kan. Ternyata dia ke kamar depan, dan nunjukkin kacamata saya ada di atas meja setrikaan di kamar depan. 

Saya senang campur kaget, ternyata bisa juga bocah dua tahun ini diandalkan nyari barang penting. Maafin emakmu yang pelupa ini ya, nak. 

Tutup Panci Hilang

source: tokped

Kalau ini saya yakin banyak buibuk yang mengalami. Pas masak, mau nutup panci kok tutupnya nggak ada di rak piring? di wastafel juga nggak ada. Saya penasaran, kemana hilangnya tutup panci. Kalau memang ada maling, masak iya dia cuma ngambil tutup panci?

Karena penasaran saya keliling rumah. Ternyata ketemunya di kasur dong. Tersangkanya ialah Mukhlas yang jadiin tutup panci sebagai mainan. Karena biasanya tutup panci ini ada di rak bawah jadi dia bisa ngambilnya. Hadeeeh, ada aja kelakuan bocah. 

Uang di Dompet atau ATM 


Mukhlas sudah saya ajarkan tentang konsep uang. Secara sederhana saja saya bilang kalau uang itu untuk bayar-bayar, terutama bayar jajanan yang dia suka. Nah kalau lagi bawa dia ke mini market, dia sudah bisa milih jajanan sendiri kan. Mending kalau cuma satu, ini maunya dua-tiga.

Terpaksa saya bilangin, "satu aja ya sayang. Kalau banyak-banyak uangnya nggak cukup. Memangnya Mukhlas punya uang?". Dengan wajah polos dia jawab "Ada. Tuh di dompet" Sambil nunjuk dompet saya. Duh elah, tahu aja nih bocah. 

Lain kali saya bilangin "uang di dompet mama juga habis". Nggak habis akal dia jawab "Ambil aja di ATM". Haduuh, dia kira ATM mesin cetak uang apa yak. Kalau di rekening juga habis mau digetok magic juga nggak bakal keluar uangnya. 

Kisah Sedih Menjelang Berbuka Puasa

Kalau sudah follow instagram saya di @dudukpalingdepan mungkin sudah tahu ceritanya. Tapi untuk yang belum langsung saya pajang dari ig story aja ya.



Robot Makan Kerupuk

Ceritanya saya lagi makan nasi pakai lauk dan kerupuk. Nah Mukhlas di samping saya juga makan kerupuk. Nggak lama kemudian saya dengar dialog dari suara Mukhlas kira-kira begini "Lobot Makan Kupuk ya. Nih, nyam-nyam-nyam. Nyummy kan? Nyummy kan? Makan lagi ya." Saya auto noleh dong. Ternyata dia lagi nyuapin kerupuk ke robot power rangersnya.

Saya yang lihat jadi cekikikan sendiri terus nanya ke dia "Mukhlas lagi kasih makan robot?" "Iya" "Yaudah, tapi habis robot makan, Mukhlas lagi yang makan ya" "ya mama". 

Memang anak itu peniru ulung ya. Karena ide ngasih mainan makan itu datang dari saya. Kalau Mukhlas ogah-ogahan makan, saya kumpulin mainan dia. Ada robot, ayam-ayaman, kelinci-kelincian, saya taruh di dekat piring. Saya bilang "Mama mau nyuapin teman-teman Mukhlas nih. Ayo makan ya ayam, nih nasinya. Nyam nyam..nyam. Wah kata ayam nasinya enak, Nak. Mukhlas makan juga ya".

Cara itu berhasil untuk membujuk dia makan. Padahal cara itu nggak pernah saya baca di buku atau artikel manapun. Namanya mamak-mamak kadang sudah pusing nyari cara biar anaknya mau makan. Yasudah ngelihat mainan-mainan tergeletak jadi muncul ide itu. Tapi nggak nyangka ternyata dia tiru, wkwkwk.
***

Sebenarnya masih banyak lagi kelakuan lainnya yang bikin saya gemas sendiri. Ada yang bikin kesal, ada yang bikin ketawa, nano-nano rasanya. Tapi itulah suka dukanya punya anak, saya malah senang setiap bangun pagi dan ngelihat wajah anak dalam hati saya berkata "ada cerita seru apa lagi ya hari ini yang akan terjadi?"

Nah, kalau teman-teman yang punya anak atau ponakan, ada kelakuan ajaib mereka yang ngegemesin nggak? Cerita di kolom komentar, ya. Bagi yang masih single anggap motivasi agar segera bikin anak, eh maksudnya agar segera ketemu orang yang tepat untuk jadi ayah/ibu dari anak-anakmu kelak. #eaaaa


17 comments on "Kelakuan Bocah yang Ada-Ada Saja"
  1. emang tingkah laku anak kecil lucu banget bahkan kadang ngegemesin bu

    ReplyDelete
  2. Tapi seru ya Mba.. aku suka maen sama ponakan.

    ReplyDelete
  3. Wah tingkah laku anaknya menggemaskan banget yah mba. Paling lucu tuh yang air kobokan. Ya Allah yang sabar yah mba. Saya sih belum punya anak bahkan belum berkeluarga. Tapi baca cerita kayak gini tuh bikin gemes sendiri. Haha. Ditunggu sharingnya lagi mba. :)

    ReplyDelete
  4. Mukhlas, dirimu ngegemesin bangeeettt....:a

    ReplyDelete
  5. Itu tandanya calon bocah cerdas dan kreatif Mba. Lah kok sama ya, segala tutup panci, bahkan sampe panci-pancinya juga di kasur dimainin anak saya, hahahaha... Pintar bersandiwara si Mukhlas ini, asal jangan pura-pura tidur di GEdung DPR ya nak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi chef aja deh mukhlas daripada jadi anggota DPR, hihihi.

      Delete
  6. Tulisan lucu2an gini, kayaknya seru klo nanti ditunjukkan ke anak pas anaknya sudah baca sendiri mba... Ha..ha, paling ikutan ketawa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, salah satu tujuan blog ini juga untuk mengabadikan kenangan sama anak. Ntar SD juga dia pasti sudah bisa akses internet.

      Delete
  7. anak2 seusia ini memang sedang lucu2nya ya mbaa. akupun kdg kalo inget klakuan anak2 pas seusia mukhlas kdg geli sndiri. apalagi si adek nih, yg baru 3 thn, mulai cerewet tp masih cadel bgt :p. jd kdg suka ga nyambung omongan kami berdua hahahahaha. kdgpun aku hrs minta bantuan babysitternya utk terjemahin dia ngomong apa.. :D. krn memang babysitter anak2 yg seharian megang mereka slama aku di kantor.

    bbrp minggu lalu aku tuh salah mengartikan omongan si adek. dia bilang mau pepes, aku mikirnya makanan. ternyata mksdnya pipis wkwkwkwkwk... jd ngompol deh anaknya :p. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk, sama kayak Mukhlas mbak kalau bilang pipis juga "pepes".

      Delete
  8. awwww.... suka banget baca ini.
    Mukhlaasss gemesin bangeetttt :*

    Jadi ingat tingkah anak sulung saya waktu usia se Mukhlas hahaha.
    Kalau si bungsu saya belum terlalu banyak hal yang aneh-aneh sih, paling juga gayanya yang suka niru kakaknya.

    Kayak copy paste sikap kakaknya hahaha

    Senangnyaaa bisa diabadikan gini, suatu saat nanti, Mukhlas bakalan senyum-senyum baca ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak semoga dia senang bacanya atau malah nyuruh hapus, hihihi.

      Delete
  9. Lucu banget cerita pura2 tidur dan bulan puasanya. Hehehe. Semoga jadi anak yg sholeh, dek Mukhlas. Aaamiin

    ReplyDelete
  10. Heeeem Mbakyu Enny Luthfiani, ada ada aja ya ceritanya .....

    Siapa tahu ada pakbapak bukibuk yang ngalamin hal yang sama, atau minimal senyum-senyum baca tulisan ini.

    ya saya senyum senyum dikit tapi ...setelah mengingat tingkah laku sekecil yang terkadang ngapusi pura pura bobok padahal nggak bobok, ngeluyur sendiri keluar rumah sambil bawa tutup panci, eeeh pulangnya hilang nggak tahu tertinggal di rumah sebelah

    sering di lakukan anak laki saya....uppps salah anak istri saya

    ReplyDelete
  11. Lucunyooooo

    Gemes amat X)))


    #NggakKuatSamaAnakKecil

    ReplyDelete
  12. Ngasih makan ke mainan itu bener2 cara yg ampuh memang saat anak susah makan.
    Saya juga pakai cara itu dulu saat nyuapin anak saya, dan sekarang kadang2 kalau pas nyuapin keponakan.
    Lalu saya ingat dulu waktu kecil saya kan juga susah makan, hihihi... Dan ada salah satu bulik saya yg nyuapin saya pakai cara itu juga.. Ngasih makan ke mainan saya hahaha... Kalah deh para pakar parenting 😅🤣

    Muklas lucu banget mbak... Usia segitu emang lagi lucu lucunya yaaa.. Lagi unyel-unyelable😂

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9