Top Social

Top Social

..........dan simak ceritanya

Merencanakan Libur Lebaran Dengan Staycation


Teman-teman sadar nggak bahwa kurang lebih dua minggu lagi, umat muslim akan menyambut bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri sebagai perayaannya. Nah, kalau ngomongin lebaran pasti identik dengan kumpul-kumpul dan silahturahmi bersama keluarga besar. Sayangnya sejak tahun lalu, kumpul-kumpul lebaran di keluarga saya sudah tidak sesemarak dulu. 

Pasalnya beberapa bulan sebelum lebaran tahun lalu, nenek (ibu dari mama) saya meninggal dunia. Dengan kepergian beliau itu berarti nenek dan kakek dari kedua orang tua saya sudah tidak ada semua. Otomatis lebaran yang biasanya kami sekeluarga beserta om, tante, dan anak-anaknya berkumpul di rumah nenek, semenjak lebaran lalu banyak yang memilih berlebaran di rumah mertuanya yang masih ada di kota lain. 

Sehingga terasa sekali lebaran tahun lalu tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya. Parkiran rumah nenek yang dulunya ramai mobil dan motor, kini nggak ada lagi. Paling-paling kami kesana untuk mengunjungi tante yang rumahnya bersebelahan dengan rumah nenek. 

Ditambah saya hanya berdua bersaudara. Ada masanya saat Idul Fitri kakak saya berlebaran di rumah mertuanya yang juga berbeda Kabupaten. Makin terasalah sepinya. Kalau orang  lain ada yang  silahturahmi ke rumah-rumah keluarganya tiga hari belum habis-habis, kalau kami satu hari saja cukup. 

Berangkat dari pengalaman tahun lalu, saya jadi ngobrol-ngobrol dengan suami kalau diberi umur panjang tahun ini mau menghabiskan libur lebaran kemana. Kalau ke rumah keluarga insyaAllah di hari pertama juga beres. Tapi hari-hari berikutnya bagaimana?

Kemudian suami saya mengusulkan untuk Staycation saja di hotel. Karena kita bisa merasakan suasana yang berbeda dari rumah. Alih-alih ke luar kota yang butuh anggaran lebih besar, Staycation di kota sendiri bisa jadi alternatif libur lebaran keluarga yang menyenangkan.

Saya menyetujui usul suami, dan mulai browsing hotel apa yang harganya terjangkau dan suasananya asyik. Akhirnya saya memilih Wiltop Hotel Jambi sebagai rencana kami untuk staycation nanti. 

source: pegipegi
Lokasi Wiltop Hotel ini sangat strategis. Berada di area pasar kota Jambi, tepatnya bersebelahan dengan Mall WTC Batang Hari dan berdekatan dengan ikon wisata kota Jambi, yaitu Jembatan Pedestrian dan Menara Gentala Arasy. Selain itu berjalan sekitar 5 menit dari hotel ada pusat kuliner enak yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Sehingga bukan cuma bisa menikmati fasilitas hotel, tapi bisa sekalian berwisata, belanja, dan kulineran.

source: pegipegi
Saya memang belum pernah menginap sebelumnya di Wiltop Hotel. Tapi pernah berkunjung kesana untuk sebuah acara, dan dari kunjungan itu saya jatuh cinta dengan keramahan staff hotel dan desain interiornya yang minimalis dan modern. 

Saya juga pernah makan di restoran hotel ini. Menariknya, restoran di Wiltop Hotel ada yang indoor dan outdoor. Untuk area outdoor, langsung menghadap pemandangan sungai Batang Hari, serta Jembatan dan Menara Gentala Arasy. Apalagi kalau malam hari, kerlap kerlip lampu dari rumah penduduk dan Jembatan Gentala Arasy, menambah indahnya suasana makan malam. 

View dari restoran Wiltop Hotel Jambi (dokpri)

Suamipun setuju dengan  hotel pilihan saya. Saatnya untuk booking hotel di aplikasi Pegipegi, salah satu Online Travel Agent (OTA) di Indonesia yang melayani pemesanan tiket pesawat, hotel, dan kereta api dengan harga yang murah dan serta banyak promo yang menarik *emak-emak pemburu promo*.



Sebelum memesan tentu saja saya sudah membandingkan dengan OTA lainnya, dan saya temukan harga kamar Wiltop Hotel yang paling murah ada di aplikasi Pegipegi. Selain itu masih ada promo diskon hotel mulai dari 10%-14% dengan kode promo yang bisa dilihat di bagian "promo" pada aplikasinya. Lumayankan, sisa budget hotel bisa dipakai kulineran.

Senangnya memesan hotel via aplikasi online memudahkan saya untuk mencari harga terbaik, secara efisien. Nggak perlu datang ke hotelnya, nggak perlu keluar pulsa untuk telpon juga.  Cukup scroll-scroll dan klik-klik dari Smartphone, lalu bilang ke suami. Urusan bayarnya, biar suami aja yang beresin, hihihi

Aplikasi Pegipegi yang bisa diunduh di Play Store dan App Store juga sangat mudah digunakan. Bahkan untuk orang yang baru pertama kali menggunakannya. Berikut langkah-langkah untuk mencari dan memesan hotel di aplikasi Pegipegi.





Nanti setelah tahap di atas selesai, akan ada email konfirmasi dan pengingat pembayaran yang akan masuk ke email yang sudah diisi pada kolom pengisian data diri di atas. 

Dengan Staycation di hotel semoga mengobati rasa sepi kami sekeluarga saat libur lebaran nanti. Bersyukurlah bagi teman-teman yang keluarga besarnya masih lengkap dan berkumpul bersama. Terutama yang kakek neneknya masih ada, karena kalau mereka sudah nggak ada terasa sekali kehilangannya terutama di momen kumpul lebaran. 

Dari hal ini juga saya belajar kalau punya anak jangan cuma dua deh, kalau sudah dewasa dan berkeluarga belum tentu bisa kumpul karena harus ke tempat mertua juga. Kayaknya punya anak 11 seperti gen halilintar, baru terasa serunya kumpul lebaran, hihihi *becanda aja sih, nggak kuat juga kalau sebelas*.

Teman-teman ada yang punya pengalaman sama? atau mau cerita cara asyik menikmati libur lebaran? sharing  di kolom komentar, ya.


18 comments on "Merencanakan Libur Lebaran Dengan Staycation"
  1. Kayaknya seru juga libur lebaran buat staycation kalau misalnya nggak jadi mudik. Makasih sharingnya ❤️

    Salam
    diahestika.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, staycation bisa jadi alternatif menghabiskan libur lebaran bagi yang jauh dari keluarga :D

      Delete
  2. Wah bagus banget nih ya Wiltop Hotel Jambi. Restorannya juga keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa ^^ kalau ada rezeki ke Jambi bisa nginap disini mbak. :)

      Delete
  3. Wah kalo ke Jambi, pingin cobain ke sini ah..

    ReplyDelete
  4. udah 3 thnan inj tiap lebaran aku sllu pindah hotel sampe asisten dan babysitterku balik mba :p. ga sanggub kalo hrs ngurusin rumah tanpa mereka.makanya dari hari pertama asisten2 pulang, aku ikutan boyongan pindah hotel. biasanya sih kita pilih bbrp hotel biar ga bosen :p. thn kemarin 4 hotel kita inepin, dari ibis styles, ashley, hsrr, ditutup di hotel Sultan yang paling lama.ini cara paljng gampang kalo asisten udh mudik sih :D. anak2 happy krn fasilitas hotel lngkap, kamar dibersihin tiap hari. laundryjuga ada. makanan tinggal turun k restorannya :D. thn ini tp aku ga bisa staycation dulu. krn suami kangen jg mudik k solo :D

    ReplyDelete
  5. Staycation alternatif liburan yg menyenangkan yah, Kak. Aku jg sering bgnian hehe

    ReplyDelete
  6. Kalo tidak ada yang dituakan (nenek), memang terasa ada yang kurang ya mba, saya juga gitu, dulu sewaktu nenek masih hidup, kita semua berkumpul satu rumah di nenek, tapi sekarang udah beda. Saya malah lebaran jarang libur, karena terbentur dengan kerjaan. Paling cutinya abis lebaran ke rumah mertua. Dan pastinya sungkem dulu ke orang tua...

    Staycation memang menjadi pilihan yang cukup baik mba, apalagi kalau di rumah sepi, bisa menginap di hotel dan merasakan suasana sekitar hotel...

    ReplyDelete
  7. iya ya Mba, gak kerasa tinggal 2 minggu lagi kita akan memasuki bulan suci ramadhan, semoga saja kita semua diberi kesehatan ya agar bisa maksimal menjalankan Ibahda Puasa Pada Tahun ini.

    Mengenai Liburan, saya hampir sama dengan Mas Hendra, paling kalau liburan hanya berkunjung ke rumah orang tua.

    ReplyDelete
  8. Waaaahhhh pegipegi.
    Postingan ini bikin saya jadi auti buka pegipegi buat intipin promonya hehehe

    Saya juga paling suka staycation nih, lebih suka staycation ketimbang jalan-jalan keluar kota.
    Berlawanan banget dengan pak suami yang doyan ke alam.

    Sebagai emak-emak yang kesal oleh beberes dan siap-siapnya mending saya milih staycation dalam kota saja :)

    ReplyDelete
  9. wwwhattt... ? Mbak Eny sudah merencanakan liburan setelah sebaran....saya jadi ketinggalan dong,hahahha....

    Mana budget liburannya belum nonggol nich, kayaknya nunggu munculnya hilal dulu dech,,,,setelah itu mungkin akan saya akan pikirkan....

    saya perlu ingat2 nich, kalau nnti butuh hotel saya bisa cek di pegipegi.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending dipikirkan sekarang kang, kalau hilalnya udah nampak langsung bertindak, pesen hotel, pesawat dll wkwkwk

      Delete
    2. Jujur aja aku belum pernah transaksi di pegipegi, nanti coba deh instal aplikasinya, liat2 promo hehehe

      Delete
  10. Wah kalau saya dan keluarga masih belum ada apa-apa mbak, belum ada rencana.. Malah rencananya akan bikin taman keluarga di depan rumah buat nyambut keluarga jauh di hari raya ini.. Hehee

    ReplyDelete
  11. Saya belum pernah ke Jambi, Mbak. Saya menunggu saja artikelnya soal Jambi.

    ReplyDelete
  12. Ada promonya, menarik sekali. Jadi sisa anggarannya bisa untuk kuliner.

    ReplyDelete
  13. wah kalau keluarga kami udah lama kehilangan nenek mbak, jd kalo lebaran itu udah masing2 jadi sepi ga seseru dulu lagi, cuma bedanya saya 7 bersaudara, jadi kalo ngumpul itu pasti rame, apalagi keponakan banyaak banget

    ReplyDelete
  14. Kebetulan banget saya malah ngga pernah booking online untuk cari hotel. Dan belum pernah juga pake aplikasi pegi-pegi. Jadi pengen coba deh ntar kalo ada kerjaan di luar kota. Terimakasih sharingnya mba. :)

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9