Top Social

Top Social

..........dan simak ceritanya

Surat Untuk Mukhlas - Tahun Kedua


kue ultah saimen

8 Maret 2019, Alhamdulillah anak mama masuk umur 2 tahun. Sebagaimana keinginan mama, setiap tahunnya mama akan menulis surat untuk Mukhlas. Semoga nanti kalau kamu sudah bisa baca, dan blog ini tetap ada, Mukhlas akan tahu bagaimana perasaan mama tentang Mukhlas.

Kalau dilihat surat tahun lalu, mama menyebut diri dengan panggilan "Miny". Lalu kenapa berubah jadi "Mama?" 

Karena setelah Mukhlas mulai latihan bicara, kamu lebih lancar menyebut kata "Ma...ma" dibandingkan "Miny". Jadi, mari kita ubah panggilannya. Nggak apa-apa kok. Panggil Miny boleh, panggil mama boleh, panggil Ummi boleh, kalau lagi di luar malah boleh manggil "kakak", hehe.

Mama mau cerita tentang perkembangan Mukhlas setahun terakhir ini. 


Mama sempat galau, waktu Mukhlas ulang tahun yang pertama tapi belum lancar berjalan. Tapi mama berusaha sabar dan yakin kalau Mukhlas bisa. Dengan bantuan Mbah juga yang sering ajak Mukhlas main dan jalan, pada umur 13 bulan Mukhlas bisa jalan. Bahkan sekarang sudah bisa lari-lari, dan nyungsep ke aspal. *Makanya hati-hati ya, Nak.*

Mukhlas juga pintar sekali bicaranya. Mulai dari kata "Ma ma ma ma" "Ba ba ba ba" sampai sekarang bisa ngomong "Baba mana? kelja cali duit ya?". Semoga apapun yang terucap merupakan kata-kata yang baik ya, Nak. Jangan ditiru kalau mama lagi ngomelin Baba karena telat buang sampah. 

Kepandaian Mukhlas juga makin banyak. Bisa mengikuti beberapa perintah seperti "cium mama" "peluk mama" "kalau makan itu duduk, sayang" kecuali kalau disuruh mandi, susah banget. Tolong jangan tiru Mama kalau nggak mandi sore, Mama lagi hemat air. 

Oh ya, Mama juga pernah ngerasain galau banget mikirin Mukhlas. Ceritanya, karena Mbah (ayah dan ibunya Baba) yang biasa membantu mama mengasuh Mukhlas harus pulang kampung. Nyari pengasuh disini tuh susah. Teman mama kemudian menawarkan untuk memasukkan Mukhlas di yayasan Sekolah yang ada tempat penitipan anaknya. 




Selamat ulang tahun Mukhlas Al Ghiffari ❤️. Alih-alih mendo’akan Mukhlas, saya dan suami justru berdo’a semoga kami jadi orang tua yang sholeh, agar bisa mendidik anak dengan ilmu agama yang cukup. . . Semoga kami menjadi orang tua yang dapat mencontohkan kebaikan, sehingga dia tumbuh menjadi anak yang berakhlak mulia. . . Semoga kami dicukupkan rezeki agar bisa memfasilitasi Mukhlas makanan yang baik sehingga tercukup gizinya, pendidikan yang bagus untuk masa depannya. . . Karena bagaikan buah yang jatuh tak jauh dari pohonnya, begitu pula dengan buah hati kami. . . Nggak ngerayain yang gimana-gimana, karena bagi kami yang penting dari ulang tahun adalah esensi rasa syukur atas rahmat Allah SWT yang menghadirkan Mukhlas di dunia. Sebagai pengingat, bahwa angka yang bertambah mesti bertambah pula segala kebaikan dalam dirinya. . . Lagian Mukhlas nggak terlalu excited sama kue. Itu kuenya berkurang karena mama dan baba yang makan 😅🤣. . . Dia lebih senang dapat robot dan sepeda. . . Alhamdulillah 😍
Sebuah kiriman dibagikan oleh Enny Luthfiani💕 (@dudukpalingdepan) pada


Wah mama sempat kepikiran banget tuh (sangking kepikirannya sampai makan nasi dua piring). Mama takut Mukhlas nggak betah di sekolah, takut kalau kamu nanti susah beradaptasi, takut kalau nangis terus di sekolah. 

Tapi karena waktu itu mama nggak punya pilihan lain, Mukhlas tetap masuk daycare. Seminggu pertama memang banyak drama, namun hari-hari berikutnya Mukhlas malah happy disana. Sering banget mama jemput, kamu malah nggak mau pulang. 

Semoga Mukhlas bisa tumbuh menjadi anak yang pengertian ya. Bahwa mama adalah ibu yang bekerja. Mungkin kelak Mukhlas melihat teman-teman Mukhlas yang pulang sekolah disambut mamanya di rumah dengan masakan yang sudah terhidang di atas meja. 

Sedangkan Mukhlas harus menunggu beberapa jam lagi sampai mama pulang dan menyantap makanan yang dibeli di rumah makan. Tapi kalau Mukhlas mau nyamperin mama ke Lapas, boleh juga kok. 

Mama memang bekerja, tapi prioritas mama tetap kamu. Mama nggak segan izin kerja kalau Mukhlas lagi sakit. Mama juga sengaja cuti kerja untuk ajak Mukhlas jalan-jalan. Mama beli skincare yang murah meriah supaya bisa beliin baby oil Mukhlas yang mehong. (Suami, kalau anda baca ini tolong tambah uang belanja).

Intinya mama pengen Mukhlas tahu bahwa mama sayang banget sama Mukhlas sekalipun kita nggak bisa sama-sama terus 1 x 24 jam. 


Diumur Mukhlas yang kedua ini, mama mau minta maaf kalau mama masih suka nggak sabaran dan kadang marahin kamu. Mama memang mudah esmosi kalau lagi capek dan banyak pikiran. Maafin, ya. 

Sebagai seorang ibu, mama masih banyak kekurangannya. Tapi mama akan terus belajar menjadi pribadi dan sosok ibu yang lebih baik dari sebelumnya. 

Semoga Mukhlas bahagia jadi anak Mama dan Baba. 

We Love You.

So Much.

Forever.
4 comments on "Surat Untuk Mukhlas - Tahun Kedua"
  1. Selamat ulang tahun yach Mukhlas......semoga panjang umur,sehat selalu dan menjadi anak yang Sholeh dan serta berbakti kepada kedua orang Tua.Amin.

    Maaf Om..ngak ngasih apa - apa, sebab Om sedang Galau, hahahah......

    ReplyDelete
  2. So sweet banget suratnya mbak. Jadi terinspirasi juga nih mau tulis surat buat si Kecil setiap tahunnya *eh

    Btw baarakallaah kakak Mukhlas, semoga tumbuh jadi anak yang shalih, membanggakan mama dan papanya :)

    ReplyDelete
  3. Met Milad Mukhlas sayang. Semoga jadi anak yang sholeh ya Nak dan besarnya jadi manusia yang bisa memberi manfaat untuk banyak orang. Sehat terus ya untuk Mukhlas.

    Sedangkan untuk mamanya, cuma mu ngomong aku jga mau ikhhhh dipanggil kakak ama anak kalau lagi diluar rumah hahahha

    ReplyDelete
  4. Selamat ulang tahun dedek mukhlas, jangan mau kalo disuruh manggil mama dengan sebutan "kakak" hehe..

    oya, semoga panjang umur, sehat selalu dan makin pinter yaa.. :)

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9