Evaluasi dan Target Blogging 2019

By dudukpalingdepan - 5:26:00 PM


Nggak kerasa sebentar lagi kita akan mengalami pergantian tahun. Saya bilang nggak kerasa karena memang benar-benar waktu terasa berjalan begitu cepat. Terutama disaat saya sudah punya anak.

Rasanya baru kemarin iseng ngeblog tentang pengalaman melahirkan dengan operasi caesar (sekarang anaknya sudah hampir 2 tahun), lalu tulisan itu banyak dikunjungi sehingga membuat saya semangat terus menulis sampai sekarang bisa mendapatkan penghasilan bulanan dari ngeblog.

Alhamdulillah.

Sebelum saya menuliskan target untuk tahun depan, tentu saya harus evaluasi dulu kegiatan blogging saya setahun terakhir ini. Suka dukanya akan menjadi kenangan terindah yang akan abadi dalam sanubari dan tulisan ini *wkwkwk lebbbaayy ๐Ÿ˜‚*.

Pertama, target 1 bulan harus 4 postingan. 
Ternyata setelah saya lihat di arsip blog ini, hanya di bulan Februari danNovember target itu nggak tercapai. Saya nggak kecewa mengingat memang bulan itu saya sedang sibuk-sibuknya. Maklum sebagai anggota Permak Bara ( Perkumpulan Emak Banyak Acara), ada aja yang dikerjain mulai dari urusan rumah, kantor, dan urusan percintaan. #Eaaa

Kedua, target menang lomba blog.
Nah yang ini nggak tercapai,  hahahahhahiks. Berbekal pernah juara di tahun sebelumnya, saya percaya diri ikut lomba-lomba blog lagi di tahun 2018. Kayaknya ada lebih dari tujuh lomba menulis blog yang saya ikuti dan nggak ada satupun yang menang.

Sedih sih sedikit, tapi memang balik lagi lomba menulis itu ditentukan selera juri. Saya perhatikan nggak ada patokan seragam kriteria pemenang untuk lomba blog. Misalnya ada yang lomba blog pemenangnya ditentukan tulisan dan grafis yang cetar. Tapi ada juga yang modal blog gratisan, gambar seadanya juga bisa menang. 

Apa saya kapok ikut lomba blog? Tentu tidak, Rosalinda. Lagipula saya merasakan manfaatnya ikut lomba blog meski nggak menang. Salah satunya melatih kemampuan menulis dan "mengundang" agency untuk menawarkan job menulis.


Ketiga, trafik blog meningkat.
Meski belum sampai satu juta views, tapi alhamdulillah dibandingkan tahun lalu page views saya meningkat. Komentar dari teman-teman blogger juga selalu ada di setiap postingan. Makasih banyaak yaaa buibuk, pak-bapak, mentemen. 

Keempat, dapat job menulis lebih banyak. 
Kalau ini sih sebenarnya bukan target, tapi saya bersyukur banget karena dibandingkan tahun lalu job tahun ini lebih banyak. Inilah namanya rejeki selalu ada ya, meski nggak menang lomba blog satupun tapi ada pemasukan dari job-job menulis. 

Kelima, lebih sering blogwalking. 
Saya nggak menargetkan sehari harus blogwalking berapa kali, tapi setiap saya buka blog untuk check komentar atau menulis, pasti saya sempatkan blogwalking. Manfaatnya banyak banget, bisa kenal teman-teman blogger dari berbagai daerah dan negara, menambah informasi dan pengetahuan dari artikel yang mereka tulis, dan bisa saling support juga. 

Kalau dulu saya agak cuek urusan blogwalking, sekarang nggak lagi. Malah ada rasa kangen kalau nggak berkunjung ke rumah para blogger. *Kangen apa kepo, nih?๐Ÿ˜*

Target Blogging Tahun 2019


Saya nggak mau ngoyo juga sebenarnya, tapi kalau nggak ada target takutnya malah saya lalai dan nggak ada pemicu untuk lebih semangat menulis. Jadi ini beberapa target ngeblog saya di tahun depan. 

๐Ÿ’œ1 bulan, 8 tulisan. 

Nambah dua kali lipat dari tahun sebelumnya. Deg-deg-an sih, tapi justru menantang. Kuncinya saya harus memperbaiki manajemen waktu dan menulis nggak harus nunggu mood. Jatuhnya seminggu harus ada dua tulisan. Tapi itu nggak saklek, boleh 1 minggu 1 tulisan, tapi minggu depannya jadi bayar hutang dengan 3 tulisan. 

๐Ÿ’œAngka DA/PA naik.

Saat ini DA/PA saya masih 23/30, belum puas rasanya pengen mencapai angka DA 30. Ada banyak tips dari beberapa blogger yang sudah saya baca. Tahun depan akan saya coba praktekkan. 

๐Ÿ’œMemaksimalkan Google Search Console dan Google Analytics.

Sebenarnya dua tools di atas sangat berpengaruh untuk kemajuan blog. Selama ini saya baru utak-atik sedikit, jadi saya mau pelajari lebih serius di tahun depan. *yaelah udah kayak calon suami aja sih diseriusin*. 

๐Ÿ’œMembuat blog berniche khusus

Sebenarnya saya sudah buat satu blog berniche khusus tentang tempat kelahiran saya, Provinsi Jambi. Alamat blognya adalah www.galerijambi.com sayangnya tulisannya masih sedikit padahal tabungan kontennya sudah lumayan banyak di laptop. Jadi di 2019 saya berusaha untuk fokus ke blog ini juga. 

Selanjutnya ada blog khusus lagi yang mau saya buat, temanya masih rahasia sih (bilang aja masih galau nentuinnya).

Apa nggak bakal keteteran?

Dua blog dengan niche khusus di atas hanya saya fokuskan pada kekuatan tulisan dan SEO. Jadi nggak perlu blogwalking atau membangun branding. Sehingga nggak memakan waktu terlalu banyak. Pemasukannya dari mana? ya dari Google Adsense. 

Tapi adsense bukan yang utama, karena saya tahu adsense di Indonesia itu kecil banget, jangan terlalu berharap deh. Saya cuma ingin menyebarkan informasi tentang wisata dan budaya daerah saya, sebagai bukti cinta dan kontribusi saya untuk Provinsi ini. 

Mungkin saya cuma seorang karyawati  biasa dan juga ibu rumah tangga di daerah kecil, tapi senggaknya saya ingin berbuat "sesuatu" yang positif untuk tanah kelahiran yang saya banggakan. 

*yaelah udah kayak pidato caleg aja siih*. 


๐Ÿ’œTerakhir, saya ingin bisa datang langsung ke acara blogger atau seminar kepenulisan. 

Walaupun bayangan saya tentu akan memakan effort yang cukup besar. Mengingat saya tinggal di daerah, disini jarang ada event blogger. Lagipula banyak kenalan blogger saya itu di daerah Jabodetabek. Pengen banget suatu hari ketemu langsung dengan mereka, meski harus pakai pesawat dan ambil cuti, serta ngeboyong anak dan suami (ini mah sekalian liburan euy).

Doain aja yaa ada rejeki uang dan kesempatannya. Pengen banget ini dari dulu. Semoga 2019 bisa terwujud. Tolong ketik "Amiiiin" di kolom komentar, insyaAllah masuk surga (tapi dihisab dulu sih).

Itu dia evaluasi dan targetnya, kalau teman-teman ada kripik dan  saran tentang blog saya silahkan tinggalkan di kolom komentar, ya. Atau kalau mau cerita target bloggingnya di tahun depan juga boleh. 

Semoga kita semua makin sukses kedepannya.

















  • Share:

You Might Also Like

28 komentar

  1. luchuuu dan menyenangkan klu sebuah tulisan ditulis dng hati yg gembira... :) artikel ini contohnya....bikin ssyumz sendiri. :)

    Target saya ngak banyak Mbak, bisa bagi2 CP dan Job lainnya ke sesama blogger, dah bersyukur....

    apalagi jika domain baru saya bisa dikelolah dng maksimal....wahh dah senang sekali.

    dulu saya dpt tawaran voucher tiket pesawat...mungkin bisa dimanfaatkan utk luncur ke Jakarta, klu mau ikut reuni dng para blogger.. :)

    ohy...saya lupa Aminn...nich...

    Amin yach Mbak.....sekalian klu si Mukhlas mau dedek baru..saya Amin kan juga....heheheh.peace.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa makasih yaa udah bagi-bagi job, Kando. Semoga makin banyak di tahun 2019, wkwkwk. Siapa tahu nanti bisa bikin agency ya kaaaan. Amiiin.
      Jiah diambil nggak tuh dulu vouchernya? kalau nggak buat saya aja, hahahah.

      Belumlah kalau adek, xixixi. #TimKeluargaBerencana

      Delete
    2. Artikelnya waktu itu blm dibuat krn hadiahnya voucher tiket...ngk bisa diuangkan,lagi pula saya males naik pesawat, Mabok ketinggian..hahahah...
      aslinya sich takut pesawatnya Jatuh.....

      Delete
  2. Amiiiin
    Semangat terus mbak...saya jadi dapat imbas-nya juga.
    Insyaallah semua yang didapat tahun depan melebihi target.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin makasih ya mbak. Namanya bagus banget btw :)

      Delete
  3. Aamiin, aku doain mba sukses. Seneng bacanya deh, klo aku udah males ikut lomba kecuali campaign mba hahha btw tfs lho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah iya bener mau fokus ke branding dulu kali yaaa

      Delete
  4. Tahun ini saya juga memberanikan diri untuk ikutan lomba blog. Meski belum menang, tapi ada kepuasaan sendiri karena bisa mengasah kemampuan nulis. Apalagi kemarin juga berhasil menyelesaikan blog challenge. Semoga tahun 2019 tambah keren lagi ngeblognya ya, Mbaa. Semangat! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya saya juga pengen deh 2019 ikut odop, smeoga BP ngadain lagi. Semangat mba, ada banyak manfaat ikutan lomba blog meski belum menang ^^

      Delete
  5. Wah keren mbak blog galeri Jambi-nya. Saya dulu punya beberapa blog jg tp akhirnya mau memutuskan fokus di satu blog aja hehe

    ReplyDelete
  6. Aku aamiinkan semua yaaaa mbak... seoga aku juga bs mencapai hal yang sama. Aamiiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasiih ya, ini nih calon penghuni surga heheh Amiin

      Delete
  7. Aamiin.. Semoga target 2019 tercapai ya kak. :)

    ReplyDelete
  8. Mau ninggalin kripik tapi keburu melempem nyampe tempatmu, Mak hehehehe

    Ku aminkan untuk target2mu di dunia blogging tahun depan eh mulai besok nih Mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkw pakai paket YES dong biar nggak melemppem,

      Delete
  9. Aamin ya Allah semoga targetnya tercapai ya mbak dan sukses terus ngeblognyaa ๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
  10. Semoga targetnya tercapai ya mba, sy juga harus semangat kayak mba nih biar dapat job review juga :)

    ReplyDelete
  11. Aku tu ya suka seneng kalau baca resolusi orang soalnya suka kebawa tambah semangat. Semoga resolusi kita bisa tercapai ya Bun. Semangattt bun. Bunda juga dimudahkan urusannya ya. Kebayang ama saya kesibukannya. Sehat2 ya ๐Ÿ˜˜

    ReplyDelete
  12. Keren euy berani nargetin 1 bulan 8 artikel. Harus ngegas banget tuh. Hihihi. Semoga semangat ngeblognya tetep membara sampe akhir tahun ya ngga cuma di awal aja :D

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah kak sukses terus ya ngeblognya

    ReplyDelete
  14. Terharu saya bacanya. jadi termotivasi juga buat melakukan resolusi 2019 ini untuk kegiatan blogging saya. hatur nuhun Terima Kasih sudah memberikan inspirasi bermanfaat...

    ReplyDelete
  15. semangat mba En mantap udah punya dua aja blognya hehehe aku satu aja masih empot2an semoga terealisasi DAnya sampe 3 yang penting rajin mba

    ReplyDelete
  16. Wahhh saya juga pernah ikut lomba blog tapi tidak pernah menang hahaa, gatau apa yang dinilai.. tapi yaudah gapapa deh nyummbang peserta sama tulisan aja hhe :D

    ReplyDelete
  17. ingin bisa produktif menulis, tapi kadang suka bingung apa yang harus ditulis huhuhu

    ReplyDelete
  18. Harapan yang terakhir kayaknya sama, sebab sbg bloger daerah, buat datang ke event resmi yang lokasinya sering ada di ibukota memang butuh usaha lebih besar.
    Semangat aja, mudah-mudahan bisa :)

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.